Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Bulgogi »

Volare wrote: Ooh ic.. Sebagai komparasi kalau calya dan yaris itu konsumsi bbm nya brp ya?

Lihat data konsumsi bbm paling akurat diwebsite mana ya..?

Kalau baca konsumsi bbm di artikel2 sepertinya cuma claim2 saja ya, tp kurang akurat
Yaris saya tidak tau um.. [emoji3]

Kalo mau irit banget coba mitsu mirage, baca2 di forum SM ini katanya iritnya juara.. pas liat review di yutube jg pada muji2 keiritan mirage..

Coba riset sendiri ya um, saya sendiri ngga tau ttg mirage..

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by PRBS »

leopurnomo wrote: ↑Sat Jun 30, 2018 3:27 vote for Suzuki Ignis, kalo gak masalah sama AMT,
Type GL new bisa <150jt ; GX new 160 lbh dikit after disc
After sales, ok spare part mur mer, pelayanan OK :off_good_job:
BBM 1 : 14 (pertalite) pemakaian sby
Ground clearance tinggi, selama pakai tdk pernah kejedug , pakai mobilio msh pernah kejedug :big_peace:
Interior πŸ‘
Suspensi untuk perkotaan tdk terlalu berasa keras nya.
Ignis coret aja deh om.. ga ada empuk2nya. (Soalnya yg dicari om ts, kriteria empuk harus ada)
nis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Oct 30, 2009 0:59

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by nis »

PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:44
Ignis coret aja deh om.. ga ada empuk2nya. (Soalnya yg dicari om ts, kriteria empuk harus ada)
ane baru ambil ignis... perasaan empuk deh... uuppsss, mungkin kerasa empuk karena sebelumnya biasa naek xenia, escudo, karimun dan rush kali yah.. alias mobil yg suspensi nya "bermasalah" semua
:mky_01:
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by soerya0711 »

Saya vote Ertiga om,
kemaren sodara juga baru ambil 2nd pre facelift, type GX AT taon 2015 di harga 143jt.
Pertimbangan Ertiga dibanding Calsig :
- AC Double Blower
- Baris 2 lebih lega dan baris 3 andai dipakai masih manusiawi dibanding Calsig

Harian saya juga pakai ertiga AT, konsumsi antara 8-9 kpl klo di dalem Jakarta yg tiap keluar pasti ngalamin macet.
Perbandingannya klo lg bawa civic 2.0 dengan kondisi yg sama, civic saya cm di 6-7 kpl.
User avatar
AB4611DF70674
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Apr 01, 2017 1:09
Location: Gerbang Tol Pondok Aren
Daily Vehicle: Orange 3NR-VE I4

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by AB4611DF70674 »

halo om,

sebagai pemilik Calya AT 2016, mau urun rembug.
masalah konsumsi BBM, saya udah setahun lebih ini ga reset mid. dapat 1:12 an, pakai Total92 (karena yang ga ada antriannya ni SPBU).
rute pagi Bintaro - Tol - Tanah Kusir - Gandaria (06.30)
rute sore Gandaria - Arteri Tol - Bintaro (17.30)
dibilang macet yaiya, dibilang lancar ya kalau di tol sih lancar. silakan cek sendiri atau via google map untuk membayangkannya.
rute weekend dekat-dekat saja dan sebentar jadi tidak terlalu mengganggu perhitungan konsumsi BBM.
nge gas nya juga ya liat-liat sikon, ga bengis ga nyante juga.
kalau kenyamanan dibanding Xenia 2012 dulu sih bantingannya kalau di high speed (cuman 80-100 doang sih) mantepan Calya, ga mentul-mentul.
cuman kalau memang pengen city car, prefer agya aja deh yang 1.2. lebih ringkas. apalagi Brio Satya, cuman agak ceperan aja. Calya kalau dibilang kecil juga nanggung soale, lumayan buntutnya masih agak panjang.
so far juga ga ada masalah, paling kadang bau sangit kalau di high rev. ga tau darimana ini bau.
terus jok baris kedua, apalagi ketiga, lumayan tipis. ya emang LCGC sih.
sama ya itu, digas sekarang, larinya besok.
oh iya, ini mobil kadang juga suka ngelitik karena AT nya suka ga pas gitu sama putaran mesinnya. kadang udah naik gigi pas RPM masih nanggung (terutama kalau di gas sedang).

thanks
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by PRBS »

nis wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:53
PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:44
Ignis coret aja deh om.. ga ada empuk2nya. (Soalnya yg dicari om ts, kriteria empuk harus ada)
ane baru ambil ignis... perasaan empuk deh... uuppsss, mungkin kerasa empuk karena sebelumnya biasa naek xenia, escudo, karimun dan rush kali yah.. alias mobil yg suspensi nya "bermasalah" semua
:mky_01:
Atau malah ignis saya yg ada fault nya..ayunan pantatnya keras bgt.. kalau ayunan depan sih masih oke.
:big_think:

Btt, diantara sigra/ertiga/veloz/jazz, dimensi ertiga paling besar loh.. agak ga sesuai kriteria om ts yg ingin mobil ringkas/compact untuk masuk2 gang.. tapi diantara itu semua, ayunan dan kenyamanan paling enak ertiga.

