Review Toyota Camry XV30 manual
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Review Toyota Camry XV30 manual
Kali ini newbie mencoba mereview sebuah mobil yang lumayan sudah berumur ini. Beberapa foto untuk xv 20 dan xv 30 facelift saya ambil dari google. Sedikit cerita berawal dari dijualnya w124 kesayangan karena ada kebutuhan mendesak untuk property dan menyisakan sebuah sienta untuk dipakai wara wiri saya dan istri bergantian akhirnya diputuskan untuk membeli 1 kendaraan lagi sebagai pengganti W124 yang sudah terjual tapi kali ini dengan budget yang lumayan minim kisaran 50jt an. Dari hasil hunting2 iklan online dengan berbagai pertimbangan akhirnya pilihan mengkerucut ke all new corolla ae112/soluna/camry xv20 lampu sipit. Kenapa toyota semua ya? Saya juga binggung menjelaskan nya mgkn jawaban tepatnya karena sedan itu 2nd nya murah, dan krn taun sudah tua rata2 mbl th 2000 awal pilihan saya main aman saja hanya honda dan toyota, tapi ternyata harga honda 2nd itu lbh mahal dr toyota tahun yang sama. Sempet kepikiran W202 tp saya mencoba realistis kali ini lbh cocok ambil jepangan dulu.
Lalu kenapa pilihan nya jadi XV30? Nah ini ceritanya agak berliku, disaat hunting dan hampir deal dengan XV20 th 2001 tiba2 saya nemu xv30 th 2002 akhir yang dijual dengan harga lmyn miring. Si owner sblmnya dapat dikatakan jual BU walaupun saya harus mengambil unitnya di jawa barat dan untung nya unitnya tidak mengecewakan sama sekali ketika saya cek di lokasi. Pertimbangan menjatuhkan pilihan ke camry juga krn badan saya yang tinggi dan sudah terbiasa dengan big sedan sebelumnya.
Saya coba tampilin gambar generasi Camry XV 20 XV30 ini saya lihat sdh ada review nya di SM tp saya cari2 yang manual blm ad yg review jadi coba saya review disini semoga berkenan. Sedikit sejarah XV30 pertama dijual di indonesia oleh TAM di tahun 2002 akhir, dan saat itu status nya adalah CKD (berbeda dengan XV20 lampu sipit generasi sblmnya yang diimpor TAM dari aussie). Model pertama ini lbh ke mercedes2an di jamannya dgn kombinasi lampu blkg seperti ini dan grill dpn yang garis2 dengan logo besar toyota dan grill ini terangkat seluruhnya ketika kap mesin dibuka. Di tahun 2004 xv30 mengalami facelift dengan perubahan di headlamp grill depan (yang banyak dijual versi variasi di kijang innova tahun 2005) , lampu belakang modelnya menjadi cenderung merah semua.
Model facelift : XV30 dijual dalam 3 tipe 2.4 G MT dan AT (bermesin 2AZ-FE yang legendaris) dan 3.0V bermesin V6 AT(masih menggunakan timming belt). Dijamannya bersaing ketat dengan honda accord CM5 dan CM7. Mesin 2AZ-FE ini masih digunakan di generasi berikutnya XV40 hingga tahun 2012 dan sharing dengan alphard dan harrier hingga tahun 2012 (mohon koreksinya). Di XV30 MT apakah kopongan fiturnya? Yang didapat di model th 2002 adalah climate AC,retract spion, speedometer optitron, back sonar, outside temperatur, MID blm ada, electric seat sisi pengemudi (fitur ini dihilangkan di model facelift untuk 2.4 G m/t), wooden panel nya sama dgn trim diatasnya (di consol tengah memanjang dari handbrake hingga tombol AC kemudian di masing2 doortrim dan sedikit di arm rest blkg kec perbedaaan wooden panel di trim 3.0V di kisi2 AC tengah dashboard. Hanya ada 2 airbag dan ABS di trim M/T. Jok menggunakan beludru (tp sdh di retrim oleh owner sebelumnya).
Bagaimana rasa berkendara dan build quality nya? Di usia yang menginjak 16 tahun bulit quality saya acungkan jempol, blm ad rattle2 di interior sama sekali, masih terasa kedap , suara ban minim masuk (ban menggunakan hankook 205/65/R15). Handling yang agak hambar terasa limbung di tikungan tapi terkompensasi dengan empuk di jalan rusak dan ketika melewati jalan beton yang tidak rata. Mesin 2AZ-FE dipadukan dengan girboks manual 5 speed seperti terasa tenaga yang ngisi terus untuk dalam kota dan luar kota. Cruising di 100km/h RPM di 2500 terasa cukup ideal untuk melewati tol trans jawa. Kendala mengendarai XV30 hanya di dimensinya yg lebar dan besar sedikit agak kesulitan untuk lewat jalan tikus di jakarta, tapi terkompensasi di lega nya ruang kabin dan bagasi. Penumpang blkg masih bisa duduk nyaman ketika 3 orang duduk di kursi belakang tanpa berdesakan. Posisi duduk pengemudi cenderung tinggi mgkn memang ini mobil tipikal supir. Oiya balik lagi masalah built quality , XV30 rata2 punya penyakit yang sama faktor usia yaitu retak2 di frame AC dekat headunit dan patah nya pergerakan kisi2 AC nya. Ini setelah saya ngubek2 part baru dan part copotan akhirnya saya dapet dari Ebay harga cukup miring. Apakah reliable? Sampai saat ini dapat dikatakan iya, apalagi ini transmisi manual yang memang lbh ekonomis perawatannya, bbm nya masih sanggup kisaran 8-9km/l untuk dalam kota jakarta, luar kota masih sangat mudah untuk tembus diatas 11km/l pertalite. Biaya perbaikan dan perawatan yang saya keluarkan sampai saat ini masih berupa penggantian oli, tune up (ini gejala awal idle nya terlalu rendah ternyata thortle body sdh kotor stlh dibersihkan idle mesin nya sudah tidak terlalu rendah lagi). Beruntung owner dulu sdh melakukan penggantian kopling set dan komponen kaki2, jd lumayan sedikit jajan perbaikan nya ketika ditangan saya. Oiya tangki mobil ini 70liter jadi dari jarum penunjuk setengah isi full tank bisa habis kurang lebih 35-40liter cocok buat turing jarak jauh.
Sekian review saya tentang XV30 semoga bermanfaat bagi yang akan hunting, menurut saya dgn kisaran harga bekasnya skrg masih cukup layak dibeli daripada daripada ambil unit2 ex taxi atau small sedan tahun 2000 awal secara kualitas lbh baik dan masih cukup badak untuk mobil harian. Harga part juga tidak terlalu mahal, masih banyak opsi dari online shop luar khususnya part bodi. Pajak kisaran 2,3jt.
Lalu kenapa pilihan nya jadi XV30? Nah ini ceritanya agak berliku, disaat hunting dan hampir deal dengan XV20 th 2001 tiba2 saya nemu xv30 th 2002 akhir yang dijual dengan harga lmyn miring. Si owner sblmnya dapat dikatakan jual BU walaupun saya harus mengambil unitnya di jawa barat dan untung nya unitnya tidak mengecewakan sama sekali ketika saya cek di lokasi. Pertimbangan menjatuhkan pilihan ke camry juga krn badan saya yang tinggi dan sudah terbiasa dengan big sedan sebelumnya.
Saya coba tampilin gambar generasi Camry XV 20 XV30 ini saya lihat sdh ada review nya di SM tp saya cari2 yang manual blm ad yg review jadi coba saya review disini semoga berkenan. Sedikit sejarah XV30 pertama dijual di indonesia oleh TAM di tahun 2002 akhir, dan saat itu status nya adalah CKD (berbeda dengan XV20 lampu sipit generasi sblmnya yang diimpor TAM dari aussie). Model pertama ini lbh ke mercedes2an di jamannya dgn kombinasi lampu blkg seperti ini dan grill dpn yang garis2 dengan logo besar toyota dan grill ini terangkat seluruhnya ketika kap mesin dibuka. Di tahun 2004 xv30 mengalami facelift dengan perubahan di headlamp grill depan (yang banyak dijual versi variasi di kijang innova tahun 2005) , lampu belakang modelnya menjadi cenderung merah semua.
Model facelift : XV30 dijual dalam 3 tipe 2.4 G MT dan AT (bermesin 2AZ-FE yang legendaris) dan 3.0V bermesin V6 AT(masih menggunakan timming belt). Dijamannya bersaing ketat dengan honda accord CM5 dan CM7. Mesin 2AZ-FE ini masih digunakan di generasi berikutnya XV40 hingga tahun 2012 dan sharing dengan alphard dan harrier hingga tahun 2012 (mohon koreksinya). Di XV30 MT apakah kopongan fiturnya? Yang didapat di model th 2002 adalah climate AC,retract spion, speedometer optitron, back sonar, outside temperatur, MID blm ada, electric seat sisi pengemudi (fitur ini dihilangkan di model facelift untuk 2.4 G m/t), wooden panel nya sama dgn trim diatasnya (di consol tengah memanjang dari handbrake hingga tombol AC kemudian di masing2 doortrim dan sedikit di arm rest blkg kec perbedaaan wooden panel di trim 3.0V di kisi2 AC tengah dashboard. Hanya ada 2 airbag dan ABS di trim M/T. Jok menggunakan beludru (tp sdh di retrim oleh owner sebelumnya).
Bagaimana rasa berkendara dan build quality nya? Di usia yang menginjak 16 tahun bulit quality saya acungkan jempol, blm ad rattle2 di interior sama sekali, masih terasa kedap , suara ban minim masuk (ban menggunakan hankook 205/65/R15). Handling yang agak hambar terasa limbung di tikungan tapi terkompensasi dengan empuk di jalan rusak dan ketika melewati jalan beton yang tidak rata. Mesin 2AZ-FE dipadukan dengan girboks manual 5 speed seperti terasa tenaga yang ngisi terus untuk dalam kota dan luar kota. Cruising di 100km/h RPM di 2500 terasa cukup ideal untuk melewati tol trans jawa. Kendala mengendarai XV30 hanya di dimensinya yg lebar dan besar sedikit agak kesulitan untuk lewat jalan tikus di jakarta, tapi terkompensasi di lega nya ruang kabin dan bagasi. Penumpang blkg masih bisa duduk nyaman ketika 3 orang duduk di kursi belakang tanpa berdesakan. Posisi duduk pengemudi cenderung tinggi mgkn memang ini mobil tipikal supir. Oiya balik lagi masalah built quality , XV30 rata2 punya penyakit yang sama faktor usia yaitu retak2 di frame AC dekat headunit dan patah nya pergerakan kisi2 AC nya. Ini setelah saya ngubek2 part baru dan part copotan akhirnya saya dapet dari Ebay harga cukup miring. Apakah reliable? Sampai saat ini dapat dikatakan iya, apalagi ini transmisi manual yang memang lbh ekonomis perawatannya, bbm nya masih sanggup kisaran 8-9km/l untuk dalam kota jakarta, luar kota masih sangat mudah untuk tembus diatas 11km/l pertalite. Biaya perbaikan dan perawatan yang saya keluarkan sampai saat ini masih berupa penggantian oli, tune up (ini gejala awal idle nya terlalu rendah ternyata thortle body sdh kotor stlh dibersihkan idle mesin nya sudah tidak terlalu rendah lagi). Beruntung owner dulu sdh melakukan penggantian kopling set dan komponen kaki2, jd lumayan sedikit jajan perbaikan nya ketika ditangan saya. Oiya tangki mobil ini 70liter jadi dari jarum penunjuk setengah isi full tank bisa habis kurang lebih 35-40liter cocok buat turing jarak jauh.
Sekian review saya tentang XV30 semoga bermanfaat bagi yang akan hunting, menurut saya dgn kisaran harga bekasnya skrg masih cukup layak dibeli daripada daripada ambil unit2 ex taxi atau small sedan tahun 2000 awal secara kualitas lbh baik dan masih cukup badak untuk mobil harian. Harga part juga tidak terlalu mahal, masih banyak opsi dari online shop luar khususnya part bodi. Pajak kisaran 2,3jt.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by marama on Thu Jan 24, 2019 8:56, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Nice review oom! Mobil jarang neh wkwkwk camry manual
Bedanya sm G A/T di rem parkirnya jg, yg A/T adanya di kaki bukan di tangan spt gambarnya oom
Btw gambarnya agak campur aduk ya, di atas ada camry xv20 jg hehe
Bedanya sm G A/T di rem parkirnya jg, yg A/T adanya di kaki bukan di tangan spt gambarnya oom
Btw gambarnya agak campur aduk ya, di atas ada camry xv20 jg hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
dapet di harga berapa om....dan pajaknya berapa ? saya juga suka sekali camry xv 30 ini

