
Saya mau sekedar membuat postingan ini yang barangkali bermanfaat dan ada yg bisa membantu mengatasi masalah saya.
Ada juga si topik sama dan saya sudah ikut nimbrung di dalemnya.
Kebetulan problemnya sama dengan grand livina saya 2008. Saat dingin gigi D ga bisa jalan, pindah gigi 2 ga jalan juga, pindah gigi 1 atau R baru bisa jalan.
Kalau di diemin dan di gas gas supaya panas juga ga ngaruh, jadi harus bawa jalan. Gigi 1 jarak 100 meter akan ngehentak tanda gigi 2 normal kembali. Kalau gigi dua normal gigi D juga akan normal walau kadang menunggu beberapa meter lagi. Setelah semuanya normal mau jalan naik turun gunung ratusan KM ga ada masalah, terbukti dengan beberapa kali saya bawa pulkam ke jawa yg memakan waktu di atas 10jam udah gitu naik turun bukit berbatu lagi.
Terpaksa juga sih... Gaji ga seberapa gaya gayaan maksa beli mobil. Walau kedodoran nyicil selama 4 tahun lamanya. Ya manusia biasa lah wajarnya sih kan..
punya ambisi dan keinginan. Kalau ga gitu mungkin saya ga punya mobil yg udah di tangan 5 tahun sampai hari ini.
Entah lah... Problemnya apa... Kasusnya udah hampir dua tahun terakhir.
Pernah telp bengkel lebih baik kasusnya demikian dari pada ngelos sama sekali. Kata dia kemungkinan solenoid nya tersumbat atau spring buka tutup hydraulicnya terganggu, coba saja di cek.
Begitu katanya...
Tapi sudah setengah tahun ge masih terbiar begitu saja, mau balik nama dulu biar pajeknya kebayar. Baru nanti panggil pomen.
Nanti aku update hasilnya seperti apa.
O iya... Sekalian nambah...
Kebiasaan buruk saya yg jangan pernah di tiru.
Saya paling males bayar pajak alesannya KTP pinjem ga enak lah segan lah atau apalah...
Tau ga... Saya harus jungkir balik utk sekedar balik nama dan bayar pajak. Bukan ngurunya yg jungkir balik tapi bayarnye... 18juta bro 4 tahun jakarta ke bogor. Bolak balik ga jadi2 akhirnya calo jg jadi pilihan terakhir.
Jadi... Jangan tunda pajak...
Walau razia jarang kena... Tapi pegel juga bayarnya.
Trus... Soal oli...
Saya juga paling males ganti oli kalau belum KM nya habis... Memang ga papa sih kata bengkel yg penting rajin cek takut kurang bahaya buat mesin. Motor saya sudah dua kali jebol gara2 males cek oli.
Alhamdulilah livina saya tidak... Ya jangan lah...
Mending rajin ganti atau kurangi pemakaian.
Selanjutnya soal body...
Saya palinh males nguci ke steam seringnya lagi kalau mau cuci sendiri. Jangan lakukan itu.
Sekali sebulan minimal cucilah fi steam hydraulic maksudnya adalah supaya celah2 bawah body dan kaki kaki tersemprot dengan baik dan bersih karena menyebabkan karat yg akan fatal akibatnya bahkan akan sering merusak shock absorber karena kotoran yg banyak.
Trus soal body juga rajinlah menggosok bila baret halus dan cat segera bila penyok atau gergores. Karena kalu di tumpuk... Ada istilah dikit dikit juga jadi bukit. Betul itu...
Pada akhirnya saya harus atau di anjurkan cat full body karena hampir semua body ga karu karuan selama 5 tahun. Biayanya 15juta di beres nissan bro...
Bukan apa... Cat ulang mengurangi nilai jual lho... Kasusnya sama dengan daihatsu ceria yg saya jual waktu itu.
Apalagi ya...
O iya...
Segeralah bawa ke tukang jok dan balut jok asli dengan imitasi. Modal hanya 600 ribu tapi nilainya akan sesuai saat mau jual nanti. Sepele tapi ini penting sekali.
Okalh... Jadi panjang lebar ga punya solusi dengan masalah yg di isukan dan ada yg bisa bantu atasi problem ini. Sampai hari ini minggu pertama dec 2018 problem belum soft.
Dan paling tidak nya topik saya menambah pengetahuan temen semua karena ini pengalaman saya menabung penyakit di mobil yg hasilnya malah menggerogoti kantong kita.
Ok bro dan agan agan
Salam kenal...