Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

nomnom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Fri Jan 20, 2017 13:42

Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by nomnom »

Madiun - Kecelakaan tunggal terjadi di ruas tol Ngawi Wilangan, tepatnya di KM 610+200 Desa Kuwu Kecamatan Saradan, Madiun. Sebuah mobil Toyota Fortuner dengan nopol B 1724 SJN mengalami pecah ban dan menabrak median jembatan jalan tol. Satu orang meninggal dan dua luka kritis.

"Iya betul, untuk penanganan awal sudah dilakukan oleh PJR dan saat ini kita masih mengumpulkan data identitas korban. Satu meninggal dan dua luka belum sadarkan diri dalam perawatan di RSUD Caruban," terang Kasat Lantas Polres Madiun AKP Imam Mustolih kepada detikcom di RSUD Caruban malam ini Selasa (25/12/2018).

Kecelakaan tunggal tersebut, kata Imam diduga karena kendaraan mengalami ban pecah bagian depan kanan. Hal ini lanjut Imam diketahui dari laporan kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.


Baca juga: Ada Truk Trailer Terbalik, Tol Jakarta Arah Cikampek Macet 5 Km

"Pantauan dari CCTV untuk kronologinya, saat kendaraan Toyota Fortuner melintas dari timur ke arah barat, atau dari arah Nganjuk ke arah Madiun. Saat dilajur 2 jalur B di KM 610+200 B, mengalami pecah ban depan kanan, kemudian banting stir ke kiri dan menghantam median jembatan," katanya.

Imam mengatakan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB itu lokasi sedang diguyur hujan deras. Saat ini pihaknya masih mencari identitas korban yang belum diketemukan. Saat ini kendaraan telah dievakuasi oleh petugas derek dan diamankan di Gerbang Tol Caruban.

Sumber : https://m.detik.com/news/berita/d-43586 ... was-2-luka

---------------

Belum lama dibahas tol jawa yang sudah tersambung dan kekuatan ban jika digeber terus menerus dengan kecepatan xx km/j ternyata sudah ada kejadiannya :e-think:

monggo silahkan dikomen dan berbagi pengalamanya yang pernah kejadian pecah ban dikecepatan tinggi ataupun pas lagi jalan mobilnya....
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by IGedeAmat »

belum tentu karena digeber terus2an seh om,
lebih curiga kena benda tajam or sejenisnya..
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by josomba »

Ban meledak biasa bukan karena konstan terus2an, tp karena kurang angin atau malah kelebihan.

Salah satu kawan owe di luar, seminggu 3x nyetir 800an KM dalam 1 trip non-stop (stop hanya buat ke wc) ndak pernah ngalami ban meledak. Ritual dia tiap sebelom melakukan trip, pagi2 saat belum kejemur matahari dia cek tekanan angin. Kurang 1-2 psi aja dia lgsg tambah angin.
Image
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by PRBS »

josomba wrote: Wed Dec 26, 2018 1:21 Ban meledak biasa bukan karena konstan terus2an, tp karena kurang angin atau malah kelebihan.

Salah satu kawan owe di luar, seminggu 3x nyetir 800an KM dalam 1 trip non-stop (stop hanya buat ke wc) ndak pernah ngalami ban meledak. Ritual dia tiap sebelom melakukan trip, pagi2 saat belum kejemur matahari dia cek tekanan angin. Kurang 1-2 psi aja dia lgsg tambah angin.
👍🏻👍🏻 Salah satu ritual yg sudah bertahun2 selalu saya lakukan.. setiap mau start atau sedang isi bensin, selalu kelilingin mobil untuk lihat kondisi ban.. terlihat sepele namun sangat penting.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by marmut »

20181226_092442.jpg

saya belum pernah baca anjuran seperti ini di manual book yang berbahasa indonesia.
tidak penting? atau menghemat biaya? atau biar saja ban pecah supaya banyak orang mati?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Turboman »

hahaha

brp banyak user mobil di Indo yg manual book masi mulus sampe mobil dijual kembali ?

