Toyota PORTE

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Toyota PORTE

Post by Sithlord »

To show U guys all that sebenernya saya tidak anti-Toyota, for the first time in SM history, saya akan start a thread to recommend a Toyota model yang baru saja tiba lewat tangan IU.

Ini mobil cuman sekali iklan di Kompas, baru saja tiba. Di jual William Mobil. Yang di Kelapa Gading ngak ada contohnya. Mungkin di cabang Arteri Pondok Indah.

Saya penasaran. Namanya lucu, PORTE. What kind of Toyota is this. So I checked the internet. And I get some pleasant surprises for all SMers. Look at what I found :

http://toyota.jp/porte/

Mesinnya 1300 cc, sliding door ! Dan 2 baris ! Feeling saya ini mobil mini-maxi, artinya dari luar kecil, tapi masuk ke dalam bakal luas ! Seperti Karimun dan Renault Kangoo ! Dan feeling saya dia sizenya ngak beda jauh ama Jazz. Mudah mudahan ngak seperti [cencored] yang looks big but actually small.

Feature canggih dan pintar banyak ! Lihat sendiri deh di website Toyota !

Ini baru Toyota yang saya hormati ! Dan ngak selalu mahal ! Ini Porte pasti mobil murah ! Yet I have a lot more interest in her than the Avanza / Innova ! Lihat interiornya saja and U will see what I mean ! Beda banget ama Avanza ! One looks third world, the other first class ! And harganya pasti ngak beda jauh !

Dengan mesin segitu, pajaknya sudah paling murah untuk mobil CBU. Dan soalnya ini mobil JDM Toyota, its no wonder Porte looks cute, nice, even a bit like the c25's face ! Juga interiornya pasti pintar, mesin kuat banding mesin Avanza yang non-JDM.

Harga saya belum tau, hilang iklan Kompasnya. Tapi jika harganya di bawa 150 juta, I STRONGLY recommend all to buy this Porte banding beli Avanza.

Jelas kenapa. Avanza meskipun 3 baris, tapi tau sendiri baris 3nya sempit. So I think kebanyakan pemilik Avanza juga jarang angkut 7-8 orang. That job belongs to the Innova and Serena, also the APV.

And Avanza build qualitynya so drab, so simple, dan banyak orang yang bilang ngak enak handling dan suspensionnya. What do U expect in a 100 juta car ?

On the other hand, the PORTE lahir dari perut Toyota JDM factory. So the quality tidak perlu di ragukan ! Dan saya yakin interiornya ngak kalah ama Avanza ! Bahkan mungkin lebih lega !

So for only a bit extra, U get a superb JDM engine, body, components, dan saya yakin ini mobil bahkan tahan lama dan memuaskan pemiliknya dalam waktu lama !

Resale value juga pasti bagus. Mobil harga bawa 200 juta + JDM quality, pasti bagus. Dan ada gengsi juga dong ! Avanza sudah di mana mana. Porte malah baru masuk !

So guys, pls find out how much this Porte cost, dan jika di bawa 150 juta, RUN to the nearest William Motor and get yrs now ! Forget abt the Avanza !

Kecuali saya salah, Porte sempit banget. Tapi saya tau pasar Jepang itu sangat perfectionist dan demanding. Toyota NGAK bakal bikin mobil JDM yang sempit dan ngak enak di pakai !

So guys, heres an interesting Toyota, NOT a Nissan that I am recommending ! So I don't want to hear anyone attacking me for anti-Toyota ! THAT IS NOT TRUE ! I am anti-anyone who give us sub-standard cars !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan jika TAM rakit ini mobil, itu Visto, Karimun, Atoz, etc semua bakal mati ! Ini mobil cantik, manis, cute, dan multi fungsi ! And very good for cramped city parking / moving.

Pintu meskipun cuman dua, tapi sliding ! So masuk keluar juga gampang !

Saya nanti akan cari waktu lihat PORTE juga ! Dulu Toyota Ist saja harganya terjangkau. Apalagi Porte, pasti lebih murah dari Ist ! Mudah mudahan jangan seperti Honda airwave yang ngak masuk akal harganya.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

I got some data ! Betul ! Sizenya ngak beda jauh ama Avanza !

Porte / Avanza

Panjang 3990 / 4070
Lebar 1690 / 1630
Tinggi 1720 / 1685

So jelas kabin Porte bakal lebih lega dari Avanza. Lebih tinggi, lebih lebar, dan panjangnya mirip.

Hidung Porte juga pendek banding Avanza. Jadi dapat effect Serena, yaitu cabin lebih lega.

Memang ini mobil bukan 7 seater. Tapi saya jamin, untuk 4-5 orang, ini mobil lebih dari cukup ! Should have excellent headroom and legroom !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

I got good news and bad news.

The good news first. Porte memang lebih besar dari Ist katanya orang IU. Ist kan sudah lumayan. Jadi Porte ini malah lebih besar dari Karimun, Visto, bahkan Jazz mungkin.

Dan mesinnya I think sama dengan mesin Ist. So service / parts no problem.

Now the bad, headbreaking news. Seems like pajak CBU kita masi mencekik ! Harga OTRnya sekitar 240 juta ! Ouch ! Kapan yah kita bisa dapat mobil sebagus ini dengan harga CKD.

Dan sudah ada Avanza dan Innova, pikir pikir TAM ngak bakalan CKD ini mobil ! Once again ! How sad !

Well, tapi yang mau something different, Porte masih terjangkau lah ! Seperti ada orang yang beli Ist.

Cuman, at 240 juta, mending tambah 2 juta lagi dan dapat first class on the Ground ! The Nissan Serena c24 CT ! Haha !

And for those who think that above 250 juta Toyotas can depreciate like Innovas, let me give U some evidence. :

Do U know that now U can buy a used Toyota Harrier 2.4 4X2 A/T tahun 2001 at only Rp260 juta ?

Now, a new 4X2 2.4 A/T Harrier cost abt 500 juta. The Harrier is a popular Toyota SUV, but at that kind of high price, hitung sendiri. From 500 juta new to 260 juta after 4 years. What is the average yearly depreciation ? Is it like the Innova's ?

Far from it ! As I keep saying dan ngak ada yang percaya, mobil Toyota pun jika harga barunya di atas 200, apalagi di atas 250 juta, nasipnya ngak bakal beda jauh ma nasip mobil Nissan macam X-Trail / Serena yang di hanggap turun tajam.

People always forget that almost all Nissans sold in Indonesia itu harganya around 250 jutaan and above. Innova and Avanzas are sold at 100-180 juta. Thats a BIG difference. And people keep saying that Nissan resale valuenya jatuh dan Toyota tidak.

Look at the Harriers case and U will realize that ALL Cars in the 250 juta and above WILL suffer from deeper depreciation ! No matter how popular !

If anyone can prove to me that the Innova 2.7 275 juta cuman turun 10 juta setahun, I will withdraw from this forum for GOOD !

So don't confuse initial price / depreciation with whether a certain brand suffers much more than the others.

Serena owners thus should not believe that the market dislikes the car and gives her a " bad " resale value. Even the CRV also the same. A new 2.0 cost 251 juta. One year later this car is worth abt 195 juta ! This data is available even before the Fortuner arrives !

So the popular CRV depreciates similarly to the c24.

So don't come and tell me Nissans today have bad resale value. That is one of the saddest, greatest myth that ever happen to Nissan in Indonesia. People just don't realize whats going on actually.

Nanti lihat mobil Nissan yang main di harga 150-180 juta. di jamin mirip Innova jika mobilnya bagus juga. Lihat saja !

My wife likes the Harrier. Thats why sempat hunt around to cross check Autobild's data. And its true ! Cuman Harrier harga segitu " murah " langka barangnya. Pasti sudah di rebut !

Cuman akhirnya we change our mind. Harrier, meskipun gengsi, tapi meskipun harganya sudah cuman 200 jutaan, tapi mobil usia 4-5 years juga lumayan tua ! Apalagi kita mau cari Harrier yang 200 juta. Harus yang tahun 1999 dong ! Dan kayaknya ngak ada Harrier tahun 1999 deh !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Porte ini sudah lama keluar koq, Dark Lord. Dan kalau tidak salah ingat, tahun lalu juga sudah ada IU yang masukin. Tapi entah kenapa tidak populer saja. Kalau tidak salah ini hasil kolaborasi Toyota-Peugeot, hasilnya Porte dan Peugeot 1007 yang double-sliding door juga (Porte double atau tidak ya? Kalau tidak salah ingat, hanya sebelah kiri yg sliding door).

