Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Malam um" semua.
Ijin ramein forum yak dg trid ginian
Background
Populasi mtr n rider yg bakal terus nambah, bisa bawa mtr tapi seumur idupnya riding kemung bsr blm tahu braking n cornering(belokin) kuda besinya yg benar n efektif•••> safety factor baik si rider ato pengguna jalan lain. Yg ikutan club/komunitas bs jd sebagian besar jg ngga mudeng
Tapak ban yg hbs d tengah sementara bagian pinggir kembangannya msh tebel bs d jadikan slh satu indikatornya
Berkaitan diatas, sharing crita dong um" habit n style yg di pake tunggangan kuda besinya selama ini yg berkenaan dg
1. Cara Braking.......rem dpn/blkng
2. Cara Cornering ....belokin setang, miringin badan ato gmn
Mayan loh bs nambah pahala klo berguna bagi rider lain
1. Tergantung motornya. Kelas motor laki 250cc up sebaiknya 70-80% rem depan, sisanya rem belakang. Karena bobot motor berat, kalo rem belakang dominan, ban gampang ngunci dan gak terkendali. Pengalaman pribadi saat panic braking pake rem belakang
2. Nah no 2 ini, apapun motornya, kalo saya pasti belokin setang. Emang kalo motornya dimiringin ada sensasi tersendiri, tp berhubung saya jalannya bukan di sirkuit, jadi cari yang aman2 saja. Banyak banget kan di youtube kecelakaan di 'pembalap2' jalan raya
1. Rem dominan rem depan daripada belakang. Kalo dominan belakang lebih gampang hilang kendali.
Kalo hard braking kadang tetep spontan teken rem depan sama injak rem belakang sekuat tenaga.
2.Kalo belok gak berani terlalu miring miring, karena:
a. Di jalan umum
b. Saya bukan pembalap yang pinter mengkol mengkol
c. Nyawa dan kesahatan mahal harganya, lebih baik main aman daripada menyesal kalo di jalan.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
0. Sebelum ngerem, dan cornering: body position. Pengalaman saya ini faktor nomor 1 untuk kenyamanan dan akurasi handling motor. lengan sebaiknya menyiku 90°, agak bungkuk kalo perlu. Ini supaya Tapi jangan tahan beban tubuh pake tangan. Tangan harus tanpa beban. Tahan badan dengan paha dan kaki, kalo di motor sport paha dipake menjepit bodi motor. Kalo matik jepit pake telapak kaki dalam. Ini termasuk saat mengerem, semaksimal mungkin jangan membuat tangan menahan beban tubuh.
Tujuannya supaya mudah countersteering. Pahami kalo motor (& sepeda) tuh berbelok dengan menekuk setang berlawanan dengan arah yang dituju. Kita sejak belajar sepeda sudah melakukan ini secara ga sadar. Dengan lengan siku2, maka bakal mudah motor ditekuk untuk belok, Belok kiri tinggal dorong tangan kiri, belok kanan tinggal dorong tangan kanan.
1. Nah sekarang ttg ngerem, gunakan rem depan sebagai rem utama, rem belakang sebagai penstabil. Proporsi rem depan sekitar 70 persen, rem belakang sekitar 30 persen. Kalo aku biasa rem depan dulu, begitu terasa berat pindah ke depan, langsung disusul rem belakang. Kalo pake motor kopling turunkan gigi ke kecepatan yang pas. Saya biasa gigi 2 kalo ninja 250.
2. Cornering: walopun kita ga miring2 di jalan, mengenal tehnik cornering sangat berguna dalam safety motor dan menghindari rintangan. Sebelum belok, selalu kunci pandangan ke arah belokan. Kalo dah lancar countersteering, tangan akan selalu mengarahkan motor ke arah yang dikunci. Ketika menghindari rintangan, hindari target fixation, yaitu melihat ke arah rintangan karena panik. Selalu lihat ke arah CELA rintangan.
Selesaikan pengereman sebelum belok. Traksi roda depan terbatas, dan traksi roda maksimal waktu sepeda motor tegak dan mendapat beban dari perpindahan berat saat ngerem. Saat belok, traksi akan berkurang sehingga bahaya kalo masih ngerem.
Lepaskan rem bersamaan dengan countersteering. Misalnya kalo belok ke kiri, maka dorong setang kiri. Kalo mau lebih rebah, bersamaan dengan countersteering juga setel posisi cornering. Pindahkan pinggul supaya cuma separuh pinggul kanan yang di atas jok, pinggul kiri menggantung. Kaki kanan njinjit di atas footstep, paha kanan dipake menahan badan menggantung sisi kanan body motor. Lutut kiri ke arah aspal, tapak kaki kiri posisi menjepit sidestep (bukan footstep utama). Badan nunduk ke luar setang kiri. Posisi seakan2 hendak cium setang. Pandangan selalu menghadap exit tikungan.
Tujuan cornering position ini BUKAN supaya makin rebah, tapi supaya motor SETEGAK mungkin. Ingat traksi ban berkurang saat motor miring. posisi ini supaya COG berada di dalam tikungan.
Bersamaan dengan countersteering dan posisi cornering, saya biasa gas sedikit untuk menyeimbangkan traksi roda belakang dengan depan. Kalo traksi roda depan yang terbatas overlimit, bisa jatuh lowside.
Bersamaan dengan habisnya tikungan dan kamu mendorong setang kanan supaya motor kembali tegak, bersamaan pula kamu secara progresif menambah akselerasi motor.
Yang pasti, perbanyak latian, dan kalo bisa latian di sirkuit. Saya bukan pembalap, tapi di sirkuit banyak temen2 dengan hobi serupa dan jam terbang jauh lebih tinggi namun sangat sangat mau membantu latian bareng.
Last edited by silentIm2 on Fri Oct 05, 2018 16:15, edited 1 time in total.
1. Cara braking
Untuk matic, kalau normal berhenti biasanya rem depan dulu baru dibantu rem belakang. Kalau panic brake ya dua-duanya ditekan sekaligus.
Untuk motor sport, kalau normal ya kurangi gigi terlebih dahulu lalu pakai rem depan dibantu belakang jika perlu. Jika panic brake usahakan rem bersamaan dan juga kurangi gigi sebisa mungkin.
2. Cara Cornering
Untuk matic, perlu diingat, selain skuter maxi/big skuter, rata-rata matic biasa punya WB lebih pendek dari motor bebek/sport. Short WB punya keunggulan kelincahan di tikungan pendek tapi kurang ditikungan panjang, jadi jangan terlalu agresif ditikungan panjang. diameter roda yang umumnya lebih kecil juga semakin sedikit traksi karena area ban yang bersentuhan dengan jalan lebih kecil. Saat Cornering cepat dengan matic diusahakan tetap ada sedikit bukaan gas agar tetap dapat traksi ban belakang.
Untuk motor sport 150cc, saat masuk tikungan, jika sudah sering dilewati maka harus hapal berapa kecepatan saat masuk, posisi gigi saat masuk tikungan dan berapa posisi gigi dan kecepatan saat keluar. Untuk motor 150cc Ada tikungan yang tidak perlu rem hanya cukup mengurangi gas atau engine brake dengan menurunkan gigi. Dan supaya tetap dapat menjaga traksi roda, diusahakan putaran mesin jangan sampai di bawah 4000rpm. Untuk motor standar hati-hati, footpeg tidak dirancang untuk Cornering ekstrem, jadi akan sering gasruk kejalan. Sebaiknya ganti footpeg aftermarket agar bisa lebih rebah saat Cornering. Memiringkan badan di motor 150cc perlu tapi hal ini lebih mudah dilakukan dibandingkan Untuk motor 250cc karena bobot dan power yang lebih besar.
1. Kalo ngerem saya patokannya gini..
Dbawah 25 kph kbnyakan rem belakang, rem depan ngeremesnya kurang enak di speed sgini,cenderung membal, malah pegel jari tangan jdnya. Diatas 25 kph, biasanya rem depan belakang dibarengin, cuman porsi nekennya gedean depan.., belakang cenderung konstan aja.
Kalo hard braking, biasanya reflek apply pol dua2 nya, dan pasti ban belakang yg ngonci sih kalo di motor saya, pas berasa ngonci baru mainin kaki kanan kontrol injekan rem belakang.. kalo depan malah dteken trus..
2. Kalo cornering
Intinya sebisa mgkin rem dulu sebelum cornering..
Patokan saya juga kecepatan.. dibawah 25 kpj.. apa malah 20 ya kalo belok hahah.. ya tinggal ngebelokin aja ga pake miring2in body atau gimana.. ga ad perlakuan khusus.. takut malah jatoh
Diatas 20an, biasanya mulai (maaf ), bokongnya goyang kiri atau kanan ngikutin arah tujuan belok, kalo saya beban badan cenderung dipindah ke depan spaya ban depan dapet grip cukup.. kalo belok kiri setang diteken ke kanan, dan sebaliknya..
Buat sy cornering ini lah satu2 nya saat naek motor berasa lebi nikmat dibanding nyetir...
Untuk cornering tiru aja pembalap moto gp, badan yg ngajak rebah motor, kepala dulu, baru ke bawah, badan lainnya ngikut. Efeknya bakal knee down atau elbow down, dan pantat miring. Tekhnik terkini cornering ya moto gp sekarang ini. Kalo udah cornering maksimal, motor itu kayak kita gelantungi dari pinggir.
Tekhnik yg ga kalah penting di motor adalah engine brake. Untuk motor yg belum canggih lumayan tricky. Kurangi kecepatan dengan perpaduan rem depan 85% an, belakang 15% an, plus turun gigi sambil gas nya di blip (geber). Cuma kalo motor udh canggih yg punya traction control, slipper clutch, anti wheelie dll, ga perlu ngeblip2 (dengerin sura moto gp engine brake), cuma ga asik jadinya.
Cari di youtube cornering bible, lengkap tuh tekhniknya, meskipun untuk body position udah outdate di banding moto gp skrg.
Berkat belajar ginian, naik vespa 2 tak pun saya PD miring di tikungan (rebah yg wajar).
Corenering (dg tech tepat) memang ada keasykan tersendiri ternyata....bukan soal gaya"an sih...in opposite justru lbh safety krn d tingkat speed tertentu..apa yg slama ini kita lakukan justru dangerous ternyata
Oya, Cornering dengan motor cross atau dirt bike juga sedikit beda caranya dimana posisi badan lebih tegak dan dekat ke stang lalu melakukan sliding dengan ban belakang. Nah ini saya belum berani melakukannya hehehe...
Dengan motor sport, Saya sendiri baru berani Cornering sampai batas ban belakang terasa sedikit slide, perlu banyak latihan sampai bisa memanfaatkan slide untuk membantu berbelok.
Tambahin ya buat saran:
1. Sedia action cam untuk diinstall dibelakang motor menghadap kamu.
Supaya kamu tahu dimana kamu bisa perbaiki posisi riding. Lebih bagus juga kalo ada temen yang bisa fotoin.
2. Temen latian. Kalo bisa instruktur sekalian.
3. jangan pake motor sport fairing, kalo jatuh bikin nangis ongkos benerinnya. Mending beli motor sport naked seken aja, yang harganya jatuh. misalnya CB150 lawas, Pulsar 200 NS. Ganti footstep racing + lepas stand tengah.
sharing foto lawas pas belajar. Ninja dah kejual, agak nyesel sih sekarang, tapi dulu biaya bensinnya sama mobil mirip sih. Jadi galau antara miss & hate.
"Tapak ban yg hbs d tengah sementara bagian pinggir kembangannya msh tebel bs d jadikan slh satu indikatornya"
kalo untuk motor dipake harian (kerja/ngojek) ane pikir ini ngga bisa jadi acuan, apalagi jarang ada tikungan yang kosong buat dipake high speed cornering. lagipula rata-rata motor sini kan powernya kecil, agak susah mau pake teknik power slide buat cornering; jadi ya ga akan habis tu pinggiran ban. apalagi buat matic yg sokbrekernya cuma sebelah... mending belok pelan2 dan pinggir ban awet daripada kenapa-kenapa.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
Braking saya selalu depan-belakang sekaligus, mengenai proporsinya ya feeling aja. Setau saya sih teknik yang bener di jalan raya ya kombinasi dua-duanya ya, makanya Honda sampe bikin CBS (Combi braking system) kaaan, nah kalo pake CBS ini, tinggal pencet, motornya ngaturin nanti.
kalo rem depan doang, nukik, kalo rem belakang doang resiko ngepot.
cornering saya ga paham kalo yang nekuk2 kayak di sirkuit gituu
kalo saya, braking mah sesuai anjuran yg banyak beredar aja, sekitar 30% belakang 70%depan,
cornering, gak pernah nikung2 yang sampe gimana gitu, gak suka ngebut seh..
yang suka kepake sama saya malah teknik ngehajar lubang,
kalo lagi jalan enak2, tau ada lobang didepan, mo banting kiri kanan kayaknya udah gak mungkin,
ya udah, lepas gas(gak usah pake rem) angkat pantat sampe setengah berdiri, dengkul jepit ujung jok (motor bebek)
diiringi doa campur sumpah serapah...
karena belum pernah masuk sirkuit, jadi ini sharing pengalaman di jalan raya saja.
soal braking, sesuai buku petunjuk pemakaian motor yang kita dapet dari diler2 baik itu honda, yamaha, suzuki, selalu menyarankan penggunaan rem depan dan belakang bersamaan. Mungkin memang ini teknik yang paling aman untuk semua level kemampuan pengendara, dan paling aman di jalan raya (yang kadang licin basah, berpasir, bergelombang dll).
soal cornering, saran dari saya pribadi, mau kecepatan berapapun kita bermaksud menikung nanti dengan motor, segera ganti ban bawaan pabrik dengan michel*n pilot sprot, atau br*dgestone battl*x.
pengalaman naik motor, terkadang kitanya sudah hati2, tapi tetap bisa selip juga ban motor. misalnya karena ngerem mendadak, jalan tanjakan/turunan yang curam, menghindari lubang, sampai melindas poldur yang tidak terlihat (misalnya tidak dicat kuning / putih).
Karena pakai motornya selalu yg kecil <250cc jadi hampir ga pernah ban belakang yang selip. tapi sekalinya ban depan yang selip, 90% ndlosor deh.
soal teknik cornering, master2 di atas sudah memberikan tips nya, karena saya juga banyak belajar dari posting2 di atas. intinya, kalau kita ingin hati2 bukan berarti kita harus selalu memaksakan belok dengan setang. tapi harus diperhitungkan juga center of gravity nya.
belok dengan setang itu kayaknya baru bisa kalau di bawah 30km/jam deh. kalau jalan keluar kota, dengan tikungan yang panjang2, rasa2nya ga mungkin untuk selalu menjaga kecepatan di bawah 30km/jam demi menikung dengan setang hehehe..
racho wrote: Mon Oct 08, 2018 2:44
"Tapak ban yg hbs d tengah sementara bagian pinggir kembangannya msh tebel bs d jadikan slh satu indikatornya"
kalo untuk motor dipake harian (kerja/ngojek) ane pikir ini ngga bisa jadi acuan, apalagi jarang ada tikungan yang kosong buat dipake high speed cornering. lagipula rata-rata motor sini kan powernya kecil, agak susah mau pake teknik power slide buat cornering; jadi ya ga akan habis tu pinggiran ban. apalagi buat matic yg sokbrekernya cuma sebelah... mending belok pelan2 dan pinggir ban awet daripada kenapa-kenapa.
Buat cornering di jalan umum jangan miring2, trus jangan pindah line. Suka ketemu yang pas masuk tikungan dari sisi dalam, trus melebar ke sisi luar. Kalau pas jalanan sepi yang bisa dimaklumi, tapi seringnya ketemu pas pagi jam kantoran. Dikiranya jalan adalah sirkuit kali.