Option lain coba mobilio.. asal bq dan NVH ga begitu dipikirkan.. ayunannya masih oke, iritnya masih dapat (cvt), bagasi juga masih lapang.. GC so so lah.. ga pendek2 bgt..
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by halooo »

dirumah ada avanza e at 2017 dan ertiga gx manual 2014. avanza beli bekas km masih 8rb. ertiga beli dari baru.
bbm rata2 avanza metode ukur full to full cuma dapet 1:9.5 itu udh pelan2 dan ngurut2 gasnya.
kalau ertiga blom pernah full to full tp base mid kl lg hemat banged bisa 13.2 tp average di mid 1:12. kalau aktualnya kurang paham. kondisi lalulintas dalam kota jogja. soal kenyamanan ertiga menang kemana mana walaupun lebih tua umurnya.

avanza dapet di hrg 140 berarti dibawah 150 tuh.... pr cuma balik nama aja berarti masih masuk budget dan masih garansi juga
REDbanana211
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Oct 30, 2015 4:18

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by REDbanana211 »

Volare wrote: ↑Sat Jun 30, 2018 7:22
Bulgogi wrote: ↑Sat Jun 30, 2018 5:52
Volare wrote:
Oo ic2.. jadi mending ambil cc gedean yah

Wah ertiga AT 1:9? Kok boros banget yah. Kalau manual kurang minat gan, preferensi AT saja :)
1:9 itu pemakaian normal traffic jakarta ya, kalo mau di irit2in sih bisa aja om dg cara gasnya di urut2.. sanggup aja sih 1:10-11 mah..

Di komunitas ertiga ada tools kalo ga salah namanya "ferit" yg katanya bikin lebih irit 1-2 km/l dr ertiga normal.. ngga tau bener atau ngga saya belum pernah pake..
Ooh ic.. Sebagai komparasi kalau calya dan yaris itu konsumsi bbm nya brp ya?

Lihat data konsumsi bbm paling akurat diwebsite mana ya..?

Kalau baca konsumsi bbm di artikel2 sepertinya cuma claim2 saja ya, tp kurang akurat
Sekedar info om, Yaris lele saya 1NZ 4at konsumsi bensinnya paling top dapet dalkot 11.8/L, lukot 13an/L, itu pake oktan 92 (ganti2 seketemunya), sekian
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by ak4ng »

Ga ada buzzer wuling nongol nih ....... :glodak: :glodak: :ngacir:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by casabalancas »

AB4611DF70674 wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 5:31 halo om,

sebagai pemilik Calya AT 2016, mau urun rembug.
masalah konsumsi BBM, saya udah setahun lebih ini ga reset mid. dapat 1:12 an, pakai Total92 (karena yang ga ada antriannya ni SPBU).
rute pagi Bintaro - Tol - Tanah Kusir - Gandaria (06.30)
rute sore Gandaria - Arteri Tol - Bintaro (17.30)
dibilang macet yaiya, dibilang lancar ya kalau di tol sih lancar. silakan cek sendiri atau via google map untuk membayangkannya.
rute weekend dekat-dekat saja dan sebentar jadi tidak terlalu mengganggu perhitungan konsumsi BBM.
nge gas nya juga ya liat-liat sikon, ga bengis ga nyante juga.
kalau kenyamanan dibanding Xenia 2012 dulu sih bantingannya kalau di high speed (cuman 80-100 doang sih) mantepan Calya, ga mentul-mentul.
cuman kalau memang pengen city car, prefer agya aja deh yang 1.2. lebih ringkas. apalagi Brio Satya, cuman agak ceperan aja. Calya kalau dibilang kecil juga nanggung soale, lumayan buntutnya masih agak panjang.
so far juga ga ada masalah, paling kadang bau sangit kalau di high rev. ga tau darimana ini bau.
terus jok baris kedua, apalagi ketiga, lumayan tipis. ya emang LCGC sih.
sama ya itu, digas sekarang, larinya besok.
oh iya, ini mobil kadang juga suka ngelitik karena AT nya suka ga pas gitu sama putaran mesinnya. kadang udah naik gigi pas RPM masih nanggung (terutama kalau di gas sedang).

thanks
Halo Om, saya juga pakai Calya G at Des 2016, masalah ngelitik waktu itu pas servis 20.000 km dibawa ke A2k TB. Simatupang, dan oleh mereka ditawarkan untuk ganti ECU, setelah ganti ECU alhamdulillah gejala ngelitiknya jadi jauh berkurang, malah jarang muncul. Coba saja Om kalau servis rutin di beres request untuk ganti ECU. Tarikan sih sama2 aja, tapi lumayan jadi tidak ngelitik. Cuma yg saya heran mobil baru 25.000 km sudah ada bunyi2an misterius
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4595
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Pboyz97 »

