pilih all new ertiga atau expander ya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Oct 08, 2017 3:26
pilih all new ertiga atau expander ya
bingung pilih yang mana, sekarsng pakai agya tp pengen upgrade ke mobil yg lebih gede, soalnya mo nambah anggota keluarga,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Search aja om di trit lama, karena sudah berulang ulang kali perbandingan xpander vs ertiga vs avxen vs mobilio
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sat Sep 09, 2017 6:01
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Dulu sempat bingung juga sama kayak om TS. Tp krn patokannya budget, ane ambil ertiga. Dgn budget yg ada sebulan lalu, dgn harga yg sama kl xpander dapat tipe glx yang masih kopongan sedang ertiga dapat tipe gx manual karena diskon yg lumayan besar (tipe paling tinggi: start button, double blower, hu touchscreen, interior mantap, dll). Bahkan dibanding xp tipe exceed pun, r3 masih 15 jt-an lebih murah, apalagi dgn tipe ultimatesatchafunk wrote: Mon Dec 24, 2018 9:50 bingung pilih yang mana, sekarsng pakai agya tp pengen upgrade ke mobil yg lebih gede, soalnya mo nambah anggota keluarga,

So far sih puas dgn pilihan ane, kabin luas dan nyaman, kekedapan mantap, nyetir juga enak. Kekurangan pasti ada lah dbanding xpander tipe tertinggi tp ane nyari yg lebih value for money aja.
Happy hunting om.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Ya beli mana yg disukai saja..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Xpander ga ada cruise control om... ini bicara stock from dealer ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
ground clearance ertiga berapa si? 180mm kan?
kalo gw liat sekilas dari thread lama di SM (viewtopic.php?t=19045&start=25)
Honda CRV RM: 160.02mm (2WD) / 170.18mm (4WD - All Terrain trim)
Honda Freed: 170mm
Mazda8: 155mm (full laden)
Suzuki SX-4: 175mm
Suzuki APV Arena: 170-175mm
Suzuki APV: 180mm
masi cukup la 180mm buat ertiga...
kalo gw liat sekilas dari thread lama di SM (viewtopic.php?t=19045&start=25)
Honda CRV RM: 160.02mm (2WD) / 170.18mm (4WD - All Terrain trim)
Honda Freed: 170mm
Mazda8: 155mm (full laden)
Suzuki SX-4: 175mm
Suzuki APV Arena: 170-175mm
Suzuki APV: 180mm
masi cukup la 180mm buat ertiga...
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Per November untuk Ultimate cruise control sudah bawaan pabrik omBoeds wrote: Tue Dec 25, 2018 1:13 Xpander ga ada cruise control om... ini bicara stock from dealer ya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Masa sih om xpander lebih berat 600kg dibanding AN ertiga? Itu yang dibandingin berat bersih vs berat kotor kalipilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 1:04 Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Yaa kalo badget cukup jelas pilih xpander..
Tapi kalo mau ngepas2in dana alias paket hemat, ertiga juga sudah lumayan kok..
Tapi kalo mau ngepas2in dana alias paket hemat, ertiga juga sudah lumayan kok..
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Feb 13, 2017 11:52
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
CMIIW. Kyknnya ga sampe 600kg deh(?). CMIIW.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 1:04 Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money
Tp yahh, ertiga lbh enteng. Akselerasi 0-100 jg jauh lbh cpt. Ertiga di 11.8, xpander di 14an detik(?). Itu beda jauh lohh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Oct 21, 2015 2:04
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
sudah pernah TD keduanya. ertiga lebih value for money apalagi diskonnya gede. saya coba akselerasi, ertiga terasa lebih kencang, enak buat salip kendaraan.
yang paling ga suka dari ertiga yaitu kenop acnya bikin jelek.sandaran tangan row 2 juga dihilangkan.
yang paling ga suka dari ertiga yaitu kenop acnya bikin jelek.sandaran tangan row 2 juga dihilangkan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Udah mau 2019 om, kalo buat disetir sendiri keknya ga relevan lagi itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Udah td om?
