Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by iwansiagian »

osbertc0ol wrote:2000km nggak lah. tp mesin ini cepet banget indikator ganti olinya nyala..
Rata2 nyala di km 3000 - 4000 di jakarta.

Kalo di luar kota yg jarang macet yaa 4000-5000. Memang parah ini, karna dia algoritma oil life nya itu berdasarkan "Kira - Kira" dari gaya mengemudi, engine running time, dan nyala matinya mesin.. Rata2 yang di South East Asia pada ngeluh hal yang sama.

Kalo di mobil eropa sepertinya ada oil sensornya CMIIW.


Sy sendiri sih mungkin bakal ignore Oil life dan ganti sendiri pas +- 5000km untuk jaga2 toh memang sebenrnya mesin bensin ber turbo lebih cepat merusak oli dibanding mesin N/A. apalagi jika oli nya krg bagus hahaha, ditambah mesin L15B ini ada kemungkinan bensin masuk ke Oli yang bakal merusak Oli.
Mbl yg lain sih di 8000-10000 km..

Emang nyebelin jg ya, tp nikmatin aja lah ya :emo-flowerforyou:
Ini beneran algorithm aja om? Bukan ada sensor kualitas oli nya gitu? Kalo cuma algorithm sih bisa di abaikan ya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

iwansiagian wrote: Thu May 03, 2018 7:34
osbertc0ol wrote:2000km nggak lah. tp mesin ini cepet banget indikator ganti olinya nyala..
Rata2 nyala di km 3000 - 4000 di jakarta.

Kalo di luar kota yg jarang macet yaa 4000-5000. Memang parah ini, karna dia algoritma oil life nya itu berdasarkan "Kira - Kira" dari gaya mengemudi, engine running time, dan nyala matinya mesin.. Rata2 yang di South East Asia pada ngeluh hal yang sama.

Kalo di mobil eropa sepertinya ada oil sensornya CMIIW.


Sy sendiri sih mungkin bakal ignore Oil life dan ganti sendiri pas +- 5000km untuk jaga2 toh memang sebenrnya mesin bensin ber turbo lebih cepat merusak oli dibanding mesin N/A. apalagi jika oli nya krg bagus hahaha, ditambah mesin L15B ini ada kemungkinan bensin masuk ke Oli yang bakal merusak Oli.
Mbl yg lain sih di 8000-10000 km..

Emang nyebelin jg ya, tp nikmatin aja lah ya :emo-flowerforyou:
Ini beneran algorithm aja om? Bukan ada sensor kualitas oli nya gitu? Kalo cuma algorithm sih bisa di abaikan ya.
Di service manual service tetap per 10 ribu... so, ikut buku servis dan buku manual saja... IMHO.

Manual book lebih trustable dan reliable... saya malah baru tau itu sistem algorithm, tak kira yang nge-reset orang bengkelnya dan diaturin sama orang bengkelnya di KM berapa :big_slap:

kayak service remindernya Mitsubishi dulu malah saya matiin sendiri, gila tiap 3 bulan mesti servis. Setiap servis disetel 3 bulan / 5000 KM sama beres mitsu nya. Lha adik saya pake blom tentu sampe 3000 KM dalam 3 bulan... sementara giliran itu warning nyala papa saya selalu bawa ke mitsu :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

iwansiagian wrote: Thu May 03, 2018 7:34
osbertc0ol wrote:2000km nggak lah. tp mesin ini cepet banget indikator ganti olinya nyala..
Rata2 nyala di km 3000 - 4000 di jakarta.

Kalo di luar kota yg jarang macet yaa 4000-5000. Memang parah ini, karna dia algoritma oil life nya itu berdasarkan "Kira - Kira" dari gaya mengemudi, engine running time, dan nyala matinya mesin.. Rata2 yang di South East Asia pada ngeluh hal yang sama.

Kalo di mobil eropa sepertinya ada oil sensornya CMIIW.


Sy sendiri sih mungkin bakal ignore Oil life dan ganti sendiri pas +- 5000km untuk jaga2 toh memang sebenrnya mesin bensin ber turbo lebih cepat merusak oli dibanding mesin N/A. apalagi jika oli nya krg bagus hahaha, ditambah mesin L15B ini ada kemungkinan bensin masuk ke Oli yang bakal merusak Oli.
Mbl yg lain sih di 8000-10000 km..