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Mantaap nih . . . btw baru tahu ada yg versi M/T nya . . .kirain A/T semua. Kepengen juga jadinya ganti si bongsor dgn XV20 atau XV30 . . .dulu pernah pegang Corona AT171 cukup lama. Kopling nya ringan ngak Bro ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Wed Jan 24, 2018 5:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2000 Mitsubishi Galant ST MT
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Widih, hampir senasib nih om,
Dulu juga kondisi saya budget 50an, dan tertarik sama Midsize Sedan.
Pilihannya waktu itu XV30 MT atau CM5 MT, dan betul aja CM5 ternyata lebih mahal dari XV30 yg harganya udah 50+. Akhirnya fokus ke XV30 MT instead of AT karena penasaran aja 2.400cc MTnya Toyota seperti apa
.
Nemu di online listing unit tahun 2003, dan disini lah salahnya saya, karena fokus nyari XV30 MT (yang mana iklannya cukup jarang) sekalinya ada langsung hajar & gas pake jasa survey pihak ketiga.
Pas sampe di lokasi, dengan mata kepala sendiri pun udah bisa ditebak kalo ini lumayan minus kondisi interior+mesin+kakikaki (jadi agak sayang pake jasa survey
). Sedikit share kondisinya:

Setelah ilfil dengan target tersebut, plus jumlah iklan kalah banyak dengan XV30 AT, akhirnya menyerah dan malah nyasar ke merk lain setelah teringat dengan masa-masa cemerlang sedan Mitsubishi 90an. Pinginnya Lancer CK4 tapi ternyata harganya 65+, akhirnya go big ke kakaknya yang bermesin lebih besar dan lebih murah
Pilihan akhirnya jatuh ke Midsize Sedan keluaran Tiga Berlian dengan mesin V6 2.500-24 tahun 2000 MT ex Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor (Assembly Mitsubishi), dan sampai sekarang 1 tahun pemakaian masih seneng dengan sensasi ditendang jin
*maaf jadi curhat
Dulu juga kondisi saya budget 50an, dan tertarik sama Midsize Sedan.
Pilihannya waktu itu XV30 MT atau CM5 MT, dan betul aja CM5 ternyata lebih mahal dari XV30 yg harganya udah 50+. Akhirnya fokus ke XV30 MT instead of AT karena penasaran aja 2.400cc MTnya Toyota seperti apa

