Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ada yg bisa analisa ga kenapa bisa ada kasus kecelakaan seperti di Senayan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Jalan licin, kecepatan tinggi, ban mungkin udh waktunya ganti.
Jenis mobilnya jg kayanya pengaruh.
Jenis mobilnya jg kayanya pengaruh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ya saya juga curiganya sih ke ban
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ow ngeri.... Tapi pasti Ada kaum cocoklogi yang mengaitkan dengan sesuatu 


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Rem gak ABS
atau ABS nya gak bekerja
Ban udah aus
atau ABS nya gak bekerja
Ban udah aus
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Paling ngeri kalo ngebut pas jalannya basah2 gitu, mending banjir sekalian daripada licin2 doang.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri Oct 05, 2018 4:53
- Location: north
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Jalan licin, grip bannya gak ada, kecepatan tinggi(?)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
biasanya di awal2 musim hujan tuh jalan licin banget dibanding pertengahan musim hujan. Alasannya titik2 uap oli, bbm yang jatuh ke jalan & minyak aspal lelehan jemuran matahari naik terangkat air.
Belum lagi RWD yang rawan oversteer. Itu terpelanting kiri karena ban kanan hilang traksi.
Kondisi ban juga sangat berpengaruh.
Kalo dah hilang traksi sih mau secanggih apapun sistem pengereman ato traction control ga akan berguna juga.
Belum lagi RWD yang rawan oversteer. Itu terpelanting kiri karena ban kanan hilang traksi.
Kondisi ban juga sangat berpengaruh.
Kalo dah hilang traksi sih mau secanggih apapun sistem pengereman ato traction control ga akan berguna juga.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Baru pulang dugem masi tipsy plus ujan pula
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Aquaplanning? Itu avanza tipe S udah ada ABS nya kan
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Kita2 buat analisa sotoy ala2 tim investigasi, kita ga tahu apa yang ada sebelum sorotan CCTV, tapi kalau dilihat arah gerakan mobil, setelah saya lihat beberapa kali.
Pertama mobil masuk dari jalur tengah lalu mengarah keseparator ditengah, dari situ mungkin driver kaget lalu buang setir ke kiri, karena buangnya kebanyakan dan jalan licin maka melintir lah mobil ini.
Atau bisa juga tadinya menghindari sesuatu di sebelah kiri setelah berhasil menghindar dan mobil bergerak kekanan, driver berusaha memberikan counter steer ke kiri, sayangnya tidak berhasil.
Pertama mobil masuk dari jalur tengah lalu mengarah keseparator ditengah, dari situ mungkin driver kaget lalu buang setir ke kiri, karena buangnya kebanyakan dan jalan licin maka melintir lah mobil ini.
Atau bisa juga tadinya menghindari sesuatu di sebelah kiri setelah berhasil menghindar dan mobil bergerak kekanan, driver berusaha memberikan counter steer ke kiri, sayangnya tidak berhasil.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
jalanan licin, mungkin kecepatan mobil agak kencang, ban tidak didesain untuk kondisi seperti itu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Mobil ginian sih emang ga ada yg jelas nyetirnya 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Udah modif full exhaust, pig bag, slick tire, and ready to drift. Just pull out the hand brake to early.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Sama om pikiran saya begitu. Ditambah mungkin kondisi ban sudah aus.Pugman wrote: Sun Oct 28, 2018 2:37 Kita2 buat analisa sotoy ala2 tim investigasi, kita ga tahu apa yang ada sebelum sorotan CCTV, tapi kalau dilihat arah gerakan mobil, setelah saya lihat beberapa kali.
Pertama mobil masuk dari jalur tengah lalu mengarah keseparator ditengah, dari situ mungkin driver kaget lalu buang setir ke kiri, karena buangnya kebanyakan dan jalan licin maka melintir lah mobil ini.
Atau bisa juga tadinya menghindari sesuatu di sebelah kiri setelah berhasil menghindar dan mobil bergerak kekanan, driver berusaha memberikan counter steer ke kiri, sayangnya tidak berhasil.
Mohon maaf bukan tidak peduli, ada korbannya tidak ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
sy lihat di timer cctv kejadian cuma perlu 4 detik.... semoga semua orang selalu berhati2 dan jangan sampai merasakan spt ini. Condolences for the victim(s)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Kalo sampai ada korban (tertabrak)
Pelaku terbukti speeding
Yg menyebabkan celaka wajib ganti rugi kepada korban minimal 200 jt per kepala
Tak ada uang cash, jual asset
Dgn demikian akan mengurangi yg ugal2-an di jalan
Pelaku terbukti speeding
Yg menyebabkan celaka wajib ganti rugi kepada korban minimal 200 jt per kepala
Tak ada uang cash, jual asset
Dgn demikian akan mengurangi yg ugal2-an di jalan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ada korban, yg didalem mobil meninggal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
udah lama nggak denger kabar kecelakaan (lagi) di senayan semenjak trek senayan-asaf dibubarin.......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
second to disaster
, cepat banget ya cuma 4 detik tapi efeknya luar biasa , total lost avanzanya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Keywords : High Speed, Avanza, Xenia
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Innalillahi wa Inna ilaihi Raji'un
Opini saya
Avanza dr arah GatSu & overpass sdh kencang.
Driver panik, nge rem terlalu kasar sehingga bobot mobil ke transfer ke roda depan (Weight transfer).
Beban berpindah ke roda depan, roda belakang kehilangan traksi plus basah plus RWD, jadilah oversteer
Ada kmngkinan jga driver panik trlalu dkat median di kanan. Shingga refleks driver buang kiri
Sekali lagi, krna bobot berpindah ke depan, roda dpn traksi nya lbh besar drpda roda blkang, sehingga gaya puntir nya berlawanan arah jam
Opini saya
Avanza dr arah GatSu & overpass sdh kencang.
Driver panik, nge rem terlalu kasar sehingga bobot mobil ke transfer ke roda depan (Weight transfer).
Beban berpindah ke roda depan, roda belakang kehilangan traksi plus basah plus RWD, jadilah oversteer
Ada kmngkinan jga driver panik trlalu dkat median di kanan. Shingga refleks driver buang kiri
Sekali lagi, krna bobot berpindah ke depan, roda dpn traksi nya lbh besar drpda roda blkang, sehingga gaya puntir nya berlawanan arah jam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Intinya, jgn pernah ngerem sambil banting stir.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Poin ponting, berkendara jgn melebihi kemampuan kendaraan itu sendiri sama melebihi kemampuan tubuh.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Gue pernah pas hujan , coba ngerem timor gue kec 70 km/jam buset... lari bannya ngebuang hampir kebentur pondasi trotoar
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun