apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
dengar-dengar sistem can bus di mobil eropa dan mobil moderen laen nya sistem kelistrikan nya mirip jaringan komputer . unik nya koq saya lihat di web h e l l a soal d r l , pas mau pasang drl di mobil bersistem can bus , harus ada koding ecu ( untuk mobil eropa tertentu ) terlebih dahulu , koq bisa serepot ini kalo mau pasang drl atau lampu LED laen nya . tapi apa sebenarnya tujuan utama penggunaan sistem ini ? kira 2 bagaimana cara kerja sistem ini ? apa keunggulan dan kekurangan dari sistem ini ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: March HR15
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
CMIIW.
Tujuan awalnya itu untuk menghemat kabel. Bayangkan kabel yg dibutuhkan jadi berapa banyak kalau semua fungsi kelistrikan dihubungkan pake kabel masing masing.
Dengan can bus, setiap micro controller kelistrikan cukup terhubung lewat kabel komunikasi aja sama ECU, ecu tinggal ngomong ke micro controller, "hidupin fog lamp", "hidupin sen kiri". Gitu.
Tujuan berikutnya yaa kemudahan diagnostic, semakin banyak micro controller, semakin mudah nge trace fault ada dimana. Nyari fault di lampu lampu misalnya, ECU cukup minta laporan ke semua microcontroller lampu.
Kalau mau baca lebih detail, saya nemu yg bagus nih
https://www.csselectronics.com/screen/p ... anguage/en
Balik ke kasus yg masang drl. Karena pake can bus. Egk bisa asal masang lampu dll, nanti micro controllee ngebaca ada yg egk normal, egk sesuai kodingan, makanya harus diubah kodingannya buat nge akomodir beban listrik yg baru, biar ecu kenal juga itu DRL.
Tujuan awalnya itu untuk menghemat kabel. Bayangkan kabel yg dibutuhkan jadi berapa banyak kalau semua fungsi kelistrikan dihubungkan pake kabel masing masing.
Dengan can bus, setiap micro controller kelistrikan cukup terhubung lewat kabel komunikasi aja sama ECU, ecu tinggal ngomong ke micro controller, "hidupin fog lamp", "hidupin sen kiri". Gitu.
Tujuan berikutnya yaa kemudahan diagnostic, semakin banyak micro controller, semakin mudah nge trace fault ada dimana. Nyari fault di lampu lampu misalnya, ECU cukup minta laporan ke semua microcontroller lampu.
Kalau mau baca lebih detail, saya nemu yg bagus nih
https://www.csselectronics.com/screen/p ... anguage/en
Balik ke kasus yg masang drl. Karena pake can bus. Egk bisa asal masang lampu dll, nanti micro controllee ngebaca ada yg egk normal, egk sesuai kodingan, makanya harus diubah kodingannya buat nge akomodir beban listrik yg baru, biar ecu kenal juga itu DRL.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
Nah, harga microcontrollernya berapa?
In case kalo yg error ternyata microcontrollernya.
In case kalo yg error ternyata microcontrollernya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
'afareyzi256 wrote: Wed Dec 26, 2018 18:01 dengar-dengar sistem can bus di mobil eropa dan mobil moderen laen nya sistem kelistrikan nya mirip jaringan komputer . unik nya koq saya lihat di web h e l l a soal d r l , pas mau pasang drl di mobil bersistem can bus , harus ada koding ecu ( untuk mobil eropa tertentu ) terlebih dahulu , koq bisa serepot ini kalo mau pasang drl atau lampu LED laen nya . tapi apa sebenarnya tujuan utama penggunaan sistem ini ? kira 2 bagaimana cara kerja sistem ini ? apa keunggulan dan kekurangan dari sistem ini ?
Atas dasar pertimbangan yg sama, saya waktu pasang lampu tembak 2 x 100 watt Light Force Striker 170, saya bikin system jalur baru.
Tidak konek ke rangkaian stop kontak lampu utama atau lampu foglamp.
