Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50
Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Maaf, mau nanya lagi dan minta saran teman-teman semua.
Ini project nyantai saja. Buat mainan. Sambil dikit-dikit belajar mesin. Belajar nyetir/drift juga. Sambil nunggu ada duitnya juga. Mana yang lebih enak dan feasible: Toyota Cressida atau Daihatsu Charmant?
Kira-kira mana yang lebih baik buat dibikin drift car (tapi masih cukup nyaman juga untuk dipakai harian dan jalan agak jauh)? Mana yang lebih enak handling dan manuvernya? Mana yang ketersediaan part-nya lebih gampang (e.g. grill, lampu samping, spion, asesoris, etc)?
Kalau lihat di situs jual beli mobil, harga mobilnya sekitar 20-30 juta. Tambahin 20-30 juta lagi mungkin bisa swap engine yang agak gedean (4AGE atau JZ) dan pasang LSD. Mungkin bisa tambah 10-20 juta untuk buat rollbar, bucket seat dan seatbelt 4 titik, dan mungkin upgrade rem. Jadi dengan budget total 70-80 juta nanti udah dapat mobil drift yang cukup layak. Tentu nggak semua sekaligus ya, tapi bertahap ngerjainnya. (Mohon dibenerin kalau perhitungan saya keliru).
Kenapa nggak Cefiro? Menurut saya udah pasaran banget dan bentuknya nggak klasik. Saya lebih sukanya yang sleeper style. Dari luar klasik, culun, standar, tapi isinya gahar. Cressida dan Charmant cukup memenuhi faktor "klasik" ini.
Kenapa nggak Eropa? Karena untuk menghasilkan HP yang sama, Jejepangan rasanya masih lebih murah. Mesin juga lebih sederhana. Sparepart banyak. Bengkel pinggiran juga bisa ngerjain.
Mohon saran dan komentarnya. Dan terima kasih saya haturkan sebelumnya.
Ini project nyantai saja. Buat mainan. Sambil dikit-dikit belajar mesin. Belajar nyetir/drift juga. Sambil nunggu ada duitnya juga. Mana yang lebih enak dan feasible: Toyota Cressida atau Daihatsu Charmant?
Kira-kira mana yang lebih baik buat dibikin drift car (tapi masih cukup nyaman juga untuk dipakai harian dan jalan agak jauh)? Mana yang lebih enak handling dan manuvernya? Mana yang ketersediaan part-nya lebih gampang (e.g. grill, lampu samping, spion, asesoris, etc)?
Kalau lihat di situs jual beli mobil, harga mobilnya sekitar 20-30 juta. Tambahin 20-30 juta lagi mungkin bisa swap engine yang agak gedean (4AGE atau JZ) dan pasang LSD. Mungkin bisa tambah 10-20 juta untuk buat rollbar, bucket seat dan seatbelt 4 titik, dan mungkin upgrade rem. Jadi dengan budget total 70-80 juta nanti udah dapat mobil drift yang cukup layak. Tentu nggak semua sekaligus ya, tapi bertahap ngerjainnya. (Mohon dibenerin kalau perhitungan saya keliru).
Kenapa nggak Cefiro? Menurut saya udah pasaran banget dan bentuknya nggak klasik. Saya lebih sukanya yang sleeper style. Dari luar klasik, culun, standar, tapi isinya gahar. Cressida dan Charmant cukup memenuhi faktor "klasik" ini.
Kenapa nggak Eropa? Karena untuk menghasilkan HP yang sama, Jejepangan rasanya masih lebih murah. Mesin juga lebih sederhana. Sparepart banyak. Bengkel pinggiran juga bisa ngerjain.
Mohon saran dan komentarnya. Dan terima kasih saya haturkan sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Cmiiw 2 2nya langka ya om?
Kalo langka gitu susah sih apalagi mobil drift rentan rusak kan bemper dpn belakang, lampu, dan kaki kakinya.
Gak minat semacam corolla dx om?
Sepertinya sparepart lebih mudah, model juga sudah cukup klasik
Kalo langka gitu susah sih apalagi mobil drift rentan rusak kan bemper dpn belakang, lampu, dan kaki kakinya.
Gak minat semacam corolla dx om?
Sepertinya sparepart lebih mudah, model juga sudah cukup klasik
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
kalau pilihan cuma 2 itu, sy pilih Cressida. lbh klasik dan nyaman.
alternatif lain :
Crown, kode mesin 4M, 2600 cc.
Crown, kode mesin 5M, 2800 cc
kalau mau swap engine, bebass..engine bay luasss..
alternatif lain Corolla DX atau Corolla veteran (sebelum dx)
kalau nyebrang merk, bisa pilih
Lancer SL
tanya user id @maskopat
Peugeot 505 series, baik paus maupun GTi
alternatif lain :
Crown, kode mesin 4M, 2600 cc.
Crown, kode mesin 5M, 2800 cc
kalau mau swap engine, bebass..engine bay luasss..
alternatif lain Corolla DX atau Corolla veteran (sebelum dx)
kalau nyebrang merk, bisa pilih
Lancer SL
tanya user id @maskopat
Peugeot 505 series, baik paus maupun GTi
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Terima kasih koreksinya. Betul juga ya. Pasti akan banyak rusak bemper, grill, lampu, dsb.michaelgiri93 wrote: Thu May 03, 2018 13:55 Cmiiw 2 2nya langka ya om?
Kalo langka gitu susah sih apalagi mobil drift rentan rusak kan bemper dpn belakang, lampu, dan kaki kakinya.
Gak minat semacam corolla dx om?
Sepertinya sparepart lebih mudah, model juga sudah cukup klasik
Corolla DX sudah terlalu pasaran menurut saya. Ingin sesuatu yang lebih berbeda. Ini subjektif sih.
Terima kasih Pak Mod. Crown sudah pernah punya dan rasanya kegedean, kurang enak buat manuver tajam. Corolla DX atau Veteran (sudah pernah punya juga) rasanya terlalu pasaran. Lancer SL menarik juga. Saya kira dia FWD, ternyata RWD ya.ginting wrote: Thu May 03, 2018 13:56 kalau pilihan cuma 2 itu, sy pilih Cressida. lbh klasik dan nyaman.
alternatif lain :
Crown, kode mesin 4M, 2600 cc.
Crown, kode mesin 5M, 2800 cc
kalau mau swap engine, bebass..engine bay luasss..
alternatif lain Corolla DX atau Corolla veteran (sebelum dx)
kalau nyebrang merk, bisa pilih
Lancer SL
tanya user id @maskopat
Peugeot 505 series, baik paus maupun GTi
Peugeot 505 rasanya nggak dulu deh. Karena selain Eropa, bengkel spesialisnya nggak banyak di tempat saya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Charmant itu kan basisnya corolla dx, klo udah pernah punya takutnya rasanya sama aja. Lagian meskipun tua rasanya bentuknya ga klasik2 amat. Kayknya mending cressida, swap ke jz. Klo diluar itu ada crown robot, dimensinya ga gambot2 amat, malah rasanya segede cressida secara visual. Klo dlm kondisi standar interior cressida n crown robot cakep banget, beludru merahnya itu bikin mupeng
Calais jg rwd, unik, tp kurang klasik
Calais jg rwd, unik, tp kurang klasik
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
btw lok oom TS dimana ?atmadeva wrote:Terima kasih koreksinya. Betul juga ya. Pasti akan banyak rusak bemper, grill, lampu, dsb.michaelgiri93 wrote: Thu May 03, 2018 13:55 Cmiiw 2 2nya langka ya om?
Kalo langka gitu susah sih apalagi mobil drift rentan rusak kan bemper dpn belakang, lampu, dan kaki kakinya.
Gak minat semacam corolla dx om?
