Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Sesuai judul, penasaran aja, kira2 apa alasan orang2 di kota besar yg udah banyak transportasi umum termasuk taxi online beli mobil. Kalau itu adalah mobil hobby seperti mobil sport atau mobil klasik sih saya rasa wajar. Tapi yg g saya maksud mobil ini mobil biasa2 yg sangat umum aja terutama kategori2 low cost atau low apalah, tapi sangat jarang dipakai. Bahkan service berkala hanya setahun atau per 6 bulan sekali alias sudah tidak mengikuti aturan kilometer karena saking tidak sampai sekian kilometer penggunaannya. Bukankah juga biaya punya mobil di kota besar termasuk tinggi dari sisi parkir, tilang, biaya kecelakaan ringan karena sering senggolan, depresiasi serta tidak praktis karena macet.
Cuman penasaran dgn alasannya, bukan bermaksud memaksa orang tidak usah punya mobil, karena saya tau itu uang dia terserah mau dipakai untuk apa.
Cuman penasaran dgn alasannya, bukan bermaksud memaksa orang tidak usah punya mobil, karena saya tau itu uang dia terserah mau dipakai untuk apa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Ya karena gengsi lah. Gengsi org indo dilawan....hehehhe
Eh pertamax....
Eh pertamax....
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Kalo saya beli mobil jarang dipakai (hanya weekend) krn
1. Tidak sanggup dengan kemacetan Jakarta jika ke kantor dengan mobil, disamping itu juga sering sakit perut dadakan, takut kebelet di kemacetan. Mobil uda 2,5 tahun tapi cuma 19.3xx km
2. Masih perlu mobil karena transportasi umum belum memadai.
3. Lebih suka setir sendiri daripada disetirin supir taksi.
4. Gengsi dunk ga punya mobil hari gini wkwkwkwkw....
1. Tidak sanggup dengan kemacetan Jakarta jika ke kantor dengan mobil, disamping itu juga sering sakit perut dadakan, takut kebelet di kemacetan. Mobil uda 2,5 tahun tapi cuma 19.3xx km
2. Masih perlu mobil karena transportasi umum belum memadai.
3. Lebih suka setir sendiri daripada disetirin supir taksi.
4. Gengsi dunk ga punya mobil hari gini wkwkwkwkw....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
1. Utk keadaan darurat (istri tiba2 melahirkan, dll)
2. Utk sesekali pergi kondangan, wisuda dll yg ribet kalo naek mobil umum
3. Utk ajak jalan2 famili jika ada yg datang dari luar kota
4. Utk sesekali pergi ke luar kota, mudik dll
2. Utk sesekali pergi kondangan, wisuda dll yg ribet kalo naek mobil umum
3. Utk ajak jalan2 famili jika ada yg datang dari luar kota
4. Utk sesekali pergi ke luar kota, mudik dll
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Ya bisa aja cop kantor kalo ga diambil rugi, tp mau dipake males... 
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed May 27, 2015 15:56
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Kalo saya liat hampir 90 % dr teman saya karna gengsi padahal belinya aja kredit yg kalo lg sepi overtime pada uring-uringan dan kebanyakan tu mobil ngejogrok di rumah.
Kadang iseng nanya2 setaun dapet berapa km? Dibawah 5000 km
Kadang iseng nanya2 setaun dapet berapa km? Dibawah 5000 km
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
saya hari hari pake transportasi publik, mobil dipake buat keperluan rutinitas ibu rumah tangga dan anak anaknya karena ga bisa dan ga berani bawa motor ke jalan raya, dipakai weekend juga buat jalan sekeluarga.. udah mau 5 tahun kilometer masih 27.000an 
sering juga karena malas macet macetan kita pakai taksi online.. useless tapi berguna

sering juga karena malas macet macetan kita pakai taksi online.. useless tapi berguna
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Kalau mobilitas dan arah perjalanan masing2 anggota keluarga dalam 1 rumah beda2 ditambah lagi kalau semua tipenya suka nyetir sendiri & gak bisa/ gak mau/ gak suka bawa motor, menyebabkan dalam 1 rumah bisa ada masing2 ada mobil buat bapak, ibu, anak ke satu, anak kedua, dst
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
haha, orang pada jawab gengsi ya.