Nemu di online listing unit tahun 2003, dan disini lah salahnya saya, karena fokus nyari XV30 MT (yang mana iklannya cukup jarang) sekalinya ada langsung hajar & gas pake jasa survey pihak ketiga.
Pas sampe di lokasi, dengan mata kepala sendiri pun udah bisa ditebak kalo ini lumayan minus kondisi interior+mesin+kakikaki (jadi agak sayang pake jasa survey


Setelah ilfil dengan target tersebut, plus jumlah iklan kalah banyak dengan XV30 AT, akhirnya menyerah dan malah nyasar ke merk lain setelah teringat dengan masa-masa cemerlang sedan Mitsubishi 90an. Pinginnya Lancer CK4 tapi ternyata harganya 65+, akhirnya go big ke kakaknya yang bermesin lebih besar dan lebih murah

Pilihan akhirnya jatuh ke Midsize Sedan keluaran Tiga Berlian dengan mesin V6 2.500-24 tahun 2000 MT ex Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor (Assembly Mitsubishi), dan sampai sekarang 1 tahun pemakaian masih seneng dengan sensasi ditendang jin

*maaf jadi curhat

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Itu posisi rem parkir agak ke kiri ya, lebih deket ke penumpang, mungkin toyota males bikin beda antara versi rhd n lhd. Klo accord cp2, posisi rem parkirnya beda antara yg lhd n rhd, masing2 lebih deket ke supir. Cuman cp2 mau mt ataupun at tetep pake model tuas tarik.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Wow mayan parah jg tuh kondisinyaMamen009 wrote: Thu Jan 24, 2019 9:27
Nemu di online listing unit tahun 2003, dan disini lah salahnya saya, karena fokus nyari XV30 MT (yang mana iklannya cukup jarang) sekalinya ada langsung hajar & gas pake jasa survey pihak ketiga.
Pas sampe di lokasi, dengan mata kepala sendiri pun udah bisa ditebak kalo ini lumayan minus kondisi interior+mesin+kakikaki (jadi agak sayang pake jasa survey). Sedikit share kondisinya:
Waktu itu dia buka harga brp om kalo boleh tau???
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
mantap om TS, semenjak tol trans jawa jadi saya kepikiran untuk ganti big sedan juga