Sepertinya sparepart lebih mudah, model juga sudah cukup klasik
Corolla DX sudah terlalu pasaran menurut saya. Ingin sesuatu yang lebih berbeda. Ini subjektif sih.
Terima kasih Pak Mod. Crown sudah pernah punya dan rasanya kegedean, kurang enak buat manuver tajam. Corolla DX atau Veteran (sudah pernah punya juga) rasanya terlalu pasaran. Lancer SL menarik juga. Saya kira dia FWD, ternyata RWD ya.ginting wrote: Thu May 03, 2018 13:56 kalau pilihan cuma 2 itu, sy pilih Cressida. lbh klasik dan nyaman.
alternatif lain :
Crown, kode mesin 4M, 2600 cc.
Crown, kode mesin 5M, 2800 cc
kalau mau swap engine, bebass..engine bay luasss..
alternatif lain Corolla DX atau Corolla veteran (sebelum dx)
kalau nyebrang merk, bisa pilih
Lancer SL
tanya user id @maskopat
Peugeot 505 series, baik paus maupun GTi
Peugeot 505 rasanya nggak dulu deh. Karena selain Eropa, bengkel spesialisnya nggak banyak di tempat saya.
kira2 di sana bengkel apa yg availslable
sekalian nyeleneh.
coba cari volvo 244/264 (sebelum 740)
klasiknya dapat, RWD, tapi harga gelap...he he he
bengkel bisa di Vota Motor
alternative lain merk
Datsun kotak
Datsun SSS carbu twin barrel.
itu mobil krnceng di zamannya
Fiat 124 atau 132 Mirafiori (sudah dohc sejak zaman jebot)
Kalau Renault 18GTX gak cocok krn kurang klassiik
di yutub coba buka ada orang mbangun Renault 5TL untuk jalan jalan happy..
lawan Fiat UNO
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
cressida ajah oom..tp jangan pake 4ag ah, 2 jey zi for lyfe laahhhh... budgetnya tp bakalan bengkak sih kalo pake jz mah, ga dapet kayaknya 20 jutaan skrg, lagi naek daooon..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Haha.efact wrote: Fri May 04, 2018 2:23 cressida ajah oom..tp jangan pake 4ag ah, 2 jey zi for lyfe laahhhh... budgetnya tp bakalan bengkak sih kalo pake jz mah, ga dapet kayaknya 20 jutaan skrg, lagi naek daooon..
4A-GE mayan lah om, kalo 2JZ takutnya overkill.
Hahahaha.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Charmant mesinnya sudah 4A, tinggal swap head black top jadi 4AGE, gak perlu swap segelondong......cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
masih untuk harian dan berpikir nyaman, diantara 2 itu ya cressida.
eropa rumit dan mahal? eropa yang mana? emangnya semua part cressida murah dab gampang? enggak juga mas...... coba sesekali piara volvo 740 atau 940, bandingkan dengan jepang di rentang tahun yang sama, cuma mekanik bego yang bilang nanganin 2 volvo itu susah.
eropa rumit dan mahal? eropa yang mana? emangnya semua part cressida murah dab gampang? enggak juga mas...... coba sesekali piara volvo 740 atau 940, bandingkan dengan jepang di rentang tahun yang sama, cuma mekanik bego yang bilang nanganin 2 volvo itu susah.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
- Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Dan hanya mekanik bego yg mengganti injec cressida ke karbu......marmut wrote: Fri May 04, 2018 6:10 masih untuk harian dan berpikir nyaman, diantara 2 itu ya cressida.
eropa rumit dan mahal? eropa yang mana? emangnya semua part cressida murah dab gampang? enggak juga mas...... coba sesekali piara volvo 740 atau 940, bandingkan dengan jepang di rentang tahun yang sama, cuma mekanik bego yang bilang nanganin 2 volvo itu susah.