Emang nyebelin jg ya, tp nikmatin aja lah ya :emo-flowerforyou:
Ini beneran algorithm aja om? Bukan ada sensor kualitas oli nya gitu? Kalo cuma algorithm sih bisa di abaikan ya.
Kl di 328i sama Trax seh dari sensor bacanya.
Diajak track day langsung ngedrop semua.
Konsumsi BBM 1:3, kanvas rem nyisa 3.000km, oil life juga.
Begitu keluar track masuk lalu lintas normal, umur semuanya memanjang kembali.
Ngobrol sm user Trax juga beda2 oil life dan odometer mobilnya.
Menunjukan kl data dibaca dr sensor bukan algorithm.

Entah kl mobil ‘premium’ macam Honda...
:mky_03:

Disaat banyak merk mobil modern di tahun 2018 ini berani kasih jaminan servis (dan garansi!) per 10.000km, seandainya ada pabrikan yg merekomendasikan servis per 5.000km aja udah memalukan menurut saya.
:big_peace:

Mobil yg teknologinya udah advance seh lbh mantep lg servisnya.
Bodo amat sama buku servis, gak usah inget2 kudu servis kapan, mobilnya minta ya servis, mobilnya mingkem ya enjoy aja.
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Thu May 03, 2018 7:39
iwansiagian wrote: Thu May 03, 2018 7:34
osbertc0ol wrote:2000km nggak lah. tp mesin ini cepet banget indikator ganti olinya nyala..
Rata2 nyala di km 3000 - 4000 di jakarta.

Kalo di luar kota yg jarang macet yaa 4000-5000. Memang parah ini, karna dia algoritma oil life nya itu berdasarkan "Kira - Kira" dari gaya mengemudi, engine running time, dan nyala matinya mesin.. Rata2 yang di South East Asia pada ngeluh hal yang sama.

Kalo di mobil eropa sepertinya ada oil sensornya CMIIW.


Sy sendiri sih mungkin bakal ignore Oil life dan ganti sendiri pas +- 5000km untuk jaga2 toh memang sebenrnya mesin bensin ber turbo lebih cepat merusak oli dibanding mesin N/A. apalagi jika oli nya krg bagus hahaha, ditambah mesin L15B ini ada kemungkinan bensin masuk ke Oli yang bakal merusak Oli.
Mbl yg lain sih di 8000-10000 km..

Emang nyebelin jg ya, tp nikmatin aja lah ya :emo-flowerforyou:
Ini beneran algorithm aja om? Bukan ada sensor kualitas oli nya gitu? Kalo cuma algorithm sih bisa di abaikan ya.
Di service manual service tetap per 10 ribu... so, ikut buku servis dan buku manual saja... IMHO.

Manual book lebih trustable dan reliable... saya malah baru tau itu sistem algorithm, tak kira yang nge-reset orang bengkelnya dan diaturin sama orang bengkelnya di KM berapa :big_slap:

kayak service remindernya Mitsubishi dulu malah saya matiin sendiri, gila tiap 3 bulan mesti servis. Setiap servis disetel 3 bulan / 5000 KM sama beres mitsu nya. Lha adik saya pake blom tentu sampe 3000 KM dalam 3 bulan... sementara giliran itu warning nyala papa saya selalu bawa ke mitsu :big_slap:
Direset manual?
:big_chicken:
Honda Civic atau Honda PCX, om?
Ahaha...
:big_peace:
Kl reminder oil life dan servis interval manual,teknologinya udah masuk motor matic taun 2018 ini..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 7:49
Direset manual?
:big_chicken:
Honda Civic atau Honda PCX, om?
Ahaha...
:big_peace:
Kl reminder oil life dan servis interval manual,teknologinya udah masuk motor matic taun 2018 ini..
Lha, spidonya jg sunatan...

Nih salah satu komen di yutubnya...
hmm sebenarnya tidak boros om, krn di oil life instrument cluster itu sendiri bisa di reset layaknya mereset trip A/B, jadi ketika lambang kunci sdh muncul, dan dirasa belum waktunya, bisa dilakukan kok cara reset oil life sehingga balik ke 10000 angka awal lagi ini sekalian saya lampirkan cara reset oil life yg saya dapat dari group civic turbonesia (kebetulan saya pake yang sedan☺️)
Reset oil life:
Keadaan mobil mati, pencet start sekali (jng injek rem). Headpanel di posisi yg ada oil life. Nah terus pencet tuas di hold lamaa, sekitar 10-15 detik. Nanti dia kelip2. Trus lepas dan pencet hold lagi lamaan. Udah deh kereset.