Vote for ertiga, karena paling sesuai kriteria , cuma tarikan awalnya emg payah dan baris ke 3 nya ga selega avanza .
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by mike22 »

halooo wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 8:03 dirumah ada avanza e at 2017 dan ertiga gx manual 2014. avanza beli bekas km masih 8rb. ertiga beli dari baru.
bbm rata2 avanza metode ukur full to full cuma dapet 1:9.5 itu udh pelan2 dan ngurut2 gasnya.
kalau ertiga blom pernah full to full tp base mid kl lg hemat banged bisa 13.2 tp average di mid 1:12. kalau aktualnya kurang paham. kondisi lalulintas dalam kota jogja. soal kenyamanan ertiga menang kemana mana walaupun lebih tua umurnya.

avanza dapet di hrg 140 berarti dibawah 150 tuh.... pr cuma balik nama aja berarti masih masuk budget dan masih garansi juga
Tp om mid di ertiga itu kurang tepat, deviasinya bisa 10% lebih.. tp yang pasti tidak lebih boros drpd avz 1.5
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Volare »

Thx om2 semua, saya masih galau sih tp lebih karena faktor belum lihat unit detail, skrg sudah ada gambaran tinggal komparasi unit harusnya bisa ambil kesimpulan ambil yg mana

Terima kasih ya :big_deal:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by vulvy8858 »

Volare wrote: ↑Fri Jun 29, 2018 10:32 Kriteria yang dicari adalah:
1) Bensin irit banget

2) Bagasi cukup lega
Sepertinya lebih ke 7 seater, untuk antisipasi saja walaupun jarang banget tetapi sesekali perlu bawa barang yang agak panjang seperti pas ke ikea dsb

Pemakai sih maximal juga 4 orang

3) Ground clearance cukup tinggi

4) Suspensi empuk

5) Merk Toyota, daihatsu, atau suzuki masih ok..

6) Interior lumayan nyaman

Kompromi yang tidak apa2:
1) Tarikan payah

Keraguan masing2:
1) Avanza sepertinya kenyamanan kalah dengan ertiga lumayan jauh
2) Ini masalah image sepertinya kurang sporty dan kurang paham after sales suzuki
3) Ktnya walau cc kecil bensin kalah irit dengan ertiga?

Thanks sebelumnya
saya kerucutin jadi 3 ya om,,
masing-masing seri paling atas kecuali Ertiga karena saya bener bener ga suka ngeliat muka dan peleknya Drezza.
Avanza VeloZ 1500 matic
Cayla G Matic
Ertiga GX Matic

masalah binsin:
10 tahun pake Avanza 1500 mau manual mau matic buat dalkot ga perna jauh jauh dari 1:8-9
luar kota ga perna jauh jauh dari 1:12-13
kombinasi 1:10.
ga perna jauh jauh dari situ

buat Ertiga, dalkot ga jauh jauh dari 1:9, luar kota ga jauh jauh dari 1:14-15.
kombinasi 1:11-12
beda 15-20% lebi irit dari Avanza

CalSig, dalkot ga jauh jauh dari 1:9-10, lurkot pun ga jauh jauh dari angka 1:15
kombinasi 1:11-12
kurang lebih setara Ertiga.

masalah bagasi:
hands up for Avanza
Ertiga punya bagasi kalo row 3 dibuka, sempit
calsig punya bagasi agak lebi lega dari ertiga kalo menurut saya
tapi kalo diisi maksimal 4 orang, saya prefer CalSig dari Ertiga

ground clearance:
hands up Avanza wins, apalagi kalo dikasi ban 195/65-15, immortal
Ertiga punya GC dan Cayla baru punya GC ga jauh beda, Cayla yang baru uda cingkrang.


suspensi empuk dan apapun yang berkaitan sama kenyamanan:
paling ga enak naik avanza, keras dan goyang kanan kiri
surprisingly duduk di calsig jadi penumpang maupun pengemudi lebih enak dari Avanza. surprisingly.
paling enak sudah pasti Ertiga

akselerasi:
avanza berasa paling nabok, apalagi yang 1500cc lawas
calsig sama ertiga matic ga jauh beda dah leletnya

things to be considered:
radius putar.
radius putar Avanza sama Cayla mirip mirip, bisa dipake belok patah dan enak enak aja buat masuk keluar gang, apalagi Cayla. karena bodynya tipis.
ertiga ounya radius puter lumayan gede, dan akan cukup menyulitkan buat puter balik di gang yang sempit.

4 aspek Avanza menang
2 aspek Ertiga menang
CalSig selalu ada di tengah tengah

vote buat Cayla baru deh.
karena cayla punya 1 aspek yang paling menonjol
worry free.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
AB4611DF70674
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Apr 01, 2017 1:09
Location: Gerbang Tol Pondok Aren
Daily Vehicle: Orange 3NR-VE I4

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by AB4611DF70674 »

casabalancas wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 2:14
AB4611DF70674 wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 5:31 halo om,

sebagai pemilik Calya AT 2016, mau urun rembug.
masalah konsumsi BBM, saya udah setahun lebih ini ga reset mid. dapat 1:12 an, pakai Total92 (karena yang ga ada antriannya ni SPBU).
rute pagi Bintaro - Tol - Tanah Kusir - Gandaria (06.30)
rute sore Gandaria - Arteri Tol - Bintaro (17.30)
dibilang macet yaiya, dibilang lancar ya kalau di tol sih lancar. silakan cek sendiri atau via google map untuk membayangkannya.
rute weekend dekat-dekat saja dan sebentar jadi tidak terlalu mengganggu perhitungan konsumsi BBM.
nge gas nya juga ya liat-liat sikon, ga bengis ga nyante juga.
kalau kenyamanan dibanding Xenia 2012 dulu sih bantingannya kalau di high speed (cuman 80-100 doang sih) mantepan Calya, ga mentul-mentul.
cuman kalau memang pengen city car, prefer agya aja deh yang 1.2. lebih ringkas. apalagi Brio Satya, cuman agak ceperan aja. Calya kalau dibilang kecil juga nanggung soale, lumayan buntutnya masih agak panjang.
so far juga ga ada masalah, paling kadang bau sangit kalau di high rev. ga tau darimana ini bau.
terus jok baris kedua, apalagi ketiga, lumayan tipis. ya emang LCGC sih.
sama ya itu, digas sekarang, larinya besok.
oh iya, ini mobil kadang juga suka ngelitik karena AT nya suka ga pas gitu sama putaran mesinnya. kadang udah naik gigi pas RPM masih nanggung (terutama kalau di gas sedang).

thanks
Halo Om, saya juga pakai Calya G at Des 2016, masalah ngelitik waktu itu pas servis 20.000 km dibawa ke A2k TB. Simatupang, dan oleh mereka ditawarkan untuk ganti ECU, setelah ganti ECU alhamdulillah gejala ngelitiknya jadi jauh berkurang, malah jarang muncul. Coba saja Om kalau servis rutin di beres request untuk ganti ECU. Tarikan sih sama2 aja, tapi lumayan jadi tidak ngelitik. Cuma yg saya heran mobil baru 25.000 km sudah ada bunyi2an misterius
oke deh besok coba dikomplainin ke beres. Simatupang ya?
terus itu bunyi2an apaan om?

eh maap numpang di tritnya om TS :mky_01:

Calya oke kok kalau buat mindahin badan dari satu titik ke titik lain di dalam kota
apalagi kalau punya mobil lain yang udah oke buat luar kota
semoga cepat dapet pilihan yang menentramkan hati.

:big_okay:
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by kramatbatu »

Izin sumbang pikiran om bdasarkan kriteria diatas max penumpang 4 orang. knp ga angkut vios 2011-2013 om? menurut sy vios itu tahan banting , spare parts banyak , nyetir sendiri mayan enak , irit bbm dalkot bs 1:10 s/d 1:13 isi pertamax , fitur lengkap bgt ( yg matic udh keyless ) , ground clearance termasuk tinggi utk ukuran sedan , bantingan lumayan nyaman , bajet <150jt udh dpt yg 2013 awal msh kembalian :big_peace:
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Woompy »

PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 6:38
nis wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:53
PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:44
Ignis coret aja deh om.. ga ada empuk2nya. (Soalnya yg dicari om ts, kriteria empuk harus ada)
ane baru ambil ignis... perasaan empuk deh... uuppsss, mungkin kerasa empuk karena sebelumnya biasa naek xenia, escudo, karimun dan rush kali yah.. alias mobil yg suspensi nya "bermasalah" semua
:mky_01:
Atau malah ignis saya yg ada fault nya..ayunan pantatnya keras bgt.. kalau ayunan depan sih masih oke.
:big_think:

Btt, diantara sigra/ertiga/veloz/jazz, dimensi ertiga paling besar loh.. agak ga sesuai kriteria om ts yg ingin mobil ringkas/compact untuk masuk2 gang.. tapi diantara itu semua, ayunan dan kenyamanan paling enak ertiga.

Option lain coba mobilio.. asal bq dan NVH ga begitu dipikirkan.. ayunannya masih oke, iritnya masih dapat (cvt), bagasi juga masih lapang.. GC so so lah.. ga pendek2 bgt..
Hahaha duduk di belakang ignis emang parah. Kebanting-bantingnya ituloh :big_bored: . Kalau lagi full load rasanya ngayun2 kaya duduk di row 3 avxen, untungnya legroom lumayan luas, even compared sama cx 3 masi luasan ignis

Buat om ts, saya vote calya baru aja deh. Ride qualitynya beberapa kali naik uber cukup oke, cuma kurang kedap aja. Second option saya pilih ertiga, menurut saya ini lmpv paling enak selain grand livina. Kalau soal dimensi sih harusnya biasa bawa accord, bawa ertiga sih harusnya masi terasa compact ya. Kalau nemu grand livina kondisi mint juga boleh, so far keluarga pake dari 2012 udah hampir 90.000 km cuma pernah rekondisi rack steer sama ganti link stabilizer dkk. Waktu itu ganti diluar beres habis 5 juta sekian. Bensin daily di tangsel kira2 1:8-9 kmpl. Oiya ini grand livina yang masih matic 4 speed ya, yang cvt mungkin bisa lebih irit.
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 600
Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
Location: Jakarta

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by casabalancas »

AB4611DF70674 wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 8:05
casabalancas wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 2:14
AB4611DF70674 wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 5:31 halo om,

sebagai pemilik Calya AT 2016, mau urun rembug.
masalah konsumsi BBM, saya udah setahun lebih ini ga reset mid. dapat 1:12 an, pakai Total92 (karena yang ga ada antriannya ni SPBU).
rute pagi Bintaro - Tol - Tanah Kusir - Gandaria (06.30)
rute sore Gandaria - Arteri Tol - Bintaro (17.30)
dibilang macet yaiya, dibilang lancar ya kalau di tol sih lancar. silakan cek sendiri atau via google map untuk membayangkannya.
rute weekend dekat-dekat saja dan sebentar jadi tidak terlalu mengganggu perhitungan konsumsi BBM.
nge gas nya juga ya liat-liat sikon, ga bengis ga nyante juga.
kalau kenyamanan dibanding Xenia 2012 dulu sih bantingannya kalau di high speed (cuman 80-100 doang sih) mantepan Calya, ga mentul-mentul.
cuman kalau memang pengen city car, prefer agya aja deh yang 1.2. lebih ringkas. apalagi Brio Satya, cuman agak ceperan aja. Calya kalau dibilang kecil juga nanggung soale, lumayan buntutnya masih agak panjang.
so far juga ga ada masalah, paling kadang bau sangit kalau di high rev. ga tau darimana ini bau.
terus jok baris kedua, apalagi ketiga, lumayan tipis. ya emang LCGC sih.
sama ya itu, digas sekarang, larinya besok.
oh iya, ini mobil kadang juga suka ngelitik karena AT nya suka ga pas gitu sama putaran mesinnya. kadang udah naik gigi pas RPM masih nanggung (terutama kalau di gas sedang).

thanks
Halo Om, saya juga pakai Calya G at Des 2016, masalah ngelitik waktu itu pas servis 20.000 km dibawa ke A2k TB. Simatupang, dan oleh mereka ditawarkan untuk ganti ECU, setelah ganti ECU alhamdulillah gejala ngelitiknya jadi jauh berkurang, malah jarang muncul. Coba saja Om kalau servis rutin di beres request untuk ganti ECU. Tarikan sih sama2 aja, tapi lumayan jadi tidak ngelitik. Cuma yg saya heran mobil baru 25.000 km sudah ada bunyi2an misterius
oke deh besok coba dikomplainin ke beres. Simatupang ya?
terus itu bunyi2an apaan om?

eh maap numpang di tritnya om TS :mky_01:

Calya oke kok kalau buat mindahin badan dari satu titik ke titik lain di dalam kota
apalagi kalau punya mobil lain yang udah oke buat luar kota
semoga cepat dapet pilihan yang menentramkan hati.

:big_okay:
Hahaha gak ngerti Om, bunyi2an apa, tanggung masih 25.000 KM, nanti aja deh sekalian service 30.000 KM ditanyain, siapa tau makin banyak bunyi2an misterius yg timbul. Iya Om, waktu itu saya bawa ke beres Simatupang Om, coba aja komplain juga kesana. Hehehe.

Iya, untuk Om TS Calya cukup Irit untuk dalam kota, tapi kalau mau save budget dan tidak mentingin gengsi ambil Sigra saja, biaya servis bengkel resmi lebih murah dan selisih harganya lumayan karena info terakhir cashback nya Daihatsu lebih besar dari Toyota, walaupun banyak safety feature yg dikorbankan.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by PRBS »

Ariazaki wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 9:17
PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 6:38
nis wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 3:53

ane baru ambil ignis... perasaan empuk deh... uuppsss, mungkin kerasa empuk karena sebelumnya biasa naek xenia, escudo, karimun dan rush kali yah.. alias mobil yg suspensi nya "bermasalah" semua
:mky_01:
Atau malah ignis saya yg ada fault nya..ayunan pantatnya keras bgt.. kalau ayunan depan sih masih oke.
:big_think:

Btt, diantara sigra/ertiga/veloz/jazz, dimensi ertiga paling besar loh.. agak ga sesuai kriteria om ts yg ingin mobil ringkas/compact untuk masuk2 gang.. tapi diantara itu semua, ayunan dan kenyamanan paling enak ertiga.

