Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Tadi sore saya dpt pengalaman yg lumayan menegangkan... Intinya sy menemukan blunder atau apa istilahnya pada new Terios (mestinya Rush juga). Kombinasi dari pilar A dan posisi spion menurut sy sangat mengganggu dan menciptakan bnyk blindspot.
1. Apakah tmn2 disini ada yg pny pengalaman kurang menyenangkan yg berkaitan dengan blindspot?
2. Saran ketika berkendara pada mobil yg memiliki banyak blindspot
Ikut sharing om, ini saya alamin pas pindah dari biasa nyupir jazz gk5 yg minim blindspot ke mazda 2 skyactiv yg blindspotnya lumayan terutama depan krn moncongnya panjang. Selama ini sih kuncinya practice makes perfect, semakin sering nyupir mobilnya semakin dapet feeling di titik2 blind spot.
adrevolution wrote: Fri May 18, 2018 12:26
Ikut sharing om, ini saya alamin pas pindah dari biasa nyupir jazz gk5 yg minim blindspot ke mazda 2 skyactiv yg blindspotnya lumayan terutama depan krn moncongnya panjang. Selama ini sih kuncinya practice makes perfect, semakin sering nyupir mobilnya semakin dapet feeling di titik2 blind spot.
Mengenai GK5 mnrt sy blindspot minim bgt. Sepertinya Honda bnr2 perhitungan dr kaca segitiga dekat pilar dan posisi spion yg rendah.
yudhisuwandono wrote: Fri May 18, 2018 12:42
Kl pengalaman, blindspot terasa bgt saat lewat jalan berkelok spt puncak ato nagreg. Aplg kl malam. Sy suka buka kaca setengah.
adrevolution wrote: Fri May 18, 2018 12:26
Ikut sharing om, ini saya alamin pas pindah dari biasa nyupir jazz gk5 yg minim blindspot ke mazda 2 skyactiv yg blindspotnya lumayan terutama depan krn moncongnya panjang. Selama ini sih kuncinya practice makes perfect, semakin sering nyupir mobilnya semakin dapet feeling di titik2 blind spot.
Mengenai GK5 mnrt sy blindspot minim bgt. Sepertinya Honda bnr2 perhitungan dr kaca segitiga dekat pilar dan posisi spion yg rendah.
Yes... one of the easiest car to drive even dibanding pendahulunya gd3 dan ge8, cocok utk yg baru bisa nyetir. Tapi gak semua honda begitu sih, contohnya CR-V RM blind spotnya gede.
larakifulgura wrote: Fri May 18, 2018 11:59
Malam SM,
Tadi sore saya dpt pengalaman yg lumayan menegangkan... Intinya sy menemukan blunder atau apa istilahnya pada new Terios (mestinya Rush juga). Kombinasi dari pilar A dan posisi spion menurut sy sangat mengganggu dan menciptakan bnyk blindspot.
1. Apakah tmn2 disini ada yg pny pengalaman kurang menyenangkan yg berkaitan dengan blindspot?
2. Saran ketika berkendara pada mobil yg memiliki banyak blindspot
Mobil-mobil yang punya pilar A tebal umumnya memang punya blind spot lebih besar. Pilar A tebal biasanya dijumpai pada mobil dengan kaca depan landai yang panjang.
Memang agak rumit, untuk mendapatkan Coeficient of Drag yang baik, windscreen dibuat landai dan mengalir, namun strukturnya juga perlu penguatan makanya diberi tambahan tiang vertikal dipilar A ini, agar tetap mampu menahan benturan ketika tabrak depan.
Efeknya paling terasa memang saat memasuki tikungan, yang mungkin dilakukan ialah merubah-ubah posisi duduk lebih maju/tegak jika menghadapi trek menikung di jalan sempit atau pegunungan.
Last edited by Pugman on Fri May 18, 2018 13:46, edited 1 time in total.
Terios bukan nya ada camera 360 ya? Pakai aja camera 360 nya, lumayan membantu koq. Cuma entah bisa lihat kamera kiri aja atau tidak, kalo di T32 bisa lihat kiri aja, jadi mengatasi blind spot di sebelah kiri.
Sepakat sama di atas ane. Ane lama bawa SX4 lama yg pilar A nya gede banget. Solusi ya emanc harus rajin melongok atau duduk mencondong agak ke depan smp kepala hampir kena windscreen. Tapi ini cuma pas di tikungan aja sih
ngatasin blind spot? bisa pasang cermin cembung kecil di spion untuk ngatasin blind spot belakang.
untuk sisi depan dan samping, jangan ragu untuk maju menjauhkan punggung dari sandaran tempat duduk untuk melihat situasi sekitar dengan menoleh, jangan cuma melirik.
jangan sok jago atau gengsi sambil nyender seperti abege baru belajar nyetir.
itu kalau saya, entah dengan yang lain.
idlamahilang wrote:Yang paling ane takutin dari blindspot ialah anak kecil yang gak keliatan kalau lagi jalan melintas di dekat mobil ane. Apalagi mobil ane bukan sedan.
Solusinya harus rajin melongok, jangan cuma lirik2 saja.
Saya juga begini kalo mobil berpilar gede. Kalo berkelak kelok malah kalo mau masuk tikungan majuin kepala liat lewat kaca depan atau cuma geser ke samping biar ga ketutup pilar. Yang penting sampe bisa liat aja.
saya juga ngalamin ini di fortuner 2007, agak repot kalo mau belok2 apalagi di daerah pegunungan. Pernah waktu itu ke lembang pake fortuner agak pegel juga karena harus agak majuin badan ke depan biar bisa leluasa liat tikungan2 nya, yg bahaya nya suka ada motor dari lawan arah nyalip2 keluar jalur dikit, kalo kita ga hati2 bisa kena
idlamahilang wrote: Fri May 18, 2018 14:50
Yang paling ane takutin dari blindspot ialah anak kecil yang gak keliatan kalau lagi jalan melintas di dekat mobil ane. Apalagi mobil ane bukan sedan.
Solusinya harus rajin melongok, jangan cuma lirik2 saja.
setuju bgt
apalagi kalau pake jeep lifted dengan 35in tire, wadooww kl pas di stopan lampu merah lalu banyak anak2 jalanan, ga keliatan mereka.
Biasanya kalo kita nyetir mobil yang selalu sama, akan melatih feeling kita. Saya biasa bawa mobil relatif besar (ANPS) awalnya ya kagok karena biasa bawa Innova, tapi lama lama feelnya dapat juga. Malah saya agak terganggu ya sama kebanyakan sensor, kalo udah jalan biasanya saya matikan saja, soalnya di lampu merah jadi berisik kalo ada motor deket deket.
adrevolution wrote: Fri May 18, 2018 12:26
Ikut sharing om, ini saya alamin pas pindah dari biasa nyupir jazz gk5 yg minim blindspot ke mazda 2 skyactiv yg blindspotnya lumayan terutama depan krn moncongnya panjang. Selama ini sih kuncinya practice makes perfect, semakin sering nyupir mobilnya semakin dapet feeling di titik2 blind spot.
Mengenai GK5 mnrt sy blindspot minim bgt. Sepertinya Honda bnr2 perhitungan dr kaca segitiga dekat pilar dan posisi spion yg rendah.
Yes... one of the easiest car to drive even dibanding pendahulunya gd3 dan ge8, cocok utk yg baru bisa nyetir. Tapi gak semua honda begitu sih, contohnya CR-V RM blind spotnya gede.
Setuju GK5 minim blind spot. bahkan lio jg enak view angle nya.
RM udah gede blind spot nya ya, Crv RW lebih gede lg om, buset tuh bagian depan kiri kanan nya bener2 ga keliatan wkwkw desain hood nya bener2 wkwkw. tapi keren sih emang design nya
osbertc0ol wrote: Fri May 18, 2018 16:45
Setuju GK5 minim blind spot. bahkan lio jg enak view angle nya.
RM udah gede blind spot nya ya, Crv RW lebih gede lg om, buset tuh bagian depan kiri kanan nya bener2 ga keliatan wkwkw desain hood nya bener2 wkwkw. tapi keren sih emang design nya
Uhm.. Klo lio ane rasa blind spot di pilar A masih lumayan om.
Pernah pas di pertigaan, kondisi sore (sinar matahari sore dr depan) ada motor arah jam 1 mau nyelonong, dan ane ga liat. Untung aja bini di sebelah liat dan ngingetin. Untung jg ane rem, motor jg rem. Jadi ga ada insiden deh.
Apa posisi mengemudi ane yg terlalu rileks apa ya?
Atau lantaran mata terekspose sinar senja, sehingga membuat obyek motor itu seakan tidak terlihat?
marmut wrote: Fri May 18, 2018 15:21
ngatasin blind spot? bisa pasang cermin cembung kecil di spion untuk ngatasin blind spot belakang.
untuk sisi depan dan samping, jangan ragu untuk maju menjauhkan punggung dari sandaran tempat duduk untuk melihat situasi sekitar dengan menoleh, jangan cuma melirik.
jangan sok jago atau gengsi sambil nyender seperti abege baru belajar nyetir.
itu kalau saya, entah dengan yang lain.
+1
blind spot itu bisa diatasi dengan melihat bukan dengan kebiasaan nyetir mobil nya. imho
Klo bawa Hyundai SantaFe blindspot itu udah kayak temen baik... It's literally everywhere. Mundur gede, belok gede juga. Flaw designnya parah. Yang merepotkan yang model begini, blindspot karena desain mobil.
Biasa saya ya ngalahi, tolah toleh badan agak maju pastiin gak ada objek di titik blindspot.
Masih belum terbiasa sih, cuma untungnya ya belum pernah kenapa-napa juga.
Pengalaman saya untuk mengurangi resiko efek blindspot pilar A yaitu :
- bisa dengan menurunkan % kaca film jendela pintu depan. Jangan terlalu gelap.
- kemudian jangan malas mengubah posisi badan pada saat manuver di jalan berkelok.
Buat om TS, majuin badan sih mau gamau memang ndak ada pilihan buat lirik kanan-kiri.
ZEXELGRIFONE wrote: Sat May 19, 2018 6:20
Uhm.. Klo lio ane rasa blind spot di pilar A masih lumayan om.
Pernah pas di pertigaan, kondisi sore (sinar matahari sore dr depan) ada motor arah jam 1 mau nyelonong, dan ane ga liat. Untung aja bini di sebelah liat dan ngingetin. Untung jg ane rem, motor jg rem. Jadi ga ada insiden deh.
Apa posisi mengemudi ane yg terlalu rileks apa ya?
Atau lantaran mata terekspose sinar senja, sehingga membuat obyek motor itu seakan tidak terlihat?
Tapi overall nyetir lio enak sih
Harusnya sih mobilio enak sih ya viewing angle-nya.
Ogut 4 tahun pake lio ga pernah kejadian macem nyetir x-trail T32 yg bolak balik penumpang kiri nyeloteh sebagai berikut:
Saya agak bermasalah dengan pilar A sisi driver T32 untuk kombinasi malam hari + keluar dari gang kecil + motor yang ga nyalain lampu atau lampunya redup.