Jadi stand alone lamp gitu.
Pasang lampu, bikin jalur kabel, bikin relay, sekring, kasih conduit di kabelnya, dan bikin saklarnya di dashboard (ada slot kosong disana dari fabrikan).
Kalau saya cantel jalur lampu foglamp yang cuma 25 watt per biji , maka saat saya hidupin lampu foglamp, maka ECU akan baca beban listrik = 2x25 watt + 2x100 watt = 250 watt.
Maka ECU akan teriak ..."woi...woi...kenapa itu beban berlebih....gue matiin ya....biar elo kabag kebakar..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
Yg saya bold, kan bisa dicantel ke relay dulu om.ginting wrote: Thu Dec 27, 2018 3:06'afareyzi256 wrote: Wed Dec 26, 2018 18:01 dengar-dengar sistem can bus di mobil eropa dan mobil moderen laen nya sistem kelistrikan nya mirip jaringan komputer . unik nya koq saya lihat di web h e l l a soal d r l , pas mau pasang drl di mobil bersistem can bus , harus ada koding ecu ( untuk mobil eropa tertentu ) terlebih dahulu , koq bisa serepot ini kalo mau pasang drl atau lampu LED laen nya . tapi apa sebenarnya tujuan utama penggunaan sistem ini ? kira 2 bagaimana cara kerja sistem ini ? apa keunggulan dan kekurangan dari sistem ini ?
Atas dasar pertimbangan yg sama, saya waktu pasang lampu tembak 2 x 100 watt Light Force Striker 170, saya bikin system jalur baru.
Tidak konek ke rangkaian stop kontak lampu utama atau lampu foglamp.
Jadi stand alone lamp gitu.
Pasang lampu, bikin jalur kabel, bikin relay, sekring, kasih conduit di kabelnya, dan bikin saklarnya di dashboard (ada slot kosong disana dari fabrikan).
Kalau saya cantel jalur lampu foglamp yang cuma 25 watt per biji , maka saat saya hidupin lampu foglamp, maka ECU akan baca beban listrik = 2x25 watt + 2x100 watt = 250 watt.
Maka ECU akan teriak ..."woi...woi...kenapa itu beban berlebih....gue matiin ya....biar elo kabag kebakar..

Btw, foglamp 25watt LED ya om? Kalo halogen kan 55watt.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
kalo boleh tahu kira 2 mobil nya ini udah can bus belomginting wrote: Thu Dec 27, 2018 3:06'afareyzi256 wrote: Wed Dec 26, 2018 18:01 dengar-dengar sistem can bus di mobil eropa dan mobil moderen laen nya sistem kelistrikan nya mirip jaringan komputer . unik nya koq saya lihat di web h e l l a soal d r l , pas mau pasang drl di mobil bersistem can bus , harus ada koding ecu ( untuk mobil eropa tertentu ) terlebih dahulu , koq bisa serepot ini kalo mau pasang drl atau lampu LED laen nya . tapi apa sebenarnya tujuan utama penggunaan sistem ini ? kira 2 bagaimana cara kerja sistem ini ? apa keunggulan dan kekurangan dari sistem ini ?
Atas dasar pertimbangan yg sama, saya waktu pasang lampu tembak 2 x 100 watt Light Force Striker 170, saya bikin system jalur baru.
Tidak konek ke rangkaian stop kontak lampu utama atau lampu foglamp.
Jadi stand alone lamp gitu.
Pasang lampu, bikin jalur kabel, bikin relay, sekring, kasih conduit di kabelnya, dan bikin saklarnya di dashboard (ada slot kosong disana dari fabrikan).
Kalau saya cantel jalur lampu foglamp yang cuma 25 watt per biji , maka saat saya hidupin lampu foglamp, maka ECU akan baca beban listrik = 2x25 watt + 2x100 watt = 250 watt.