Option lain coba mobilio.. asal bq dan NVH ga begitu dipikirkan.. ayunannya masih oke, iritnya masih dapat (cvt), bagasi juga masih lapang.. GC so so lah.. ga pendek2 bgt..
Hahaha duduk di belakang ignis emang parah. Kebanting-bantingnya ituloh :big_bored: . Kalau lagi full load rasanya ngayun2 kaya duduk di row 3 avxen, untungnya legroom lumayan luas, even compared sama cx 3 masi luasan ignis
Haha iya om. Nunggu otobursa tumplekblek dulu, rencana mau ganti shock kayaba.. bisa lebih empuk sedikit. Untuk legroom dan fc sih emang oke.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Woompy »

PRBS wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 10:13
Ariazaki wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 9:17
PRBS wrote: ↑Sun Jul 01, 2018 6:38
Hahaha duduk di belakang ignis emang parah. Kebanting-bantingnya ituloh :big_bored: . Kalau lagi full load rasanya ngayun2 kaya duduk di row 3 avxen, untungnya legroom lumayan luas, even compared sama cx 3 masi luasan ignis
Haha iya om. Nunggu otobursa tumplekblek dulu, rencana mau ganti shock kayaba.. bisa lebih empuk sedikit. Untuk legroom dan fc sih emang oke.
Wah ditunggu reportnya om. Iya kalau fc sih ignis oke, harian muter2 tangsel sih 1:16,xx terus. Kalau lagi mendukung kadang suka tembus 1:17. Dipake jalan2 lukot nyetir gaspol juga masih diatas 1:17

Eh jadi oot :big_sorry:
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Volare »

vulvy8858 wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 7:52
Volare wrote: ↑Fri Jun 29, 2018 10:32 Kriteria yang dicari adalah:
1) Bensin irit banget

2) Bagasi cukup lega
Sepertinya lebih ke 7 seater, untuk antisipasi saja walaupun jarang banget tetapi sesekali perlu bawa barang yang agak panjang seperti pas ke ikea dsb

Pemakai sih maximal juga 4 orang

3) Ground clearance cukup tinggi

4) Suspensi empuk

5) Merk Toyota, daihatsu, atau suzuki masih ok..

6) Interior lumayan nyaman

Kompromi yang tidak apa2:
1) Tarikan payah

Keraguan masing2:
1) Avanza sepertinya kenyamanan kalah dengan ertiga lumayan jauh
2) Ini masalah image sepertinya kurang sporty dan kurang paham after sales suzuki
3) Ktnya walau cc kecil bensin kalah irit dengan ertiga?

Thanks sebelumnya
saya kerucutin jadi 3 ya om,,
masing-masing seri paling atas kecuali Ertiga karena saya bener bener ga suka ngeliat muka dan peleknya Drezza.
Avanza VeloZ 1500 matic
Cayla G Matic
Ertiga GX Matic

masalah binsin:
10 tahun pake Avanza 1500 mau manual mau matic buat dalkot ga perna jauh jauh dari 1:8-9
luar kota ga perna jauh jauh dari 1:12-13
kombinasi 1:10.
ga perna jauh jauh dari situ

buat Ertiga, dalkot ga jauh jauh dari 1:9, luar kota ga jauh jauh dari 1:14-15.
kombinasi 1:11-12
beda 15-20% lebi irit dari Avanza

CalSig, dalkot ga jauh jauh dari 1:9-10, lurkot pun ga jauh jauh dari angka 1:15
kombinasi 1:11-12
kurang lebih setara Ertiga.

masalah bagasi:
hands up for Avanza
Ertiga punya bagasi kalo row 3 dibuka, sempit
calsig punya bagasi agak lebi lega dari ertiga kalo menurut saya
tapi kalo diisi maksimal 4 orang, saya prefer CalSig dari Ertiga

ground clearance:
hands up Avanza wins, apalagi kalo dikasi ban 195/65-15, immortal
Ertiga punya GC dan Cayla baru punya GC ga jauh beda, Cayla yang baru uda cingkrang.


suspensi empuk dan apapun yang berkaitan sama kenyamanan:
paling ga enak naik avanza, keras dan goyang kanan kiri
surprisingly duduk di calsig jadi penumpang maupun pengemudi lebih enak dari Avanza. surprisingly.
paling enak sudah pasti Ertiga

akselerasi:
avanza berasa paling nabok, apalagi yang 1500cc lawas
calsig sama ertiga matic ga jauh beda dah leletnya

things to be considered:
radius putar.
radius putar Avanza sama Cayla mirip mirip, bisa dipake belok patah dan enak enak aja buat masuk keluar gang, apalagi Cayla. karena bodynya tipis.
ertiga ounya radius puter lumayan gede, dan akan cukup menyulitkan buat puter balik di gang yang sempit.

4 aspek Avanza menang
2 aspek Ertiga menang
CalSig selalu ada di tengah tengah

vote buat Cayla baru deh.
karena cayla punya 1 aspek yang paling menonjol
worry free.
Thx banget komparasi nya om

Kemarin lihat2 di bursa mobil, lihat interior ertiga kok ga demen banget ya, sepertinya ertiga gugur

Calon contender baru yg dipikir2 adalah mobilio, karena walaupun keras khas honda tapi ternyata bensin nya irit banget

Sementara masih condong ke avanza veloz 2013

Kalau milih avanza modif apa saja ya yg perlu dilakukan supaya meningkat kenyamanannya?

Setahu saya so far:
1) Pakai kaca film bagusan (Vcool kena brp yah untuk avanza)
2) Ganti shock kayaba?
3) Ganti ban bagusan yang lebih empuk
4) Pasang peredam tambahan
Last edited by Volare on Thu Jul 05, 2018 8:57, edited 1 time in total.
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Volare »

kramatbatu wrote: ↑Mon Jul 02, 2018 8:39 Izin sumbang pikiran om bdasarkan kriteria diatas max penumpang 4 orang. knp ga angkut vios 2011-2013 om? menurut sy vios itu tahan banting , spare parts banyak , nyetir sendiri mayan enak , irit bbm dalkot bs 1:10 s/d 1:13 isi pertamax , fitur lengkap bgt ( yg matic udh keyless ) , ground clearance termasuk tinggi utk ukuran sedan , bantingan lumayan nyaman , bajet <150jt udh dpt yg 2013 awal msh kembalian :big_peace:
Sempat kepikir ambil small sedan sih gan, tp kata istri kalo ambil jenis sedan mah mending ambil civic FD1 lagi aja (pernah punya).. Jadi makin galau deh hehe

Soal GC kayanya vios standard sedan ya 145mm, sedangkan LMPV avanza 200mm.. Beda 5cm lumayan berasa buat jalanan jkt yang bolong2 hehe
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by vulvy8858 »

Volare wrote: ↑Thu Jul 05, 2018 8:29 Thx banget komparasi nya om

Kemarin lihat2 di bursa mobil, lihat interior ertiga kok ga demen banget ya, sepertinya ertiga gugur

Calon contender baru yg dipikir2 adalah mobilio, karena walaupun keras khas honda tapi ternyata bensin nya irit banget

Sementara masih condong ke avanza veloz 2013

Kalau milih avanza modif apa saja ya yg perlu dilakukan supaya meningkat kenyamanannya?

Setahu saya so far:
1) Pakai kaca film bagusan (Vcool kena brp yah untuk avanza)
2) Ganti shock kayaba?
3) Ganti ban bagusan yang lebih empuk
4) Pasang peredam tambahan
kebetulan saya tahun keempat pake Brio, anggep aja sama kayak Lio ya, Lio juga sering naik si taxol sama BB, bisa dicompare kok.
bensin nya juga ga irit irit amat, mirip Cayla dan Ertiga.
tenaga si enakan Lio dari VeloZ taun berapapun ya om.
handling juga enakan Lio.
radius puter Lio juga ga separah Ertiga.

cuma kenyamanannya minus bener ni mobil.
peredaman kabin nol.
kalo ujan uda parah bener dah. apalagi udah ujan liwat jalan yang banyak kerikil.
berisiknya kagak kira kira.
diatas 80 kpj juga suara anginnya uda kacau, diatas 110 kpj kuping sakit dah wakakakakakak,

kalo VeloZ saya dulu:
1. V-Kool 1 body kena 6.xx juta, 6.4 kalo ga salah. saya pasang taun 2014. depan VK40, SSB VK VIP
2. Kayaba yang mana om? kalo pake ultra sih fix sakit pinggang. pakek Monroe Gas Reflex om. kalo nyari murah pake Tokico Dual Action. saya dulu pake Monroe GasMatic
3. Michelin XM2 fix mutlak. dulu saya pake Turanza AR20, kurang puas, pasang Champiro GTX malah berisik, pasang Techno lumayan enak tapi keburu sobek, pasang Champiro Eco, heningnya cuma 3 bulan pertama wkwkwkwkwkwk, tahan di SPS LM704 sampe mubil dijual.
4. boleh juga

cuma setelah pasang nomer 1 sampe 4 tetep aja ente pake apansa. which menurut eke avanza ga lebi nyaman dari calsig.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by liemivan86 »

vulvy8858 wrote:
Volare wrote: ↑Thu Jul 05, 2018 8:29 Thx banget komparasi nya om

Kemarin lihat2 di bursa mobil, lihat interior ertiga kok ga demen banget ya, sepertinya ertiga gugur

Calon contender baru yg dipikir2 adalah mobilio, karena walaupun keras khas honda tapi ternyata bensin nya irit banget

Sementara masih condong ke avanza veloz 2013

Kalau milih avanza modif apa saja ya yg perlu dilakukan supaya meningkat kenyamanannya?

Setahu saya so far:
1) Pakai kaca film bagusan (Vcool kena brp yah untuk avanza)
2) Ganti shock kayaba?
3) Ganti ban bagusan yang lebih empuk
4) Pasang peredam tambahan
kebetulan saya tahun keempat pake Brio, anggep aja sama kayak Lio ya, Lio juga sering naik si taxol sama BB, bisa dicompare kok.
bensin nya juga ga irit irit amat, mirip Cayla dan Ertiga.
tenaga si enakan Lio dari VeloZ taun berapapun ya om.
handling juga enakan Lio.
radius puter Lio juga ga separah Ertiga.

cuma kenyamanannya minus bener ni mobil.
peredaman kabin nol.
kalo ujan uda parah bener dah. apalagi udah ujan liwat jalan yang banyak kerikil.
berisiknya kagak kira kira.
diatas 80 kpj juga suara anginnya uda kacau, diatas 110 kpj kuping sakit dah wakakakakakak,

kalo VeloZ saya dulu:
1. V-Kool 1 body kena 6.xx juta, 6.4 kalo ga salah. saya pasang taun 2014. depan VK40, SSB VK VIP
2. Kayaba yang mana om? kalo pake ultra sih fix sakit pinggang. pakek Monroe Gas Reflex om. kalo nyari murah pake Tokico Dual Action. saya dulu pake Monroe GasMatic
3. Michelin XM2 fix mutlak. dulu saya pake Turanza AR20, kurang puas, pasang Champiro GTX malah berisik, pasang Techno lumayan enak tapi keburu sobek, pasang Champiro Eco, heningnya cuma 3 bulan pertama wkwkwkwkwkwk, tahan di SPS LM704 sampe mubil dijual.
4. boleh juga

cuma setelah pasang nomer 1 sampe 4 tetep aja ente pake apansa. which menurut eke avanza ga lebi nyaman dari calsig.
Setuju sama om vulvy. Avanza diapa2in juga tetap avanza. Kenyamanan tetap jauh dari Ertiga.

Btw, penasaran, TS kenapa ya koq nda suka sm interior ertiga tapi malah ok dengan interior avanza? Saya pakai Veloz, tapi interior justru pilih ertiga, paling tinggal ganti head unit ke monitor aja. Veloz interior nya lumayan rame setelah sekian lama.. Model nya juga standar banget sih..
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Saran mobil kerja budget se calya (<150jt)

Post by Volare »

vulvy8858 wrote: ↑Fri Jul 06, 2018 7:47
Volare wrote: ↑Thu Jul 05, 2018 8:29 Thx banget komparasi nya om

Kemarin lihat2 di bursa mobil, lihat interior ertiga kok ga demen banget ya, sepertinya ertiga gugur

Calon contender baru yg dipikir2 adalah mobilio, karena walaupun keras khas honda tapi ternyata bensin nya irit banget

Sementara masih condong ke avanza veloz 2013

Kalau milih avanza modif apa saja ya yg perlu dilakukan supaya meningkat kenyamanannya?

Setahu saya so far:
1) Pakai kaca film bagusan (Vcool kena brp yah untuk avanza)
2) Ganti shock kayaba?
3) Ganti ban bagusan yang lebih empuk
4) Pasang peredam tambahan
kebetulan saya tahun keempat pake Brio, anggep aja sama kayak Lio ya, Lio juga sering naik si taxol sama BB, bisa dicompare kok.
bensin nya juga ga irit irit amat, mirip Cayla dan Ertiga.
tenaga si enakan Lio dari VeloZ taun berapapun ya om.
handling juga enakan Lio.
radius puter Lio juga ga separah Ertiga.

cuma kenyamanannya minus bener ni mobil.
peredaman kabin nol.
kalo ujan uda parah bener dah. apalagi udah ujan liwat jalan yang banyak kerikil.
berisiknya kagak kira kira.
diatas 80 kpj juga suara anginnya uda kacau, diatas 110 kpj kuping sakit dah wakakakakakak,

kalo VeloZ saya dulu:
1. V-Kool 1 body kena 6.xx juta, 6.4 kalo ga salah. saya pasang taun 2014. depan VK40, SSB VK VIP
2. Kayaba yang mana om? kalo pake ultra sih fix sakit pinggang. pakek Monroe Gas Reflex om. kalo nyari murah pake Tokico Dual Action. saya dulu pake Monroe GasMatic
3. Michelin XM2 fix mutlak. dulu saya pake Turanza AR20, kurang puas, pasang Champiro GTX malah berisik, pasang Techno lumayan enak tapi keburu sobek, pasang Champiro Eco, heningnya cuma 3 bulan pertama wkwkwkwkwkwk, tahan di SPS LM704 sampe mubil dijual.
4. boleh juga

cuma setelah pasang nomer 1 sampe 4 tetep aja ente pake apansa. which menurut eke avanza ga lebi nyaman dari calsig.
Waduh peredaman mobilio kurang banget ya

Thx gan untuk saran modifikasinya, soal shock jd monroe gas reflex ya yg recommended?

Iya gpp gan cuma supaya kendaraan operasional tp lumayan dipernyaman aja hehe.. Kalo mobil terlalu nyaman jg bawaannya ngantuk melulu jd kurang semangat kerja hehe

Maksudnya avanza ga lebi nyaman dari calsig, calya lebih nyaman dari avanza gan? Faktor nya apa saja ya yg membuat calya lebih nyaman ya? Soalnya harga avanza barunya kan lumayan jauh lebih mahal ya.. Apa calya didesain lebih untuk kenyamanan?