Tanya Suzuki Baleno 1600 CC th 1996-1999
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Sep 15, 2005 4:45
Tanya Suzuki Baleno 1600 CC th 1996-1999
buat SM mania mohon bantuannya dong.... Rencananya sy mau bli suzuki baleno th 97.. Tp sy blum tau kelemahan & kelebihan mobil tsb.. pasaran baleno utk th 97 kira2 brp? Mesin & kaki2nya gimana? Mesinnya ngerongrong ga? Maklum baru pertama kali punya boil.. hehehe... sblmnya makasi ya bwt jawabannya .....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
saya kasih cipua2 dikit ya......semoga u tambah bingung.....
setahu yang gua tahu....as roda depannya agak rewel..kalo mesin sih ok aja......
kalo interior bagian kisi2 ac...yang udah patah2...tidak searah satu sama lain.....lain dgn baleno 2000 keatas yang sudah dibuat lain, jadi gak bakalan patah....
kalo power window sih biasalah butuh perawatan semprot pake cairan khusus...ini berlakku untuk seua mobil kok...
kalo engine boleh di adu tuh ama lancer 97-02...
kalo baleno 2000 ada masalah di per belakang yang kerap kali bunyi, karena ada kesalahan pembuatan pada ulir bagian atas yang masih ada celah....olek karena itu kalo ketemu jalan yang agak jelk bisa bunyi2 gluduk2..... dan pernya cepet mati....dan untuk menanggulangi masalah ini , perlu pemasangan bantalan karet di per roda belakang, untuk mencegah bagian yang beradu....
tapi untuk produksi 2001 sudah bebas dari ancaman itu dan gak perlu pake trik2 bantalan lagi.....
kalo tidak salah yang baleno 96-99 masih pake single coil dan yang udah pasti pake distributor. kalo yang 2000 keatas pake double coil dan distributorless....
itu aja yang saya tahu.....mungkin ada rekan2 lain yang bisa menambahkan...
setahu yang gua tahu....as roda depannya agak rewel..kalo mesin sih ok aja......
kalo interior bagian kisi2 ac...yang udah patah2...tidak searah satu sama lain.....lain dgn baleno 2000 keatas yang sudah dibuat lain, jadi gak bakalan patah....
kalo power window sih biasalah butuh perawatan semprot pake cairan khusus...ini berlakku untuk seua mobil kok...
kalo engine boleh di adu tuh ama lancer 97-02...
kalo baleno 2000 ada masalah di per belakang yang kerap kali bunyi, karena ada kesalahan pembuatan pada ulir bagian atas yang masih ada celah....olek karena itu kalo ketemu jalan yang agak jelk bisa bunyi2 gluduk2..... dan pernya cepet mati....dan untuk menanggulangi masalah ini , perlu pemasangan bantalan karet di per roda belakang, untuk mencegah bagian yang beradu....
tapi untuk produksi 2001 sudah bebas dari ancaman itu dan gak perlu pake trik2 bantalan lagi.....
kalo tidak salah yang baleno 96-99 masih pake single coil dan yang udah pasti pake distributor. kalo yang 2000 keatas pake double coil dan distributorless....
itu aja yang saya tahu.....mungkin ada rekan2 lain yang bisa menambahkan...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Hmm, Baleno yah, kebetulan, dulu sempat ada di rumah... Yg pertama dulu tahun 1996, generasi pertama, masih built-up, kalo ga salah harganya masih murah kira2 mirip2 Kijang kapsul gres..dulu kan dolar masih murah... Bagus kok nih boil...buktinya sempat jadi primadona...mesin masih 1600cc injeksi.
Terus tahun 2000 juga beli lagi yg tipe Millenium, semacam limited edition gitu deh, kali ini mesin udah di-spec down jadi 1500cc, tarikan menurut saya kalah sama yg sebelumnya, maklum mesin lebih kecil. Interior sih ga beda jauh, tapi door trim plastik terlihat murah, trus karena edisi Millenium, bagian tengah dashboard berwarna silver, and head unit pakai JVC double DIN.
Terus tahun 2000 juga beli lagi yg tipe Millenium, semacam limited edition gitu deh, kali ini mesin udah di-spec down jadi 1500cc, tarikan menurut saya kalah sama yg sebelumnya, maklum mesin lebih kecil. Interior sih ga beda jauh, tapi door trim plastik terlihat murah, trus karena edisi Millenium, bagian tengah dashboard berwarna silver, and head unit pakai JVC double DIN.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Sep 15, 2005 4:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
single coil... jadi dia supply listrik ke 4 busi yang di tiap2 silinder cuma pake 1 distributor......cukup sibuk kan 1 coil mensupplai listrik ke 4 busi.
kalo double coil....masing coil melayani 2 busi.... jadi kerjanya lebih ringan , dan tegangan listrik yang dikeluarkan lebih bagus......inilah bisa dibilang fasilitas kompensasi dari penurunan 1600cc ke 1500cc.....
ada yang lebih hebat lagi , setiap busi di handle 1 coil...jadi 4 silinder ada 4 coil....contohnya escudo 2000cc yang sekarang....cmiiw...
kalo as oda tergantung pemakaian.bos...
kalo double coil....masing coil melayani 2 busi.... jadi kerjanya lebih ringan , dan tegangan listrik yang dikeluarkan lebih bagus......inilah bisa dibilang fasilitas kompensasi dari penurunan 1600cc ke 1500cc.....
ada yang lebih hebat lagi , setiap busi di handle 1 coil...jadi 4 silinder ada 4 coil....contohnya escudo 2000cc yang sekarang....cmiiw...
kalo as oda tergantung pemakaian.bos...

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Sep 15, 2005 4:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
karimun bukan masalah di mesin panas dan ac sih saya belum pernah denger ya.....tapi di electronic power steeringnya yang kadang masalah.... ini mobil resale valuenya bagus banget.....dan yang gua suka dari mobil ini adalah untuk sekelas dia ada tachometernya....kalo hyundai dan kia utk mobil sekelas masih blm ada tachometer.....kejelekan karimun cuma 1 yaitu masih karburator.....dan 8valve. ..yang menangin adaah ongkos perawatannya yg murah...

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Sep 15, 2005 4:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
saya coba bantu yg setau saya aja ya......mungkin ada yg lebih tahu bisa bantu menjelaskan..
Pastikan spooring roda anda sudah benar...dan kembang roda anda tidak makan sebelah...
Karena kalo kembang roda anda tidak rata, maka spooring anda akan percuma..
TAPI SEBELUM BOS MELAKUKAN SPOORING PASTIKAN DULU KOMPONEN TIEROD DAN BALLJOINT DALAM KONDISI SEHAT...
Kalo kondisi tierod dan balljoint anda rusak, percuma saja anda melakukan spooring....alias buang duit saja......
Kalo mekanik nakal...dia akan diam saja, biarin aja di spooring...yang penting kan kita udah keluarin duit buat spooring..
Giliran keluar dari bengkel, masalahnya gak kelar....baru di cek sana sini...keluar duit 2x deh....
kalo kerusakan tierod (tierod end dan long tierod) dan ball joint bisa menyebabkan mobil narik ke kiri/kanan pada saat kemudi di lepas, bisa juga menyebabkan celah kemudi menjadi agak besar (istilahnya spelling...cmiiw).
Nah kedua2nya membuat kendaraan menjadi gak enak.
Kalo kemudi narik ke kiri/kanan, membuat tangan kita pegal harus menahan setir terus supaya gak lari ke kiri/kanan....
Kalo celah kemudi besar bisa bahaya kalo lagi kecepatan tinggi, mobil susah dikuasai...cara ngeceknya gampang....mobil posisi diam gerakin aja stir kemudi sekitar 1cm, perhatikan roda kanan depan, apakah ikut gerak?
Kalo roda depan gak ikut gerak , berarti celah kemudi sudah besar....
Untuk mobil seperti baleno dan karimun biasanya tidak ada setelan utk spelling. lainhalnya dgn carry dan katana ada setelannya...(dulu punya carry sering rusak di tierod, balljoint dan laher....moga2 APV yang sekarang nasibnya beda dgn carry yg dulu....
)..)
Jadi biasanya kerusakan yg seperti disebut bos dimdim biasanya kerusakan ada di tierod dan balljoint...untuk memastikan silahkan bawa ke bengkel...
kalo tierod rusak...biasanya kalo lewatin jalan yang ada lobang kedengaran gluduk...gluduk...kalo roda depan di dongkrak..goyangin roda depan akan ketahuan.....
Kalo masalah kisi2 AC...gak bisa diganti tuh kisi2 AC nya....solusinya harus ganti mobil baru.....hikshikshikshisks.....
Becanda bos.....
Kalo mau hemat....bawa ke montir...bisa diakalin pake kawat...(saya pernah baca tipsnya)...
Untuk kedua kisi bagian tengah mudah untuk dikerjakan...tapi untuk kedua kisi bagian pinggir (dekat pintu) agak susah untuk diakalin (bisa tapi susah)...
Kalo gak salah ..seingat saya (majalahnya udah lama)....kalo beli baru sekitar...200 - 300ribu....lumayan mahal ya...hikhsihsikss...s.s..s
kalo mau irit ya diakalin aja.....berhubung sekarang lagi zaman edan ...nyari duit lagi susah...hikshikhsikhsis.ss....
Pastikan spooring roda anda sudah benar...dan kembang roda anda tidak makan sebelah...
Karena kalo kembang roda anda tidak rata, maka spooring anda akan percuma..
TAPI SEBELUM BOS MELAKUKAN SPOORING PASTIKAN DULU KOMPONEN TIEROD DAN BALLJOINT DALAM KONDISI SEHAT...
Kalo kondisi tierod dan balljoint anda rusak, percuma saja anda melakukan spooring....alias buang duit saja......
Kalo mekanik nakal...dia akan diam saja, biarin aja di spooring...yang penting kan kita udah keluarin duit buat spooring..
Giliran keluar dari bengkel, masalahnya gak kelar....baru di cek sana sini...keluar duit 2x deh....
kalo kerusakan tierod (tierod end dan long tierod) dan ball joint bisa menyebabkan mobil narik ke kiri/kanan pada saat kemudi di lepas, bisa juga menyebabkan celah kemudi menjadi agak besar (istilahnya spelling...cmiiw).
Nah kedua2nya membuat kendaraan menjadi gak enak.
Kalo kemudi narik ke kiri/kanan, membuat tangan kita pegal harus menahan setir terus supaya gak lari ke kiri/kanan....
Kalo celah kemudi besar bisa bahaya kalo lagi kecepatan tinggi, mobil susah dikuasai...cara ngeceknya gampang....mobil posisi diam gerakin aja stir kemudi sekitar 1cm, perhatikan roda kanan depan, apakah ikut gerak?
Kalo roda depan gak ikut gerak , berarti celah kemudi sudah besar....
Untuk mobil seperti baleno dan karimun biasanya tidak ada setelan utk spelling. lainhalnya dgn carry dan katana ada setelannya...(dulu punya carry sering rusak di tierod, balljoint dan laher....moga2 APV yang sekarang nasibnya beda dgn carry yg dulu....

Jadi biasanya kerusakan yg seperti disebut bos dimdim biasanya kerusakan ada di tierod dan balljoint...untuk memastikan silahkan bawa ke bengkel...
kalo tierod rusak...biasanya kalo lewatin jalan yang ada lobang kedengaran gluduk...gluduk...kalo roda depan di dongkrak..goyangin roda depan akan ketahuan.....
Kalo masalah kisi2 AC...gak bisa diganti tuh kisi2 AC nya....solusinya harus ganti mobil baru.....hikshikshikshisks.....
Becanda bos.....
Kalo mau hemat....bawa ke montir...bisa diakalin pake kawat...(saya pernah baca tipsnya)...
Untuk kedua kisi bagian tengah mudah untuk dikerjakan...tapi untuk kedua kisi bagian pinggir (dekat pintu) agak susah untuk diakalin (bisa tapi susah)...
Kalo gak salah ..seingat saya (majalahnya udah lama)....kalo beli baru sekitar...200 - 300ribu....lumayan mahal ya...hikhsihsikss...s.s..s
kalo mau irit ya diakalin aja.....berhubung sekarang lagi zaman edan ...nyari duit lagi susah...hikshikhsikhsis.ss....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Sep 15, 2005 4:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@bos edward & bos wp.....ogut ini kan bukan montir....tapi kepala germo mewakili kramat tunggak, kalijodo, TL....etc...bulan puasa ini jadi nganggur....kasihan anak didik....ckckckcc..c..ck..c.c
@bos dimdim, thanks juga bos dimdim...
waduh yg jelas di gramedia gunungagung gak ada.....mesti nyari di suzuki nya coba ke MT Haryono...atau milis baleno...
@bos dimdim, thanks juga bos dimdim...
waduh yg jelas di gramedia gunungagung gak ada.....mesti nyari di suzuki nya coba ke MT Haryono...atau milis baleno...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
hrsnya sih pihak atpm memberi kan secara gratis bantalan karet,toh itu kesalahan mereka.WP wrote:@handling
bener pak handling, per belakang Baleno 2000 saya juga dulu bunyi gluduk2 kalo lewat jalan bergelombang, ada yg bilang diganjel selang ato karet...
seperti yg saya denger, hiu yg belum lama ini memanggil kembali customernya , karena ada kesalahan pada komponen di ac nya. padahal sdh cukup lama produk ini....freeeeeee..ee.ee.e.e..e

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati