Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) mengaku akan mengusulkan penghentian impor mobil-mobil mewah guna menjaga neraca perdagangan Indonesia.
Usulan tersebut, dianggap JK bisa menekan tingginya impor dibanding ekspor nasional, sehingga berujung pada surplusnya neraca perdagangan Indonesia.
"Ini akan diklasifikasikan untuk mengurangi impornya, saya malah mengusulkan sudah kita hentikan impor mobil yang di atas 3.000 cc," kata JK saat acara Business Lunch di Jakarta, Kamis (2/8/2018).
Mobil mewah yang dimaksud, lanjut JK, adalah seperti Ferrari, Lamborghini dan mobil mewah lainnya yang berasal dari impor.
"Tidak usah impor Ferrari, tidak usah impor Lamborghini, contohnya macam-macam itu supaya mengurangi faktor-faktor impor tadi," jelas dia.
Setelah mampu menekan impor, JK mengungkapkan pemerintah harus meningkatkan kinerja ekspor. Salah satunya adalah minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) ke Eropa.
Menurut JK, pemerintah pun memiliki upaya agar produk CPO Indonesia mulus masuk Eropa yang sejauh ini gencar kampanye hitam terhadap produk tanah air ini.
"Ekspor sawit tapi di Eropa ada pembatasan maka terpaksa kita ancam juga Eropa. Kita berhenti beli Airbus begitu kita ancam langsung seluruh Dubesnya datang untuk mengklarifikasi, akhirnya sawit itu ditunda lah pelaksanaannya," tutup dia.
Larang impor makanan kayak buah2 furnitur elektronik
Atau bole impor tp pajak 100%
Jd laku nya buat org tajir doang biarin aja mereka rela byr mahal kok
pejabat ga ada lagi pake Land Cruiser, Jeep Wrangler, Lexus LS, dkk
presiden gausah pake mercy S600 V12 lagi, maksimal S400 karena mentok di 3000cc
katanya pajak mobil mau sesuaiin dengan emisi gas buang, tp masih masalahin mesin 3000cc barang mewah, kontradikif.
cari solusi yg lebih baik kek, yg beli ferarri lambo kan juga orkay2 yang udah punya banyak perusahaan besar which means mereka udah bayar pajak yg besar juga di buat govt.
terus mereka sukses mau beli ferarri di ribetin gitu? ngapain sukses di indo kalo gt, repot.
Haahhaha emg asal ngomong aja..
Saya abis nonton salah satu video yang menjelaskan kenapa indonesia defisit neraca perdaganannya.
Katanya sih ini gara2 IDR sempet sangat kuat pada tahun 2010 - 2011 yang usd - idr dibawah 10k dan pemerintah menjaga rate segitu.
Disaat2 itu lah indonesia gila impor, semua impor karena Rupiah sangat kuat dan ga bisa export.. Disaat itulah pemerintahan di puji2 oleh masyarakat konsumtif karena USD murah yang padahal membawa dampak yang sangat besar yang harus ditanggung dan memutar otak mati2an di era pemerintahan saat ini.
Katanya sih sweet spot exchange rate sekitar 13.200 - 13.700.
farizfsa wrote: Fri Aug 03, 2018 9:57
ya bagus lah
pejabat ga ada lagi pake Land Cruiser, Jeep Wrangler, Lexus LS, dkk
presiden gausah pake mercy S600 V12 lagi, maksimal S400 karena mentok di 3000cc
katanya pajak mobil mau sesuaiin dengan emisi gas buang, tp masih masalahin mesin 3000cc barang mewah, kontradikif.
cari solusi yg lebih baik kek, yg beli ferarri lambo kan juga orkay2 yang udah punya banyak perusahaan besar which means mereka udah bayar pajak yg besar juga di buat govt.
terus mereka sukses mau beli ferarri di ribetin gitu? ngapain sukses di indo kalo gt, repot.
Tapi banyak juga mobil mewah yang ketangkep gak bayar pajak lho..
Rasanya blum lama baca berita ada yang ketangkep gak bayar pajak bertahun2.
positif thinking nya seh mungkin ownernya udah kebanyakan mobil,
sampe lupa mana yang udah bayar pajak mana yang belum...
farizfsa wrote: Fri Aug 03, 2018 9:57
ya bagus lah
pejabat ga ada lagi pake Land Cruiser, Jeep Wrangler, Lexus LS, dkk
presiden gausah pake mercy S600 V12 lagi, maksimal S400 karena mentok di 3000cc
katanya pajak mobil mau sesuaiin dengan emisi gas buang, tp masih masalahin mesin 3000cc barang mewah, kontradikif.
cari solusi yg lebih baik kek, yg beli ferarri lambo kan juga orkay2 yang udah punya banyak perusahaan besar which means mereka udah bayar pajak yg besar juga di buat govt.
terus mereka sukses mau beli ferarri di ribetin gitu? ngapain sukses di indo kalo gt, repot.
Tapi banyak juga mobil mewah yang ketangkep gak bayar pajak lho..
Rasanya blum lama baca berita ada yang ketangkep gak bayar pajak bertahun2.
positif thinking nya seh mungkin ownernya udah kebanyakan mobil,
sampe lupa mana yang udah bayar pajak mana yang belum...
terlepas dr belum bayar pajak lho om maksud ane, maksud ane sih dgn penghasilan sekian pasti ada lah govt dapet hasil dr pajak.. lg pula skema pajak di indo kan banyak (dan ngejelimet pada umumnya). apa lagi sekarang orang pajak kan pada rajin.. udah pernah blm om petugas pajak dateng kerumah nagih pajak mobil? haha (padahal mati belum sampe setahun)
Namanya utang ydah trll banyak mo apa2 ya susah. Udah kayak orang ato persh. Klo utang dah trll byk habis sudah buat byr bunga.. sukur2 masi bisa jalan.. biasanya udah berahir g jauh2 dari bankrupt..
Sepertinya secara quantity in USD impor mobil mewah cuma sebagian kecil deh, gak ngaruh banyak.
Udah pak JK, habis 2019 pensiun saja, menikmati masa tua bercengkrama dgn anak cucu lebih enak lho pak drpd mikirin negara. Capek. Saya aja yg umurnya gak ada sepertiga pak JK aja dah males mikirin negara. Hahaha
Namanya utang ydah trll banyak mo apa2 ya susah. Udah kayak orang ato persh. Klo utang dah trll byk habis sudah buat byr bunga.. sukur2 masi bisa jalan.. biasanya udah berahir g jauh2 dari bankrupt..
sayup" skrg kata nya begitu
yg org akunting/finance mungkin bs liat lbh jelas.
Bantuan pinjaman dr luar yg d harapkan, denger" blm jelas jg.....indo d mata mrk...tools jaminan buat pinjem dana lebih ke tempat lain dg modal nyodorin kontrak kerja yg sdh d pegang
farizfsa wrote:
cari solusi yg lebih baik kek, yg beli ferarri lambo kan juga orkay2 yang udah punya banyak perusahaan besar which means mereka udah bayar pajak yg besar juga di buat govt.
terus mereka sukses mau beli ferarri di ribetin gitu? ngapain sukses di indo kalo gt, repot.
Kadang di indo kenapa ya jd kaya/ the have dianggep kyk dosa, apa2 dibatesin
farizfsa wrote:
cari solusi yg lebih baik kek, yg beli ferarri lambo kan juga orkay2 yang udah punya banyak perusahaan besar which means mereka udah bayar pajak yg besar juga di buat govt.
terus mereka sukses mau beli ferarri di ribetin gitu? ngapain sukses di indo kalo gt, repot.
Kadang di indo kenapa ya jd kaya/ the have dianggep kyk dosa, apa2 dibatesin
Dijalan aja om kl mobil pribadi hukum ug umumnya :
Vs pejalan kaki : mentang2 bawa mobil banyak duit lo hrs brenti kl gw nyebrang wong gede ngalah ma wong cilik.
Vs motorist : lo dah enak pake ac, ga kena angin debu ujan ngabisin jalan, ngalah ma yg bisa lbh cepat kl ga mo ngalah silahkan ingat berapa jumlah kami jika terjadi sesuatu pd kami
Vs angkot / truk / bus : bos hrs ngerti dong kami2 kan cari uang buat sesuap ingat kami rakyat kecil om.
Pake mobil pribadi ga boleh merasa dibatesin & diribetin om, kan siap bayar pajak & parkir lbh mahal, bensin lbh banyak krn macet, sekaligus latihan mental maha sabar tanpa akhir menghadapi poin2 diatas
Mungkin maksudnya membatasi impor mobil, pesawat dr eropa sebagai balasan EU yg membatasi CPO indonesia.. kalo itu maksudnya saya kira perlu di apresiasi karna indonesia produsen CPO no.1 di dunia.. Jadi meningkatkan export CPO bisa menjadi salah 1 solusi jangka panjang untuk menjaga trade deficit..
Masalah trade deficit di indo sebenernya lbh karna export di indo yg rendah.. kalo ga salah dulu pernah baca kalo export negara sekecil vietnam bahkan lebih tinggi drpd angka export indonesia.. Akhir2 ini pemerintah sudah berupaya untuk meningkatkan angka export, tapi ya ga segampang itu jd ya mohon sabar karna butuh waktu cukup lama untuk menumbuhkan industry export.. pemerintah yg kmaren2 terlalu terlena karna tahun 2000an harga natural resources bagus jadi ga terlalu memperhatikan untuk menciptakan industry2 yg lbh sustainable.. saat uang berlimpah pemerintah malah hambur2kan untuk hal2 komsumtif seperti subsidi2, BLT dll, instead of investing ke something yg produktif.. mereka ga ingat bahwa kalo dikeruk terus batu bara, gas, minyak bumi bisa habis.. negara2 timteng yg kaya minyak aja skrg sdh mulai berusaha minimize ketergantungan terhadap minyak dgn meningkatkan industry pariwisata, tech dll.. jadi bisa dibilang kita skrg ini sdg menebus dosa2 yg dulu2 ditambah iklim ekonomi skrg yg ga menentu (trade war dll) membuat perjuangan kita semakin berat.. Ada juga faktor org kita malas untuk export karna domestic market di indo yg besar.. di industry tekstil yg saya tau aja msh byk pabrik2 yg pake mesin tahun 80an yg dimana hasilnya kalo dijual export kualitasnya ga masuk.. dan mereka jg ga masalah karna dijual di lokal aja laku ngapain susah2 upgrade mesin mikirin export.. disinilah seharusnya keterlibatan pemerintah menjadi penting untuk memberi incentive pengusaha2 agar ga malas upgrade product agar bisa bersaing di pasar export..
Intinya masalah trade deficit ini problem yg sangat2 rumit yang ga akan secara mudah terselesaikan dlm jangka waktu singkat.. penjelasan diatas hanya secara singkat aja karna kalo mau dijabarin faktor2nya lbh rinci sih bisa nulis berlembar2 halaman..
Note: saya bukan ahli ekonomi.. penjelasan diatas hanya pandangan pribadi saya sebagai pengamat ekonomi wannabe