Note:
Oil life bisa direset kapapun ga harus ganti oli dulu. Contoh ane, ganti oli tiap 10rb km, jadi kalo indikator oil life udah nyala sebelum 10rb, ane reset aja beres dah 😁
Tuh segampang itu... kayak nge reset tripmeter doang...

Saya sih ndak percaya kalo ganti oli per 2000 KM... kalo dealer nge-iyain ganti oli di 2000 KM itu nipu namanya wong dia sendiri rekomen servis per 10k... Nurut saya modern engines ya per 10k... yang jelas sy user dan 2 hari lalu pake oil life masih 3100 KM (mobil skrg 6 bulan odo 900 km)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

Semua mobil jg bisa ‘diboongin’ om reset olinya.
Caranya macem2 tergantung pabrikannya.
Hehehe..

Kl saya pake mobil gituan seh was2 banget instrumen diakalin gt.
Mau ngakalin atau boongin Oil + Turbo Engine itu gambling yg taruhannya gede banget.
Apalagi udah ada kasus mesin Civic trouble sampe ‘engine swap’.
Ngeriiiiii...
:big_peace:

Ada trouble pas mau garansi dicek OBDnya.
Pernah ganti oli brp kali?
Dmn?
Siapa yg ngereset?

Nah brantem lagi tuh...
Konsumen pengen garansi berdasarkan buku.
Bengkel nyalahin gara2 ngereset instrument tanpa ganti oli beneran.
Repoooootttt...
:big_dunno:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

Well, big problem(s) di turbo engine Honda ini bisa jadi gak separah itu kondisinya.
Ada beberapa kemungkinan:
1. Sensornya jelek, tll sensitif atau error reading, oli masih bagus dibilang jelek. Bisa recall atau software update kl ini, gak gt serius.
2. Mesinnya pengen mimik RON95 ke atas dan gak distate sama HPM, akhirnya mesin yg dikasih mimik RON rendah pada ngambek, yg mimik Pertabo aman.
3. Mesinnya emang jelek krn generasi pertama Honda kembali ke turbo, nah kl ini bs cukup ngerusak nama baik.
Kita liat beberapa taun ke depan pemisak.
Walau ada engine turbo Honda yg udah KO dlm bbrp bulan seh...
:big_smile] :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 7:59 Semua mobil jg bisa ‘diboongin’ om reset olinya.
Caranya macem2 tergantung pabrikannya.
Hehehe..

Kl saya pake mobil gituan seh was2 banget instrumen diakalin gt.
Mau ngakalin atau boongin Oil + Turbo Engine itu gambling yg taruhannya gede banget.
Apalagi udah ada kasus mesin Civic trouble sampe ‘engine swap’.
Ngeriiiiii...
:big_peace:

Ada trouble pas mau garansi dicek OBDnya.
Pernah ganti oli brp kali?
Dmn?
Siapa yg ngereset?

Nah brantem lagi tuh...
Konsumen pengen garansi berdasarkan buku.
Bengkel nyalahin gara2 ngereset instrument tanpa ganti oli beneran.
Repoooootttt...
:big_dunno:
Praktek "scam" gini udah umum ngga cuma di Indonesia.

Klausul warranty apa ? Ngikut oil life indicator apa ngikut service manual / manual book ? Klo di service manual gak ada yang menyatakan ganti oli sesuai oil life indicator, ya udah, brarti gak menggugurkan garansi toh ?

Bkn nge-fanboy atau ngebela HPM, cm logika sotoy ane aja... krn semisal di otlendir sport ane dulu matiin service reminder sendiri pun jg gak menggugurkan garansi... klo gugur ya ane kejar, wong mobil gak modded... lu maksa gue serpis mobil tiap 3 bulan ? Bengkel apa rampok ?

skrg kalo itu ilegal / menggugurkan warranty, mana mungkin cara "mematikan" atau "reset" indikator ini disebarluaskan dan tidak diberi "locking mechanism" yang hanya bisa dilakukan via OBD oleh dealer saat servis ?

