Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Simba
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Mar 28, 2018 4:03
Location: Ciledug
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Simba »

Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Ditilang kenapa om? Apakah truk tidak boleh jalan di jalur kanan?

Tapi emang kalo lagi nyetir luar kota non tol, sebelah kiri banyak banget rintangannya. Bawa mobil kecil aja susah, apalagi truk.
Mana kadang motor2nya pake acara hahahihi satu sama lain, nggak ngurus di belakang ada kendaraan segede apa.
Simba
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Mar 28, 2018 4:03
Location: Ciledug
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Simba »

Ditilang kenapa om? Apakah truk tidak boleh jalan di jalur kanan?

Tapi emang kalo lagi nyetir luar kota non tol, sebelah kiri banyak banget rintangannya. Bawa mobil kecil aja susah, apalagi truk.
Mana kadang motor2nya pake acara hahahihi satu sama lain, nggak ngurus di belakang ada kendaraan segede apa.
[/quote]

Iya om, katanya gak boleh dikanan , memang sih nggak selalu ditilang cmn siapin 20-50rban katanya :big_deal:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Kalau di jalan antar kota antar propinsi, hal lumrah truk2 besar cruising di lajur kanan (ini bukan jalan toll ya)..

Alasannya ya memang kalau dilajur kiri banyak becak dkk.. tapi as user mobil pribadi.. saya oke2 aja sih selip2 lewat kekiri, kalau kasusny kek gini..
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Ivano »

Inilah kebiasaan dari jalan non toll/arteri.

Tapi kalo truck besar, biasanya nyadar diri kalo masuk toll, lewat lajur kiri/lambat.

Nah, masalahnya banyak driver entry level yg menganggap nyetir di toll sama aja.

Malah karena di toll bayar, mereka anggap bisa lebih semaunya.

Mental inilah yg semoga bisa berubah.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by bero89 »

Auto sumpah serapah itu pasti driver hatchbacknya
Simba
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Wed Mar 28, 2018 4:03
Location: Ciledug
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Simba »

PRBS wrote: Tue Jul 17, 2018 7:32
Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Kalau di jalan antar kota antar propinsi, hal lumrah truk2 besar cruising di lajur kanan (ini bukan jalan toll ya)..

Alasannya ya memang kalau dilajur kiri banyak becak dkk.. tapi as user mobil pribadi.. saya oke2 aja sih selip2 lewat kekiri, kalau kasusny kek gini..
Iya om kata sodara ane jg gt
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Or4cle »

marmut wrote: Tue Jul 17, 2018 5:10
vipere wrote: Tue Jul 17, 2018 2:37 Pagi ini ketemu lane hogger akut. Jalan di jalur kanan, bahkan speed aja gak sampe 80 kmh ( ada tampilan speed di kamera mobil).
Tiba2 di pertemuan jalur atas dan bawah tol bandara, ngerem mendadak di depan , langsung sen kiri ambil kiri, ternyata dia mau ke jalur atas.
Di jalur kiri belakang dia, ada hatchback lagi akselerasi, sampe ikut ngerem mendadak juga, kalo gak kena tuh.
Berikut cctv di mobil saya :

https://www.youtube.com/watch?v=qvocKlXV7iQ

Kamera depan : Detik ke 47, ngerem mendadak , ternyata mau ke jalur atas.
kamera belakang : Menit ke 1.23 - 1.30, hampir disamber hatchback di belakangnya.

ada 3 plaat nomor mobil yang saya hindari ketika sedang berkendara dimanapun, salah satunya ya yang ada di rekaman itu.
memang tidak semuanya brengsek, cuma 2-3% saja yang tertip lalu lintas dari 3 plaat nomer itu.
Benar sekali ... plat mobil tetangga Jkt, sekitar pesisir tersebut terkadang berbahaya.
Ooo ya, 2 lagi dari plat mobil mana ya ?
vipere wrote: Tue Jul 17, 2018 6:28
Or4cle wrote: Tue Jul 17, 2018 5:42
vipere wrote: Tue Jul 17, 2018 2:37 Pagi ini ketemu lane hogger akut. Jalan di jalur kanan, bahkan speed aja gak sampe 80 kmh ( ada tampilan speed di kamera mobil).
Tiba2 di pertemuan jalur atas dan bawah tol bandara, ngerem mendadak di depan , langsung sen kiri ambil kiri, ternyata dia mau ke jalur atas.
Di jalur kiri belakang dia, ada hatchback lagi akselerasi, sampe ikut ngerem mendadak juga, kalo gak kena tuh.
Berikut cctv di mobil saya :

