Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya ingin bertanya tentang kebijakan garansi Daihatsu. Sy pny Terios dan mobil ini akan dijadikan daily driver/car. Krn mobil harian sy ingin mobil dibuat senyaman mungkin.
Sy sudah memasang peredam suara dan mengganti kaca film. Sy yakin tdk ada pengaruh dengan garansi mobil. Selanjutnya ingin mengganti jok jd seperti sofa dan mengganti audio.
Sy bukan seorang pemalas... Sudah tanya ke beres tp 2 beres ini koq punya jawaban beda .
1. Apakah tiap beres punya kebijakan berbeda?
2. Modifikasi audio apakah yg tidak akan memengaruhi garansi?
ChZ wrote: Wed May 09, 2018 15:47
Baca terms and conditions di buku manual servis... Semua ada disitu, hal-hal apa saja yang berpotensi menggugurkan garansi.
ChZ wrote: Wed May 09, 2018 15:47
Baca terms and conditions di buku manual servis... Semua ada disitu, hal-hal apa saja yang berpotensi menggugurkan garansi.
Kayaknya kalau pasang audio/ganti speaker gugur deh om garansinya.
Beres pasti beralasan tdk sesuai std.
Di buku manual tertera lengkap apa2 saja yg menggugurkan garansi.
Sy sebenernya juga pengen ganti ini itu di anki, terutama lampu utama dan foglamp yg lebih terang, pengen upgrade sound system, pengen pasang monitor biar anak2 bisa nonton kalau lagi di jalan.
Tapi setiap service SA nya ngecek mobil teliti banget, jadi hilang niat mau pasang.
Takut hilang garansi kelistrikannya.
ChZ wrote: Wed May 09, 2018 15:47
Baca terms and conditions di buku manual servis... Semua ada disitu, hal-hal apa saja yang berpotensi menggugurkan garansi.
Sy sebenernya juga pengen ganti ini itu di anki, terutama lampu utama dan foglamp yg lebih terang, pengen upgrade sound system, pengen pasang monitor biar anak2 bisa nonton kalau lagi di jalan.
Tapi setiap service SA nya ngecek mobil teliti banget, jadi hilang niat mau pasang.
Takut hilang garansi kelistrikannya.
PRBS wrote: Thu May 10, 2018 1:42
Kalau ganti HU kayaknya ga bikin garansi void. Apa masih buat void ya? Kalau suzuki nggak ganti hu aja ga buat void..
Setau saya selama plug n play tanpa kelupas kabel.. tidak masalah..
tapi kalau di nissan sih semua hal kelistrikan (even ganti bohlam led) pasti buat void garansi kelistrikan..
Tapi setiap pabrikan beda2.. betul kata om chz, lihat di buku manual daihatsu.. kalau masih penasaran, lngsung tanya sa nya aja di beres..
rasanya agar mobil masih di cover garansi, harus standart semua om. hampir bisa dipastikan garansi akan gugur jika melakukan penggantian atau memakai aksesoris di luar pabrikan meskipun plug n play, jika berdasarkan klausul garansi. mungkin yg jadi problem jika tanya ke sa beres, mungkin jika mereka ngomong tidak boleh ini itu, bisa jadi sepi beres nya
Langsung dicatet gak ya kl udah ganti part aftermarket?
Misal kasusnya gini:
Upgrade audio plug and play mulai dr headunit sampe speaker.
Ketika elektrikal ada masalah, audio mobil distandarkan kembali sebelum klaim ke BeRes.
Apa masih bs cover garansinya?
Pernah ditolak klaim garansi aki atoyot, krn saat itu jelas2 ada sekring klakson dan audio terpasang di kutub aki. Habis lihat ada sekring mereka cek ke kolong jok driver, lihat ada ampli, kelar. Cuma yang ga paham apa dicatat atau tidak sama mereka (garansi elektrikal hangus).
Yang pasti tidak semua garansi hangus krn barusan bisa klaim shockbreker dgn SA yg sama. Mungkin daihatsu mirip2 toyota ya..cmiiw
andrijet wrote: Thu May 10, 2018 1:54
Langsung dicatet gak ya kl udah ganti part aftermarket?
Misal kasusnya gini:
Upgrade audio plug and play mulai dr headunit sampe speaker.
Ketika elektrikal ada masalah, audio mobil distandarkan kembali sebelum klaim ke BeRes.
Apa masih bs cover garansinya?
jangankan ganti part (walaupun plug & play), baru ngendorin baut aja ketauan kok.....
jadi, ngembaliin ke standarnya sesaat sebelum klaim ke BeRes ya kerjaan sia-sia.
andrijet wrote: Thu May 10, 2018 1:54
Langsung dicatet gak ya kl udah ganti part aftermarket?
