Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?
Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)
Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.
Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)
Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?
Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)
Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.
Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)
Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
coba bersihin body valve matic dulu om
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Oli matic pake merk toyota, dan pake tipe ws sesuai buku panduan camry..josomba wrote: Fri Oct 12, 2018 7:46 Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?
Iya gan, pas flushing 8 liter, setelah itu tambah 4 liter lagi.. terus kata auto2000 masih kurang 2 liter lagi.. tapi di buku petunjuk camry butuh 6.5L oli matic
Klo bersihin body valve oli maticnya diganti lagi atau tetep bisa pake yg lama gan?
Di manual booknya oli maticnya pake ws ko gan, untuk oli matic udah sesuai sama yg di manual book.densept wrote: Fri Oct 12, 2018 9:47 Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?
Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
Nah klp oli mesinnya dimanual book disurunya 0w-20 tapi saya salah beli yg 10w-40.. apakah ada hubungannya sama sentakan di perpindahan gigi 1 ke 2.. soalnya pas gigi 1 mau ke 2 kadang2 rpm sampai 2000 terus nahan sebentar baru deh masuk gigi 2 dengan sara ngejedaknya..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed May 30, 2018 4:49
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B100RS
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?
Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
- Location: +62
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Di XV50, CVT dipakai di hybrid, selain itu pakainya 6AT. Manual book mintanya Toyota WS.densept wrote: Fri Oct 12, 2018 9:47 Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?
Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
powered by B20VTEC kick in yoo 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed May 30, 2018 4:49
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: B100RS
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Oalah my bad, kirain CVT. Makasih infonyamamat wrote: Fri Oct 12, 2018 10:01Di XV50, CVT dipakai di hybrid, selain itu pakainya 6AT. Manual book mintanya Toyota WS.densept wrote: Fri Oct 12, 2018 9:47 Camry 2.5 ini berarti XV50 kan ya?
Setau saya XV50 pakai CVT, apa penggunaan oli nya juga pake oli CVT yang sesuai dengan spek di manual book?
Btw mesin dual vvti camry dikasih oli 10w-40? di mesin 2NR / 3NR aja mintanya 0w-20 atau 5w-30 di manual book hehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Jangan dikasih 10w-40 dong om, saya pake mesin honda k24 jaman purba aja 0-20
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Oli matic pake merk toyota, dan pake tipe ws sesuai buku panduan camry..josomba wrote:Oli maticnya (oli transmisi), pake merk n tipe apa? Setelah flushing juga selalu tambah2 terus, berarti sudah nambah 6L total?
Iya gan, pas flushing 8 liter, setelah itu tambah 4 liter lagi.. terus kata auto2000 masih kurang 2 liter lagi.. tapi di buku petunjuk camry butuh 6.5L oli matic
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
itu Camry yg matic gear yaAndriihendy wrote:Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?
Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)
Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.
Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)
Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
ATF nya ASLI gak ?
ATF T-4 dan T-WS kan banyak acdc nya
oli mesin kalo di rekomen 0W20 ya pake itu......spy efisiensi optimal
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Asli gan klo oli maticnya..Turboman wrote:itu Camry yg matic gear yaAndriihendy wrote:Siang..
Mau nanya nihhh tentang oli matic camry..
Jadi camry saya setelah flushing oli matic terasa sentakan saat pindah dari gigi 1 ke gigi2 (tidak selalu). Biasanya terasa saat stop & go dan di gas secara perlahan.. kalo digas agak gede ga ada masalah. Kira2 itu kenapa ya?
Sedikit cerita saat flushing oli matic.
Jadi saya flushing oli matic bukan di bengkel resmi,
Saat di flusing mekaniknya bilang butuh 8L,
Dan saya sekalian ganti oli masin dengan sae 10w40
Setelah saya pakai 2 hari terjadi bunyi2 di bagian gearbox, terasa sentakan saat perpindahan gigi, dan tarikan berat.
Saya langsung bawa ke bengkel tempat saya flushing. Dan setelah di cek katanya oli maticnya kurang jadi di tambah lagi 4L.
Kata mekaniknya udah cukup. Saya percaya aja soalnya camry 2.5 tidak ada dipstick oli maticnya jadi saya ga bisa cek volume olinya sudah cukup atau belum. Tapi gejala2 yg saya alami tidak semua hilang. Masalahnya sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 masih menyentak bilang gi gas secara perlahan. (Kalo di gas agak dalem mulus)
Keesokan harinya saya penasaran, saya bawa mobil ke auto2000 untuk cek oli maticnya kurang atau kelebihan. Dan kata mekanik auto2000 "olinya kurang, coba tambah 2L" dan saya disuru kembali ke bengkel tempat saya flushing soalnya di auto2000 yg saya datangi lagi kosong.
Setelah dari auto2000 saya langsung ke bengkel tempat saya flusing dan di tambahnya oli matic 2L.
2 hari saya gunakan mobilnya saya masih terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke gigi 2 (saat di gas sangat perlahan)
Kira kira kenapa ya bisa terjadi seperti itu?
Apakah oli maticnya terlalu banyak?
Atau malah masih kurang?
Atau ada kaitannya saya gunakan oli masin 10w40? Soalnya di buku panduannya harusnya pakai oli mesin 0w20..
Mohon bantuannya..
ATF nya ASLI gak ?
ATF T-4 dan T-WS kan banyak acdc nya
oli mesin kalo di rekomen 0W20 ya pake itu......spy efisiensi optimal
Iyaa saya salah beli haruanya yg 0w20.. tapi ada hubungannya sama masalah yg saya alami ga ya?
Iya saya salah beli, tapi apa ada hubungannya sama mesalah pada matic yg saya alami?mike22 wrote:Jangan dikasih 10w-40 dong om, saya pake mesin honda k24 jaman purba aja 0-20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Oct 12, 2018 5:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Camry
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Iya rencana saya mau ganti yg 0w20 sih gan.. trimakasih buat sarannyaaaa heheJambangan wrote:Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Mesin jaman sekarang paling kentel pake 5w30 om sepengalaman saya dan juga ATF harus selalu ngikutin spec nya (harus tanya spesifik, toko selevel shop n drive sy tanyain soal tipe2 oli atf aja pada bingung jawabnya). Yaris sama crv tua saya selalu 5w30 terus dari dulu om. Itu om kuras di bengkel nonresmi apa ya? Bengkel nonresmi sekarang ngeri2 sedep juga om kalo jual oli, kemungkinan besar banyak jual oli palsunya.Andriihendy wrote: Fri Oct 12, 2018 14:00Iya rencana saya mau ganti yg 0w20 sih gan.. trimakasih buat sarannyaaaa heheJambangan wrote:Oot dikit
Sayang om camrynya pake 10w40
Pengalaman pake oli 10w40 di mobil lain lama kelamaan suara mesin jadi kasar
Kapok pake 10w40 lagi
Padahal beli oli selalu di beres atau shop n drive jadi bukan oli palsu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Mau nanya jg om, mobil saya belum pernah kuras ATF. Kemarin tanya2 ke suzuki mereka bilang nya ndak usah ganti atf strainer (ini saya kurang yakin, mestinya ganti kl menurut saya) sama kt mereka filter ATF letak nya di body valve (kaynya ngawur ini jawab nya). Terus ditawarin sekalian bersihin body valve transmisinya (direndem pake bensin, bener ndak ya metodenya?). Sekarang sih perpindahan transnya dudul, sering dengung kl digeber, sama wrn atf di dipsticknya udah biru pucat. Kl gitu sebaiknya ganti filter atf sama bersihin body valve nya ato gimana ya? Saya jg masih belajar soal atf ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Ceritanya malah kebalikannya saya
XV50 tahun 2013 pas udah mulai nyentuh 58 ribuan kilometer pas pindah gigi 1 ke 2 berasa nyentak banget. Kalo dibawa pelan agak kurang nyaman karena dia enggak mau ngoper sampe agak lama di RPM 2000 baru tiba-tiba naik gigi dan drop RPM nya berasa banget.
60 ribu servis berkala di bengkel resmi sekalian minta ganti oli matic dan masalahnya hilang.
60 ribu servis berkala di bengkel resmi sekalian minta ganti oli matic dan masalahnya hilang.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
ATF OEM kuras 25 rb km sekali or 2 tahun max kalo mau ideal
toleransi sampe 40.000 km dah
toleransi sampe 40.000 km dah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Om, kl body valve transmisi perlu dibersihin kl kondisi gimana ya?Turboman wrote: Fri Oct 19, 2018 15:20 ATF OEM kuras 25 rb km sekali or 2 tahun max kalo mau ideal
toleransi sampe 40.000 km dah
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Kalo ganti ATF rutin sih daleman akan tetap bersih, kan ATF gak ada terkontaminasi sisa pembakaranerwinign wrote:Om, kl body valve transmisi perlu dibersihin kl kondisi gimana ya?Turboman wrote: Fri Oct 19, 2018 15:20 ATF OEM kuras 25 rb km sekali or 2 tahun max kalo mau ideal
toleransi sampe 40.000 km dah
kalo filter strainer ya boleh ganti di atas 100.000 km
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
Nah itu om, kaya yg saya bilang di thread rank oli, mobil saya jalan 57k br pernah ganti atf yg 4lt itupun spek oli nya salah. Mobil udah umur 4th. Ttp bersihin body valve ato gimana om kl kondisinya begitu soal oli nya?Turboman wrote: Fri Oct 19, 2018 23:36Kalo ganti ATF rutin sih daleman akan tetap bersih, kan ATF gak ada terkontaminasi sisa pembakaranerwinign wrote:Om, kl body valve transmisi perlu dibersihin kl kondisi gimana ya?Turboman wrote: Fri Oct 19, 2018 15:20 ATF OEM kuras 25 rb km sekali or 2 tahun max kalo mau ideal
toleransi sampe 40.000 km dah
kalo filter strainer ya boleh ganti di atas 100.000 km
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Toyota camry 2.5 terasa sentakan saat perpindahan gigi 1 ke 2
25 ribu kmTurboman wrote: Fri Oct 19, 2018 15:20 ATF OEM kuras 25 rb km sekali or 2 tahun max kalo mau ideal
toleransi sampe 40.000 km dah