Maka ECU akan teriak ..."woi...woi...kenapa itu beban berlebih....gue matiin ya....biar elo kabag kebakar..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 20, 2018 5:05
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
biasa nya yang ngerti kodingan ini khusus nya yang buat elektronik di mobil can bus sebenar nya orang yang berlatar belakang elektronik atau komputer yahardhrizk wrote: Thu Dec 27, 2018 0:00 CMIIW.
Tujuan awalnya itu untuk menghemat kabel. Bayangkan kabel yg dibutuhkan jadi berapa banyak kalau semua fungsi kelistrikan dihubungkan pake kabel masing masing.
Dengan can bus, setiap micro controller kelistrikan cukup terhubung lewat kabel komunikasi aja sama ECU, ecu tinggal ngomong ke micro controller, "hidupin fog lamp", "hidupin sen kiri". Gitu.
Tujuan berikutnya yaa kemudahan diagnostic, semakin banyak micro controller, semakin mudah nge trace fault ada dimana. Nyari fault di lampu lampu misalnya, ECU cukup minta laporan ke semua microcontroller lampu.
Kalau mau baca lebih detail, saya nemu yg bagus nih
https://www.csselectronics.com/screen/p ... anguage/en
Balik ke kasus yg masang drl. Karena pake can bus. Egk bisa asal masang lampu dll, nanti micro controllee ngebaca ada yg egk normal, egk sesuai kodingan, makanya harus diubah kodingannya buat nge akomodir beban listrik yg baru, biar ecu kenal juga itu DRL.
terima kasih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
kita summon mbah bebonk utk bertitah..
((awas kalo ngomong FRD fluid)
((awas kalo ngomong FRD fluid)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: apa fungsi kelistrikan can bus di mobil eropa
Rata" uda pake canbus koq.
Utk boyotah, start dr vnt keatas. Dibawahnya msh kline.
Utk ihsusuk, mukidi uda canbus.
Utk mitsubasi, semenjak jaman otlendir semprot ama lanser giti uda canbus semua. Dibawahnya msh kline.
Utk mpord, sejak jaman papih joe perjaka uda canbus.
Awal mulanya berasal dari mpord pokus gen 2. Dimana body control module uda bisa di kustomisasi walau msh purba kyk FRD.
Utk body control module modern, awal populer semenjak nongol lanser giti. Krn bisa di customisasi. Kemudian diikuti oleh ploduk" mitsubasi lainnya. Baru kemudian mpord dan mazdafaka ikutan pake bodycontrol module customizable yg lbh advance.
Hingga saat ini yg paling mudah aksesnya yaitu mitsubasi. Yang mana banyak diakses penggunanya sehingga menimbulkan salah paham (kasus awd gtr yg ban depannya muter pake kekuatan gaib jin FRD, hingga kasus merubah parameter engine installed parameter yg disinyalir memberikan penambahan tenaga berlimpah dalam mimpi).
Utk boyotah, start dr vnt keatas. Dibawahnya msh kline.
Utk ihsusuk, mukidi uda canbus.
Utk mitsubasi, semenjak jaman otlendir semprot ama lanser giti uda canbus semua. Dibawahnya msh kline.
Utk mpord, sejak jaman papih joe perjaka uda canbus.
Awal mulanya berasal dari mpord pokus gen 2. Dimana body control module uda bisa di kustomisasi walau msh purba kyk FRD.
Utk body control module modern, awal populer semenjak nongol lanser giti. Krn bisa di customisasi. Kemudian diikuti oleh ploduk" mitsubasi lainnya. Baru kemudian mpord dan mazdafaka ikutan pake bodycontrol module customizable yg lbh advance.
Hingga saat ini yg paling mudah aksesnya yaitu mitsubasi. Yang mana banyak diakses penggunanya sehingga menimbulkan salah paham (kasus awd gtr yg ban depannya muter pake kekuatan gaib jin FRD, hingga kasus merubah parameter engine installed parameter yg disinyalir memberikan penambahan tenaga berlimpah dalam mimpi).
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 