Misal kasusnya gini:
Upgrade audio plug and play mulai dr headunit sampe speaker.
Ketika elektrikal ada masalah, audio mobil distandarkan kembali sebelum klaim ke BeRes.
Apa masih bs cover garansinya?
jangankan ganti part (walaupun plug & play), baru ngendorin baut aja ketauan kok.....
jadi, ngembaliin ke standarnya sesaat sebelum klaim ke BeRes ya kerjaan sia-sia.
Ngendorin baut apa kl boleh tau?
Headunit oke lha kasat mata, kl speaker masa iya mereka neliti suara dan bela2in buka doortrim tiap servis?
andrijet wrote: Thu May 10, 2018 1:54
Langsung dicatet gak ya kl udah ganti part aftermarket?
Misal kasusnya gini:
Upgrade audio plug and play mulai dr headunit sampe speaker.
Ketika elektrikal ada masalah, audio mobil distandarkan kembali sebelum klaim ke BeRes.
Apa masih bs cover garansinya?
jangankan ganti part (walaupun plug & play), baru ngendorin baut aja ketauan kok.....
jadi, ngembaliin ke standarnya sesaat sebelum klaim ke BeRes ya kerjaan sia-sia.
Ngendorin baut apa kl boleh tau?
Headunit oke lha kasat mata, kl speaker masa iya mereka neliti suara dan bela2in buka doortrim tiap servis?
Ganti speaker kan udah pasti pakai speaket split yg ada tweeter dan pasiv. Ngapain juga kalo ganti speaker coax. Biasanya kan tweeter taroh di dashboard ya kelihatan. Terutama yg standard belum ada tweeter.
Peletakan pasiv nya juga kayaknya mencolok mata juga
Sy user daihatsu juga. Bagi sy, garansi 3th adalah benefit utk user, jadi jangan sia-siakan itu, lupakan dulu keinginan utk modif sebelum habis masa garansi.
danisnug wrote:Pernah ditolak klaim garansi aki atoyot, krn saat itu jelas2 ada sekring klakson dan audio terpasang di kutub aki. Habis lihat ada sekring mereka cek ke kolong jok driver, lihat ada ampli, kelar. Cuma yang ga paham apa dicatat atau tidak sama mereka (garansi elektrikal hangus).
Yang pasti tidak semua garansi hangus krn barusan bisa klaim shockbreker dgn SA yg sama. Mungkin daihatsu mirip2 toyota ya..cmiiw
Klaim shock absorber tidak terkait dgn kelistrikan, jd garansi kaki2 masih berlaku.
Kecuali velg&ban diganti selain std pasti klaim shock bakal ditolak... tapi ini pun kadang user ada yg ngakalin dgn memasang kembali ban&velg std nya, setelah itu baru klaim.
Biasanya kalo sudah ganti yang berhubungan sama kelistrikan seperti klakson, audio, dll walaupun plug and play biasanya mereka bisa ngelak kalo garansi-nya hangus
Kalo mau gampang, yang rusak kelistrikan mesin misalnya, ya uda standardin aja semua kelistrian aftermarket biar keliatan ori, mereka ga punya bukti kok kalo pernah diganti kalo barangnya semua plug and play, kalo audio misal ganti head unit, usahain pake wiring harness supaya ga usa gunting2 soket
Speaker biasanya ga pernah dicek, kalo power dll kan keliatan dari kabel aki ke powernya, jadi kalo taut di void di standard-in dulu pas udah mau claim
Saya pernah claim ke mazda, pake mazda 2 yang uda skyactiv kan Head unit integratednya pake linux punya, saya kotak katik pake yang All-in one tweak jadi bisa pake android auto dll
Tau2nya suatu saat ngebrick kena boot loop jadi ga bisa masuk ke sistemnya, saya complain aja ke bengkelnya blg ga tau napa tiba2 kaya gini ga jelas banget
Dapet tuh diganti, kalo ga bayar-nya mayan juga denger2
Kalo mau ikutin by the book ya amannya ga usa ganti dulu kalo masa garansi, tapi kalo ga peduli lanjut aja, harusnya mesin dan elektrikal beda garansinya tapi tiap manufacturer beda2 juga
poik99 wrote: Thu May 10, 2018 4:34
Garansi mekanikal dan kelistrikan kan beda
Biasanya kalo sudah ganti yang berhubungan sama kelistrikan seperti klakson, audio, dll walaupun plug and play biasanya mereka bisa ngelak kalo garansi-nya hangus
Kalo mau gampang, yang rusak kelistrikan mesin misalnya, ya uda standardin aja semua kelistrian aftermarket biar keliatan ori, mereka ga punya bukti kok kalo pernah diganti kalo barangnya semua plug and play, kalo audio misal ganti head unit, usahain pake wiring harness supaya ga usa gunting2 soket
Speaker biasanya ga pernah dicek, kalo power dll kan keliatan dari kabel aki ke powernya, jadi kalo taut di void di standard-in dulu pas udah mau claim
Saya pernah claim ke mazda, pake mazda 2 yang uda skyactiv kan Head unit integratednya pake linux punya, saya kotak katik pake yang All-in one tweak jadi bisa pake android auto dll
Tau2nya suatu saat ngebrick kena boot loop jadi ga bisa masuk ke sistemnya, saya complain aja ke bengkelnya blg ga tau napa tiba2 kaya gini ga jelas banget
Dapet tuh diganti, kalo ga bayar-nya mayan juga denger2
Kalo mau ikutin by the book ya amannya ga usa ganti dulu kalo masa garansi, tapi kalo ga peduli lanjut aja, harusnya mesin dan elektrikal beda garansinya tapi tiap manufacturer beda2 juga
Setuju...
Kasian bgt kl mobil level Daihatsu dan Toyota yg rata2 audionya busuq gak bisa upgrade.
Seorang tmn yang remap ECU aja bs klaim mesin, padahal jelas mesinnya jebol gara2 turbonya digorok lwt ECU.
poik99 wrote: Thu May 10, 2018 4:34
Garansi mekanikal dan kelistrikan kan beda
Biasanya kalo sudah ganti yang berhubungan sama kelistrikan seperti klakson, audio, dll walaupun plug and play biasanya mereka bisa ngelak kalo garansi-nya hangus
Kalo mau gampang, yang rusak kelistrikan mesin misalnya, ya uda standardin aja semua kelistrian aftermarket biar keliatan ori, mereka ga punya bukti kok kalo pernah diganti kalo barangnya semua plug and play, kalo audio misal ganti head unit, usahain pake wiring harness supaya ga usa gunting2 soket
Speaker biasanya ga pernah dicek, kalo power dll kan keliatan dari kabel aki ke powernya, jadi kalo taut di void di standard-in dulu pas udah mau claim
Saya pernah claim ke mazda, pake mazda 2 yang uda skyactiv kan Head unit integratednya pake linux punya, saya kotak katik pake yang All-in one tweak jadi bisa pake android auto dll
Tau2nya suatu saat ngebrick kena boot loop jadi ga bisa masuk ke sistemnya, saya complain aja ke bengkelnya blg ga tau napa tiba2 kaya gini ga jelas banget
Dapet tuh diganti, kalo ga bayar-nya mayan juga denger2
Kalo mau ikutin by the book ya amannya ga usa ganti dulu kalo masa garansi, tapi kalo ga peduli lanjut aja, harusnya mesin dan elektrikal beda garansinya tapi tiap manufacturer beda2 juga
Setuju...
Kasian bgt kl mobil level Daihatsu dan Toyota yg rata2 audionya busuq gak bisa upgrade.
Seorang tmn yang remap ECU aja bs klaim mesin, padahal jelas mesinnya jebol gara2 turbonya digorok lwt ECU.
Yang saya perhatikan bukan Dai Toyo aja yg audio standardnya ngak oke banget tapi rata rata mobil menengah ke bawah product jepang ya . Dulu ngak lama setelah beli mobil ANGL semua speaker bawaan nya saya ganti termasuk bohlam halogen dgn bohlam HID. Saya beli audio system 'baru aftermarket utk replacement, baru.deh lumayan beda jauh banget sound nya. First step nya saya semua pintu mobil saya tambah peredam aspal STP full dan last stepnya cari installer yg baik utk finishing sound staging nya. Warranty electrical memang void or hangus tapi kebetulan nggak ada yg saya claim sehubungan dgn electrical selama ini, cuma door trim belang aja yg saya klaim dan diganti baru semua saat masa warranty tsb. My advice kalau ngak yakin bener ingin modif, jangan modif sama sekali selama masa warranty nya.
poik99 wrote: Thu May 10, 2018 4:34
Garansi mekanikal dan kelistrikan kan beda
Biasanya kalo sudah ganti yang berhubungan sama kelistrikan seperti klakson, audio, dll walaupun plug and play biasanya mereka bisa ngelak kalo garansi-nya hangus
Kalo mau gampang, yang rusak kelistrikan mesin misalnya, ya uda standardin aja semua kelistrian aftermarket biar keliatan ori, mereka ga punya bukti kok kalo pernah diganti kalo barangnya semua plug and play, kalo audio misal ganti head unit, usahain pake wiring harness supaya ga usa gunting2 soket
Speaker biasanya ga pernah dicek, kalo power dll kan keliatan dari kabel aki ke powernya, jadi kalo taut di void di standard-in dulu pas udah mau claim
Saya pernah claim ke mazda, pake mazda 2 yang uda skyactiv kan Head unit integratednya pake linux punya, saya kotak katik pake yang All-in one tweak jadi bisa pake android auto dll
Tau2nya suatu saat ngebrick kena boot loop jadi ga bisa masuk ke sistemnya, saya complain aja ke bengkelnya blg ga tau napa tiba2 kaya gini ga jelas banget
Dapet tuh diganti, kalo ga bayar-nya mayan juga denger2
Kalo mau ikutin by the book ya amannya ga usa ganti dulu kalo masa garansi, tapi kalo ga peduli lanjut aja, harusnya mesin dan elektrikal beda garansinya tapi tiap manufacturer beda2 juga
Setuju...
Kasian bgt kl mobil level Daihatsu dan Toyota yg rata2 audionya busuq gak bisa upgrade.
Seorang tmn yang remap ECU aja bs klaim mesin, padahal jelas mesinnya jebol gara2 turbonya digorok lwt ECU.
Yang saya perhatikan bukan Dai Toyo aja yg audio standardnya ngak oke banget tapi rata rata mobil menengah ke bawah product jepang ya . Dulu ngak lama setelah beli mobil ANGL semua speaker bawaan nya saya ganti termasuk bohlam halogen dgn bohlam HID. Saya beli audio system 'baru aftermarket utk replacement, baru.deh lumayan beda jauh banget sound nya. First step nya saya semua pintu mobil saya tambah peredam aspal STP full dan last stepnya cari installer yg baik utk finishing sound staging nya. Warranty electrical memang void or hangus tapi kebetulan nggak ada yg saya claim sehubungan dgn electrical selama ini, cuma door trim belang aja yg saya klaim dan diganti baru semua saat masa warranty tsb. My advice kalau ngak yakin bener ingin modif, jangan modif sama sekali selama masa warranty nya.
Yup, so far saya seh gak pernah klaim masalah elektrikal di mobil apapun.
Lucky me, even gak pernah klaim garansi apa2, hehehe...
Kerusakan part emang karena usia dan pemakaian.
Kasian bgt kl mobil level Daihatsu dan Toyota yg rata2 audionya busuq gak bisa upgrade.
Seorang tmn yang remap ECU aja bs klaim mesin, padahal jelas mesinnya jebol gara2 turbonya digorok lwt ECU.
Yang saya perhatikan bukan Dai Toyo aja yg audio standardnya ngak oke banget tapi rata rata mobil menengah ke bawah product jepang ya . Dulu ngak lama setelah beli mobil ANGL semua speaker bawaan nya saya ganti termasuk bohlam halogen dgn bohlam HID. Saya beli audio system 'baru aftermarket utk replacement, baru.deh lumayan beda jauh banget sound nya. First step nya saya semua pintu mobil saya tambah peredam aspal STP full dan last stepnya cari installer yg baik utk finishing sound staging nya. Warranty electrical memang void or hangus tapi kebetulan nggak ada yg saya claim sehubungan dgn electrical selama ini, cuma door trim belang aja yg saya klaim dan diganti baru semua saat masa warranty tsb. My advice kalau ngak yakin bener ingin modif, jangan modif sama sekali selama masa warranty nya.
Yup, so far saya seh gak pernah klaim masalah elektrikal di mobil apapun.
Lucky me, even gak pernah klaim garansi apa2, hehehe...
Kerusakan part emang karena usia dan pemakaian.
Apakah garansi elektrikal jg terkait dengan power steering?
danisnug wrote: Thu May 10, 2018 2:28
Pernah ditolak klaim garansi aki atoyot, krn saat itu jelas2 ada sekring klakson dan audio terpasang di kutub aki. Habis lihat ada sekring mereka cek ke kolong jok driver, lihat ada ampli, kelar. Cuma yang ga paham apa dicatat atau tidak sama mereka (garansi elektrikal hangus).
Yang pasti tidak semua garansi hangus krn barusan bisa klaim shockbreker dgn SA yg sama. Mungkin daihatsu mirip2 toyota ya..cmiiw
Lha mobil sy yaris full audio, lampu HID, klakson ganti, ada volt stabilizer sm kabel ground tambahan..
Aki mati waktu msh garansi 1 taun, ga ditanya apa2 sm SA.. lgsg ganti baru
Malah kabel2 yg sliweran di kap mesin di rapiin sm beres, jalur kabel power ke ampli yg dr aki pun dirapiin