Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by daftar »

Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Selasa, 26 Juni 2018 | 09:23 WIB

     
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan, akhirnya mengeluarkan regulasi terkait dengan kewajiban recallatau “penarikan kembali” secara massal, untuk kendaraan yang ditemukan ada cacat produksi.

Tentu saja tujuannya sebagai bentuk perhatian soal aspek keselamatan, buat pengguna kendaraan di jalan.

Sebelumnya, payung hukum untuk perlindungan pemilik kendaraan ini hanya terdapat pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Artinya juga, recall yang dilakukan saat ini di Indonesia hanya bersifat sukarela oleh merek-merek yang ada.

Aturan recall ini ada di dalam paket kebijakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33/2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, yang menggantikan Keputusan Menteri Nomor KM. 9 tahun 2004.


Poin-poin soal penarikan kembali tersebut tertera pada BAB XIII tentang Ketentuan Lain-Lain. Namun memang, menurut ayat 6 pada pasal 79 ini tersebut, tata cara recall lebih detailnya bakal diterbitkan lewah Peraturan Menteri Perhubungan secara lebih khusus. Berikut jelasnya.

Pasal 79

(1) Terhadap Kendaraan Bermotor yang telah memiliki SUT atau Surat Keputusan Rancang Bangun yang ditemukan cacat produksi, mempengaruhi aspek keselamatan, dan bersifat massal, wajib dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

(2) Kendaraan Bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

a. Cacat desain; atau

b. Kesalahan produksi.

(3) Terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) perusahaan pembuat, perakit, pengimpor wajib melaporkan kepada Menteri sebelum dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

(4) Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) wajib bertanggungjawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal.

(5) Terhadap kendaraan bermotor yang telah dilakukan perbaikan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib dilaporkan kembali kepada Menteri.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penarikan kembali kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Menteri tersendiri.

Source: https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... -kendaraan



Semoga menjadi Angin segar
:ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by jivos »

:frm_tumbright: ............ [emo-police]
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by ginting »

Bakal banyak yg cari Asuransi buat Recall.

Tapi asuransinya saya rasa gak mau cover.
Terlalu riskan karena kalau ( QC abal abal...atau launching aja dulu mobilnya, soal bug, deffect, glitch..nanti aja dipikiri....) akan bikin risk exposure tidak matching dgn premi.




pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by pernahmiskin »

Kira2 siapa yg bakal jd pertama kena kasus recall ini?

Kalau om NR masih ada bakal menarik nih trit..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by kendibocor »

Hmmm aspek keselamatan.....
Artinya kalo masalahnya di mesin seperti putu jedug dlu atau kaki2 seheboh konser kpop tetep ga wajib recall ya.

Yg menurut saya penting jg harusnya pemerintah membentuk suatu komite/menunjuk pihak ketiga kalo ada masalah2 extraordinary seperti misalkan mbl mendadak kebakar pas lg parkir. Selama ini saya lihat kalo ada kejadian kaya gtu yg investigasi adalah "tenaga ahli" dr produsen mblnya sendiri. Ya sama aja bohong ga mungkin mereka ngakuin kalo ada cacat produksi, akhirnya yg disalahin kalo ga klakson yg uda diganti, ya powerbank yg disimpen di mbl :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by sintoni »

Eksaknya sudah ada, tapi nanti ditunggu aja prakteknya.

Susah sih prakteknya.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by mr_mytplx »

Kl HU CRV turbo dan tuas transmisi patah kira2 bisa masuk recall nda ya?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by qushay20019 »

pernahmiskin wrote: Tue Jun 26, 2018 20:06 Kira2 siapa yg bakal jd pertama kena kasus recall ini?

Kalau om NR masih ada bakal menarik nih trit..
Iya nih, kangen ama info2 langka dari om NR. Kalo bukan gara2 member2 cunguk asal bunyi kayaknya masih ngider2 di mari tuh om.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by bero89 »

qushay20019 wrote:
pernahmiskin wrote: Tue Jun 26, 2018 20:06 Kira2 siapa yg bakal jd pertama kena kasus recall ini?

Kalau om NR masih ada bakal menarik nih trit..
Iya nih, kangen ama info2 langka dari om NR. Kalo bukan gara2 member2 cunguk asal bunyi kayaknya masih ngider2 di mari tuh om.
Setelah nongol di quick message g nongol lg ya om?
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by c4b13 »

semoga praktek nya lancar deh... biar atpm nga semena2 lagi..
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by qushay20019 »

bero89 wrote: Thu Jun 28, 2018 1:59 Setelah nongol di quick message g nongol lg ya om?
Iya om bero, itu yg di QM kayak salam perpisahan beliau *sigh
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Indonesia Akhirnya Punya Payung Hukum “Recall” Kendaraan

Post by bero89 »

Kita bikin payung hukum untuk "recall" om nr aja kalo gitu oom qushay [emoji16][emoji36]