https://www.youtube.com/watch?v=qvocKlXV7iQ

Kamera depan : Detik ke 47, ngerem mendadak , ternyata mau ke jalur atas.
kamera belakang : Menit ke 1.23 - 1.30, hampir disamber hatchback di belakangnya.
Avanza yaa ? No wondering ...
Secara avanza banyak di pakai buat entry low level fleet (armada) kantor atau yang naik level dari pemakai motor
Yaa begitu lah kualitas pengemudinya ... srudak-sruduk,serobot kiri-kanan, ngotot di jalanan, klakson gak pakai otak, potong jalur sembarangan

Maaf buat pengguna Avanza, statement ini bukan men-justify semua pengguna Avanza begitu tapi pengalaman saya yaaaa begitu :big_peace:
bener banget, paling sering sih ketemu lane hogger itu ya avanza, mungkin karena mobil sejuta umat juga kali, jadi populasinya banyak. kalo lggc diklakson sih biasanya minggir. kalo avanza mah diklakson sebodo amat.
habis bayar tol pluit tadi pagi juga ada ketemu lane hogger, crv, speed cuman 60kmh, mungkin aja lagi ngirit bbm kali, nyetir konstan 60 kmh. makanya jangan pake mobil cc gede, beli bensin gak mampu, malah jadi lane hogger. heheheh. tapi karena kiri kosong banget, ya salip kiri.
beda ama avanza tadi mau nyalip kiri juga serba tanggung.
Memang banyak 'cobaan" di jalanan ... mesti perpanjang quota sabar + doa biar aman & selamat di jalanan
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

Ivano wrote: Tue Jul 17, 2018 7:40 Inilah kebiasaan dari jalan non toll/arteri.

Tapi kalo truck besar, biasanya nyadar diri kalo masuk toll, lewat lajur kiri/lambat.

Nah, masalahnya banyak driver entry level yg menganggap nyetir di toll sama aja.

Malah karena di toll bayar, mereka anggap bisa lebih semaunya.

Mental inilah yg semoga bisa berubah.
Ya betul.. truck2 AKAP malah etika menyetirnya bagus.. suka ngasih jalan, dan pemahaman flasher lampunya (seign kanan kiri, hazard dkk) bagus..

sayangnya truk dan bis malam ga pernah akur :mky_07:

(Ini based on my experience saya nyetir luarkota ya)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by ginting »

PRBS wrote: Tue Jul 17, 2018 7:32
Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Kalau di jalan antar kota antar propinsi, hal lumrah truk2 besar cruising di lajur kanan (ini bukan jalan toll ya)..

Alasannya ya memang kalau dilajur kiri banyak becak dkk.. tapi as user mobil pribadi.. saya oke2 aja sih selip2 lewat kekiri, kalau kasusny kek gini..
Pengalaman roadtrip sebelum lebaran kemaren.
di lingkar luar Kendal ada truk di jalur kanan jalan lambat. Lalu di kiri ada mobil pribadi juga jalan dengan speed yang sama (lk. 60 kmpj).
Saya di belakang musti gimana ? jalur cuma 2.... [emo-yesno] [emo-yesno]

Ngomong-ngomong soal bus, memang sangat asyik kalau jalan sama bus.
Dia lampu flashernya tertib dan pandai ambil jalur.
Dan berani nyodok...asal masuk kepala...dia berani nyocol sembari berharap orang lain yang ngalah...kita ngintil di belakangnya...yg penting jaga jarak 50 meter, siapa tahu dia ngangkangi lubang gede, kita masih bisa menghindar...
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Pugman »

ginting wrote: Tue Jul 17, 2018 11:21
PRBS wrote: Tue Jul 17, 2018 7:32
Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Kalau di jalan antar kota antar propinsi, hal lumrah truk2 besar cruising di lajur kanan (ini bukan jalan toll ya)..