Btw petunjuk angin ban ada juga di label dekat pintu
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Rakean »

marmut wrote: Wed Dec 26, 2018 2:29 20181226_092442.jpg


saya belum pernah baca anjuran seperti ini di manual book yang berbahasa indonesia.
tidak penting? atau menghemat biaya? atau biar saja ban pecah supaya banyak orang mati?
mungkin karena (dulu)pada saat pencetakan manual book, jalan tol belum sepanjang sekarang..
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 601
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by casabalancas »

Turboman wrote: Wed Dec 26, 2018 2:45 hahaha

brp banyak user mobil di Indo yg manual book masi mulus sampe mobil dijual kembali ?

Btw petunjuk angin ban ada juga di label dekat pintu
Rata2 manual book kalau gak mulus ya hilang Om, hahaha

biasanya di dekat pintu driver atau di pintu tangki bensin ada Om, tapi kalau untuk rekomendasi ban cadangan harus di manual book, atau kadang2 yaa pake feeling aja tampah sekitar 5psi dari anjuran tekanan angin standar
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by marmut »

Turboman wrote: Wed Dec 26, 2018 2:45 hahaha

brp banyak user mobil di Indo yg manual book masi mulus sampe mobil dijual kembali ?

Btw petunjuk angin ban ada juga di label dekat pintu

justeru manual book disini mayoritas masih sangat mulus om. karena tersimpan rapih di glove box tidak tersentuh.
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by arsaerescool »

josomba wrote: Wed Dec 26, 2018 1:21 Ban meledak biasa bukan karena konstan terus2an, tp karena kurang angin atau malah kelebihan.

Salah satu kawan owe di luar, seminggu 3x nyetir 800an KM dalam 1 trip non-stop (stop hanya buat ke wc) ndak pernah ngalami ban meledak. Ritual dia tiap sebelom melakukan trip, pagi2 saat belum kejemur matahari dia cek tekanan angin. Kurang 1-2 psi aja dia lgsg tambah angin.
standar kurang tekanan angin di angka berapa om?
kalau di 34-36 rasanya keras
saya di 30-32 psig, empuk pas
User avatar
nini18
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Nov 07, 2018 7:28
Location: Jakarta

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by nini18 »

dari plat nomor nya dicek di samsat itu Fortuner 2.5 G AT thn 2015.
asumsi kalau dari usia mobil 3tahunan bisa jadi masih pakai ban bawaan mobil dari baru.

turut berduka cita untuk korban.
semoga hal ini jadi pengingat kita semua untuk lebih perhatian lagi dengan tekanan angin ban dan kondisi ban setiap saat mau perjalanan jauh dan perjalanan luarkota.
First man, then machine
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by carl »

Kalo ban kayak Hankook Ventus kalo tekanan angin diisi sesuai anjuran kan biasanya keliatan kempes (sidewall lembek). Biasanya banyak orang lebihin tekanannya, termasuk saya. Apakah bahaya juga kalo dibawa jarak jauh?
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Abangaja »

Saya setiap minggu kearah Bandung / Banjar / Tasik urusan pekerjaan
biasanya setiap mau pakai Mobil pasti check 4 ban semua tekanannya diperiksa, termasuk Ban Serep.
Kalau pergi sendiri Dan tidak bawa muatan,tekanannya dikurangi 2psi dari yg tertera.
Yang penting juga ban cadangan,kadang suka terlupa check tekanannya begitu saat darurat mau dipakai malah kurang angin.
Jalan tol mulai Dari karawang KM 40an sampai cipali KM 200an itu rute panjang, teorinya kalau ban terus menerus bergesekan menimbulkan panas yg mungkin melebihi daya tahan dari ban tersebut.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by marmut »

carl wrote: Wed Dec 26, 2018 3:12 Kalo ban kayak Hankook Ventus kalo tekanan angin diisi sesuai anjuran kan biasanya keliatan kempes (sidewall lembek). Biasanya banyak orang lebihin tekanannya, termasuk saya. Apakah bahaya juga kalo dibawa jarak jauh?

setiap ban ada keterangan di sidewall-nya, berapa tekanan maksimum yang diijinkan.
masalah bahaya, coba liat foto yang saya lampirkan diatas.
User avatar
ambifi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Sep 26, 2017 1:48

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by ambifi »

Abangaja wrote: Wed Dec 26, 2018 3:19 Saya setiap minggu kearah Bandung / Banjar / Tasik urusan pekerjaan
biasanya setiap mau pakai Mobil pasti check 4 ban semua tekanannya diperiksa, termasuk Ban Serep.
Kalau pergi sendiri Dan tidak bawa muatan,tekanannya dikurangi 2psi dari yg tertera.
Yang penting juga ban cadangan,kadang suka terlupa check tekanannya begitu saat darurat mau dipakai malah kurang angin.
Jalan tol mulai Dari karawang KM 40an sampai cipali KM 200an itu rute panjang, teorinya kalau ban terus menerus bergesekan menimbulkan panas yg mungkin melebihi daya tahan dari ban tersebut.
Kasus ini pas hujan deres, jd kemungkinan kena paku atw kondisi ban sudah tidak layak.
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Joehard30 »

Ada yg tau g, kl ban pecah gt vsc bisa bantu drivability nya ato sama aja?

Harusnya d indo vsc itu wajib sih, masalah hidup mati soalnya kl keadaan emergency 😩
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by Wistuwis »

josomba wrote: Wed Dec 26, 2018 1:21 Ban meledak biasa bukan karena konstan terus2an, tp karena kurang angin atau malah kelebihan.

Salah satu kawan owe di luar, seminggu 3x nyetir 800an KM dalam 1 trip non-stop (stop hanya buat ke wc) ndak pernah ngalami ban meledak. Ritual dia tiap sebelom melakukan trip, pagi2 saat belum kejemur matahari dia cek tekanan angin. Kurang 1-2 psi aja dia lgsg tambah angin.
Masalahnya adalah alat ukur tekanan ban di masing2 bengkel ban bisa berbeda2 kalibrasinya.
Pernah saya mau tambah angin karena tekanan anginnya kurang menurut alat ukur saya, eh sampai di tukang ban malah dikempesin karena menurut alat ukurnya terlalu kencang tekanannya :big_bored:

Jadi untuk mencari keakuratan sampai dengan 1-2 psi mungkin susah kalau sering berganti tempat bengkel
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by IGedeAmat »

Wistuwis wrote: Wed Dec 26, 2018 4:00
Masalahnya adalah alat ukur tekanan ban di masing2 bengkel ban bisa berbeda2 kalibrasinya.
Pernah saya mau tambah angin karena tekanan anginnya kurang menurut alat ukur saya, eh sampai di tukang ban malah dikempesin karena menurut alat ukurnya terlalu kencang tekanannya :big_bored:

Jadi untuk mencari keakuratan sampai dengan 1-2 psi mungkin susah kalau sering berganti tempat bengkel
pernah ngalamin kejadian yang sama, terutama kalo isi di tukang ban pinggir jalan,
akhir2 ini selalu check dan isi angin di toko ban deket rumah yang alat ukurnya digital,
sebelum isi saya check pake alat ukur saya, setelah isi juga check lagi buat compare,
Selisih 0.5 psi, mungkin faktor bacaan aja, alat ukur saya analog pake jarum, bengkel udah digital..

kalibrasi alat ukur dimana ya ?
om turbo bisa kasih pencerahan.. ?
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by roymhs31 »

Turboman wrote: Wed Dec 26, 2018 2:45 hahaha

brp banyak user mobil di Indo yg manual book masi mulus sampe mobil dijual kembali ?

Btw petunjuk angin ban ada juga di label dekat pintu
bener suke sebel ama org klo lg d grup merek mobil tertentu nanya tekanan angin ideal berapa. ktauan punya mobil males cari tau ama make doang pdhl cara gampang ada stiker di pintu bagian driver.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by adityabp »

Waktu masih pegang Escudo 1.6, terus terang saya agak risih dgn tekanan rekomendasi pabrik. Masak ban profil 80 disuruh isi 25psi?
Ya keliatan kempes lah.
:big_bored:
Saya isi aja 32psi utk dlm kota. Kalo ke luar kota saya isi 34psi.

Nah, sekarang ganti C24, tekanan rekomendasi 33psi, saya isi 36psi.
Sialnya, krn ban depan dah botak (BS turanza er60), saya ganti achilles platinum seken. Eh ternyata tekanan maksimumnya 36psi.
:big_biglaugh:
Terpaksa isi 35psi.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by adityabp »

nomnom wrote: Wed Dec 26, 2018 0:08 -cut-
Belum lama dibahas tol jawa yang sudah tersambung dan kekuatan ban jika digeber terus menerus dengan kecepatan xx km/j ternyata sudah ada kejadiannya :e-think:

monggo silahkan dikomen dan berbagi pengalamanya yang pernah kejadian pecah ban dikecepatan tinggi ataupun pas lagi jalan mobilnya....
Sekali lagi, jangan salah paham dgn index kecepatan ban.
Index tsb hanya menyatakan kecepatan maksimum yg boleh diterima ban selama menggelinding selama 1 jam terus menerus.
Selama kecepatan yg diterima ban di bawah index kecepatannya, tidak masalah berapa lama ban tsb menggelinding.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by josomba »

arsaerescool wrote: Wed Dec 26, 2018 3:03
standar kurang tekanan angin di angka berapa om?
kalau di 34-36 rasanya keras
saya di 30-32 psig, empuk pas
Lah.......baru dibahas di atas bukan bagaimana liat rekomendasi tekanan angin? Bukan cuman dirasa2 saja om.... Hehe.

Fyi seperti citycar harian owe, menurut bukman n di pintu, front 36, rear 33 kondisi normal. Kalau full load, belakang direkomendasi naik sampe 38. Kalau depan dah sentuh 34 biasanya lgsg owe naikin ke 36 lg. Owe cek dan tambah angin kalau kurang tiap 2-3 minggu atau tiap mau pergi >100 km in single trip.

Wistuwis wrote: Wed Dec 26, 2018 4:00 Masalahnya adalah alat ukur tekanan ban di masing2 bengkel ban bisa berbeda2 kalibrasinya.
Pernah saya mau tambah angin karena tekanan anginnya kurang menurut alat ukur saya, eh sampai di tukang ban malah dikempesin karena menurut alat ukurnya terlalu kencang tekanannya :big_bored:

Jadi untuk mencari keakuratan sampai dengan 1-2 psi mungkin susah kalau sering berganti tempat bengkel
Pake gauge n pompa sendiri om. Saya pake coido semua. gauge better ganti tiap 2-3 tahun kali2 pernah
kepentok takut ndak akurat lg. Menurutt kawan dan hasil googling, optimalnya better dikerjakan sendiri, bukan turun 1-2 psi pas dingin/pagi hari terus cari bengkel. Jalan >1 KM dah keburu naik tekanannya, bukan Cold Pressure lg, sedangkan di bukman itu biasa ditulis tekanan ban saat dingin atau cold tyre pressure. Cmiiw.
Image
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by piraku »

Btw kalau tpms yg dijual di pasaran itu akurat ga ya? Yg ada display digitalnya itu.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by sintoni »

Paling susah emang kalo isi atau cek angin ban ini.

Soalnya kadang2 di pinggir jalan tiap tempat beda ukurannya, di tempat ini diomong kurang di tempat lain diomong lebih.

Kalo mobil HB ane, jarang bawa muatan penuh, paling ber2 aja ane isi 30 depan belakang.
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka

Post by supriyanto98 »

ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.