Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sore SM-er, ada sedikit tergelitik untuk ingin tahu bagaimana cara berkendara SM-ers sekalian terutama peletakan kaki kanan pada mobil (mau manual/matic).
Khususnya kaki kanan, apakah melakukan salah satu dari 2 metode berikut?
1. Angkat sedikit lower leg untuk pindah antara pedal rem dan gas
2. Lower leg stay di tempat (antara rem dan gas) lalu menjadikan tumit sebagai titik pivot (tumit mostly stay di lantai tidak bergerak) lalu tinggal rotate kiri untuk pedal rem dan rotate kanan untuk pedal gas.
Yang optimal sebenarnya yang 1 atau 2 ya? Saya selama ini nyetir mobil mana pun selalu 2, tapi belakangan pake model organo pedal kok kurang nyaman dengan metode 2 ya. Bagaimana dengan SM-er sekalian? hehehe
Saya nomor 2. Mobil yg pernah saya pake selama ini selalu pedal gantung, gak pernah yg model pedal organ.
Saya hampir selalu barefoot driving, ato paling pake kaos kaki doang. Injek rem (ato tepatnya ngurut rem) seringnya pelan2 sesuai keperluan aja dengan tumit tetep napak KECUALI kalo tiba2 harus ngerem mendadak, macem ada ibu2 naik motor trus sein kanan eh beloknya kiri...
Kl sy pribadi no.1. Pernah cb no 2 cpt pegal kaki kanan sy.. Dan sy rasa wkt pake gaya no 2 nginjak rem nya berasa kurang mantap,terutama saat rem mendadak
Saya no 1 sih
Meski kadang pake no 2 tp lebih enak no 1 kalo saya pribadi, mungkin kebiasaan dari dulu waktu belajar pake carry, jarak antar pedal gak terlalu lebar buat kaki saya kalo pake metode no 2.
Last edited by michaelgiri93 on Mon Jul 16, 2018 10:43, edited 1 time in total.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
josomba wrote: Mon Jul 16, 2018 9:45
Sore SM-er, ada sedikit tergelitik untuk ingin tahu bagaimana cara berkendara SM-ers sekalian terutama peletakan kaki kanan pada mobil (mau manual/matic).
Khususnya kaki kanan, apakah melakukan salah satu dari 2 metode berikut?
1. Angkat sedikit lower leg untuk pindah antara pedal rem dan gas
2. Lower leg stay di tempat (antara rem dan gas) lalu menjadikan tumit sebagai titik pivot (tumit mostly stay di lantai tidak bergerak) lalu tinggal rotate kiri untuk pedal rem dan rotate kanan untuk pedal gas.
Yang optimal sebenarnya yang 1 atau 2 ya? Saya selama ini nyetir mobil mana pun selalu 2, tapi belakangan pake model organo pedal kok kurang nyaman dengan metode 2 ya. Bagaimana dengan SM-er sekalian? hehehe
Saya sih nomor 2, kebiasaan dr dulu.
Kadang-kadang sih angkat sedikit juga
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Nah..
Saya lega akhirnya ada yang bahas spesifik tentang posisi menyetir.. Ini topik yang sebenarnya sepele & terkadang dilupakan, namun menarik juga untuk dibahas karena posisi nyetir ini karena terkadang kita gak sadar kalo posisinya gak pas/ga enak mobilnya jadi kerasa ga enak.
Kalo merujuk ke pertanyaannya om josomba, saya cenderung ke nomor 2, karena saya nginjek pedal gasnya dgn posisi telapak kaki kanan miring 45derajat, jadinya kalo mau pindah ke pedal rem tinggal rotate kaki kanan sedikit ke sebelah kiri. Kadang2 kalo lagi pegel atau secara gak sadar saya pake model nomor 1.
Dengan posisi kaki miring 45derajat itu saya lebih dpt feelnya utk mainin gas (utk mobil manual), dan lumayan biar kaki gak terlalu nekuk karena mobilnya kecil..
silentIm2 wrote: Mon Jul 16, 2018 10:35
Saya sih biasa no 2, walopun pake pedal model organ (e. g Fuso kantor).
Cuma karena saya ngerem pake kaki kiri (mobil matik) , Kaki kanan saya pivot ke lantai ato ke kanan pedal gas.
Ngerem pake kaki kiri ngga bahaya atuh om? Secara pedal remnya kan tetep leboh condong ke kanan, krn setau saya kalo mobil matic kaki kirinya jadi pengangguran om..
Saya pakai No.1 lebih karena kebiasaan saja. Kalau secara ergonomi atau safety seh lebih baik tumit memang dipindahkan saat pindah dari rem ke gas atau sebaliknya. Tujuannya agar dapat daya tekan maksimal saat braking, itu juga sebabnya teknik left foot braking lebih baik digunakan saat balap saja.
Tapi ukuran kaki dan reflek orang kan beda2.. Jadi ya pilih yang lebih sesuai tetap nyaman dan Aman.
Kalau bagi saya, kalau nyetir jarak jauh lebih enak metode 1.
supaya :
1. aliran darah di bawah paha bisa leih lancar, daripada ketekuk terus belasan jam nyetir.
2. Kalau nekan pedal, lebih kuat tenaganya kalau kaki lurus ke depan, daripada mereng 45 derajat.
Tapi kadang2 metode 1 bikin ketuker antara pedal gas sama pedal rem kalo ngangkatnya berlebih. Kemaren karyawan nabrakin L 300 kantor pas parkir gara2 ketuker pedal rem sama gas.
Yang dikaruniai kaki ukuran gede (sepatu 42 ke atas) pasti suka metode 2, CMIIW.
no 2. itu juga cuma jempol & telunjuk kaki yang napak pedal, soalnya selalu nyeker.
dan gara2 thread ini, baru sadar kalo jempol kaki kanan saya ternyata jadi kapalan... hahaha
Wahh ditinggal 2 jam pulang bermacet ria dari senayan - alsut, sudah pada respon. Terima kasih rekan2 sekalian.
Sekilas saya lihat, jawabannya lebih banyak 1 ya sepertinya. Untuk jawab yang nomor 1, apakah dengan metode gitu paha atas ga jadi pegal ya? Atau kalau merasa pegal di paha, hanya masalah posisi duduk saja ya?
Sharing sedikit saja karena tadi siang baru liat video dari recaro perihal car seat adjustment yang optimal:
Tambahan dikit: Dan beberapa ada yg komen hoby "nyeker" ya kalau nyetir, waduh kalau saya pribadi gabisa tuh nyeker. Kalau ga ada bantalan di area tumit, jalan 30 menit aja rasanya seperti dah ditusuk jarum di area tumit
Karena kaki saya oversize (sepatu uk 45) tumit saya selalu sejajar permukaan pedal rem yg terdekat dengan pedal gas . Karena pedal rem matic lebih besar dibanding mobil manual (sejak 2008 pake mobil matic ga pernah manual) posisi ini yang paling nyaman buat saya. Pindah antara pedal gas dan rem tinggal rotasi tumit.
owe gonta ganti enaknya kaki aja, nggak musti posisi 1 atawa 2. yang penting ndak pegel.
berlaku juga buat posisi duduk (kadang lurus normal, kadang miring kiri kalo lagi cari sewa).
Sy sih lbh sering no 2, tp utk perjalanan jauh biasanya tiap bbrp saat tumitnya sy angkat & direposisi biar ga kaku / pegal.
Dulu awal2 pake mobil yg pedal gasnya tipe organ jg agak2 tdk biasa sebab saat geser dr gas ke rem si kaki suka kepentok sama pedal rem yg posisinya lbh tinggi dr gas, tp skr udh “dapet” spotnya jd pas pindah udh ga mentok lg.
Sy jg tipe yg pake alas kaki pas nyetir let it sepatu atau sandal.
Kl yg mana yg lbh optimal sepertinya itu sih tergantung kebiasaan, jenis mobil & jenis telapak kakinya om hahaha, maksudnya kl telapak kakinya pendek & jarak pedal mobilnya berjauhan, sepertinya mao tak mao hrs no 1.
saya lebih sering posisi no 2 tapi kalau kelamaan area telapak kaki jadi pegal2. kalau dah gitu ganti posisi no.1. dulu nyetir nyeker karena kebiasaan waktu belajar stir sekarang malah gak enak kalau nyeker...