Alasannya ya memang kalau dilajur kiri banyak becak dkk.. tapi as user mobil pribadi.. saya oke2 aja sih selip2 lewat kekiri, kalau kasusny kek gini..
Pengalaman roadtrip sebelum lebaran kemaren.
di lingkar luar Kendal ada truk di jalur kanan jalan lambat. Lalu di kiri ada mobil pribadi juga jalan dengan speed yang sama (lk. 60 kmpj).
Saya di belakang musti gimana ? jalur cuma 2.... [emo-yesno] [emo-yesno]

Ngomong-ngomong soal bus, memang sangat asyik kalau jalan sama bus.
Dia lampu flashernya tertib dan pandai ambil jalur.
Dan berani nyodok...asal masuk kepala...dia berani nyocol sembari berharap orang lain yang ngalah...kita ngintil di belakangnya...yg penting jaga jarak 50 meter, siapa tahu dia ngangkangi lubang gede, kita masih bisa menghindar...
Di sundul aja mobil pribadinya Om, hehehe...
:mky_01:

Emang kalau luar kota enak di belakang bis yang jalan kencang. Ga usah repot buka jalan dan memang yang penting jaga jarak
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Pugman »

PRBS wrote: Tue Jul 17, 2018 8:38
Ivano wrote: Tue Jul 17, 2018 7:40 Inilah kebiasaan dari jalan non toll/arteri.

Tapi kalo truck besar, biasanya nyadar diri kalo masuk toll, lewat lajur kiri/lambat.

Nah, masalahnya banyak driver entry level yg menganggap nyetir di toll sama aja.

Malah karena di toll bayar, mereka anggap bisa lebih semaunya.

Mental inilah yg semoga bisa berubah.
Ya betul.. truck2 AKAP malah etika menyetirnya bagus.. suka ngasih jalan, dan pemahaman flasher lampunya (seign kanan kiri, hazard dkk) bagus..

sayangnya truk dan bis malam ga pernah akur :mky_07:

(Ini based on my experience saya nyetir luarkota ya)
Setuju Om, kalau truk selain nyetirnya lebih hati2 juga kebanyakan lebih sabar dan kalau jalan non toll 2jalur saya setuju lebih baik truk memang disebelah kanan, karena memang pengendara motor ini suka ga sadar bahaya karena truk bukan hanya susah belok tapi juga susah berhenti.
Saya Kalau lagi mudik, hitungan sebenarnya lebih hemat lewat Pantura tapi daripada punya potensi nyenggol sepeda motor ya akhirnya lewat tol cipali saja.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by PRBS »

ginting wrote: Tue Jul 17, 2018 11:21
PRBS wrote: Tue Jul 17, 2018 7:32
Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Kalau di jalan antar kota antar propinsi, hal lumrah truk2 besar cruising di lajur kanan (ini bukan jalan toll ya)..

Alasannya ya memang kalau dilajur kiri banyak becak dkk.. tapi as user mobil pribadi.. saya oke2 aja sih selip2 lewat kekiri, kalau kasusny kek gini..
Pengalaman roadtrip sebelum lebaran kemaren.
di lingkar luar Kendal ada truk di jalur kanan jalan lambat. Lalu di kiri ada mobil pribadi juga jalan dengan speed yang sama (lk. 60 kmpj).
Saya di belakang musti gimana ? jalur cuma 2.... [emo-yesno] [emo-yesno]

Ngomong-ngomong soal bus, memang sangat asyik kalau jalan sama bus.
Dia lampu flashernya tertib dan pandai ambil jalur.
Dan berani nyodok...asal masuk kepala...dia berani nyocol sembari berharap orang lain yang ngalah...kita ngintil di belakangnya...yg penting jaga jarak 50 meter, siapa tahu dia ngangkangi lubang gede, kita masih bisa menghindar...
Kalau saya pasti bakal nyodok2 si mobil pribadi itu.. well atleast saya klakson2.. minta dia salip truknya atau paling nggak jangaan jejeran sama truk.. karena ya secara “peraturan” (tanda kutip ya), si truk sudah di lajur benar..

pengalaman saya roadtrip, justru sangat bikin kagok kalo si truk gandeng cruising pelan di sisi kiri.. karena suatu saat pas kita salip truk tersebut, mereka bisa tiba2 mepet kekita (mungkin dia menghindari motor yg tiba2 nongol dari gang, dan mau gamau secara dadakan ambil lajur kanan)

Oiya, untuk bis malam.. saya setuju kalo ikut ngeblong dibelakang mereka (bukan ngeblong lawan arus/buka jalan loh y).. saya sangat suka “jogging” bareng safari dharma raya dan rosalia.. somehow, gaya nyetirnya mirip sama saya.. ga ugal2an, tapi tetep cepat.. nyalip2nya pun sopan.
masnanas
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sun May 01, 2016 12:37

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by masnanas »

pengendiesel wrote: Tue Jul 17, 2018 7:12
Simba wrote: Tue Jul 17, 2018 6:34 Kalo di jalur pantura kyknya byk truk2 gedhe jalan pelan disebelah kanan (lonehogger kah?),

setelah tanya sodara yg supir dijawab klo dikiri byk motor,orang,angkot,becak dll jadi kalo lg bawa truk gedhe harus sering2 ngerem ngindarin itu semua plus sein kanan malah bahaya

Jadinya dia sering di lajur kanan meski konsekuensinya klo pas apes ditilang pak pol
Ditilang kenapa om? Apakah truk tidak boleh jalan di jalur kanan?

Tapi emang kalo lagi nyetir luar kota non tol, sebelah kiri banyak banget rintangannya. Bawa mobil kecil aja susah, apalagi truk.
Mana kadang motor2nya pake acara hahahihi satu sama lain, nggak ngurus di belakang ada kendaraan segede apa.
Kalo depan motor kayak gitu enaknya giring bebek, om. Salip dari kanan, samain kecepatan dan pepet ke kiri sama bagian belakang kiri. Pasti pada sumpah serapah. Pernah saya pelanin nungguin motor2 itu, tapi mereka malah jaga jarak. Malah takut mereka.
Tingkah saya juga tidak benar sih. Cuman karena saya di luar jawa jalan antar kotanya satu jalur ya cuma satu lajur. Nyalip musti masuk jalur lawan. Kalo ada yg kayak gitu kan nyebelin banget. Abg tingkahnya sekarang kebalik-balik. Di sekolah jam pelajaran tidur, jam istirahat maen hp, dan di jalanan malah ngobrol :big_dunno:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by levofloxacine »

ngintilin bus luar kota sih mmg enak, tp kalo papasan berlawanan arah pas dianya nyalip itu yg bikin merinding...soalnya bus nganggep arah berlawanan (terutama kendaraan pribadi) pasti ngalah, entah kita sampe nyosor ke bahu jalan... :big_slap:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by sintoni »

levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 1:27 ngintilin bus luar kota sih mmg enak, tp kalo papasan berlawanan arah pas dianya nyalip itu yg bikin merinding...soalnya bus nganggep arah berlawanan (terutama kendaraan pribadi) pasti ngalah, entah kita sampe nyosor ke bahu jalan... :big_slap:
Padahal mereka yang lawan jalur/arus ya om?

Hahahahaha.
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by levofloxacine »

sintoni wrote: Wed Jul 18, 2018 2:33
levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 1:27 ngintilin bus luar kota sih mmg enak, tp kalo papasan berlawanan arah pas dianya nyalip itu yg bikin merinding...soalnya bus nganggep arah berlawanan (terutama kendaraan pribadi) pasti ngalah, entah kita sampe nyosor ke bahu jalan... :big_slap:
Padahal mereka yang lawan jalur/arus ya om?

Hahahahaha.
bener om, ane pernah ampir nyungsep ke kali, gara2 bus luar kota nyalip di tikungan...anjay dah.. :mky_05:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by sintoni »

levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 2:37
sintoni wrote: Wed Jul 18, 2018 2:33
levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 1:27 ngintilin bus luar kota sih mmg enak, tp kalo papasan berlawanan arah pas dianya nyalip itu yg bikin merinding...soalnya bus nganggep arah berlawanan (terutama kendaraan pribadi) pasti ngalah, entah kita sampe nyosor ke bahu jalan... :big_slap:
Padahal mereka yang lawan jalur/arus ya om?

Hahahahaha.
bener om, ane pernah ampir nyungsep ke kali, gara2 bus luar kota nyalip di tikungan...anjay dah.. :mky_05:
Harusnya jangan mau kalah jg om, jadi nanti nyali siapa yg ciut duluan. Hahahahahahahhahahahahaha.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by bero89 »

sintoni wrote:
levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 2:37
sintoni wrote: Wed Jul 18, 2018 2:33 Padahal mereka yang lawan jalur/arus ya om?