Td dulu aja 2 2nya pilih yg sreg di hati
Masing masing udah ada +- nya sendiri sendiri
Td dulu aja 2 2nya pilih yg sreg di hati
Masing masing udah ada +- nya sendiri sendiri
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
kata siapa gak relevanmike22 wrote: Tue Dec 25, 2018 8:55Udah mau 2019 om, kalo buat disetir sendiri keknya ga relevan lagi itu

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Orang kan bebas berpendapat, saya jg ga larang kok orang mau beli itu.Senargitar wrote: Tue Dec 25, 2018 11:24kata siapa gak relevanmike22 wrote: Tue Dec 25, 2018 8:55Udah mau 2019 om, kalo buat disetir sendiri keknya ga relevan lagi itu![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Member sini kan pemuja ipah dijel om hehemike22 wrote: Tue Dec 25, 2018 11:27Orang kan bebas berpendapat, saya jg ga larang kok orang mau beli itu.Senargitar wrote: Tue Dec 25, 2018 11:24kata siapa gak relevanmike22 wrote: Tue Dec 25, 2018 8:55
Udah mau 2019 om, kalo buat disetir sendiri keknya ga relevan lagi itu![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
soalnya emang suzuki pake teknologi apa gitu heartec, yg emang salah satu keunggulannya bobot jadi lebih ringan dr ertiga lawas. ana searching2 data berat kedua mobil ini didapat data berat xpander sekitar 1800 kg-an, dan ertiga 1100 kg-an. kl berat kotor ana rasa juga ga sampe 200kg. tetep lebih ringan R3.sennarose88 wrote: Tue Dec 25, 2018 3:19Masa sih om xpander lebih berat 600kg dibanding AN ertiga? Itu yang dibandingin berat bersih vs berat kotor kalipilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 1:04 Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for moneyKalau ngebandingin berat kotor sama-sama kisaran ~1700 kg kok. Cmiiw
Ada oom, tipe ultimate skrg udah ada cruise control stock from dealer..Boeds wrote: Tue Dec 25, 2018 1:13 Xpander ga ada cruise control om... ini bicara stock from dealer ya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
selisih 3 detikan gede loh, data brosur baik torsi dan tenaga sama, tp di akselerasi r3 lebih kenceng. dan dari reviewer2 jg bilang handling R3 lebih lincah. berati faktor bobot berperan besar disini. make sense sih kl r3 lebih ringan.JHlm95 wrote: Tue Dec 25, 2018 6:13CMIIW. Kyknnya ga sampe 600kg deh(?). CMIIW.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 1:04 Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money
Tp yahh, ertiga lbh enteng. Akselerasi 0-100 jg jauh lbh cpt. Ertiga di 11.8, xpander di 14an detik(?). Itu beda jauh lohh
Di brosur Xpander jg ditulis bobot 1780kg (entah berat kosong atau curb weight). kl R3 emang ga ditulis beratnya, tp dr hasil searching2 didapet 1100kg-an..
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Feb 13, 2017 11:52
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Sorry agak salah. Hehehe.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 14:42selisih 3 detikan gede loh, data brosur baik torsi dan tenaga sama, tp di akselerasi r3 lebih kenceng. dan dari reviewer2 jg bilang handling R3 lebih lincah. berati faktor bobot berperan besar disini. make sense sih kl r3 lebih ringan.JHlm95 wrote: Tue Dec 25, 2018 6:13CMIIW. Kyknnya ga sampe 600kg deh(?). CMIIW.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 1:04 Plus R3:
+ Tenaga dan torsi mirip dgn xpander, tapi bobot R3 jauh lebih ringan drpd xpander (selisih kira2 600kg)
+ Interior & luas Kabin 11-12 dgn xpander
+ Jok2 R3 terasa lebih besar drpd Xpander
+ Harga 40jt-50jt lebih murah drpd Xpander (after R3 diskon gede)
+ Parts Suzuki terkenal murah
Minus R3 dibanding Xpander:
- Ground clearance lebih rendah
- Ga ada console tengah antara driver dan passenger
- ga ada arm rest bangku raw tengah
- Mungkin design interior maupun exterior (selera)
- ga ada cruise control
- Suspensi lebih empuk Xpander
kira2 gitu, kl bener2 ga mentingin design dan ground clearance, R3 lebih value for money
Tp yahh, ertiga lbh enteng. Akselerasi 0-100 jg jauh lbh cpt. Ertiga di 11.8, xpander di 14an detik(?). Itu beda jauh lohh
Di brosur Xpander jg ditulis bobot 1780kg (entah berat kosong atau curb weight). kl R3 emang ga ditulis beratnya, tp dr hasil searching2 didapet 1100kg-an..
