Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Oms, saya pengguna pajero sport lama, mohon masukannya untuk mengurangi bumpy (terutama di 3rd row) dan bodyroll yg berlebihan (ketika menikung kecepatan agak tinggi)
Ada beberapa masukan yg membuat saya bingung
1. Penambahan stabillizer?
2. Penambahan underbrace?
3. Penggantian spring (lowering kit)?
4. Penggantian shock absorber?
5. Penggantian 22 nya spring dan shock absorber?
Pengennya tidak mengurangi kenyamanan baik di jalan aspal maupun jalan kurang bagus (bukan jln ekstrim)
Dan tidak turun terlalu banyak, max 3 cm an
Dan kalau ada yg musti diganti pake merk apa yg recommended (kalo bisa urut dr yg palong ekonomis [emoji5] [emoji5] [emoji5] )
Thanks b4...
Ada beberapa masukan yg membuat saya bingung
1. Penambahan stabillizer?
2. Penambahan underbrace?
3. Penggantian spring (lowering kit)?
4. Penggantian shock absorber?
5. Penggantian 22 nya spring dan shock absorber?
Pengennya tidak mengurangi kenyamanan baik di jalan aspal maupun jalan kurang bagus (bukan jln ekstrim)
Dan tidak turun terlalu banyak, max 3 cm an
Dan kalau ada yg musti diganti pake merk apa yg recommended (kalo bisa urut dr yg palong ekonomis [emoji5] [emoji5] [emoji5] )
Thanks b4...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Bisa dicoba underbrace dulu om, biar bisa ngingkatin kerigidan sasis.
Terus coba ganti per yang agak keras, ulirnya lebih rapet, tapi otomatis pasti lebih keras sama ceper tapi pasti handling mungkin membaik.
Kalo masih kurang enak lg ya beli shockbreaker. Soalnya kadang kalo ga beli shock, spring yang kira beli ga cocok karakter sama shock asli malah ga enak.
Terus coba ganti per yang agak keras, ulirnya lebih rapet, tapi otomatis pasti lebih keras sama ceper tapi pasti handling mungkin membaik.
Kalo masih kurang enak lg ya beli shockbreaker. Soalnya kadang kalo ga beli shock, spring yang kira beli ga cocok karakter sama shock asli malah ga enak.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Paling murah dan gampang sepertinya stabilizer dan underbrace sih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Iya cbain dulu yg paket under brace sama sway bar aja pak.. kalo masi belom puas juga.. you can't go wrong with coilover hihihi.. handling dpt.. tinggi rendah bisa diatur..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Pakai underbrace katanya jd kerasa kaku keras bgt oms?
Mana lebih keras? Ganti spring atau pakai underbrace?
Nah untuk stabilizer ini seberapa bisa meredam body roll om?
Mana lebih keras? Ganti spring atau pakai underbrace?
Nah untuk stabilizer ini seberapa bisa meredam body roll om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Underbrace ini bukan keras atau gimana, tapi lebih terasa gitu.jiwul wrote: Fri May 25, 2018 3:44 Pakai underbrace katanya jd kerasa kaku keras bgt oms?
Mana lebih keras? Ganti spring atau pakai underbrace?
Nah untuk stabilizer ini seberapa bisa meredam body roll om?
Jadi misal ban kanan kena lobang, penumpang kiri terasa jg.
Dia ga ada pengaruh sama empuk keras suspensi.
Kalo per sih dia pengaruh di bantingan suspensi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Ok.. i see omsintoni wrote:Underbrace ini bukan keras atau gimana, tapi lebih terasa gitu.jiwul wrote: Fri May 25, 2018 3:44 Pakai underbrace katanya jd kerasa kaku keras bgt oms?
Mana lebih keras? Ganti spring atau pakai underbrace?
Nah untuk stabilizer ini seberapa bisa meredam body roll om?
Jadi misal ban kanan kena lobang, penumpang kiri terasa jg.
Dia ga ada pengaruh sama empuk keras suspensi.
Kalo per sih dia pengaruh di bantingan suspensi.
Krn dia ngikat ke 4 tumpuan ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Coilover.... Kalau ada budget nya...
Trial error beli shock 3 kali, biayanya hampir sama ama beli coilover... Karena spect bump & compression dumping dikekepin ama pabrikan/maker... Jadinya cuman, oh kata si A shock no1 ini lebih keras, kata si B shock no 1 lebih empuk... Balik lagi selera masing2 beda, kita bingung...
Kalau saya, krn budget terbatas, ganti per duluan... Penanbahan spring rate 50 - 100 kgf/mm bisa ngurangi bodyroll and nosedive...
Kalau potong per, sih gak rekommend kecuali dah tahu hitungan nya...
Trial error beli shock 3 kali, biayanya hampir sama ama beli coilover... Karena spect bump & compression dumping dikekepin ama pabrikan/maker... Jadinya cuman, oh kata si A shock no1 ini lebih keras, kata si B shock no 1 lebih empuk... Balik lagi selera masing2 beda, kita bingung...