Hahahahaha.
bener om, ane pernah ampir nyungsep ke kali, gara2 bus luar kota nyalip di tikungan...anjay dah.. :mky_05:
Harusnya jangan mau kalah jg om, jadi nanti nyali siapa yg ciut duluan. Hahahahahahahhahahahahaha.
Kayak 1 scene film Top Gun 8-)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.

Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by levofloxacine »

pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.

Kalo jalan luar kota, concern utama saya bukan di bus, truk, mobil pribadi dengan pembalap gila di dalamnya....tapi MOTOOOOORRR.
Entah kenapa saya betul2 was2 kalo ada motor di sekitar. Biasanya saya kasih klakson minimal 2x per motor saat akan nyalip.
Jarang yg pake helm, sering zig zag tiba2, tanpa lampu, keluar dari gang tanpa liat kanan kiri.....haiisshh, banyaklak pokoknya. Dan terutama, kalo sampe apes kena kejadian, kita jg yg bonyok.
kalo kepala busnya baru nongol, ane jg ngedim2 mepet kanan om, tp kasusnya di blind corner pas keliatan udh di jalur kita dan ga ada space buat busnya balik lg...gimana tuh? :frm_bang_head:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

levofloxacine wrote: Wed Jul 18, 2018 3:21
kalo kepala busnya baru nongol, ane jg ngedim2 mepet kanan om, tp kasusnya di blind corner pas keliatan udh di jalur kita dan ga ada space buat busnya balik lg...gimana tuh? :frm_bang_head:
Pastikan selalu berdoa sebelum memulai setiap perjalanan? :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Or4cle »

pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 3:11 Kalo saya ketemu bus yg lagi nyalip dari depan dan makan jalan :
1. kurangi kecepatan seperlunya
2. posisikan mobil ke kanan seperlunya
3. kasih dim
4. 90% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang aman
5. 9% bus kembali masuk ke jalurnya dengan jarak yang agak mepet. Tapi karena di nomor 2 posisi saya agak nengah, maka sebelah kiri saya selalu ada space kososng.....tinggal saya yang minggir ke kiri (tidak perlu turun dari jalan)
6. 1% bus minta disleding tekel kepala sopirnya.
Wahhhh ... ini sih kayak poker : Bet or Fold, a little gambling ... :big_dunno:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by pengendiesel »

Or4cle wrote: Wed Jul 18, 2018 4:50
Wahhhh ... ini sih kayak poker : Bet or Fold, a little gambling ... :big_dunno:
Ummm :ungg: mungkin saya yg kurang bisa jelaskan via tulisan spt apa yg sy maksud.

But believe me, I hate gambling, really2 hate it. Especially when my life is on stake.
Saya tipikal driver yang menurunkan level gambling di jalan betul2 ke 0%. Nol koma sekian persen saja saya gak bisa tolerir om :big_smile]

Dan sejauh ini, cara seperti ini yang saya rasakan paling aman dan nyaman saat menghadapi bus. Tentu tiap orang punya caranya sendiri2.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Datsun Go Tabrak Tujuh Guardrail Tol Porong Hingga Tembus ke Dalam, Sopir Meninggal Dunia Penumpang Luka-Luka

Post by Or4cle »

pengendiesel wrote: Wed Jul 18, 2018 5:32
Or4cle wrote: Wed Jul 18, 2018 4:50
Wahhhh ... ini sih kayak poker : Bet or Fold, a little gambling ... :big_dunno:
Ummm :ungg: mungkin saya yg kurang bisa jelaskan via tulisan spt apa yg sy maksud.

But believe me, I hate gambling, really2 hate it. Especially when my life is on stake.
Saya tipikal driver yang menurunkan level gambling di jalan betul2 ke 0%. Nol koma sekian persen saja saya gak bisa tolerir om :big_smile]

Dan sejauh ini, cara seperti ini yang saya rasakan paling aman dan nyaman saat menghadapi bus. Tentu tiap orang punya caranya sendiri2.
Gambling di sini kamsud-nya menebak-nebak response sopir bus tsb (pilih point 4, 5 atau 6) :big_peace: