malam om om master SM.
saya numpang tanya mengenai mobil saya bertipe kijang kapsul solar 2001..
kondisi : ketot baru,aki baru dan lampu utama gnti yg 100W
permasalahan saya ialah :ketika malam hari dengan full beban AC,TAPE dan lampu,terkadang ketika kompresor Ac sedang muter otomatis putaran mesin naik,nah ketika muter lampu dan kipas AC terang..tpi ketika kompresor AC mati (putaran mesin menurun) lampu dan kipas ac meredup..maksud saya di kasus ini ada ketidak stabilan arus listrik nya om ketika putaran mesin naik dan idle..padahal ketot baru dan aki baru 55Am..
saya cek ketika idle tanpa beban volt nya 14.2..sedangkan full beban tanpa gas dapat nya 12.8..pas full beban di RPM 2000an ada di 13.5 volt ..
atau ada masalah di kijang diesel saya kah ?karna sebelum nya tidak pernah begini (wkt itu aki yg NS70)..
atau ada alat stabilizer aki supaya tidak drop..
itu aja om pertanyaan saya,maap agak kacau dan belepotan..
salam 1 aspal
voltase tidak stabil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: voltase tidak stabil
umumnya alternator yang masih konvensional atau cut-out luar ya seperti ini. kalau mau lebih joss boleh ganti alternator yang IC regulatornya sudah internal.
coba diperhatikan semua sambungan kabel, mulai dari :
1. kepala aki
2. terminal kabel aki yang nempel langsung ke aki dan ke tujuan (dinamo starter dan body)
3. kabel-kabel negatif
4. soket sambungan
soket / sambungan yang kendor atau kurang kuat bisa jadi penyebab.
semoga membantu.
coba diperhatikan semua sambungan kabel, mulai dari :
1. kepala aki
2. terminal kabel aki yang nempel langsung ke aki dan ke tujuan (dinamo starter dan body)
3. kabel-kabel negatif
4. soket sambungan
soket / sambungan yang kendor atau kurang kuat bisa jadi penyebab.
semoga membantu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: voltase tidak stabil
Cek / tambah kabel massa/ground
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47
Re: voltase tidak stabil
Selama aki enggak tekor sebenarnya gak masalah. Tapi ya gak enak aja dilihatnya. Pasti kalau ngidupin sein lampu juga ikut kedip. Coba lampu depan pasang relay, trus tambahin groundnya, narik kabel langsung dari (-) lampu ke (-) aki. Lampu belakang juga gitu, (-) narik kabel lagi langsung ke aki. Blower AC dan tape juga ditambah kabel groundnya.
Dulu carry saya juga gitu, didiemin aja gak masalah, bahkan aki kuat sampai 4 tahun. Hahaha
Dulu carry saya juga gitu, didiemin aja gak masalah, bahkan aki kuat sampai 4 tahun. Hahaha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: voltase tidak stabil
Cb bantu y om...
Yg pertama aki std kijang kapsul diesel itu tipe NS 70 12v 65 ah, bukan aki 55 ah. Tp ini ngg ad pengaruhnya ama kasusnya om ts, lbh k staternya yg bakal cpt berat..
Yg k 2, bs coba pasang kabel tambahan dr terminal "B" d alternator langsung d by pass ke positif aki. Ingat harus k positif aki jng negatif.
Ini biasanya sy pakai utk mengakali kabel terminal "B" yg udah kemakan umur. Jd ibarat pipa air yg sudah lama, makin lama dalemnya sudah kotor. Begitu ad beban puncak arus yg mengalir udah ngg 100% lg. Alias nilai resistan kabelnya sudah besar. Kl d ganti aga rumit + mahal. Tp syaratnya kabel yg d pakai harus berserabut yg bagus. Biar gampang bs pakai kabel yg biasa d pakai utk kabel stroom power amplifier ukuran 8 awg. Kl sy pribadi suka pakai kebel merk sinar ukuran av 3-5.
Cara ini bs d pakai dg syarat alternator & cut out dlm kondisi normal. Tp kl d liat dr cerita om ts, seperti alternator & cut out mobil om ts dlm kondisi bagus...
Cmiiw
Yg pertama aki std kijang kapsul diesel itu tipe NS 70 12v 65 ah, bukan aki 55 ah. Tp ini ngg ad pengaruhnya ama kasusnya om ts, lbh k staternya yg bakal cpt berat..
Yg k 2, bs coba pasang kabel tambahan dr terminal "B" d alternator langsung d by pass ke positif aki. Ingat harus k positif aki jng negatif.
Ini biasanya sy pakai utk mengakali kabel terminal "B" yg udah kemakan umur. Jd ibarat pipa air yg sudah lama, makin lama dalemnya sudah kotor. Begitu ad beban puncak arus yg mengalir udah ngg 100% lg. Alias nilai resistan kabelnya sudah besar. Kl d ganti aga rumit + mahal. Tp syaratnya kabel yg d pakai harus berserabut yg bagus. Biar gampang bs pakai kabel yg biasa d pakai utk kabel stroom power amplifier ukuran 8 awg. Kl sy pribadi suka pakai kebel merk sinar ukuran av 3-5.
Cara ini bs d pakai dg syarat alternator & cut out dlm kondisi normal. Tp kl d liat dr cerita om ts, seperti alternator & cut out mobil om ts dlm kondisi bagus...
Cmiiw