Kalau saya, krn budget terbatas, ganti per duluan... Penanbahan spring rate 50 - 100 kgf/mm bisa ngurangi bodyroll and nosedive...
Kalau potong per, sih gak rekommend kecuali dah tahu hitungan nya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Coilover yg biasa ada untuk pajero saya lihat hanya tein, atau ada yg lain om?paidjho wrote:Coilover.... Kalau ada budget nya...
Trial error beli shock 3 kali, biayanya hampir sama ama beli coilover... Karena spect bump & compression dumping dikekepin ama pabrikan/maker... Jadinya cuman, oh kata si A shock no1 ini lebih keras, kata si B shock no 1 lebih empuk... Balik lagi selera masing2 beda, kita bingung...
Kalau saya, krn budget terbatas, ganti per duluan... Penanbahan spring rate 50 - 100 kgf/mm bisa ngurangi bodyroll and nosedive...
Kalau potong per, sih gak rekommend kecuali dah tahu hitungan nya...
Yg lebih bagus atau lebih murah yg recommended
Untuk pengantian spring aja bagaimana om, ada rekomendasi pake tein atau eibach?
Ada yg merekomendasikan kombinasi eibach sama OME?
Gimana dibandingkan sama coilover tein? Krn ada temen pake tein testimoninya terasa keras
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Seriously, ini jawaban paling bener. Saya juga mantan pengguna pajero sport exceed lama. Keluhan nya juga di suspension yang keras dan kalo lewat jalan tidak rata, jadi guncang2 kanan kiri kanan kiri gitu.walid_007 wrote:Ganti bpkb
...![]()
![]()
Akhirnya ganti BPKB jadi T32, nyaman banget dah...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Hahaha... kalo keras sih enggak menurut saya... tapi bumpy bgt yg belakang, sama body roll terasa bgt ngebanting (sebelum2nya bawa mobil rendah yg menurut saya terasa lebih keras)...
Kebetulan di kantor saya pake portunah lebih nyaman dr pajero, tapi diluar nyaman itu, semua kelebihan ada di pajero menurut saya [emoji16]
Kebetulan di kantor saya pake portunah lebih nyaman dr pajero, tapi diluar nyaman itu, semua kelebihan ada di pajero menurut saya [emoji16]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
saran pertama ganjel per pake karet damper. kalau masih kurang juga baru ganti shock
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
apakah kondisi sok dan kaki2 sekarang fit? bisa jadi karena sudah lama jadi ada yang sudah waktunya diganti, seperti hal sepele saja: karet bushing sok keras, tapi soknya belum bocor, atau bushing front stabilizer sudah pecah, karet2 ball joint dsb.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Sepertinya masih bagus... kebetulan km jg baru 24rba..jalan sehari2 jg jalan baguskunaskun wrote:apakah kondisi sok dan kaki2 sekarang fit? bisa jadi karena sudah lama jadi ada yang sudah waktunya diganti, seperti hal sepele saja: karet bushing sok keras, tapi soknya belum bocor, atau bushing front stabilizer sudah pecah, karet2 ball joint dsb.
Sepertinya memng bawaannya OPS begiru.. kalo kerasnya sih pas... cuma body roll nya krn mobil segedhe gambreng gitu jd berasa bgt, saya search jg shock bawaan nya ternyata kecil
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Sodara saya ada dakar 2012 om. Kata dia kalo std pabrik, OPS itu rada nungging ke depan dan keluhan nya nyebabin "ngeleyang" waktu jalan kenceng di tol. Trs waktu ngerem, kalo dakar agak mending tapi kalo yg exceed ngloyor rem nya. Sodara saya buat ngakalin ngeleyang itu caranya ganti shock/per nya ke H&R (saya lupa h and r itu shock ato per). Hasilnya depan belakang jd agak ceper tp ndak nungging sama jauh lbh stabil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Pasang airsuspension 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
H&R spring mungkin ya om?erwinign wrote:Sodara saya ada dakar 2012 om. Kata dia kalo std pabrik, OPS itu rada nungging ke depan dan keluhan nya nyebabin "ngeleyang" waktu jalan kenceng di tol. Trs waktu ngerem, kalo dakar agak mending tapi kalo yg exceed ngloyor rem nya. Sodara saya buat ngakalin ngeleyang itu caranya ganti shock/per nya ke H&R (saya lupa h and r itu shock ato per). Hasilnya depan belakang jd agak ceper tp ndak nungging sama jauh lbh stabil
OME memang katanya yg recommendedSenargitar wrote:Pasang airsuspension
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
mau ga body roll, solusinya ganti springs pake aftermarket merk HnR, Tein atau Eibach.
kalau setelah ganti springs terasa kurang nyaman (mantul2 ketika dijalanan keriting), artinya shock absorbernya engga kuat untuk handle aftermarket spring yg lebih keras. harus upgrade s/a, biasanya pake merk ome.
kalau setelah ganti springs terasa kurang nyaman (mantul2 ketika dijalanan keriting), artinya shock absorbernya engga kuat untuk handle aftermarket spring yg lebih keras. harus upgrade s/a, biasanya pake merk ome.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1401
- Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Saran ane ganti aja bannya yg 265/65 r17 pake punya captiva 235/60 r17. Exceed ane ntar kalau ganti ban bakal pake ukuran itu.
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Dulu sempat pakai pajero sport.
Paling gampang ganti eibach lowering springs, turun 2.5-3cm aja.
Dijamin stabil lari 185KM/H. Tikungan juga lebih ok.
Kalau mau tambah stabil ya beli underbracing lg. Tp buat saya cukup. H&R juga barang bagus tuh. Shock standard mainnya cukup banyak, jd ga diganti.
Paling gampang ganti eibach lowering springs, turun 2.5-3cm aja.
Dijamin stabil lari 185KM/H. Tikungan juga lebih ok.
Kalau mau tambah stabil ya beli underbracing lg. Tp buat saya cukup. H&R juga barang bagus tuh. Shock standard mainnya cukup banyak, jd ga diganti.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Sip om... diantara ke 3 itu, mana yg ditengah2 skala keras empuk nya?lamatlancah wrote:mau ga body roll, solusinya ganti springs pake aftermarket merk HnR, Tein atau Eibach.
kalau setelah ganti springs terasa kurang nyaman (mantul2 ketika dijalanan keriting), artinya shock absorbernya engga kuat untuk handle aftermarket spring yg lebih keras. harus upgrade s/a, biasanya pake merk ome.
Waduh kekecilan gak enak dilihat omsmgandi wrote:Saran ane ganti aja bannya yg 265/65 r17 pake punya captiva 235/60 r17. Exceed ane ntar kalau ganti ban bakal pake ukuran itu.
Yg prokit ya om?vp920b wrote:Dulu sempat pakai pajero sport.
Paling gampang ganti eibach lowering springs, turun 2.5-3cm aja.
Dijamin stabil lari 185KM/H. Tikungan juga lebih ok.
Kalau mau tambah stabil ya beli underbracing lg. Tp buat saya cukup. H&R juga barang bagus tuh. Shock standard mainnya cukup banyak, jd ga diganti.
Shock bawaannya gak diganti gak masalah ya?
Thanks advicenya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
mungkin HnR.jiwul wrote: Sun May 27, 2018 9:39Sip om... diantara ke 3 itu, mana yg ditengah2 skala keras empuk nya?lamatlancah wrote:mau ga body roll, solusinya ganti springs pake aftermarket merk HnR, Tein atau Eibach.
kalau setelah ganti springs terasa kurang nyaman (mantul2 ketika dijalanan keriting), artinya shock absorbernya engga kuat untuk handle aftermarket spring yg lebih keras. harus upgrade s/a, biasanya pake merk ome.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Shock tidak ganti, mobil masih baru.
Jd selama shock bagus ya gpp
Jd selama shock bagus ya gpp
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Mengurangi bumpy dan body roll berlebihan Old Pajero Sport
Banyak kok coilover, hotbits, profender, ohlins, dll. Mau 2-3-4 way adjustable jg ada, slow speed dan high speed dumping bisa di set, sesuaikan budget aja. Saran sih, cari yg kombinasi spring rate nya banyak jd bisa diganti sesuai ama preference. Dan biasanya support bisa pake oem.jiwul wrote:Coilover yg biasa ada untuk pajero saya lihat hanya tein, atau ada yg lain om?paidjho wrote:Coilover.... Kalau ada budget nya...
Trial error beli shock 3 kali, biayanya hampir sama ama beli coilover... Karena spect bump & compression dumping dikekepin ama pabrikan/maker... Jadinya cuman, oh kata si A shock no1 ini lebih keras, kata si B shock no 1 lebih empuk... Balik lagi selera masing2 beda, kita bingung...
Kalau saya, krn budget terbatas, ganti per duluan... Penanbahan spring rate 50 - 100 kgf/mm bisa ngurangi bodyroll and nosedive...
Kalau potong per, sih gak rekommend kecuali dah tahu hitungan nya...
Yg lebih bagus atau lebih murah yg recommended
Untuk pengantian spring aja bagaimana om, ada rekomendasi pake tein atau eibach?
Ada yg merekomendasikan kombinasi eibach sama OME?
Gimana dibandingkan sama coilover tein? Krn ada temen pake tein testimoninya terasa keras
Kalau mau ganti spring saja, saya suka eibach. Progressive spring, seperti 2 spring rate, tp kalau load besar, ya jd single spring rate.
Kalau masih terlalu empuk, baru upgrade shock.
Paling enak ya test punya temen yg dah upgrade...
[emoji16] [emoji16] [emoji16]