Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Dear all
Mobil2 modern rata rata menggunakan 1 belt lebar yang panjang utk memutar semua puli pada komponen2 sekitar mesin spt Alternator / AC / pompa power steering dll
Yuk mari kita mengenal bahan material Serpentine Belt
Umumnya material yang banyak digunakan adalah
1. EPDM = Ethylene Propylene Diene Monomer
Serp Belt bawaan pabrik umumnya jenis EPDM (utk mobil2 kelas menengah - mewah)
Usia pakai EPDM belt =
90 - 100 rb Km atau 4 - 5 tahun
EPDM ini kita katakan Serp Belt kelas premium
EPDM belt tidak akan mengalami pecah2 seiring berjalannya waktu pemakaian, dia akan aus spt halnya ban dan jika sudah mulai selip (bunyi) maka saatnya belt diganti
2. CR = Choloprene Rubber
CR rubber umumnya utk Serp Belt aftermarket yg kelas ekonomi & Serp Belt bawaan pabrik utk mobil2 kelas ekonomi / entry level
Usia pakai CR belt
50 - 60 rb km atau 2 - 3 tahun
Ciri khas CR belt jika sudah waktunya diganti akan terlihat retak2
Jadi pada saat membeli Serp Belt, lebih baik kita mengetahui Material Belt yg akan kita beli, utk faktor merek adalah faktor kedua sejauh bukan buatan pabrikan abal abal
Salam
Mobil2 modern rata rata menggunakan 1 belt lebar yang panjang utk memutar semua puli pada komponen2 sekitar mesin spt Alternator / AC / pompa power steering dll
Yuk mari kita mengenal bahan material Serpentine Belt
Umumnya material yang banyak digunakan adalah
1. EPDM = Ethylene Propylene Diene Monomer
Serp Belt bawaan pabrik umumnya jenis EPDM (utk mobil2 kelas menengah - mewah)
Usia pakai EPDM belt =
90 - 100 rb Km atau 4 - 5 tahun
EPDM ini kita katakan Serp Belt kelas premium
EPDM belt tidak akan mengalami pecah2 seiring berjalannya waktu pemakaian, dia akan aus spt halnya ban dan jika sudah mulai selip (bunyi) maka saatnya belt diganti
2. CR = Choloprene Rubber
CR rubber umumnya utk Serp Belt aftermarket yg kelas ekonomi & Serp Belt bawaan pabrik utk mobil2 kelas ekonomi / entry level
Usia pakai CR belt
50 - 60 rb km atau 2 - 3 tahun
Ciri khas CR belt jika sudah waktunya diganti akan terlihat retak2
Jadi pada saat membeli Serp Belt, lebih baik kita mengetahui Material Belt yg akan kita beli, utk faktor merek adalah faktor kedua sejauh bukan buatan pabrikan abal abal
Salam
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
orang-orang itu tetap bilangnya fan belt, padahal sudah jelas terlihat fan-nya tidak terhubung dengan belt.
*tepokjidat
*tepokjidat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Wih makasih infonya om
Dulu saya kira serpentine belt cuma 1 jenis/1 bahan aja.
Kalau cairan yang katanya bisa memperpanjang umur belt itu bener berguna atau tidak ya? (Belt conditioner kalo gak salah namanya)
Dulu saya kira serpentine belt cuma 1 jenis/1 bahan aja.
Kalau cairan yang katanya bisa memperpanjang umur belt itu bener berguna atau tidak ya? (Belt conditioner kalo gak salah namanya)
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Mar 03, 2016 9:16
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
V belt ipah termasuk yg mana om
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
kalo bawaan pabrik = EPDMbedidi wrote:V belt ipah termasuk yg mana om
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Om turbo... Untuk serpentine belt ini ada kah yg interchangeable antar merk mobil? Lalu xx PK itu menunjukkan kekuatan/beban yg dapat diterima oleh si belt?

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
kalo ada yg panjang belt nya sama dan lebar belt nya sama ya bisa ajajosomba wrote:Om turbo... Untuk serpentine belt ini ada kah yg interchangeable antar merk mobil? Lalu xx PK itu menunjukkan kekuatan/beban yg dapat diterima oleh si belt?
Cuman saya gak paham yg mana2 aja yg bisa tukar pakai
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Kondisi V Belt / Serpentine Belt sx4 saya 78rb km - 7 tahun dari baru:
Dari main crankshaft pulley gerakin waterpump dan altenator:

Dari main crankshaft pulley gerakin kompressor ac dan tension pulley:

Dari main crankshaft pulley gerakin waterpump dan altenator:

Dari main crankshaft pulley gerakin kompressor ac dan tension pulley:

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Kira2 knp ya mobil jaman skrg beltnya cuma 1 dipake utk semua?
Bukankah dgn pake 3 belt kyk mobil jaman 2000an awal lbh aman ya? 1 putus tdk mematikan komponen lain....
Bukankah dgn pake 3 belt kyk mobil jaman 2000an awal lbh aman ya? 1 putus tdk mematikan komponen lain....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
shock pake omiwing wrote:ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....![]()
itu Per Torsion Beam.....kayak Panther / MU-7
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
oalah, thx om turboTurboman wrote: Mon Jan 21, 2019 1:55shock pake omiwing wrote:ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....![]()
itu Per Torsion Beam.....kayak Panther / MU-7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Klo gk salah diatas 1990 udh pake visco dehiwing wrote: Mon Jan 21, 2019 1:47ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....![]()
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
waktu saya tanya saudara, katanya itu kijang tahun 92. soal kipas radiator yang ikut muter bersamaan dengan mesin itu beneran saya lihat sendiricoklatMetalik wrote: Mon Jan 21, 2019 2:39Klo gk salah diatas 1990 udh pake visco dehiwing wrote: Mon Jan 21, 2019 1:47ada saudara yang masih pelihara kijang tahun 92 kalo gak salah. itu kipas radiator masih terhubung langsung dengan mesin. jadi mesin nyala ya kipas nya juga nyala (fan belt). yang luar biasa lagi, roda depan kayak gak pake shock breaker kayak mobil2 skrg tapi pakai seperti ada besi memanjang gitu. btw tapi memang keterlaluan mobil2 jaman now yang gak pake indikator suhu mesin, cuma main lampu2 doang (overheat/gak)levofloxacine wrote: Sat Dec 08, 2018 7:13 Mobil jaman now skrg tidak ada lagi yg menggunakan fan belt, tetapi saya sempat berpikir, dari sisi safety apakah tidak lebih baik kalo fan tetap menggunakan fan belt, walaupun memang akan membebani kerja mesin, akan tetapi kemungkinan untuk tewas mendadak seperti motor fan mungkin lebih kecil, dimana jaman sekarang semua mobil menggunakan motor elektrik pada kedua kipasnya, seringkali tidak ketahuan bahwa kipas mati, apalagi kalo yg bawa mobil mamah2 muda yg tidak aware dengan indikator suhu mesin, ini diperparah pada beberapa merek mobil skrg tidak lagi menggunakan jarum indikator suhu, tetapi pada saat sudah overheat barulah indikator H menyala, sehingga entah sudah berapa lama sejak kipas mati mesin bekerja pada suhu yg terlalu tinggi.
Kesimpulan saya sementara kasus overheat meningkat dengan penggunaan elektric motor pada kedua kipas....![]()
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Mar 03, 2016 9:16
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
Terimakasih om turbo sudah sudi jawab pertanyaan sayaTurboman wrote: Sun Dec 09, 2018 0:42kalo bawaan pabrik = EPDMbedidi wrote:V belt ipah termasuk yg mana om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Serba Serbi V Belt / Serpentine Belt
halo om sori bangkitin thread lama, mobil sy altis 2.0 blon lama ganti v belt merek mitsuboshi skrg udh decit +- 10k km an nah sy mau ganti ori mereknya mitsuboshi jg ternyata.. apa beda kualiti yah walau sama sama mitsuboshi? sebelum ganti yg mitsuboshi awal masih pake ori malah ngga decit tp udh getas aja.. tks
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R