"straight 6 forever"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
belum tentu mekaniknya yang bego.fatmike21 wrote: Fri May 04, 2018 6:53
Dan hanya mekanik bego yg mengganti injec cressida ke karbu......
pengalaman pribadi, tahun 90 pertengahan saya diminta menyematkan sebuah karburator holley 4 barrel ke mesin honda estilo oleh si empunya mobil.
setelah panjang lebar berdebat, terpasang juga holley-nya.
saya atau yang punya mobil yang bego?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Jujur saja sempat tergoda Volvo 740 (kalau 940 rasanya nggak masuk budget). Tapi di Klaten (atau Jogja) belum ada bengkel spesialisnya. Kalau Merc, BMW, Pug ada semua bengkel spesialisnya. Dulu pernah punya juga Volvo lawas, tapi kesulitan sparepart. Dulu juga belum ada Bukalapak/Tokopedia. 
Datsun kotak (maksudnya 510?) dan Datsun SSS (maksudnya 160?) saya kurang tertarik. Kecuali kalau bisa dapat versi 2 pintunya. That would be intersting.
"Eropa mahal dan rumit" itu hasil obrolan dengan mekanik salah satu tim drag. Pengalaman dia ngerjain BMW, untuk mendapatkan horsepower yang sama harus keluar duit lebih banyak. Settingannya pun juga lebih rumit dari Jejepangan. Udah rempong jor-joran keluar budget mahal dan susah settingannya, eh disalip bablas sama sedan Jepang yang cuma ditowel dikit aja. Kan keki rasanya. (Tentu ini subjektif sekali. Bisa saja dianya yang nggak jago.)
Saya nggak anti Eropa atau maniak Jepang. I'm open to all options. Hanya saja, sebatas pengetahuan saya, opsi paling possible kok Charmant swap 4AGE atau Cressida swap JZ (walaupun lebih mahal). Dan berdasar komentar teman-teman di atas, rasanya untuk sementara ini saya cenderung ke Cressida.
Tapi sekali lagi, I'm all ears. Kalau ada yang bisa merekomendasikan kombinasi drift & street car oprekan Eropa (atau bahkan Amerika, Australia, Korea, dsb) yang bagus, powerful, dan terjangkau (Rp 70-80 juta), saya akan berterima kasih sekali.

Datsun kotak (maksudnya 510?) dan Datsun SSS (maksudnya 160?) saya kurang tertarik. Kecuali kalau bisa dapat versi 2 pintunya. That would be intersting.

"Eropa mahal dan rumit" itu hasil obrolan dengan mekanik salah satu tim drag. Pengalaman dia ngerjain BMW, untuk mendapatkan horsepower yang sama harus keluar duit lebih banyak. Settingannya pun juga lebih rumit dari Jejepangan. Udah rempong jor-joran keluar budget mahal dan susah settingannya, eh disalip bablas sama sedan Jepang yang cuma ditowel dikit aja. Kan keki rasanya. (Tentu ini subjektif sekali. Bisa saja dianya yang nggak jago.)
Saya nggak anti Eropa atau maniak Jepang. I'm open to all options. Hanya saja, sebatas pengetahuan saya, opsi paling possible kok Charmant swap 4AGE atau Cressida swap JZ (walaupun lebih mahal). Dan berdasar komentar teman-teman di atas, rasanya untuk sementara ini saya cenderung ke Cressida.
Tapi sekali lagi, I'm all ears. Kalau ada yang bisa merekomendasikan kombinasi drift & street car oprekan Eropa (atau bahkan Amerika, Australia, Korea, dsb) yang bagus, powerful, dan terjangkau (Rp 70-80 juta), saya akan berterima kasih sekali.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
740 saya yakin TS akan kesulitan cari bahan, kalaupun ada pasti harganya bikin golok keluar dari sarungnya.
kalo 940 buanyak mas...... belum lama ini ada kenalan yang baru beli 940 turbo kondisi standar hanya 30jt.
daaaan, mesin redblock volvo cukup tahan lho kalo mau dioprek kecil-kecilan misal sampe 300an HP sih sanggup lah.
masalah oprek-oprek bmw, saya lebih baik no komen.
kalo 940 buanyak mas...... belum lama ini ada kenalan yang baru beli 940 turbo kondisi standar hanya 30jt.
daaaan, mesin redblock volvo cukup tahan lho kalo mau dioprek kecil-kecilan misal sampe 300an HP sih sanggup lah.
masalah oprek-oprek bmw, saya lebih baik no komen.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
drifting pakek datsun kotak/SSS? copot pulak nanti body dari chassis-nya bang. cemmana...... mobil sudah patut masuk musium itu.ginting wrote: Fri May 04, 2018 1:04
-
Datsun kotak
Datsun SSS carbu twin barrel.
itu mobil krnceng di zamannya
Fiat 124 atau 132 Mirafiori (sudah dohc sejak zaman jebot)
Kalau Renault 18GTX gak cocok krn kurang klassiik
di yutub coba buka ada orang mbangun Renault 5TL untuk jalan jalan happy..
lawan Fiat UNO
ah, fiat..... mau kejar-kejaran ala mafia?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Saya pilih crssida ato mark 2 . Kenapa ga cari bahan eterna vr4 yg dulu mirip2 buat wrc ajah Om. Seingat saya ada dulu beberapa yg pakai
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Eterna = Fail Wheel Drive ...richard t wrote: Fri May 04, 2018 19:30 Saya pilih crssida ato mark 2 . Kenapa ga cari bahan eterna vr4 yg dulu mirip2 buat wrc ajah Om. Seingat saya ada dulu beberapa yg pakai
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Iseng saya cek situs jual beli mobil, harga Datsun 170 SSS 510 ternyata juga sudah nggak semurah dulu. Banyak juga ya penggemarnya? Padahal dulu masih lebih mahal motor matik baru.
Volvo kayaknya radius putarnya nggak terlalu gede, kayaknya nggak enak buat drift (perlu banyak dirombak). Belum lagi stigmanya mesin perawatan susah dan mahal (ini opini dari beberapa bengkel non-spesialis).
Kalau ada saran/opsi lain yang menarik, I'm all ears ya.
Volvo kayaknya radius putarnya nggak terlalu gede, kayaknya nggak enak buat drift (perlu banyak dirombak). Belum lagi stigmanya mesin perawatan susah dan mahal (ini opini dari beberapa bengkel non-spesialis).
Kalau ada saran/opsi lain yang menarik, I'm all ears ya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed Dec 28, 2016 14:30
Re: Mobil project buat drift: Cressida vs Charmant?
Charmant anggap aja AE86/85 4 door...
Corona Mark II sama Cressida (X Chassis) udah lumayan populer buat drifting. pasangin yota JZ series atau 3SGTE (kyaknya pernah lihat di Indo ada yg punya Cressida 3S-GTE buat drifting juga)
kalo mau cefiro aneh (bentuk nggak pasaran), ngga pertimbangin Holden VL Calais? mesinnya Nissan RB inline 6.
atau nggak BMW aja om? di Eropa kayaknya populer tuh pada pake BMW/Benz/Volvo tua mesin inline 6 RWD...
atau kalo bingung bangun death kart aja misalnya...
Corona Mark II sama Cressida (X Chassis) udah lumayan populer buat drifting. pasangin yota JZ series atau 3SGTE (kyaknya pernah lihat di Indo ada yg punya Cressida 3S-GTE buat drifting juga)
kalo mau cefiro aneh (bentuk nggak pasaran), ngga pertimbangin Holden VL Calais? mesinnya Nissan RB inline 6.
atau nggak BMW aja om? di Eropa kayaknya populer tuh pada pake BMW/Benz/Volvo tua mesin inline 6 RWD...
atau kalo bingung bangun death kart aja misalnya...