Karena Anda belum post any pics, ini pics yang masih kusimpan sejak tahun 2004 :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Sithlord wrote:Do U know that now U can buy a used Toyota Harrier 2.4 4X2 A/T tahun 2001 at only Rp260 juta ?

Now, a new 4X2 2.4 A/T Harrier cost abt 500 juta. The Harrier is a popular Toyota SUV, but at that kind of high price, hitung sendiri. From 500 juta new to 260 juta after 4 years.
Tunggu dulu, Dark Lord. Sadarkah Anda bahwa MY 2001 itu masih model lama, dan MY 2005 itu sudah model baru?

Anda seperti membandingkan Serena C23 dengan C24, dong.

Dan sadarkah Anda bahwa Harrier itu salah satu model CBU yang harga bekasnya paling kuat, lho. Harga Harrier MY 2001 pada tahun 2001 dulu, tidak mencapai Rp 500 juta, hanya sekitar Rp 380-400 juta. Aku ingat karena harga Odyssey MY 2001 pada tahun 2001 hanya Rp 300 juta something.

Btw, ada satu faktor yang Anda tidak hitung dalam menghitung depresiasi Harrier di atas : faktor inflasi.

Contoh, tahun 2004, Serena C24 CT harganya Rp 232 jutaan. Sekarang harganya Rp 242 jutaan. Tapi ketika Anda menghitung depresiasi Serena milik Mr. Observer yang dijual Rp 195 juta, Anda kan tidak mau pakai harga MY 2005 karena sudah lebih mahal, Anda pakai harga MY 2004 yang masih Rp 232 juta, supaya depresiasi Serena 'terlihat lebih kecil'.

Dengan logika yang sama, Anda tidak sepatutnya menghitung depresiasi Harrier dengan menggunakan harga MY 2005 yang selain sudah jauh lebih mahal, juga sudah model baru. Anda harus menggunakan harga beli MY 2001 pada tahun 2001 dulu.

Setuju, Dark Lord? :)

And btw, Harrier lahir tahun 1998 di Jepang. Tapi keran CBU kan baru dibuka tahun 1999. Jadi kalaupun ada Harrier MY 1999, pasti langka.

Untuk depresiasi Nissan, untuk tiap model jelas berbeda. Sama saja dengan Toyota, tiap modelnya berbeda. Depresiasi Camry lebih dashyat daripada Altis, dan Altis lebih dashyat daripada Innova.
Untuk Nissan, depresiasi terkecil dimiliki oleh X-Trail. Depresiasi Serena lebih dashyat daripada X-Trail. Surely you agree on this one! Be realistic, Dark Lord.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Dan, apakah depresiasi Serena yg CKD benar2 lebih kecil daripada Toyota, bahkan yg CBU?

Depresiasi Serena CT setahun (contoh milik Mr. Observer) = (Rp 232-195) juta : Rp 232 juta = Rp 37 juta atau 15%.

Harga baru Alphard MY 2004 tahun lalu misalnya Rp 480 juta. Dapatkah Anda sekarang menemukan Alphard berusia setahun dijual seharga 85% barunya atau Rp 408 juta? Rasanya tidak ada..

Seperti Harrier, harga bekas Alphard juga kuat. Kalau untuk Honda, contohnya Odyssey. Dan semuanya model CBU.

Rasanya harga bekas Odyssey CBU juga masih lebih kuat daripada Stream CKD..
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Wah, 240juta siapa yang mau beli??!

Meningan beli 2 Avanza, masih ada sisa buat bbm selama berapa tahun, ya gak?

Kalau dibilang model bagus, ngak juga.
Sithlord wrote: Hidung Porte juga pendek banding Avanza. Jadi dapat effect Serena, yaitu cabin lebih lega.
Sithlord wrote: Cuman, at 240 juta, mending tambah 2 juta lagi dan dapat first class on the Ground ! The Nissan Serena c24 CT ! Haha !

Serena owners thus should not believe that the market dislikes the car and gives her a " bad " resale value. Even the CRV also the same. A new 2.0 cost 251 juta. One year later this car is worth abt 195 juta ! This data is available even before the Fortuner arrives !

So the popular CRV depreciates similarly to the c24.

So don't come and tell me Nissans today have bad resale value. That is one of the saddest, greatest myth that ever happen to Nissan in Indonesia. People just don't realize whats going on actually.

Nanti lihat mobil Nissan yang main di harga 150-180 juta. di jamin mirip Innova jika mobilnya bagus juga. Lihat saja !
Btw, Mr. Sith, di thread anda ini yang seharusnya pro-Toyota, kebiasaan anda keluar lagi: promosiin Nissan terus :D
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

My young Jedi, U have done well !

I am surprised Porte ternyata old model ! I thought its all new ! Dan dengan harga 240 juta OTR memang susah menarik buyer di sini ! But if its near 150 juta or less, hell it will explode !

Still, meskipun hitung dari harga dulu, Harrier's depreciation juga nowhere near as TAM's cheap models.

Memang antara merek sama pun, beda depreciasinya. Soalnya different models in the same family offers different levels of comfort, and appeal to the car buying public.

Misalnya why is it that the 400 juta Noah Voxy salesnya jauh jauh di bawa Alphard yang lebih mahal ?

I guess its a factor called VALUE ADDED. Artinya Alphard gives car buyers a lot of prestige, Lots of SPACE, big brother kind of bulky size. On the other hand, the cheaper Noah sizenya masih tanggung. Perhaps more people think the Alphard, meskipun lebih mahal, value addednya di hanggap jauh di atas Voxy / Noah.

Thats why Stream also suffers compared with the Odyssey yang di hanggap value addednya lebih besar pula.

The X-Trail I guess have bigger value added compared to Serena because of her much powerful engines, and memang more people prefer the X-Trail to the Serena for daily trips to office.

More Serenas are used for school trips and holiday cruise. Untuk ke kantor seperti saya dulu memang lebih jarang di pakai.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Oh Mr. Obs, I just want to redress the imbalance. Toyota does not need my help. Sudah banyak fanatik fansnya. Lihat rebel rebel mereka di SM. Banyaknya seperti the bugs in Starshiptroopers !

Saya harus bantu Nissan, yang bikin mobil enak juga, tapi much misunderstood. Hope U understand.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Hmmm dark lord siapa tuch! Kekekeke! Sepertinya tidak asing ditelinga g! Ha3x
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah mr pinoh boy ini bisa aja.sith lord itu mr szli yang baru berubah untuk menjadi manusia paling jahat di galaxy SM hehehehehe
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Sudah saya bedah mobil ini. And guess what guys, ini Porte betul ajaib !

Dari luar kesannya kecil. TAPI, sudah masuk ke dalam, binggung sendiri. Kok BESAR interiornya. Ruang kepala, ruang kaki, dan space untuk 3 orang di baris 2 ngak beda jauh ama c24 saya ! Nah ! Binggung kan ?

Mobil dimensi mirip Avanza interior spacenya bisa dekat ama minivan macam c24 yang jelas lebih besar !

Dan I tell U, saya sudah sering coba duduk di interior macam macam mobil. duduk di Porte itu sangat enjoyable ! Feelingya, apalagi di baris 2, agak sedikit seperti duduk di Alphard ! Yes ! Its that spacious !

So meskipun harganya ngak murah, tapi yang ngak mau c24, dan cari mobil 2 baris lega CBU yang lincah, ini Porte boleh di timbangkan.

Meskipun I will of course say 24 is more value for money. Tapi kalau ada uang extra, saya akan beli ini Porte. Cocok untuk family kecil, dan untuk ke mal mal. Jemput anak sekolah !

Lebih betah di dalam Porte banding Altis, Civic, Avanza, Innova etc. Ngak percaya ? Coba sendiri. U will be amazed !

Its the most Mini-Maxi car I have ever seen ! Ini mobil kalau di CKD dan harga di bawah 200 juta, seharusnya bisa matikan Jazz !

I think its better for TAM to CKD this Porte, banding Yaris yang pasti lebih sempit !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

And also, there are 3 headrests in row 2 ! Cuman memang tempat bagasinya ngak bilang lega banget ! U can't have everything !

Really, never ever buy the Toyota Ist again. Mending yang ini saja. Harga dekat, tambah sedikit dapat yang jauh lebih enak cabinnya.