di review dong om hiu nya, salah satu wishlist saya nihMamen009 wrote: Thu Jan 24, 2019 9:27
Pilihan akhirnya jatuh ke Midsize Sedan keluaran Tiga Berlian dengan mesin V6 2.500-24 tahun 2000 MT ex Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor (Assembly Mitsubishi), dan sampai sekarang 1 tahun pemakaian masih seneng dengan sensasi ditendang jin
*maaf jadi curhat![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Sori om pas awal masih di edit2 jadi gambar berantakan , oiya btul yg matic pakai parkirng brake, dan ini masalahnya hand brake nya posisinya agak kekiri untung tangan saya lumayan bisa menggapaiadriangaut wrote: Thu Jan 24, 2019 8:54 Nice review oom! Mobil jarang neh wkwkwk camry manual
Bedanya sm G A/T di rem parkirnya jg, yg A/T adanya di kaki bukan di tangan spt gambarnya oom
Btw gambarnya agak campur aduk ya, di atas ada camry xv20 jg hehe
Dapat di under 54 om, kondisi untung pajak panjang, PR nya waktu itu kaca film sdh berantakan (saya ganti nexgard) sama lampu menguning ( ini sudah saya cuci lampu di dutamas fatmawati) agak lumayan hasilnyamartinnn wrote: Thu Jan 24, 2019 8:57 dapet di harga berapa om....dan pajaknya berapa ? saya juga suka sekali camry xv 30 ini
nah itu om, manualnya kopling mnrt saya pribadi g ringan2 banget, mirip2 kopling innova, kalau bantingan enak XV20 om ini mbl lbh empuk dari xv30 overall masih berasa ngayun2 nya kl jalan rusakHanggar wrote: Thu Jan 24, 2019 8:58 Mantaap nih . . . btw baru tahu ada yg versi M/T nya . . .kirain A/T semua. Kepengen juga jadinya ganti si bongsor dgn XV20 atau XV30 . . .dulu pernah pegang Corona AT171 cukup lama. Kopling nya ringan ngak Bro ?
Wah senasib om hehe itu hoki banget dapat galant harga sgini, kmrn saya juga hunting2 galant harga nya masih tinggi , mgkn mobkas memang jodoh2an ya. G kebayang enaknya itu V6 2500 transmisi manual. Betul juga cari xv30 manual lumayan susah ya sama seperti cari accord manualMamen009 wrote: Thu Jan 24, 2019 9:27 Widih, hampir senasib nih om,
Dulu juga kondisi saya budget 50an, dan tertarik sama Midsize Sedan.
Pilihannya waktu itu XV30 MT atau CM5 MT, dan betul aja CM5 ternyata lebih mahal dari XV30 yg harganya udah 50+. Akhirnya fokus ke XV30 MT instead of AT karena penasaran aja 2.400cc MTnya Toyota seperti apa.
Nemu di online listing unit tahun 2003, dan disini lah salahnya saya, karena fokus nyari XV30 MT (yang mana iklannya cukup jarang) sekalinya ada langsung hajar & gas pake jasa survey pihak ketiga.
Pas sampe di lokasi, dengan mata kepala sendiri pun udah bisa ditebak kalo ini lumayan minus kondisi interior+mesin+kakikaki (jadi agak sayang pake jasa survey). Sedikit share kondisinya:
Setelah ilfil dengan target tersebut, plus jumlah iklan kalah banyak dengan XV30 AT, akhirnya menyerah dan malah nyasar ke merk lain setelah teringat dengan masa-masa cemerlang sedan Mitsubishi 90an. Pinginnya Lancer CK4 tapi ternyata harganya 65+, akhirnya go big ke kakaknya yang bermesin lebih besar dan lebih murah![]()
Pilihan akhirnya jatuh ke Midsize Sedan keluaran Tiga Berlian dengan mesin V6 2.500-24 tahun 2000 MT ex Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor (Assembly Mitsubishi), dan sampai sekarang 1 tahun pemakaian masih seneng dengan sensasi ditendang jin
*maaf jadi curhat![]()
iya agak kekiri om agak susah digapai kalau drivernya agak kecil postur nya, sdh itu disebelah handbrake ada cupholder jadi kalau itu diisi minuman makin susah lagi tarik handbrake wkwkwkpradit_d wrote: Thu Jan 24, 2019 15:48 Itu posisi rem parkir agak ke kiri ya, lebih deket ke penumpang, mungkin toyota males bikin beda antara versi rhd n lhd. Klo accord cp2, posisi rem parkirnya beda antara yg lhd n rhd, masing2 lebih deket ke supir. Cuman cp2 mau mt ataupun at tetep pake model tuas tarik.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Err mobilnya berarti sama kaya saya om heheheMamen009 wrote: Thu Jan 24, 2019 9:27 Widih, hampir senasib nih om,
Dulu juga kondisi saya budget 50an, dan tertarik sama Midsize Sedan.
Pilihannya waktu itu XV30 MT atau CM5 MT, dan betul aja CM5 ternyata lebih mahal dari XV30 yg harganya udah 50+. Akhirnya fokus ke XV30 MT instead of AT karena penasaran aja 2.400cc MTnya Toyota seperti apa.
Nemu di online listing unit tahun 2003, dan disini lah salahnya saya, karena fokus nyari XV30 MT (yang mana iklannya cukup jarang) sekalinya ada langsung hajar & gas pake jasa survey pihak ketiga.
Pas sampe di lokasi, dengan mata kepala sendiri pun udah bisa ditebak kalo ini lumayan minus kondisi interior+mesin+kakikaki (jadi agak sayang pake jasa survey). Sedikit share kondisinya:
Setelah ilfil dengan target tersebut, plus jumlah iklan kalah banyak dengan XV30 AT, akhirnya menyerah dan malah nyasar ke merk lain setelah teringat dengan masa-masa cemerlang sedan Mitsubishi 90an. Pinginnya Lancer CK4 tapi ternyata harganya 65+, akhirnya go big ke kakaknya yang bermesin lebih besar dan lebih murah![]()
Pilihan akhirnya jatuh ke Midsize Sedan keluaran Tiga Berlian dengan mesin V6 2.500-24 tahun 2000 MT ex Presiden Direktur PT Krama Yudha Ratu Motor (Assembly Mitsubishi), dan sampai sekarang 1 tahun pemakaian masih seneng dengan sensasi ditendang jin
*maaf jadi curhat![]()
Cuma punya saya tahun 98
Udah pelihara 6 tahun lebih, dulu malah sebelum ambil ni mobil malah sempet lirik civic lx, corolla dx, sama city type z.

Oh iya by the way nice review om, camry xv30 m/t ya, mobil jarang nih hehehe, ganteng dan cenderung timeless desainnya kalo menurut saya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Nice review dan congrats atas mobil barunya om. XV30 MT emg mobil yg langka tapi nyaman buat perjalanan jauh
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
- Location: pekanbaru riau
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Kalo honda civic vtis tahun 2005 an itu menurut suhu suhu di sini gimana sih.
Jarang banget dilirik..
Ada yang punya atau pernah punya kah..
Monggo di share pengalaman nya..
Jarang banget dilirik..
Ada yang punya atau pernah punya kah..
Monggo di share pengalaman nya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Thx om, so far nyaman buat perjalanan jauh walaupun saya tetep aware cek ricek sblm jalan krn ini mobil tua yaPboyz97 wrote: Sun Jan 27, 2019 14:41 Nice review dan congrats atas mobil barunya om. XV30 MT emg mobil yg langka tapi nyaman buat perjalanan jauh
Civic 2005 oke tuh om, lampu headlamp sudah model lebar kan? cuma populasinya dikit ya jadi hunting nya harus agak sabar, opsi lain altis tp saya jg bgg ini altis hrg nya kok bertahan sekali 2nd nya (kmrn kepikiran ambil altis tp out of budget walaupun altis th 2001)deddytok wrote: Sun Jan 27, 2019 15:35 Kalo honda civic vtis tahun 2005 an itu menurut suhu suhu di sini gimana sih.
Jarang banget dilirik..
Ada yang punya atau pernah punya kah..
Monggo di share pengalaman nya..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
wih mantep om reviewnya om
Mau tny utk harga parts kaki2 sm mesin tergolong murah / mahal om?
sy lg galau mending ambl camry xv40 apa accord cm5 ya soalnya skrg harga 2nd nya udh mulai terjangkau

Mau tny utk harga parts kaki2 sm mesin tergolong murah / mahal om?
sy lg galau mending ambl camry xv40 apa accord cm5 ya soalnya skrg harga 2nd nya udh mulai terjangkau

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Thx om, untuk part yang tipe 2.4 so far banyak om seperti as roda, engine mounting ad yg asli ad yg KW juga tinggal sesuaikan budget, tapi yg V6 rata2 banyakan part ori ya KW nya lbh sedikit pilihannya.kramatbatu wrote: Mon Jan 28, 2019 2:52 wih mantep om reviewnya om![]()
Mau tny utk harga parts kaki2 sm mesin tergolong murah / mahal om?
sy lg galau mending ambl camry xv40 apa accord cm5 ya soalnya skrg harga 2nd nya udh mulai terjangkau![]()
accord CM5 vs XV40 agak nanggung tuh om bukan di era yang sepadan better ambil next gen accord nya aja yg th 2008 up (saya agak lupa kodenya apa) ini baru setara dengan eranya XV40. kl accord vs camry masing2 ad plus minusnya accord sangat enak disupiri ( saya dl lmyn sering pakai accord cm5 punya kakak) handling mantap, tp kl suka nya big sedan yg empuk2 bantingannya mgkn agk kurang cocok dgn accord. Oiya masalah kaki2 juga mgkn budget perbaikan di accord akan terasa lbh mahal karena sdh pakai double wishbone di accord
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
eh maaf om mksud sy yg xv30 fl 2004-2005 i/o xv40marama wrote: Mon Jan 28, 2019 3:03Thx om, untuk part yang tipe 2.4 so far banyak om seperti as roda, engine mounting ad yg asli ad yg KW juga tinggal sesuaikan budget, tapi yg V6 rata2 banyakan part ori ya KW nya lbh sedikit pilihannya.kramatbatu wrote: Mon Jan 28, 2019 2:52 wih mantep om reviewnya om![]()
Mau tny utk harga parts kaki2 sm mesin tergolong murah / mahal om?
sy lg galau mending ambl camry xv40 apa accord cm5 ya soalnya skrg harga 2nd nya udh mulai terjangkau![]()
accord CM5 vs XV40 agak nanggung tuh om bukan di era yang sepadan better ambil next gen accord nya aja yg th 2008 up (saya agak lupa kodenya apa) ini baru setara dengan eranya XV40. kl accord vs camry masing2 ad plus minusnya accord sangat enak disupiri ( saya dl lmyn sering pakai accord cm5 punya kakak) handling mantap, tp kl suka nya big sedan yg empuk2 bantingannya mgkn agk kurang cocok dgn accord. Oiya masalah kaki2 juga mgkn budget perbaikan di accord akan terasa lbh mahal karena sdh pakai double wishbone di accord

emng sih dr dlu spareparts lbh mahal ahnod drpd atoyot apalg klo urusan kaki2. btw makasih bnyk infonya om

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
bapak saya masih simpen civic VTI M/T thn 2003 yg sblm facelift.deddytok wrote: Sun Jan 27, 2019 15:35 Kalo honda civic vtis tahun 2005 an itu menurut suhu suhu di sini gimana sih.
Jarang banget dilirik..
Ada yang punya atau pernah punya kah..
Monggo di share pengalaman nya..
dibeli tahun 2016 di odometer 70rb.
overall mobil enak, bantingan nya khas honda agak kaku tapi stabil. mesin 1700cc nya mantap. konsumsi bensin ga pernah hitung, tp menurut bapak saya irit (dibanding grand vitara 2.0 matik nya dia

yg versi M/T kopling nya pendek dan agak berat. pergerakan tuas transmisi jg pendek dan presisi, enak bgt buat quick shifting.
yg kurang enak peredaman nya aja, untuk sekelas mobil sedan rasanya masih berisik suara luar dan ban.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
izin jwb om sy dl pernah pny yg VTi 2003 manual bln 10 yg facelift tanggung. cari unit yg seger & sesuai kriteria harus agak sabar om. sekali nya nemu barang yg seger harganya mahal apalg yg VTIS last fl ( 2004-2006 awal ). yg jual unitnya jg agak jarang. kalo mau incer civic es cb perhatiin kaki2 dpn , power window , radiator , sm plafon blkg ( soalnya dl prnh bantu cr civic es utk tmn bbrp unit plafon blkg agak turun ). klo spareparts mesin , kaki2 similar ke stream 1.7.deddytok wrote: Sun Jan 27, 2019 15:35 Kalo honda civic vtis tahun 2005 an itu menurut suhu suhu di sini gimana sih.
Jarang banget dilirik..
Ada yang punya atau pernah punya kah..
Monggo di share pengalaman nya..
overall mbl sih enak buat di setir sendiri khas honda sedan lah
klo ini civic sy yg dlu om





Last edited by kramatbatu on Mon Jan 28, 2019 4:08, edited 1 time in total.
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Wed Jan 24, 2018 5:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2000 Mitsubishi Galant ST MT
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Ya begitulah om, dulu buka di 65, asal nego2 mentok di 57an dengan kondisi begitu dan pajak off 2thJambangan wrote: Fri Jan 25, 2019 0:05 Wow mayan parah jg tuh kondisinya
Waktu itu dia buka harga brp om kalo boleh tau???

Mungkin nanti om, kalo pemakaian masuk 2 tahun, seinget saya jg ada deh yg review hiu MT juga, warna item kalogasalah

Iya om, kemaren juga pas nyari emang pasarannya masih 65an, begitu ada yg jual under 60 langsung saya samperin. Kondisinya sih nyaris original, cuma velgnya aja di bubut jadi 5 baut, tapi velgnya sepertinya lumayan, OEM Audi A3 R17 (Ronal 1132). Lainnya masih original, saking originalnya wood panel tengah ada bagian yg rontok/kekupas & lubang ac driver gabisa di shutmarama wrote: Fri Jan 25, 2019 3:00 Wah senasib om hehe itu hoki banget dapat galant harga sgini, kmrn saya juga hunting2 galant harga nya masih tinggi , mgkn mobkas memang jodoh2an ya. G kebayang enaknya itu V6 2500 transmisi manual. Betul juga cari xv30 manual lumayan susah ya sama seperti cari accord manual

Apik om, 6 tahun pemakaian gimana suka dukanya? saya sih skrg yg bikin ganjel cuma suara HLA / mie tektek kalo mobil baru dipanasin pagi hari, tapi kalo udah suhu ideal / 3 menitan ilang sendiri dan ga bunyi lagi.michaelgiri93 wrote: Fri Jan 25, 2019 12:12 Err mobilnya berarti sama kaya saya om hehehe
Cuma punya saya tahun 98
Udah pelihara 6 tahun lebih, dulu malah sebelum ambil ni mobil malah sempet lirik civic lx, corolla dx, sama city type z.
Oh iya by the way nice review om, camry xv30 m/t ya, mobil jarang nih hehehe, ganteng dan cenderung timeless desainnya kalo menurut saya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Sukanya sih tenaga, suara, sparepart fast moving yang relatif tidak susah carinya, dukanya boros, banyak sparepart terutama kaki kaki yang saya di ganti om.Mamen009 wrote: Mon Jan 28, 2019 4:07
Apik om, 6 tahun pemakaian gimana suka dukanya? saya sih skrg yg bikin ganjel cuma suara HLA / mie tektek kalo mobil baru dipanasin pagi hari, tapi kalo udah suhu ideal / 3 menitan ilang sendiri dan ga bunyi lagi.![]()
Kalau hla sejauh ini saya aman sih om. Tapi pernah ganti mass airflow sensor, selang vakum, sama kabel busi.
Sekarang kayaknya power steering ada rembes meski belum netes .
Ada oli bocor di mesin tapi sudah di perbaiki om hehehe.
Kalau oli pake apa om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
saya jadi baca2 review galant nya om nih, nicemichaelgiri93 wrote: Mon Jan 28, 2019 10:08Sukanya sih tenaga, suara, sparepart fast moving yang relatif tidak susah carinya, dukanya boros, banyak sparepart terutama kaki kaki yang saya di ganti om.Mamen009 wrote: Mon Jan 28, 2019 4:07
Apik om, 6 tahun pemakaian gimana suka dukanya? saya sih skrg yg bikin ganjel cuma suara HLA / mie tektek kalo mobil baru dipanasin pagi hari, tapi kalo udah suhu ideal / 3 menitan ilang sendiri dan ga bunyi lagi.![]()
Kalau hla sejauh ini saya aman sih om. Tapi pernah ganti mass airflow sensor, selang vakum, sama kabel busi.
Sekarang kayaknya power steering ada rembes meski belum netes .
Ada oli bocor di mesin tapi sudah di perbaiki om hehehe.
Kalau oli pake apa om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
sori dopost yang sama delete saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Hehehe, udah lama itu om reviewnya, masih kalah bagus sama reviewnya om marama.
Btw saya jadi inget, dulu bokap pernah ditawarin temennya camry xv20 tahun 2000 tapi yg v6, kalo gak salah di harga 60-70an juta, tapi bokap gak minat sama sekali, mungkin krn udah ada mobil tua 1 di rumah.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Oiya tryt review 2016 ya hehe g liat tanggalnya, btw yg V6 grande ya skrg harganya lbh terjangkau lagi tuh om , pernah test drive punya penjual tarikan bawahnya enak, beda di cruise control, jok kulit dan electric seat kiri depan dibandingkan tipe 2.2 GLXmichaelgiri93 wrote: Wed Jan 30, 2019 5:57
Hehehe, udah lama itu om reviewnya, masih kalah bagus sama reviewnya om marama.
Btw saya jadi inget, dulu bokap pernah ditawarin temennya camry xv20 tahun 2000 tapi yg v6, kalo gak salah di harga 60-70an juta, tapi bokap gak minat sama sekali, mungkin krn udah ada mobil tua 1 di rumah.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review Toyota Camry XV30 manual
Iya om hahaha.marama wrote: Wed Jan 30, 2019 6:41
Oiya tryt review 2016 ya hehe g liat tanggalnya, btw yg V6 grande ya skrg harganya lbh terjangkau lagi tuh om , pernah test drive punya penjual tarikan bawahnya enak, beda di cruise control, jok kulit dan electric seat kiri depan dibandingkan tipe 2.2 GLX![]()
Oh sekarang di angka berapa om? 50an ke bawah kah?
Yg v6 cuma ada grande atau ada v6 biasa om?
Oalah fiturnya bedanya lumayan juga ya
Tapi kalau secara fasia kayaknya sama aja ya sm yang trim bawahnya?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt