apa bener knalpot racing merusak engine?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
apa bener knalpot racing merusak engine?
yg pake knalpot racing (2 ato 4 tak), share dong, apa aja efek negatif yg sudah kamu rasakan stlh/ketika gunain knalpot racing....
menurut gw sih, selama oli nya beres, gak masalah....tau deh technicalnya gimana...
menurut gw sih, selama oli nya beres, gak masalah....tau deh technicalnya gimana...
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
setau saya knalpot racing tuh gunanya untuk mengefektifkan pembakaran dalam mesin,, Klo G salah (bener berarti) si knalpot racing teh dapat mempercepat pembakaran dalam ruang mesin sehingga dapat mencapai akselerasi maksimum dgn waktu lebih singkat..
Menurut saya, knalpot standard ituu, mempunyai penahan tenaga, jadi tenaga yg dikeluarkan kurang besar,, setelah diganti knalpot racing, tenaganya langsung maksimum..
Mungkin ada alasan mengapa pabrik memberi knalpot standard yang menahan tenaga,, mungkin biar lebih awet,dll
Hueueuhe,, selanjutnya saya tidak tahu

Menurut saya, knalpot standard ituu, mempunyai penahan tenaga, jadi tenaga yg dikeluarkan kurang besar,, setelah diganti knalpot racing, tenaganya langsung maksimum..
Mungkin ada alasan mengapa pabrik memberi knalpot standard yang menahan tenaga,, mungkin biar lebih awet,dll
Hueueuhe,, selanjutnya saya tidak tahu


Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Oct 01, 2005 12:00
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
IMO, yang paling penting itu ya setting karbu aja kalo ganti knalpot. Ganti knalpot racing sih harusnya diikuti sama setting karburator, kalo nggak kurang bensin dan bisa rusak deh itu mesin. Kalo settingan bener, selama nggak terlalu ekstrem (alias nggak kayak korekan Road Race / Drag Race), harusnya nggak ngerusak mesin.
Soalnya, kalo itu bonek2 yang main di Road Race, kadang2 bisa 1 mesin 1 balap.
Soalnya, kalo itu bonek2 yang main di Road Race, kadang2 bisa 1 mesin 1 balap.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
mau tanya nih.
kalau shogun SP 125 itu kan pake knalpot racing.
apakah pengaruh juga ma mesinnya
jadi takut nih... hiiii...
kalau bisa merusak mending aku ganti ke standar aja punyanya Shogun R
Trims atas pencerahannya
kalau shogun SP 125 itu kan pake knalpot racing.
apakah pengaruh juga ma mesinnya
jadi takut nih... hiiii...
kalau bisa merusak mending aku ganti ke standar aja punyanya Shogun R
Trims atas pencerahannya
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
gini nih yach kalo aku yg pake 2 tak.. khusus motor nih yach utk knalpot racing...
coba naikkan MAINJET 5 angka dengan syarat jgn buka filter saringan udara alias openbox,.. klo buka open box tanpa filter alias telanjang karbunya terpaksa dinaikkan 10 angka...KENAPA..? Loe ga kasian apa sama piston apa..! kering tuh pistonnya... jadi harus basah donk untuk putaran RPM atasnya (mencret dech bensin)...
trus utk pilot coba pake yg std aja, ..trus test jalan(sesudah mainjet dinaikin 5-10 angka)and cari jalan yg kosong dan minim pengendara.. lalu dijalankan.. kalo dia di gas (sambil dikendarain nih yach) suaranya dari bawah ke atas (khusus gear 1..) membrebet gitu... turunin 1 angka pilotnya.. sampe gejala mbrebet bagian atas hilang pada saat mencapai RPM tinggi.. KENAPA LAGIIII..? karna utk menyambung suara dari bawah keatas penunjang suara bawah harus diperhatikan..nah sekarang dapet dech tenaga knalpot RACING ...weeeeeeinggggg
nah kalo knalpot STD pabrik nih kalo di palembang ditempat gwa nyebutnya settingan kering karna pada knalpot STD terlalu banyak sekat yg menghalangi udara karbon yg keluar,.. nah karakter knalpot Racing bisa jadi 2 dalam 1 jenis kering dan basah... pada saat RPM rendah usahakan settingan kering tapi kalo utk RPM tinggi usahakan puncak RPM basah..
dan ini hanya pengalaman yg kudapat selama make knalpot Racing di ninja ku
yach itu..cuman... bensin jadi rada boros.. heuheueh
tolong ditambahkan kalo ada kekurangan dari keterangan saya.. sebelum dan sesudahnya Terima kasih
peacenya 1000 x aja
coba naikkan MAINJET 5 angka dengan syarat jgn buka filter saringan udara alias openbox,.. klo buka open box tanpa filter alias telanjang karbunya terpaksa dinaikkan 10 angka...KENAPA..? Loe ga kasian apa sama piston apa..! kering tuh pistonnya... jadi harus basah donk untuk putaran RPM atasnya (mencret dech bensin)...
trus utk pilot coba pake yg std aja, ..trus test jalan(sesudah mainjet dinaikin 5-10 angka)and cari jalan yg kosong dan minim pengendara.. lalu dijalankan.. kalo dia di gas (sambil dikendarain nih yach) suaranya dari bawah ke atas (khusus gear 1..) membrebet gitu... turunin 1 angka pilotnya.. sampe gejala mbrebet bagian atas hilang pada saat mencapai RPM tinggi.. KENAPA LAGIIII..? karna utk menyambung suara dari bawah keatas penunjang suara bawah harus diperhatikan..nah sekarang dapet dech tenaga knalpot RACING ...weeeeeeinggggg
nah kalo knalpot STD pabrik nih kalo di palembang ditempat gwa nyebutnya settingan kering karna pada knalpot STD terlalu banyak sekat yg menghalangi udara karbon yg keluar,.. nah karakter knalpot Racing bisa jadi 2 dalam 1 jenis kering dan basah... pada saat RPM rendah usahakan settingan kering tapi kalo utk RPM tinggi usahakan puncak RPM basah..
dan ini hanya pengalaman yg kudapat selama make knalpot Racing di ninja ku
yach itu..cuman... bensin jadi rada boros.. heuheueh
tolong ditambahkan kalo ada kekurangan dari keterangan saya.. sebelum dan sesudahnya Terima kasih
peacenya 1000 x aja
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..