Mari kita diskusi secara akademis dan objektip... ane juga pingin tau nih...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:06 Well, big problem(s) di turbo engine Honda ini bisa jadi gak separah itu kondisinya.
Ada beberapa kemungkinan:
1. Sensornya jelek, tll sensitif atau error reading, oli masih bagus dibilang jelek. Bisa recall atau software update kl ini, gak gt serius.
2. Mesinnya pengen mimik RON95 ke atas dan gak distate sama HPM, akhirnya mesin yg dikasih mimik RON rendah pada ngambek, yg mimik Pertabo aman.
3. Mesinnya emang jelek krn generasi pertama Honda kembali ke turbo, nah kl ini bs cukup ngerusak nama baik.
Kita liat beberapa taun ke depan pemisak.
Walau ada engine turbo Honda yg udah KO dlm bbrp bulan seh...
:big_smile] :big_peace:
Mungkin Pihak HPM mikir gpp macam Fortie ma PS yang minum SolBus, jadi kasih statement kaya gitu boleh mimik RON 91 ke atas, tapi ya kesadaran sendiri aja dah sebagai pengguna, tapi yang kasus CiBo itu bilang'nya kasih mimik RON95++ terus, tapi ya turun mesin juga, entah kenapa :big_think:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Thu May 03, 2018 8:15
andrijet wrote: Thu May 03, 2018 7:59 Semua mobil jg bisa ‘diboongin’ om reset olinya.
Caranya macem2 tergantung pabrikannya.
Hehehe..

Kl saya pake mobil gituan seh was2 banget instrumen diakalin gt.
Mau ngakalin atau boongin Oil + Turbo Engine itu gambling yg taruhannya gede banget.
Apalagi udah ada kasus mesin Civic trouble sampe ‘engine swap’.
Ngeriiiiii...
:big_peace:

Ada trouble pas mau garansi dicek OBDnya.
Pernah ganti oli brp kali?
Dmn?
Siapa yg ngereset?

Nah brantem lagi tuh...
Konsumen pengen garansi berdasarkan buku.
Bengkel nyalahin gara2 ngereset instrument tanpa ganti oli beneran.
Repoooootttt...
:big_dunno:
Praktek "scam" gini udah umum ngga cuma di Indonesia.

Klausul warranty apa ? Ngikut oil life indicator apa ngikut service manual / manual book ? Klo di service manual gak ada yang menyatakan ganti oli sesuai oil life indicator, ya udah, brarti gak menggugurkan garansi toh ?

Bkn nge-fanboy atau ngebela HPM, cm logika sotoy ane aja... krn semisal di otlendir sport ane dulu matiin service reminder sendiri pun jg gak menggugurkan garansi... klo gugur ya ane kejar, wong mobil gak modded... lu maksa gue serpis mobil tiap 3 bulan ? Bengkel apa rampok ?

skrg kalo itu ilegal / menggugurkan warranty, mana mungkin cara "mematikan" atau "reset" indikator ini disebarluaskan dan tidak diberi "locking mechanism" yang hanya bisa dilakukan via OBD oleh dealer saat servis ?

Mari kita diskusi secara akademis dan objektip... ane juga pingin tau nih...
Saya udah gak punya Honda.
Nahhh.., om ChZ kan ada Honda di rumah, bisa tolong dicek S&K garansinya gmn?
Kl emang tertera aman selama ikuti buku servis ya gak masalah, hehehe...
:big_exellent:
Paling bete dan was2 aja sering liat warning oil life nyala dan harus ngereset sendiri.
As I said, ada kemungkinan sensor dan instrumentnya yang error atau tll sensitif.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:23 Saya udah gak punya Honda.
Nahhh.., om ChZ kan ada Honda di rumah, bisa tolong dicek S&K garansinya gmn?
Kl emang tertera aman selama ikuti buku servis ya gak masalah, hehehe...
:big_exellent:
Paling bete dan was2 aja sering liat warning oil life nyala dan harus ngereset sendiri.
As I said, ada kemungkinan sensor dan instrumentnya yang error atau tll sensitif.
Jujur mobilnya di rumah di semarang :big_slap: ... sementara ane masi nguli di surabaya :mky_01:

Tapi ini nemu di mbah gugel... monggo bagi user turbo honda yang was-was tentang oil life ini...

Berikut ini adalah hal-hal dimana garansi tidak berlaku:

PT Honda Prospect Motor tidak menerima registrasi garansi dalam jangka waktu yang ditentukan yaitu 10 hari setelah pengiriman.
Pemilik kendaraan tidak melaksanakan kewajiban sebagai pemilik kendaraan yang tertera pada halaman 11 selama masa garansi.
Perawatan berkala atau perbaikan tidak dilaksanakan oleh Dealer Honda di Indonesia pada waktu/jadwal yang telah ditentukan.
Pemasangan aksesoris yang tidak disetujui oleh Honda Prospect Motor.
Kendaraan yang dipakai untuk balap, rental, atau taksi.
Sistem audio mengalami modifikasi/perubahan yang disengaja/pemutusan arus/penambahan aksesoris/ penggunaan bahan/material vang tidak sesuai dengan standar Honda.
Sistem audio diketahui menggunakan cakram pemutar (compact disc) bajakan.

Kewajiban pemilik kendaraan

Pemilik/pengguna kendaraan wajib melakukan perawatan berkala free seryice 1.000 km, 10.000 km, dan 20.000 km, serta perawatan berkala seperti tercantum dalam Jadwal Perawatan Berkala selama periode garansi.

Garansi tidak berlaku/gugur bagi pemilik/pengguna kendaraan yang tidak melakukan perawatan berkala sesuai dengan Jadwal Perawatan Berkala. (Lihat Jadwal Perawatan Berkala).

Beritahu secepatnya ke dealer resmi Honda jika terdapat kerusakan atau cacat yang pada akhirnya mengakibatkan klaim garansi.

Bawalah sertfikat garansi (terdapat dalam buku ini) setiap melakukan perbaikan di dealer resmi Honda.

Gunakanlah selalu bahan bakar dan pelumas untuk kendaraan anda, yang sesuai dengan spesifikasi dibawah ini.

http://honda-bsd.com/2016/03/07/garansi-mobil-honda/
Persyaratannya hanya melakukan perawatan berkala sesuai schedule di service manual...

So kalo dipermasalahin sama beres honda tampar aja pake buku manual suruh belajar lagi.

Btw kadang ngga serpis di bengkel resmi pun tetep warranty approved. Dulu keyless sensor HRV rusak masih warranty covered biarpun gak pernah serpis di beres... kan service record biasa jadi alesan untuk gak approve warranty.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Thu May 03, 2018 8:28
andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:23 Saya udah gak punya Honda.
Nahhh.., om ChZ kan ada Honda di rumah, bisa tolong dicek S&K garansinya gmn?
Kl emang tertera aman selama ikuti buku servis ya gak masalah, hehehe...
:big_exellent:
Paling bete dan was2 aja sering liat warning oil life nyala dan harus ngereset sendiri.
As I said, ada kemungkinan sensor dan instrumentnya yang error atau tll sensitif.
Jujur mobilnya di rumah di semarang :big_slap: ... sementara ane masi nguli di surabaya :mky_01:

Tapi ini nemu di mbah gugel... monggo bagi user turbo honda yang was-was tentang oil life ini...
Kewajiban pemilik kendaraan

Pemilik/pengguna kendaraan wajib melakukan perawatan berkala free seryice 1.000 km, 10.000 km, dan 20.000 km, serta perawatan berkala seperti tercantum dalam Jadwal Perawatan Berkala selama periode garansi.

Garansi tidak berlaku/gugur bagi pemilik/pengguna kendaraan yang tidak melakukan perawatan berkala sesuai dengan Jadwal Perawatan Berkala. (Lihat Jadwal Perawatan Berkala).

Beritahu secepatnya ke dealer resmi Honda jika terdapat kerusakan atau cacat yang pada akhirnya mengakibatkan klaim garansi.

Bawalah sertfikat garansi (terdapat dalam buku ini) setiap melakukan perbaikan di dealer resmi Honda.

Gunakanlah selalu bahan bakar dan pelumas untuk kendaraan anda, yang sesuai dengan spesifikasi dibawah ini.

http://honda-bsd.com/2016/03/07/garansi-mobil-honda/
Persyaratannya hanya melakukan perawatan berkala sesuai schedule di service manual...

So kalo dipermasalahin sama beres honda tampar aja pake buku manual suruh belajar lagi.
Ahaha...
:wkkk:
Moga2 Cibonya aman sampe tua, om...
:big_cat:

BTW yang ngalamin warning oil life di Civic dan CRV ternyata beda2 kilometernya.
Berarti confirm ini bukan based on algorithm, tp emang ada sensornya sendiri.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:30
Ahaha...
:wkkk:
Moga2 Cibonya aman sampe tua, om...
:big_cat:
Amen to that, oom... :e-pray: 6 bulan pake dan puas, moga gak ada potensi problem yang signifikan.

Btw kenapa ane insist ngikut manual book dan service manual saja (on any car, gak cuma H, mobil lain yang by default udah ada sistem reminder seperti Mazda, BMW, Mitsubishi, Mercedes, dll), here's an interesting video...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

Aduh panjang bener om videonya.
Bisa diceritain gmn isinya?
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:44 Aduh panjang bener om videonya.
Bisa diceritain gmn isinya?
:big_peace:
Singkatnya, manual book adalah patokan resmi krn yang bikin manual book itu orang yang bikin mobilnya (not marketing / service department). Jadi nggak usah digubris BeRes yang nyuruh servis lebih cepet atau nambah additional item / cost... Selama pemakaian normal, ikuti jadwal servis berkala yang direkomendasikan.

Kecuali ngomong kondisi gak normal misal mobil diesel CRD yang pake biosolar sementara ATPMnya saranin DEX dan jadwal servis normal... ya itu salah ngana sendiri kalo gak awet :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by andrijet »

ChZ wrote: Thu May 03, 2018 8:45
andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:44 Aduh panjang bener om videonya.
Bisa diceritain gmn isinya?
:big_peace:
Singkatnya, manual book adalah patokan resmi krn yang bikin manual book itu orang yang bikin mobilnya. Jadi nggak usah digubris BeRes yang nyuruh servis lebih cepet atau nambah additional item / cost... Selama pemakaian normal, ikuti jadwal servis berkala yang direkomendasikan.

Kecuali ngomong kondisi gak normal misal mobil diesel CRD yang pake biosolar sementara ATPMnya saranin DEX dan jadwal servis normal... ya itu salah ngana sendiri kalo gak awet :big_slap:
Udah nonton sekilas.
Kl BiEm gak dapet buku servis, om.
Jadi mau gak mau harus ngikutin ‘kemauan mobilnya’, gak bisa ikut buku lagi, hehehe..
Lagi pula kasus merk yg ngasih free service and sparepart macam BMW ini konteksnya udah gak masuk sm video yg di atas.
Mereka kan justru pengen ganti part sesedikit mungkin, walau itungan pergantian part sampe free servicenya abis sebenernya udah dimasukin ke harga jual mobilnya.
:mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by ChZ »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 8:50
Udah nonton sekilas.
Kl BiEm gak dapet buku servis, om.
Jadi mau gak mau harus ngikutin ‘kemauan mobilnya’, gak bisa ikut buku lagi, hehehe..
Lagi pula kasus merk yg ngasih free service and sparepart macam BMW ini konteksnya udah gak masuk sm video yg di atas.
Mereka kan justru pengen ganti part sesedikit mungkin, walau itungan pergantian part sampe free servicenya abis sebenernya udah dimasukin ke harga jual mobilnya.
:mky_01:
Manual book BMW udah include di iDrive sih ya, baru inget dulu ngutik-ngutik menu iDrive F10.

Ya untungnya Honda dan Mitsubishi masih dikasih buku serpis dan buku manual :mky_01: mungkin mereka sadar itu indikator gak reliabel... Klo nggak dikasih, bisa didemo kantor pusatnya HPM sama user... Beneran perlu "edukasi" ini... moga si pisjon ngasih klarifikasi.

Mazda jg setau saya masih dapet. Tapi bagusnya service reminder di MZD Connectnya disesuaikan dengan kilometer dan bulan sesuai standar servisnya Mazda. CMIIW.

Hmmm bener juga kalo makin banyak yang diganti makin rugi di mereka... :e-think: pinter juga mainnya. Sekalian buat evaluasi barangnya kuat apa nggak mungkin ya :e-think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by lemonadelovers »

Mungkin indikator oli honda mirip kayak nissan deterioration point input data berdasarkan bbrp data antara lain gaya mengemudi agresif bikin cepat naik angkanya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Winz »

lemonadelovers wrote: Thu May 03, 2018 9:35 Mungkin indikator oli honda mirip kayak nissan deterioration point input data berdasarkan bbrp data antara lain gaya mengemudi agresif bikin cepat naik angkanya
Klo naik CiBo bawaan'nya mau ngegas terus mungkin, om, Klo ci air pi kan kalem bawa'nya, makanya yg terekspos CiBo, cmiiw :mky_01:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by osbertc0ol »

lemonadelovers wrote: Thu May 03, 2018 9:35 Mungkin indikator oli honda mirip kayak nissan deterioration point input data berdasarkan bbrp data antara lain gaya mengemudi agresif bikin cepat naik angkanya
Nissan kan deterioration point menurut gw juga cuman "kira2" berdasarkan algorithm. kalo memang sensor sih harusnya ud pada minta ganti om, wong itu 100k pada jebol semua CVT nya padahal deterioration point msh dibawah poin ganti wkwkwkw
andrijet wrote: Thu May 03, 2018 7:13 Mitos ah, om..
:mky_03:
Itu gerobak turbo di rumah yang dari Jerman dan suka diajak jogging di Sentul, minta ganti oli di 11.000km.
Gerobak turbo satunya lg yg dari Amerika jalan 4.000km masih 70% oil lifenya.

Mobil turbo taun 80an kali yg minta oli sering2...
Atau turbo Honda taun 2018...
:big_peace:
Hehehe iya sepertinya untuk teknologi oli skrg udh nggak ngaruh ya selama bukan pake oli mesran :upss:


Yess saya percaya sih gerobak jerman pake Sensor Oil. dan memang harusnya mesin dan oli skrg +- 10rb Km lah rata2 baru harus ganti.
iwansiagian wrote: Thu May 03, 2018 7:34 Ini beneran algorithm aja om? Bukan ada sensor kualitas oli nya gitu? Kalo cuma algorithm sih bisa di abaikan ya.
Yes om saya percaya ini algorithm. Sensor Oli mahal om hahaha.

Bisa di cek juga di forum2 luar, honda ud lama pake OIL Life ini semenjak late 2000 ud pake dan memang semuanya pada cepet. di US yang biasa 8 - 10rb miles baru ganti oli aja di Honda 4000Miles ud pada 0% Oil Life nya (Di US pake %) dan pada debat deh disana.

Sampe skrg jadinya banyak jg yang ignore itu oil life dan mesin nya masih sehat sehat saja.



tapi kenapa saya mau 5000km ganti, soalnya ini mesin baru nya Honda, reliability nya blm tau. So saya main aman deh 5000k. Toh sekali ganti oli +- 400rb / 5000km.. Ok lah.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by kunaskun »

andrijet wrote: Thu May 03, 2018 6:15

Rame lg neh dagangannya Pak Jonfis...
User2 Turbo Honda disini apa kabar?
Sehat2 kah?
14 tahun lalu, kata mekanik beres ahond itu lampu headlamp city idsi tidak bisa diadjust arahnya... padahal ketutup fender...
sekarang ganti oli tiap 2 ribu km karena instrumen menyatakan sekian.. udah gitu kocak bener komen kabeng di video tsb. itu KEPALA BENGKEL... :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

ya memang umur oli ga ada yang tahu persis, karena parameter banyak sekali, tapi ya kasarnya: ga gitu juga kale napsunya buat ganti oli. separah2nya jakarta macet2an tiap hari berjam2 masa iya itu oli tewasnya secepat itu, jangan2 itu bacaan sensornya berdasarkan engine hour, macem mesin pabrik atau heavy machinery.. tiap 100 jam :mky_02: ya logis si kecepatan rata2 untuk hitung konsumsi bbm ala autonetmagz untuk dalkot itu adalah 22 km per jam = 22 jam x 100 = 2200 ribu km. bonus bacaan odometer kecepatan 10% = 1980 km lah. ya benerlah :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

---

ingat temen pake serena 2012, mau ganti oli CVT karena km udah sekian puluh ribu km, ke beres, ga mau diganti karena berdasarkan bacaan dari ECU SCanner/Nissan CONSULT, namanya fluid deterioration, masih cukup fit, nanti kalau sudah melampaui nilai sekian baru diganti. kalau yang ini agak2 serem karena kok sekian puluh ribu km masa iya itu CVTF kuat, kalau di ahond malah napsu bener buat ganti oli.
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by Senargitar »

Kok kaya ada yang panik ya :big_blushing:


Baca2 di komen videonya om mobi juga ada yg 1500km sudah minta ganti oli
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by liemivan86 »

andrijet wrote:
osbertc0ol wrote: Thu May 03, 2018 6:44 2000km nggak lah. tp mesin ini cepet banget indikator ganti olinya nyala..
Rata2 nyala di km 3000 - 4000 di jakarta.

Kalo di luar kota yg jarang macet yaa 4000-5000. Memang parah ini, karna dia algoritma oil life nya itu berdasarkan "Kira - Kira" dari gaya mengemudi, engine running time, dan nyala matinya mesin.. Rata2 yang di South East Asia pada ngeluh hal yang sama.

Kalo di mobil eropa sepertinya ada oil sensornya CMIIW.


Sy sendiri sih mungkin bakal ignore Oil life dan ganti sendiri pas +- 5000km untuk jaga2 toh memang sebenrnya mesin bensin ber turbo lebih cepat merusak oli dibanding mesin N/A. apalagi jika oli nya krg bagus hahaha, ditambah mesin L15B ini ada kemungkinan bensin masuk ke Oli yang bakal merusak Oli.
Mbl yg lain sih di 8000-10000 km..

Emang nyebelin jg ya, tp nikmatin aja lah ya :emo-flowerforyou:
Mitos ah, om..
:mky_03:
Itu gerobak turbo di rumah yang dari Jerman dan suka diajak jogging di Sentul, minta ganti oli di 11.000km.
Gerobak turbo satunya lg yg dari Amerika jalan 4.000km masih 70% oil lifenya.

Mobil turbo taun 80an kali yg minta oli sering2...
Atau turbo Honda taun 2018...
:big_peace:
Audi Q5 teman di Jepang ganti oli nya malah per 15rb km, padahal mesin nya 2.0 turbo. Saya sampe bingung waktu dia ngomong 15rb km. Di sini pada nyuruh 5rb km uda ganti..
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by mr_mytplx »

kunaskun wrote: Thu May 03, 2018 10:44
andrijet wrote: Thu May 03, 2018 6:15

Rame lg neh dagangannya Pak Jonfis...
User2 Turbo Honda disini apa kabar?
Sehat2 kah?
14 tahun lalu, kata mekanik beres ahond itu lampu headlamp city idsi tidak bisa diadjust arahnya... padahal ketutup fender...
sekarang ganti oli tiap 2 ribu km karena instrumen menyatakan sekian.. udah gitu kocak bener komen kabeng di video tsb. itu KEPALA BENGKEL... :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

ya memang umur oli ga ada yang tahu persis, karena parameter banyak sekali, tapi ya kasarnya: ga gitu juga kale napsunya buat ganti oli. separah2nya jakarta macet2an tiap hari berjam2 masa iya itu oli tewasnya secepat itu, jangan2 itu bacaan sensornya berdasarkan engine hour, macem mesin pabrik atau heavy machinery.. tiap 100 jam :mky_02: ya logis si kecepatan rata2 untuk hitung konsumsi bbm ala autonetmagz untuk dalkot itu adalah 22 km per jam = 22 jam x 100 = 2200 ribu km. bonus bacaan odometer kecepatan 10% = 1980 km lah. ya benerlah :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

---

ingat temen pake serena 2012, mau ganti oli CVT karena km udah sekian puluh ribu km, ke beres, ga mau diganti karena berdasarkan bacaan dari ECU SCanner/Nissan CONSULT, namanya fluid deterioration, masih cukup fit, nanti kalau sudah melampaui nilai sekian baru diganti. kalau yang ini agak2 serem karena kok sekian puluh ribu km masa iya itu CVTF kuat, kalau di ahond malah napsu bener buat ganti oli.
hahaha. bisa jadi benar. nda pake logaritma yg njlimet2 tp cuman di hitung 100 jam. :big_dunno: :big_dunno:

honda honda. :big_dunno: :big_dunno:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ada apa dengan CR-V Turbo? kenapa Penjualannya lesu?

Post by maastricht889 »

Tahun ini kayanya jd tahun kelam honda indonesia deh wkwkwk, masalah aneh2 ada terus dr awal th ini, hadeuh