Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
Andriihendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 12 Oct 2018, 12:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Andriihendy » 12 Oct 2018, 12:45

Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?

Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)

Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.

Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)

Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by josomba » 12 Oct 2018, 14:46

Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?
Image
Image

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by farizfsa » 12 Oct 2018, 15:23

coba bersihin body valve matic dulu om
Mercedes Benz E300 W212 2010
Mercedes Benz CLK230K W208 2001
Mercedes Benz 200 W115 1973

Andriihendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 12 Oct 2018, 12:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Andriihendy » 12 Oct 2018, 16:45

josomba wrote:
12 Oct 2018, 14:46
Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?
Oli matic pake merk toyota, dan pake tipe ws sesuai buku panduan camry..
Iya gan, pas flushing 8 liter, setelah itu tambah 4 liter lagi.. terus kata auto2000 masih kurang 2 liter lagi.. tapi di buku petunjuk camry butuh 6.5L oli matic
farizfsa wrote:
12 Oct 2018, 15:23
coba bersihin body valve matic dulu om
Klo bersihin body valve oli maticnya diganti lagi atau tetep bisa pake yg lama gan?
densept wrote:
12 Oct 2018, 16:47
Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?

Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
Di manual booknya oli maticnya pake ws ko gan, untuk oli matic udah sesuai sama yg di manual book.
Nah klp oli mesinnya dimanual book disurunya 0w-20 tapi saya salah beli yg 10w-40.. apakah ada hubungannya sama sentakan di perpindahan gigi 1 ke 2.. soalnya pas gigi 1 mau ke 2 kadang2 rpm sampai 2000 terus nahan sebentar baru deh masuk gigi 2 dengan sara ngejedaknya..

densept
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 30 May 2018, 11:49
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B100RS

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by densept » 12 Oct 2018, 16:47

Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?

Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.

User avatar
mamat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: 23 Jul 2009, 19:03
Location: +62

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by mamat » 12 Oct 2018, 17:01

densept wrote:
12 Oct 2018, 16:47
Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?

Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
Di XV50, CVT dipakai di hybrid, selain itu pakainya 6AT. Manual book mintanya Toyota WS.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:

densept
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 30 May 2018, 11:49
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B100RS

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by densept » 12 Oct 2018, 17:20

mamat wrote:
12 Oct 2018, 17:01
densept wrote:
12 Oct 2018, 16:47
Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?

Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
Di XV50, CVT dipakai di hybrid, selain itu pakainya 6AT. Manual book mintanya Toyota WS.
Oalah my bad, kirain CVT. Makasih infonya

mike22
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by mike22 » 12 Oct 2018, 18:01

Jangan dikasih 10w-40 dong om, saya pake mesin honda k24 jaman purba aja 0-20

Andriihendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 12 Oct 2018, 12:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Andriihendy » 12 Oct 2018, 18:04

josomba wrote:Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?
Oli matic pake merk toyota, dan pake tipe ws sesuai buku panduan camry..
Iya gan, pas flushing 8 liter, setelah itu tambah 4 liter lagi.. terus kata auto2000 masih kurang 2 liter lagi.. tapi di buku petunjuk camry butuh 6.5L oli matic

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16632
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Turboman » 12 Oct 2018, 18:07

Andriihendy wrote:Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?

Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)

Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.

Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)

Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
itu Camry yg matic gear ya

ATF nya ASLI gak ?

ATF T-4 dan T-WS kan banyak acdc nya

oli mesin kalo di rekomen 0W20 ya pake itu......spy efisiensi optimal

Andriihendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 12 Oct 2018, 12:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Andriihendy » 12 Oct 2018, 18:14

Turboman wrote:
Andriihendy wrote:Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?

Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)

Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.

Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)

Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
itu Camry yg matic gear ya

ATF nya ASLI gak ?

ATF T-4 dan T-WS kan banyak acdc nya

oli mesin kalo di rekomen 0W20 ya pake itu......spy efisiensi optimal
Asli gan klo oli maticnya..
Iyaa saya salah beli haruanya yg 0w20.. tapi ada hubungannya sama masalah yg saya alami ga ya?

mike22 wrote:Jangan dikasih 10w-40 dong om, saya pake mesin honda k24 jaman purba aja 0-20
Iya saya salah beli, tapi apa ada hubungannya sama mesalah pada matic yg saya alami?

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2236
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Jambangan » 12 Oct 2018, 18:30

Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu

Andriihendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 12 Oct 2018, 12:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Camry

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by Andriihendy » 12 Oct 2018, 21:00

Jambangan wrote:Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
Iya rencana saya mau ganti yg 0w20 sih gan.. trimakasih buat sarannyaaaa hehe

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by erwinign » 12 Oct 2018, 22:24

Andriihendy wrote:
12 Oct 2018, 21:00
Jambangan wrote:Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
Iya rencana saya mau ganti yg 0w20 sih gan.. trimakasih buat sarannyaaaa hehe
Mesin jaman sekarang paling kentel pake 5w30 om sepengalaman saya dan juga ATF harus selalu ngikutin spec nya (harus tanya spesifik, toko selevel shop n drive sy tanyain soal tipe2 oli atf aja pada bingung jawabnya). Yaris sama crv tua saya selalu 5w30 terus dari dulu om. Itu om kuras di bengkel nonresmi apa ya? Bengkel nonresmi sekarang ngeri2 sedep juga om kalo jual oli, kemungkinan besar banyak jual oli palsunya.
Don't Judge The Book By It's Cover

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang

Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2

Post by erwinign » 12 Oct 2018, 22:28

farizfsa wrote:
12 Oct 2018, 15:23
coba bersihin body valve matic dulu om
Mau nanya jg om, mobil saya belum pernah kuras ATF. Kemarin tanya2 ke suzuki mereka bilang nya ndak usah ganti atf strainer (ini saya kurang yakin, mestinya ganti kl menurut saya) sama kt mereka filter ATF letak nya di body valve (kaynya ngawur ini jawab nya). Terus ditawarin sekalian bersihin body valve transmisinya (direndem pake bensin, bener ndak ya metodenya?). Sekarang sih perpindahan transnya dudul, sering dengung kl digeber, sama wrn atf di dipsticknya udah biru pucat. Kl gitu sebaiknya ganti filter atf sama bersihin body valve nya ato gimana ya? Saya jg masih belajar soal atf ini
Don't Judge The Book By It's Cover

Post Reply

Return to “Engine & Exhaust System”