KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Seru ini
https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi
Dan masi byk berita serupa jika di Gugel
Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :
- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik
- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM
- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"
- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??
Mungkin rekan rekan punya opini lain ?
Monggo
https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi
Dan masi byk berita serupa jika di Gugel
Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :
- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik
- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM
- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"
- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??
Mungkin rekan rekan punya opini lain ?
Monggo
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Udah lakuin sama apm mercedes ya (inc. smart)
Tp katanya dia buka stand di giias dgn harga yg lebih mahal jdnya
Tp katanya dia buka stand di giias dgn harga yg lebih mahal jdnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
klo dkasih ke pemerintahan rentan KKN malah, tau sendiri bagaimana
Wholesales'mu mau ta tulis piro, nanti saya publish lebih besar dari aslinya
Lebih yakin dengan swasta yang publish datanya, ga parah2 amat lah, wkwkwk
Wholesales'mu mau ta tulis piro, nanti saya publish lebih besar dari aslinya
Lebih yakin dengan swasta yang publish datanya, ga parah2 amat lah, wkwkwk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Opini On :
Selama ini kayanya Gaikindo cuman GIIAS doank manfaatnya, sisanya ga ada.
Motonya doank yang beyond mobility, tetapi barang yg beyond mobility semua beyond reach ( kemahalan ) or concept.
Seharusnya mereka bisa push government untuk segera menelurkan regulasi mobil listrik, tetapi entah kenapa kaya ga ada tajinya
malah sibuk ngurusin salah satu anggota mereka yg ga mau kasih data penjualan.
Opini Off
Selama ini kayanya Gaikindo cuman GIIAS doank manfaatnya, sisanya ga ada.
Motonya doank yang beyond mobility, tetapi barang yg beyond mobility semua beyond reach ( kemahalan ) or concept.
Seharusnya mereka bisa push government untuk segera menelurkan regulasi mobil listrik, tetapi entah kenapa kaya ga ada tajinya
malah sibuk ngurusin salah satu anggota mereka yg ga mau kasih data penjualan.
Opini Off
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor
.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
klo misal kppu menetapkan batas atas dan bawah harga mobil, misal untuk kelas lmpv, rasanya itu baru bagus. jadi apm gak 'semena2' menetapkan harga. persaingan mungkin lebih sehat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Halah itu pabrik motor H yg udh terbukti kartel aja ga ada kelanjutannya, trus isu build quality motornya udah rame kok di yutub.. itu salahnya kl perusahaan asing dibiarkan bebas menguasai pasar, jadi suka2 mereka aja kan, toh barang gw pasti dibeli orang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Kita gatau lagi itu jangan2 biar mesin/komponen umur sekian rusak trus memaksa orang semakin cepat/sering ganti mobil.dsign1990 wrote: Tue Aug 07, 2018 1:44 buat saya sih ini poin yg paling menyebalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM
memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban
penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi
hangus"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansiTurboman wrote: Tue Aug 07, 2018 1:09 Seru ini
https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi
Dan masi byk berita serupa jika di Gugel
Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :
- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik
- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM
- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"
- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??
Mungkin rekan rekan punya opini lain ?
Monggo

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Nah ini nih yang ane paling gatel dengernya... yakali mo nepu konsumen awam... tp konsumen yang dah ngerti mah tau itu product merek sebelah yang di-rebranding aja...Turboman wrote: Tue Aug 07, 2018 1:09
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :
- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik
- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM
- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"
- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??
Mungkin rekan rekan punya opini lain ?
Monggo
Lama-lama ngisi angin dan air wiper juga mesti di bengkel resmi klo nggak garansi hangus... heran garansi hangus koq dijadiin anceman...
Mungkin indikasi seperti yang dilakukan oleh duo pabrikan sepeda motor Y dan H ?marhadiyantodwi wrote: Tue Aug 07, 2018 1:27 Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor.
Harga naik memang bahan baku (Raw materials) dan USD juga naik, cuma yang bikin kesel kan harga naik kualitas malah turun. Di level pabrikan yang seharusnya sudah puluhan tahun bikin mobil seperti T dan H. Denger mobil baru ada minor / major defects rasanya udah terlalu biasa di kuping...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.Rakean wrote: Tue Aug 07, 2018 1:52kalo pengalaman di 2 merek mobil nissan dan isuzu sih aman2 ajah bawak oli dari luar, gak menghanguskan garansiTurboman wrote: Tue Aug 07, 2018 1:09 Seru ini
https://m.kontan.co.id/news/kppu-minta- ... e-asosiasi
https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... i-bereaksi
Dan masi byk berita serupa jika di Gugel
Kita rakyat kecil gak paham apa yang sebetulnya terjadi di sana
Tetapi yg sudah pasti dirasakan oleh publik :
- Harga mobil yg sama dari tahun ke tahun selalu naik
- Kenaikan harga mobil dilakukan secara kompak oleh para APM
- Zaman dulu malah lebih parah, bisa kompakan sama2 sunat fitur, walau sejak bbrp tahun terakhir modus ini sudah banyak ditinggalkan
- Di era persaingan makin ketat (diskon mobil jor2-an), APM memberlakukan syarat2 yg kurang menyenangkan spt kewajiban penggunaan oli merek sendiri yang disertai ancaman "Garansi hangus"
- Regulasi pajak mobil listrik yang berjalan lambat & penuh pertimbangan.......ada apa ??
Mungkin rekan rekan punya opini lain ?
Monggo*mungkin tergantung beres nya juga kali yak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)


-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Beberapa beres malah ada yang jual oli merek lain wkwkwkwk...twa wrote: Tue Aug 07, 2018 2:24
iya tergantung BERES, di a2000 toyota dan beberapa beres mazda juga bebas bawa oli dr luar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Klo harga naik ya wajar gara2 Inflasi, secara Pemerintah kita ga bisa nahan USDmarhadiyantodwi wrote: Tue Aug 07, 2018 1:27 Emang belakangan hati kecil udah kesel Pak liat harga mobil setiap facelift naik mulu. Ya emang terserah yang jual sih sebetulnya, cuman kok ya kayak kompakan semua merek naik terus, gak ada yg nahan harga.
Nah makanya ini saya menaruh harapan di Wuling, mudah2an bisa nahan harga, gak naek terus kayak merek Jepun mainstream.
Mungkin perlu ada perwakilan pecinta otomotif di kursi DPR. Kita bikin aja partai serayamotor.
kesalahan kedua ya naikin UMR / UMK semena-mena, toh ujung2nya inflasi juga malah
Bdw ini yang dpermasalahkan kan Data Penjualan kok malah jadi menyangkut Harga diskusinya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Sama saja juga untuk sumber daya manusia, ambil training cuma ratusan rebu. Minta naik gaji jutaan. Atau resign, markup gaji di company lama minta gaji di perusahaan baru yang lebih tinggi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?pradit_d wrote: Tue Aug 07, 2018 3:14Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Jadi inget untuk mobil indo CKD
2013 - ayla agya meluncur, masih rentang 80-110. sekarang??
2015 - RM 3 prestoge 460an. Sekarang dah 500 up
Padahal, Kalo pabrikan eropa naikannya masih wajar. yg paling inget vw Polo,,
Giias 2016 - 259
Giias 2017 - 265
Giias 2018 - 278
2013 - ayla agya meluncur, masih rentang 80-110. sekarang??
2015 - RM 3 prestoge 460an. Sekarang dah 500 up
Padahal, Kalo pabrikan eropa naikannya masih wajar. yg paling inget vw Polo,,
Giias 2016 - 259
Giias 2017 - 265
Giias 2018 - 278
IGedeAmat wrote: Tue Aug 07, 2018 3:19Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?pradit_d wrote: Tue Aug 07, 2018 3:14Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200anIGedeAmat wrote: Tue Aug 07, 2018 3:19Avanza itu waktu baru pertama release bukannya < 100 juta ya.. ?pradit_d wrote: Tue Aug 07, 2018 3:14Bukannya udah hampir 100 persen naiknya? Dulu 120-140 skrg 240-250casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Bener sekitar segitu. Malah saya pernah nemu brosur Xenia first gen yg harga awalnya 60jutaanlarakifulgura wrote: Tue Aug 07, 2018 3:56Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
idem om, dlu ortu sy beli avanza E 2004 akhir 90jt , ganti lg avanza S 2011 di kurleb 150jtan , ganti lg avanza G 2017 di 210jtan nanti lama2 avanza bs >300jtan spti kijanglarakifulgura wrote: Tue Aug 07, 2018 3:56Dulu 2004 ortu beli avanza 85 jutaan. Sekarang sudah 200an

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Beberapa minggu yang lalu sempat cek harga ANF dan ANPS.
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.
Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain?
OTRnya beda antara kedua mobil tsb, tapi hebatnya harga setelah diskon (diskon pembukaan, blm coba ngepush) bisa sama persis sampai di level angka jutaannya.
Dan denger2 2 mobil ini per 1 Agustua harga OTRnya juga sama2 naik.
Hmmm...kebetulan sajakah? Persaingan bisnis? Atau yang lain?

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: KPPU VS GAIKINDO (Lagi Hangat)
Kebanyakan yang harganya lumayan stabil mobil-mobil berstatus CBU oom klo menurut pengamatan saya. Korea secara prosentase kenaikan sama tapi karena tax aja. SantaFe CRDi di awal keluar 6 thn lalu 400-an sekarang 500 gede.casabalancas wrote: Tue Aug 07, 2018 3:05 Tapi dalam hal menaikan harga gila2an sepertinya terjadi di kebanyakan mayoritas produsen Jepang saja, produsen Eropa tidak terlalu banyak kenaikannya.
Kalau kita lihat dari nominal harga memang mungkin kenaikan hanya bbrp puluh juta, tapi kalau dari prosentase itu besar sekali.
Contohnya harga LMPV dan hatchback Jepang 10 tahun lalu ke harga hari ini sudah 40-50 % kenaikannya, sedangkan untuk small luxury sedan eropa seperti C-Class dan 3 series kenaikannya paling hanya berkisar 20-30%.
Eropa walaupun CKD sifatnya kebanyakan masih SKD... local content nya rendah cm assembling aja.
Ya CKD kayaknya walau local content tinggi tapi ngincer balik modal pabrik dan diler kali ya. blom overhead cost nya juga pasti lebih tinggi jepang si. hal-hal receh seperti gaji sales, bayar iklan, terus transportasi bongkar-muat nya pasti lebih banyak merek jepang si karena volume produksi lebih tinggi, klo diakumulasikan sih lumayan...
Daaaan harus diinget lifespan mobil Jepang gak sepanjang mobil Eropa. Lifespan mobil jepang 4-5 thn, begitu itu mobil ganti mesin ganti transmisi ya mau gak mau pabrik nambah ongkos lagi buat molding baru dll nya. Makanya nilai kenaikannya gak bisa apple to apple. Ibaratnya, dalam jangka waktu 10 thn BMW baru ganti model 1x, CR-V dalam 10 thn udah beda 2 generasi. Kenaikan harga paling tinggi kan waktu ganti model.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7