Barusan cek lagi. Xpander di 13.4.beda 1.6 detik. Tetep mayan sih.
Veloz di 12.5 dtk. Lio di 11.2 detik. (All based on carmudi).
Berat ertiga klo ga salah emg krg lbh sama dgn previous gen.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Dec 10, 2017 6:16
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Berat kotor (gross weight) itu berat maksimum kendaraan om, termasuk penumpang, bensin dll. Isi 7 penumpang dengan bensin full tank ada lah sekitar 500 kg.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 14:26 soalnya emang suzuki pake teknologi apa gitu heartec, yg emang salah satu keunggulannya bobot jadi lebih ringan dr ertiga lawas. ana searching2 data berat kedua mobil ini didapat data berat xpander sekitar 1800 kg-an, dan ertiga 1100 kg-an. kl berat kotor ana rasa juga ga sampe 200kg. tetep lebih ringan R3.
Dari website ini disebutin berat kosong (curb weight) xpander ada di kisaran 1220-1240 kg.
https://motioncars.inquirer.net/53851/m ... quick-look
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
Saya pemakai AN Ertiga 4ribu km :
1. Tarikan mantab, semua gigi responsif
2. Shock ngga enak, lebih enak Ertiga lama. Tapi ntahlah, ntar mau komplain pas service 5ribu km
3. Peredaman ok
4. Yang jelasss ... murah
1. Tarikan mantab, semua gigi responsif
2. Shock ngga enak, lebih enak Ertiga lama. Tapi ntahlah, ntar mau komplain pas service 5ribu km
3. Peredaman ok
4. Yang jelasss ... murah
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Wed Nov 07, 2018 7:28
- Location: Jakarta
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
kalau pilihannya hanya dua itu dan gak ada disebutkan aspek2 yang om prioritaskan maka Nini bisa sarankan ambil all new ertiga saja yg lebih murah dan value for money lalu sisa alokasi dana utk beli expander nya bisa ditabung / diinvestasikan.
klo ada opsi laen dan disebutkan aspek2 yg jadi prioritas mungkin bisa berbeda rekomendasinya.
klo ada opsi laen dan disebutkan aspek2 yg jadi prioritas mungkin bisa berbeda rekomendasinya.
First man, then machine
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: pilih all new ertiga atau expander ya
ok my bad, ana koreksi. Berati yg di brosur xpander itu berat maks ya? tp tetep sih lebih ringan R3 100kg-ansennarose88 wrote: Tue Dec 25, 2018 15:57Berat kotor (gross weight) itu berat maksimum kendaraan om, termasuk penumpang, bensin dll. Isi 7 penumpang dengan bensin full tank ada lah sekitar 500 kg.pilotgaruda wrote: Tue Dec 25, 2018 14:26 soalnya emang suzuki pake teknologi apa gitu heartec, yg emang salah satu keunggulannya bobot jadi lebih ringan dr ertiga lawas. ana searching2 data berat kedua mobil ini didapat data berat xpander sekitar 1800 kg-an, dan ertiga 1100 kg-an. kl berat kotor ana rasa juga ga sampe 200kg. tetep lebih ringan R3.
Dari website ini disebutin berat kosong (curb weight) xpander ada di kisaran 1220-1240 kg.
https://motioncars.inquirer.net/53851/m ... quick-look