Selamat siang warga sekalian. Maaf newbie ijin bertanya, apakah ada warga di sini yg pernah ganti busi iridium untuk CRV ?
Saya punya CRV RE 2011 2.4L, pernah disaranin temen kalau busi standartnya (100-200rb per 4 biji) diganti ke busi iridium yg harganya 200rb an per biji.
Akhirnya saya ganti. Dan tarikan jadi lebih enteng. Meskipun fuel consumption sih ga beda2 amat.
Kemudian setelah ampir 1 bulan, waktu saya tune up ke bengkel 3rd party yg recommended di kota saya (Malang), menurut ownernya, tidak disarankan untuk pakai busi tsb dan disuruh kembali ke busi standart. Menurut dia efek jangka panjangnya ga bagus dan busi iridium itu untuk mesin 2000cc ke bawah. Apakah benar seperti itu dan efek apa ya yang kira2 bakal terjadi kalau saya pakai iridium di CRV saya? Mgkn om om sekalian ada yg bisa sharing. Terima kasih sebelumnya.
Busi CRV RE 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Busi CRV RE 2011
Setau newbie sehh selama jenis heat range, ulir nya sama, yagapapa, mau nickel, iridum, platinum skalipun.. ahond aj sering tuker2 busi berdasarkan paket servis nya..
Lebi jelas nya kudu summon ahli busi mbah marmut nehh
Lebi jelas nya kudu summon ahli busi mbah marmut nehh
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Busi CRV RE 2011
Clonz wrote: Tue Feb 05, 2019 2:10
-
tidak disarankan untuk pakai busi tsb dan disuruh kembali ke busi standart. Menurut dia efek jangka panjangnya ga bagus dan busi iridium itu untuk mesin 2000cc ke bawah.
-
coba minta penjelasan dulu maksudnya efek jangka panjang ga bagus itu bagaimana? bagian apanya yang ga bagus?
kalo jawabnya a-u-a-u tinggalin aja cari bengkel lain kan masih banyak.....
tujuan awal dibuat busi iridium itu untuk long life, tidak perlu periksa busi tiap 3-4 bulan, apalagi di mesin seperti honja ge8 yang proses buka businya butuh bantuan chainsaw serta jaws of life.
beda dengan kijang 5k yang tiap hari buka busi pun masih oke.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Busi CRV RE 2011
Berarti gpp ya om kalau pake iridium. Terima kasih banyak infonyaDOHC wrote:Setau newbie sehh selama jenis heat range, ulir nya sama, yagapapa, mau nickel, iridum, platinum skalipun.. ahond aj sering tuker2 busi berdasarkan paket servis nya..
Lebi jelas nya kudu summon ahli busi mbah marmut nehh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Busi CRV RE 2011
Nah ya itu om. Juga ga dijelasin jg sih efeknya kayak gimana. Cuman ga bagus gitu aja sih. Jadi oke oke aja ya pake iridium di mesin 2000c ke atas y.marmut wrote:Clonz wrote: Tue Feb 05, 2019 2:10
-
tidak disarankan untuk pakai busi tsb dan disuruh kembali ke busi standart. Menurut dia efek jangka panjangnya ga bagus dan busi iridium itu untuk mesin 2000cc ke bawah.
-
coba minta penjelasan dulu maksudnya efek jangka panjang ga bagus itu bagaimana? bagian apanya yang ga bagus?
kalo jawabnya a-u-a-u tinggalin aja cari bengkel lain kan masih banyak.....
tujuan awal dibuat busi iridium itu untuk long life, tidak perlu periksa busi tiap 3-4 bulan, apalagi di mesin seperti honja ge8 yang proses buka businya butuh bantuan chainsaw serta jaws of life.
beda dengan kijang 5k yang tiap hari buka busi pun masih oke.
Makasih infonyaa
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box