![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
Jadi kita mulai di Agustus 2017, ketika ane menemukan bahwa tuh FFT udah 12 bulan penuh gak ganti oli mesin, padahal udah ane ingetin berkali-kali. Selama ini dikasihnya Castrol Magnatec 5W-30 yg diganti ngikut kilometer sama ipar ane. Masalahnya, mobil ini jaraaang banget keluar garasi. Rerata pemakaian cuma 4500-5000 km setaun. Jadinya ya gak nyampe2lah tuh km. Akhirnya ane nekat bawa tuh FFT ke bengkel yang ane tau. Waktu itu ane masih bloon soal mobil, jadi dikibulin abislah ane sama orang bengkel itu. Dari yang niatnya cuma ganti oli mesin, ane ditawarin ini itu segala macam. Cek total komponen rem 4 roda? Iya deh cek aja. Scan OBD? Iya deh scan aja. Flush air radiator? Bongkar rumah lampu kiri yg lembab dari dalam? Semprot foam AC? Tuneup? Ganti semua wiper? Ganti oli tranmisi MT pake oli DCT? Ganti busi? Kuras minyak rem? Semuaaa ane iyain. Dasar


Ujung-ujungnya, bon 8jeti lebih keluar. Mampus ane.


Selain itu, ternyata shock depan udah mulai keok prematur. Ane curiga gara-garanya adalah velg 17x7.5 inch ET42 sama ban 215-45-R17 yang diupgrade dari standarnya, velg 15x6 inch ET45 ban 185-55-R15. Mertua ganti velg & ban itu dengan alasan jalanan sekitar rumah banyak bolongnya jadi perlu ninggiin ban. Pedulinya cuma sama ground clearance, tapi beban tambahan ke sistem suspensi & velg gak dipikirin sama sekali. Yaah, namanya juga awam; ane awam, mertua awam, apalagi ipar ane yg cuma tau isi bensin. Jadinya dibawalah ke bengkel lain kepercayaan mertua ane dengan diagnosis perlu ganti shock depan 1 pasang. Abis lagi 3.2 jeti.
Eehh, dasar sial, berikutnya ane nemuin masalah utama FFT yg sebenarnya paling urgent: cacat produksi pada steering rack. Kalo setir dibelokin full patah, dia bunyi-bunyi. Harusnya sih diganti gratis sama diler SELAMA MASA GARANSI alias di bawah 5 taun. Nah ini mobil udah 6 taun, mana diler Ford udah lenyap pula dari kota ane, ya udah harus tanggung sendiri.




Untuk masalah berikutnya, masih ada hubungan sama velg & ban kegedean. Karena ipar ane & suaminya make mobil serampangan, tuh ban mulai boncel-boncel di dinding ban. Padahal bannya Bridgestone yg terkenal awet. Ane curiga bannya gampang boncel samping karena bannya jauh lebih lebar dari ukuran standar sama velg yang rada keluar akibat ET kerendahan. Emang sih, kalo diliat tuh ban rata bodi, tapi ya itu tadi yg nyetir kan gak liat ban kiri selama di lagi bawa mobil....

Jadinya sekitar awal 2018, ban depannya diganti pake BS Techno Sport. Ukuran masih sama karena mertua ane, meskipun gendeknya udah reda, gak mau ganti 4 ban. Beliau cuma mau ganti 2 ban, ya udah ane iyain. Terpaksa ukurannya masih ngikut yg lama. Di tahap ini ane udah mulai ngerti dikit2 ngerawat mobil. Ane pesenin Amsoil Sig. Series 5W-30 dari Jakarta buat diganti sama mekanik kenalan baru ane ini yang lebih jujur & transparan. Kalo cuma kerjaan ringan di bawah 1 jam, mereka malah bingung sendiri jawabnya kalo ditanya biaya jasa mereka. Akhirnya ane yang kira-kira aja. Kalo kerjaan 30an menit sampe 1 jam, ane kasih 2 Soekarno. Kalo di atas 2 jam, ya udah dikali aja 2 Soekarno per jamnya. Kalo ada yg bilang kemahalan, ane bisa jawab bahwa pengalaman & kejujuran itu mahal. Lagian, mekanik kenalan baru ini "orang kecil" yang baru merintis usaha kecil-kecilan, beda banget sama bengkel gede tukang peres yg sebelumnya.



Selama kira-kira satu taun, mobil itu udah sedikit terawat. Duit pribadi ane udah abis 5.2jeti buat benerin mobil "orang lain". Tapi tetep aja, yang namanya tinggal serumah sama ipar & mertua, kadang anak ane dianter sekolah pake FFT ini. Kadang bini ane kesana kemari bawa FFT juga. Jadinya ane ikhlasin aja 5.2 jeti itu. Toh yang aman & nyaman di jalan juga darah daging ane.

Tapi cerita belum selesai sodara-sodara. Sekitar 2 bulan lalu, ipar ane pindah kota ngikut suaminya tugas setahun ke kota kabupaten sekitar 5 jam perjalanan dari kota ane. Anak-anaknya dibawa juga tapi FFT ditinggal di rumah. Potensi masalah dateng lagi nih. Kalo tuh FFT dibiarin nganggur setaun di garasi, alamat ancur lagi tuh mobil. Jadi ane minta ijin sama ipar buat make tuh FFT sehari-hari. Ane ngegali kuburan sendiri dengan ke"bodoh"an ini.


Kenapa begitu? Karena makin sering ane bawa nih mobil, makin banyak ketidaksempurnaan yang ane temuin. Ini sangat mengganggu jiwa ane yg emang rada perfeksionis kalo soal mobil. Mulai dari kacafilm depan yg udah bergelombang, knob tuas transmisi yang ngeletek (ane sampe bingung gimanaaaa caranya itu pindah giginya sampe ngeletek...), bunyi-bunyi dari roda depan, tarikan yang berat, rem yang mulai berdenging, kabin yg penuh sampah, macem-macem dah pokoknya. Tapi terus terang, ini FFT sangat fun to drive. Steering yang udah enak dari sononya makin presisi lagi dengan dikasih velg R17x7.5. Kalo ketemu jalan mulus, beeuhh, seneng banget ane nyelap-nyelip dengan FFT ini. Makanya ane bertekad buat restorasi total nih FFT, biar makin mendekati kondisi barunya.



Jadi ane mulai proyek ini dengan printilan yang kecil-kecil: ganti KF depan (1.1jt), gear knob tuas transmisi (400rb), sama antena (250rb). Setelah tabungan terisi lagi, ane melangkah ke proyek kaki-kaki: ban lama yg udah bener-bener aus diganti 1 pasang sekalian balancing & spooring (2jt). Eeh ternyata 1 velg peyang dengan deviasi balance sampe 70 gram. Spooring juga harus ditunda krn ban kiri depan oblak. Diagnosis: harus ganti long tie rod kiri. Ane ke bengkel supplier Ford "resmi" di kota ane, eh malah disuruh indent 1-3 bulan. Malesssszzzz gilllaaaa! Ane nekat ke Mazda, beli long tie rod punya Mazda2 lama, terus pasang deh. Plug N play gak pake lama. Tapi mahal abiees: 1.4jt cuma buat 1 biji long tie rod ori Mazda + 1 Soekarno buat pasang. Aiiihhhhh bangkrut ane.

Balik lagi deh nunggu celengan babi terisi. Ane cek printilan lain yang bisa dikerjain dikit2. Emblem "Fiesta" yg patah di huruf "F" nya ane pesenin yg non ori di toped (75rb). Tutup towing blakang yg lenyap dari kapan tau ane pesenin juga di toped yg orinya (185rb), takutnya kalo non ori malah longgar & lenyap lagi. Naaah, pas duit dah cukupan, ane pesen kopling set ori (3.4jt) & saringan udara ori (165rb) buat dikirim sama printilan yg kecil-kecil tadi. Ongkirnya kena 240rb dari Jakarta ke Makassar. Tapi, ane ngerasa ada yang masih ngeganjal, literally & figuratively.
Apa itu? Velg aftermarket yg peyang. Emang sih, posisinya yg peyang sekarang ada di kanan belakang, tapi ane ngerasa semua masalah kaki-kaki FFT ini berawal dari velg & ban yang terlalu berat. Masalah itu juga diperparah dengan kebodohan ane yang memompa ban itu sampe 33 psi depan belakang dari standarnya 31 psi dengan ban 185 itu. Padahal, kalo merujuk ke tabel load index ban vs tekanan ban, harusnya tekanannya cuma 28-30 psi aja. Jadinya makin keraslah tuh suspensi dan makin cepatlah ausnya semua komponen kaki-kaki.

![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
Ya udah, akhirnya kuatin niat balik ke velg OEM Fiesta. Ane ketemu velg R16 4x100 punya Fiesta di OLX Denpasar. Katanya sih semua oke & gak peyang, plus ane dikirim foto + video sekilas juga. Ane gambling lah, transfer 3jt buat 4 velg + ongkir. Pas dikirim pake Da*ot* Cargo dari Denpasar, dijanjiin 1 minggu nyampe malah jadi 2 minggu, itupun ane harus inisiatif ambil sendiri di kantor kargo itu di Makassar. Kapook pake Dakocan....

Abis itu, ane pesen ban dari Langkah Jaya Ban, salah satu toko Hankook di Surabaya. Ane mesen 4 biji Hankook Ventus Concept2 ukuran 205-50-R16 (74orb/ ban) biar gak pendek2 amat tapi gak seekstrim sebelumnya juga . Kalo pake ban 205 ini, ane itung2 paling turun 1 jari dari posisi skarang dengan perkiraan GC jadi 176 mm. Cukupanlah. Toh GC SX4 X-Over punya bini juga cuma 175 mm. Jadinya ane putusin buat beli tuh ban & dikirim pake kargo lain yang mudah2an lebih terpercaya. Ane coba kontaklah Se*t*al Cargo Surabaya & ane dikasih harga 4 biji ban x 8 kg/ban x Rp.6000/kg = Rp.192 ribu. Ane udah bilang tuh bakal kirim ban, & petugasnya bilang iya harganya segitu pas ditelepon. Jadi bannya udah dibungkus rapi2, diambil sama orang kargo, dan beberapa jam kemudian ane ditelepon sama orang kargo kalo bayarnya kurang, soalnya harus itungan volume jadi kena 19kg/ ban alias naik 2 kali lipat lebih. Ane mencak2 lah di telepon. Mereka cuma minta maap, itu juga bukan ke ane tapi ke staf toko ban yg ber-WA terus sama ane. Di Wa ane sama orang toko ban ane cuma bilang, "Mbak, saya gak mau bicara lagi sama orang kargo itu, tolong cariin kargo lain aja". Ane bingung juga sama Se*t*al Cargo Surabaya itu, soalnya langganan toko Amsoil ane di Jakarta selalu pake Se*t*al Cargo kalo ngirim ke oli ane ke Makassar.

Untungnya staf Langkah Jaya itu baek2 jadi mau ngurusin segala keribertan pesenan ane dengan catatan kirimannya ketunda. Ane bilang gapapa ketunda yang penting sampe di tempat ane dengan biaya yg transparan & rasional. Mereka akhirnya dapet Mak*ar*a cargo & biayanya Rp240rb sampe Makassar. Kekurangan biaya ongkirnya toko ban yg nanggung. Baek kan? Moga2 benaran nyampe deh tuh ban. Kalo sampe ada masalah lagi, ane kapok dah beli2 sparepart online selain di toped.

Sambil nungguin Hankook Ventus ane tiba, ane ke mekanik langganan buat masangin kopling set, laher roda depan 1 pasang, saringan udara, emblem Fiesta belakang, sama tutup towing belakang yang udah nyampe semingguan. Ane beliin dulu minyak rem DOT4 merek Mobil, sama oli transmisi GL4 75W-90 yg speknya mirip dengan oli transmisi Motorcraft bawaan di FFT. Ane dapet info dari om Turbo kalo Suzuki, Wuling & Toyota punya oli transmisi yang punya spek sperti itu. Jadinya ane cek Suzuki, eh Suzuki gak jual oli MT botolan. Untungnya Wuling punya, itupun dua jenis: oli MT 1.5 literan gak ada kode GL, sama 1 literan yg ada kode GL4. Ya udah ane beli 2 botol oli MT Wuling GL4 75w-90 seharga 99rb/ botol.

FFT masuk jam 11 kelar jam 5 sore dengan biaya jasa Rp.1,2 juta. Akuurr. Yang penting ane puas karena FFT ipar ini sekarang tarikannya & injakan koplingnya jadi enteng lagi kayak waktu baru. Kalo mau sempurna macam mobil baru keluar dealer sih masih jauh ya, tapi seenggaknya secara mekanikal & elektrikal nih mobil udah oke semua. Paling yang nyisa urusan ganti ban+ velg+balancing+spooring, sama PR kosmetik macam mika lampu utama yang kadang lembab dari dalam, sama cat yang udah mulai banyak baret2 & boncel2 kecil. Kalo duit ane gak pake seri sih ane mau pake Michelin Primacy 4 (5 jutaan), cat bodi total pake oven (16 jutaan), bongkar & bersihin mika lampu depan dari dalam (???jt), pasang fog lamp ((???jt), pake V-Kool satu bodi (7jt), ganti jok pake genuine Nappa leather 2 baris (15-20 jutaan), apalagi yah??? (*ngimpi aja trusssss.....)


Total biaya perawatan (fast moving + slow moving) mulai Agustus 2017 sampe Maret 2019 udah 37 juta lebih. Kalo dibandingin dengan City VTEC GD8 '07 yg udah ane cerita juga di SM ini, ya mirip2lah ongkos restorasinya. Total biaya ini memperkuat teori ane bahwa biaya restorasi gede sebuah mobil lama (di atas 7 taun) itu kira2 30-50% dari nilai jual mobil tersebut saat itu. Restorasi gede City ane kerjain di mobil umur 10-11 tahun sementara di FFT ini sekarang umurnya 7-8 tahun, dengan catatan gaya pemakaian emang beda sih. City itu awalnya dipake bokap nyokap ane & mereka cukup alus bawanya (meskipun rada blank soal perawatan).
Terlepas dari semua itu, ane puaslah, soalnya nih FFT emang nyaman & nikmat banget dipake dibanding semua mobil di garasi bokap & mertua ane. Paling saingannya cuma Mazda2 lama punya nyokap ane, itupun karena basis kedua mobil sama yg terbukti dengan banyaknya komponen kaki2 yg bisa plug'n'play antara kedua mobil tersebut. Sekian suka duka ane bersama FFT punya orang. Berhubung mobilnya mau dibawa ke kabupaten, mungkin gak lama lagi ane bisa bersenang2 sama nih Ford. Until then, I need to ask you, dear reader a question, "Have you ever driven a Ford, lately?"
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)