banyak faktor lah, kadang pengamatan ane kebanyakan orang yang jawab gengsi biasanya justru kalangan menengah keatas yang rumahnya di tengah kota atau strategis di jalur angkutan umum.
atau mungkin juga pada belum berkeluarga, jadi belum ngerasain gimana istri sampean harus sibuk jemput sana sini di seluruh penjuru kota yang beda2 tempatnya.
yes, jaman skrg ada gocar atau gojek udah bisa meminimalisir kebutuhan kemana2 sih, tapi tetep aja kalau bisa punya mobil sendiri itu lebih fleksibel lagi penggunaannya. hemat waktu juga. kalo pesen gocar, minimal masih nunggu gocarnya dateng kan.
apalagi kalo rumahnya di pinggiran kota yang masuk2, tambah urgent punya mobil.
hal kedua, bagi kebanyakan orang punya mobil bukan keputusan finansial (jarang ngitung depresiasi, biaya servis dll) tapi lebih sentimental. Mobil itu ibarat rumah yang bisa jadi milestone seseorang, ya mungkin di faktor ini gengsi juga bisa dimasukin.
banyak faktor lah, kadang pengamatan ane kebanyakan orang yang jawab gengsi biasanya justru kalangan menengah keatas yang rumahnya di tengah kota atau strategis di jalur angkutan umum.
atau mungkin juga pada belum berkeluarga, jadi belum ngerasain gimana istri sampean harus sibuk jemput sana sini di seluruh penjuru kota yang beda2 tempatnya.
yes, jaman skrg ada gocar atau gojek udah bisa meminimalisir kebutuhan kemana2 sih, tapi tetep aja kalau bisa punya mobil sendiri itu lebih fleksibel lagi penggunaannya. hemat waktu juga. kalo pesen gocar, minimal masih nunggu gocarnya dateng kan.
apalagi kalo rumahnya di pinggiran kota yang masuk2, tambah urgent punya mobil.
hal kedua, bagi kebanyakan orang punya mobil bukan keputusan finansial (jarang ngitung depresiasi, biaya servis dll) tapi lebih sentimental. Mobil itu ibarat rumah yang bisa jadi milestone seseorang, ya mungkin di faktor ini gengsi juga bisa dimasukin.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Kalo saya pribadi merasa kadang lbh ribet pake kndraan umum. Misalnya saya di jogja mau kondangan ke solo harus antre tiket pramex pagi2 d stasiun, itupun kalo dapet.blm kalo pas bwa ortu ntar kasian capek nunggu beli tiket juga,dan di solo kudu cari kndraan umum lagi. Pulang jg ga bisa bebas krn hrs kejar kereta jg. Kalo pake mobil pribadi mah bebas mau berangkat jam brp pulang jam brp.
Mungkin pada beli mobil buat njagani ndilalah ada yg mendadak, ex istri melahirkan,ada yg sakit, ato biar ga kepanasan pas ujan dan ga keujanan pas panas
Mungkin pada beli mobil buat njagani ndilalah ada yg mendadak, ex istri melahirkan,ada yg sakit, ato biar ga kepanasan pas ujan dan ga keujanan pas panas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
saya lebih bingung dengan orang yang gak punya garasi tapi beli mobil

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
- Daily Vehicle: D2D - XLD25
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
lebih bingung lagi ada garasi, punya mobil, tapi ga dimasukin garasi, jarang dipakai lagi .[emoji848]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Masa kemana2 harus pake taxi online
Ada2 aja
Ada2 aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakaid
1. COP kalo ngga dijadiin mobil, sayang banget. Sayang banget krn dgn ambil COP & jual mobil lama, dpt cash trs buat diputerin lagi.
2. Di kota besar banyak berasal dr kampung, yg butuh angkutan muat banyak buat pulang kampung.
2. Di kota besar banyak berasal dr kampung, yg butuh angkutan muat banyak buat pulang kampung.
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Tetangga saya rumahnya 1 carport 1 garasi, mobilnya:martinnn wrote: Sun May 13, 2018 11:29 saya lebih bingung dengan orang yang gak punya garasi tapi beli mobil
1. Maserati Gran Turismo
2. BMW 328i
3. Lexus RX 350
4. Mercedes Benz E 250
5. Honda Oddysey


Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Saya di rumah ada lmpv (tapi ga sejuta umat) dan jarang dipake, setaun bisa ga sampe 10k. Kenapa? Karena buat keadaan darurat misalkan mbl utama lagi dipake, buat ke acara tertentu kayak undangan atopun belanja pas mbl utama gada.
Mbl umum ga praktis buat saya even taxol or ojol (mesti order n nunggu, blm kalo di cancel sama si driver) karena bukan mbl sndri, gabisa juga buat belanja bulanan juga.
Mbl umum ga praktis buat saya even taxol or ojol (mesti order n nunggu, blm kalo di cancel sama si driver) karena bukan mbl sndri, gabisa juga buat belanja bulanan juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Alasan saya.. karna kepengen aja..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- SM Specialist
- Posts: 16672
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Karena orang merasa pake public transport di Indo itu gak praktis.
Taxol menurut saya hanyalah bersifat pendukung (complementary) dari sistem yang udah ada. Kalo sistemnya kacrut, naik taxol jd ngga efektif juga. Mobility di Indonesia itu salah satu problem terpelik...
Mana ada sih yang betah macet-macetan tiap jam pulang pergi kerja? Tp mereka harus, krn akses ke kantornya ngga bisa diraih dengan jalan/public transport. Tuntutan punya motor, lalu upgrade ke mobil demi kenyamanan itu jadi tinggi gara2 ini.
Di negara maju sendiri sbnrnya juga tetep banyak yang pake mobil pribadi... Tp biasanya lebih ke long trip ke pedesaan / non urban. Di kotanya lbh prefer pakai public transport mereka.
Taxol menurut saya hanyalah bersifat pendukung (complementary) dari sistem yang udah ada. Kalo sistemnya kacrut, naik taxol jd ngga efektif juga. Mobility di Indonesia itu salah satu problem terpelik...
Mana ada sih yang betah macet-macetan tiap jam pulang pergi kerja? Tp mereka harus, krn akses ke kantornya ngga bisa diraih dengan jalan/public transport. Tuntutan punya motor, lalu upgrade ke mobil demi kenyamanan itu jadi tinggi gara2 ini.
Di negara maju sendiri sbnrnya juga tetep banyak yang pake mobil pribadi... Tp biasanya lebih ke long trip ke pedesaan / non urban. Di kotanya lbh prefer pakai public transport mereka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
menurut saya si biasanya hanya dipake weekend aja pas weekday mereka make public transport atau motor. contoh tmn kuliah saya dpt pekerjaan yg salary nya cukup besar. stelah setahun pertama kerja dia braniin buat cicil lcgc. tapi ttp aja kalo ngantor gapernah dibawa. skrg mobilnya uda ampir setaun kilometernya belom sampe 5rb tu
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
tadi liat berita ada yg beli accord maestro taun 93 cuma dijadiin pajangan, odometer baru 14 km.....
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
- Location: Buahbatu - Ciwastra
- Daily Vehicle: Toyota Veloz
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
dirumah saya yang setiap hari keluar pake mobil cuma ayah, saya kadang2 aja, adik dan kakak naik transport online
mobil ada 5 karena dulu memang butuh semua
mobil ada 5 karena dulu memang butuh semua
continuously-variable
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Semenjak dikasih pakai mobil perusahaan, jadilah pergi kerja pakai mbl perusahaan, mobil pribadi gue cuma kepake ketika weekend/libur doang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Kebetulan skrg ada mobil honda jazz di rumah yg km nya nambahnya gak banyak (4 bulan cm nambah 4000 km termasuk dikit gak ya?), technically punya adek saya cm kebetulan lagi ke LN ambil S2, dulu sempat saya pinjem incl 1x road trip. Biar skrg gak banyak nambahnya, tapi penting krn sekalinya dipake buat anter kakek nenek yg udah sepuh mainly utk ke RS, namanya org dah sepuh masa disuruh naik taksi onlen, ngeri jaman sekarang banyak taksi onlen ngga beres dan aplikatornya cuek bebek. Jadi jatohnya lebih ke kebutuhan yg memang perlu pake mobil tapi gak setiap hari banget.
Selain itu juga kendala public transport yg payah ketika rush hour. Sebenernya sih lumayan memang kalo diluar rush hour cukup manusiawi, sangat worth it dgn costnya, sayangnya di sini orangnya kebanyakan jadi jatohnya ngga worth it pake public transport saat ini utk commuting kerja, semurah apapun itu.
Selain itu juga kendala public transport yg payah ketika rush hour. Sebenernya sih lumayan memang kalo diluar rush hour cukup manusiawi, sangat worth it dgn costnya, sayangnya di sini orangnya kebanyakan jadi jatohnya ngga worth it pake public transport saat ini utk commuting kerja, semurah apapun itu.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
ini sih ekstrim, ttp aja kaki2 kalah kebanyakan diem, harus di jackstand sekalian hahahariisesky wrote: Sun May 13, 2018 15:01 tadi liat berita ada yg beli accord maestro taun 93 cuma dijadiin pajangan, odometer baru 14 km.....
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 206
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Alasan Orang di Kota Beli Mobil Biasa tapi Jarang Dipakai
Nah ini sekarang makin banyak kasus kejahatan di taxi online. Makanya kalo adek cewek saya yang mau pergi2an pasti bela2in dia anterin atau suruh saya anterin. Trus 2 bulan yang lalu waktu nganterin mobil masuk bengkel ke pulogadung dari pamulang juga kerasa banget rasanya beda naik mobil sama naik angkutan umum. Saya engga masalah berdiri lama di kereta selama masih ada space buat pegangan, yang jadi masalah itu perjalanan dari tujuan ke stasiun atau sebaliknya. Sering banget jauh dari transportasi umum lainnya. Ujung2nya naik taxi online buat ke stasiunnya yang kalau ditotal biaya perjalananya lebih mahal dari naik mobil....adrevolution wrote: Sun May 13, 2018 16:07 Kebetulan skrg ada mobil honda jazz di rumah yg km nya nambahnya gak banyak (4 bulan cm nambah 4000 km termasuk dikit gak ya?), technically punya adek saya cm kebetulan lagi ke LN ambil S2, dulu sempat saya pinjem incl 1x road trip. Biar skrg gak banyak nambahnya, tapi penting krn sekalinya dipake buat anter kakek nenek yg udah sepuh mainly utk ke RS, namanya org dah sepuh masa disuruh naik taksi onlen, ngeri jaman sekarang banyak taksi onlen ngga beres dan aplikatornya cuek bebek. Jadi jatohnya lebih ke kebutuhan yg memang perlu pake mobil tapi gak setiap hari banget.
Selain itu juga kendala public transport yg payah ketika rush hour. Sebenernya sih lumayan memang kalo diluar rush hour cukup manusiawi, sangat worth it dgn costnya, sayangnya di sini orangnya kebanyakan jadi jatohnya ngga worth it pake public transport saat ini utk commuting kerja, semurah apapun itu.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20