Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Apr 15, 2018 16:14
- Location: JKT
Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Salam kenal rekan - rekan SM semua, ortu saya sedang mempertimbangkan mengganti kendaraan dengan rentang budget sekitar 200jutaan (200-205), dengan fungsional dan space 2nd row yang bisa captain seat, pilihan saya jatuh kepada Innova Diesel A/T. Saya memiliki 3 opsi yang paling mungkin:
1. Innova Diesel 2.5 V A/T 2009
2. Innova Diesel 2.5 V A/T 2010
3. Innova Diesel 2.5 G A/T 2012
Dengan kondisi pemakaian dan jarak tempuh 2.5 V lebih tinggi dibanding tipe G serta fitur dan kelengkapan (Airbag, ABS), mana yang sebaiknya saya rekomendasikan kepada orangtua saya? Apakah sebaiknya saya ambil V tahun tua tapi dengan konsekuensi tambahan biaya facelift ke 2012?
Selain itu hal apa saja yang mesti diperhatikan sebelum membeli Innova Diesel selain filter solar dan sektor kaki - kaki (tierod)? Bagaimana ketangguhan mesin dieselnya?
Mohon masukan dari rekan - rekan SM disini,
Terimakasih..
1. Innova Diesel 2.5 V A/T 2009
2. Innova Diesel 2.5 V A/T 2010
3. Innova Diesel 2.5 G A/T 2012
Dengan kondisi pemakaian dan jarak tempuh 2.5 V lebih tinggi dibanding tipe G serta fitur dan kelengkapan (Airbag, ABS), mana yang sebaiknya saya rekomendasikan kepada orangtua saya? Apakah sebaiknya saya ambil V tahun tua tapi dengan konsekuensi tambahan biaya facelift ke 2012?
Selain itu hal apa saja yang mesti diperhatikan sebelum membeli Innova Diesel selain filter solar dan sektor kaki - kaki (tierod)? Bagaimana ketangguhan mesin dieselnya?
Mohon masukan dari rekan - rekan SM disini,
Terimakasih..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Wed Aug 19, 2015 7:25
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
2.5 V A/T 2012 aja cari yg batchawal, soalnya safety dri G ke V ya gk bisa ditambahin sendiri.
sisanya soal plus minus dan apa yg mesti diperhatiin, tinggal nunggu master2 D4D turun gunung, yg jelas ini D4D mobil SM Banget dah heheheheehhe.
sisanya soal plus minus dan apa yg mesti diperhatiin, tinggal nunggu master2 D4D turun gunung, yg jelas ini D4D mobil SM Banget dah heheheheehhe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Imho selagi ada pilihan yang top trim sih mending top trim nya aja om, cari yang masi seger,beda mileage utk d4d ini rasanya ga masalah kalo terawat bener sih..
pengalaman dulu pernah dilema milih antara top trim sama yg middle nya, saya ambil yg middle, dan, nyesel...(bukan innova sih)
pengalaman dulu pernah dilema milih antara top trim sama yg middle nya, saya ambil yg middle, dan, nyesel...(bukan innova sih)
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Kalo bekas hajar langsung top trim om , gpp km tinggi dan model lama tapi dapat erbeg,ABS dan mid , klo tampilan luar bisa di ubah , apalagi untuk orangtua tercinta 
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Sikat V taun paling muda sesuai budget... even V FL1 sama G GNKI dono masi bagus V FL1 safety & fiturnya 
Ambience kabinnya berasa lbh mewah tipe V

Ambience kabinnya berasa lbh mewah tipe V
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Bener sih.
Ambil V aja, cari yang tahun paling muda.
Selain fitur safety diatas, banyak fitur printilan lain yang lumayan penting buat ane kayak:
- digital AC
- optitron
- senderan tangan baris kedua
- tombol audio di setir
- peredaman yang berbeda
- dll
Ambil V aja, cari yang tahun paling muda.
Selain fitur safety diatas, banyak fitur printilan lain yang lumayan penting buat ane kayak:
- digital AC
- optitron
- senderan tangan baris kedua
- tombol audio di setir
- peredaman yang berbeda
- dll
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
- Location: Jakarta
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
ikut pilih tipe V, yang penting barangnya terawat biarpun km tinggi/tahun tua, facelift ga repot, banyak yg jual. D4D seharusnya tangguh ya mesinnya, paling tinggal ganti cairan sama serpis aja biar tenang makenya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Pilih V aja, yang penting terawat, tahun tua gpp
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Tipe V
Beli bekas mending ambil tipe tertinggi
Beli bekas mending ambil tipe tertinggi
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Yang pasti klo dah pernah ngerasain Innova tipe V, naik tipe G berasa naik mobil yang berbeda... 

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Wed Aug 19, 2015 7:25
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
biasa reborn V pas naek operasional G berasa bnget bedanya palagi yg Q yahChZ wrote: Mon Apr 16, 2018 7:29 Yang pasti klo dah pernah ngerasain Innova tipe V, naik tipe G berasa naik mobil yang berbeda...![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 928
- Joined: Sat May 21, 2016 12:08
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Innova
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
mending yg V aja...perawatan toh 11-12 kan...sama2 diesel,yg psti bgtu terima lgs ganti semua fluida2,servis berkala,purging,ganti filter solar+kuras tangki solar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
mending yang V sekalian om. kadang org yang punya tipe tertinggi, lebih merawat kendaraan dibanding tipe dibawahnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Apr 22, 2017 2:04
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Tipe V aja om, terasa jauh lebih mantap dan solid daripada tipe G.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Nov 24, 2016 2:04
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
yakin dah, ambil top trim. biasanya service record lebih terawat oleh pemiliknya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1704
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Tipe V aja krna ada airbag dan ABS
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Apr 15, 2018 16:14
- Location: JKT
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
WhizzKidZ wrote: Mon Apr 16, 2018 3:20 2.5 V A/T 2012 aja cari yg batchawal, soalnya safety dri G ke V ya gk bisa ditambahin sendiri.
sisanya soal plus minus dan apa yg mesti diperhatiin, tinggal nunggu master2 D4D turun gunung, yg jelas ini D4D mobil SM Banget dah heheheheehhe.
efact wrote: Mon Apr 16, 2018 3:35 Imho selagi ada pilihan yang top trim sih mending top trim nya aja om, cari yang masi seger,beda mileage utk d4d ini rasanya ga masalah kalo terawat bener sih..
pengalaman dulu pernah dilema milih antara top trim sama yg middle nya, saya ambil yg middle, dan, nyesel...(bukan innova sih)
grandis_GT wrote: Mon Apr 16, 2018 3:39 Kalo bekas hajar langsung top trim om , gpp km tinggi dan model lama tapi dapat erbeg,ABS dan mid , klo tampilan luar bisa di ubah , apalagi untuk orangtua tercinta![]()
adrevolution wrote: Mon Apr 16, 2018 4:13 Sikat V taun paling muda sesuai budget... even V FL1 sama G GNKI dono masi bagus V FL1 safety & fiturnya
Ambience kabinnya berasa lbh mewah tipe V
sintoni wrote: Mon Apr 16, 2018 4:17 Bener sih.
Ambil V aja, cari yang tahun paling muda.
Selain fitur safety diatas, banyak fitur printilan lain yang lumayan penting buat ane kayak:
- digital AC
- optitron
- senderan tangan baris kedua
- tombol audio di setir
- peredaman yang berbeda
- dll
katumiri wrote: Mon Apr 16, 2018 4:40 ikut pilih tipe V, yang penting barangnya terawat biarpun km tinggi/tahun tua, facelift ga repot, banyak yg jual. D4D seharusnya tangguh ya mesinnya, paling tinggal ganti cairan sama serpis aja biar tenang makenya
ChZ wrote: Mon Apr 16, 2018 7:29 Yang pasti klo dah pernah ngerasain Innova tipe V, naik tipe G berasa naik mobil yang berbeda...![]()
andyez86 wrote: Mon Apr 16, 2018 8:03 mending yg V aja...perawatan toh 11-12 kan...sama2 diesel,yg psti bgtu terima lgs ganti semua fluida2,servis berkala,purging,ganti filter solar+kuras tangki solar
GT888 wrote: Mon Apr 16, 2018 9:08 Tipe V aja om, terasa jauh lebih mantap dan solid daripada tipe G.
amputasi wrote: Mon Apr 16, 2018 11:59 yakin dah, ambil top trim. biasanya service record lebih terawat oleh pemiliknya
Terimakasih teman - teman SM semua, dari semua masukan sepertinya banyak yang rekomen tipe V ya hehe
Tipe V yang masuk budget setelah saya lihat lagi kisaran tahun 2011 - 2012 dan termasuk rare item . . .
Ada saran dari teman teman SM soal tips dan trik hunting Innova 2.5 V ini?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Niubi coba memberi masukan.
Sebaik nya untk mobil 2nd, pilih tipe yg keadaan nya paling terawat.
Kalau keadaan hampir seimbang, antara tipe G/V, ambil tipe V.
Masalah mesin dan mekanikal, ada bbrp improvement minor sesuai tahun produksi.
Mis : injektor non-euro vs inj. euro 2. , MAF sensor, SCV, driver EDU 2 soket vs 3 soket, elektrikal wiring, sektor kaki / kolong juga ada minor improvement... Lebi lengkap nya harus tanya oleh suhu yg lebi menguasai.
Masalah ketangguhan mesin, mobil rental -travel di sumatera GNKI 2013 2KD MT dipakai selama 4 tahun, odo mencapai 360rb an, perwatan std travel / rental, masi blm ada kendala berarti.
Dan semua mobil travel di sumatera 2L dan 2KD. Yg lain jarang sekali.
*Cmiiw
Sebaik nya untk mobil 2nd, pilih tipe yg keadaan nya paling terawat.
Kalau keadaan hampir seimbang, antara tipe G/V, ambil tipe V.
Masalah mesin dan mekanikal, ada bbrp improvement minor sesuai tahun produksi.
Mis : injektor non-euro vs inj. euro 2. , MAF sensor, SCV, driver EDU 2 soket vs 3 soket, elektrikal wiring, sektor kaki / kolong juga ada minor improvement... Lebi lengkap nya harus tanya oleh suhu yg lebi menguasai.
Masalah ketangguhan mesin, mobil rental -travel di sumatera GNKI 2013 2KD MT dipakai selama 4 tahun, odo mencapai 360rb an, perwatan std travel / rental, masi blm ada kendala berarti.
Dan semua mobil travel di sumatera 2L dan 2KD. Yg lain jarang sekali.
*Cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
idem sama om ini.billi wrote: Tue Apr 17, 2018 2:05 Niubi coba memberi masukan.
Sebaik nya untk mobil 2nd, pilih tipe yg keadaan nya paling terawat.
Kalau keadaan hampir seimbang, antara tipe G/V, ambil tipe V.
Masalah mesin dan mekanikal, ada bbrp improvement minor sesuai tahun produksi.
Mis : injektor non-euro vs inj. euro 2. , MAF sensor, SCV, driver EDU 2 soket vs 3 soket, elektrikal wiring, sektor kaki / kolong juga ada minor improvement... Lebi lengkap nya harus tanya oleh suhu yg lebi menguasai.
Masalah ketangguhan mesin, mobil rental -travel di sumatera GNKI 2013 2KD MT dipakai selama 4 tahun, odo mencapai 360rb an, perwatan std travel / rental, masi blm ada kendala berarti.
Dan semua mobil travel di sumatera 2L dan 2KD. Yg lain jarang sekali.
*Cmiiw
whatever people talks bla bla bla, kalo buat Kijang, apalagi diesel, dan matic, cari yang kondisinya paling bagus.
paling terawat dan paling waras.
kadang kadang nemu 2KD angkatan 2009-2011 yang jauh lebih waras dari yang 2013-2015.
dan kadang2 nemu seri G yang lebih waras dari seri V, meskipun mainly rata rata seri V kondisinya lebi waras dari seri G.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Betul om.vulvy8858 wrote: Tue Apr 17, 2018 2:40idem sama om ini.billi wrote: Tue Apr 17, 2018 2:05 Niubi coba memberi masukan.
Sebaik nya untk mobil 2nd, pilih tipe yg keadaan nya paling terawat.
Kalau keadaan hampir seimbang, antara tipe G/V, ambil tipe V.
Masalah mesin dan mekanikal, ada bbrp improvement minor sesuai tahun produksi.
Mis : injektor non-euro vs inj. euro 2. , MAF sensor, SCV, driver EDU 2 soket vs 3 soket, elektrikal wiring, sektor kaki / kolong juga ada minor improvement... Lebi lengkap nya harus tanya oleh suhu yg lebi menguasai.
Masalah ketangguhan mesin, mobil rental -travel di sumatera GNKI 2013 2KD MT dipakai selama 4 tahun, odo mencapai 360rb an, perwatan std travel / rental, masi blm ada kendala berarti.
Dan semua mobil travel di sumatera 2L dan 2KD. Yg lain jarang sekali.
*Cmiiw
whatever people talks bla bla bla, kalo buat Kijang, apalagi diesel, dan matic, cari yang kondisinya paling bagus.
paling terawat dan paling waras.
kadang kadang nemu 2KD angkatan 2009-2011 yang jauh lebih waras dari yang 2013-2015.
dan kadang2 nemu seri G yang lebih waras dari seri V, meskipun mainly rata rata seri V kondisinya lebi waras dari seri G.
IMO, jgn terpaku dengan "tipe/trim" tertentu untk mobil 2nd..
Kalau ada tipe E 2KD MT yg sangat terawat, saya pun ambil itu. Daripada di lapangan gak nemu V AT yg terjamin, jgn dipaksakan..
Tapi kalau ada pilihan yg kondisi berimbang, sgt disarankan ambil V.
Isin share cerita pribadi.
Pas awal 2017, saya baru menjual gnki 2011 2KD G MT, odo 29rb, body mulus gak pernah siram, mobil std pabrik, faktur service record tersimpan dengan rapi dari baru-jual.
Pembeli yg awal nya nyari2 2KD V AT, terakhir balik ambil mobil saya karena katanya kondisi mobil saya paling bagus. Pas jumpa di kesempatan lain, dia senyum, bilangin kalau reborn saya mau jual kabarin dia duluan..
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Bukan menggeneralisir, tapi rata-rata kalo tipe E dan G kemungkinan dapet bekas fleet atau mobil dinas sangatlah tinggi dibanding tipe V... tipe V kebanyakan untuk pemakaian pribadi.
Saya liatnya di lingkungan perkantoran, hotel, rental, maupun resort rata-rata tipe G malah.
Saya liatnya di lingkungan perkantoran, hotel, rental, maupun resort rata-rata tipe G malah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Oct 14, 2014 21:15
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Ambil tipe V aja om, gak akan nyesel
fitur safety jauh lebih lengkap dan banyak printilan2 interior di tipe V yg kalo mau di pasang di G setelah di hitung2 lebih mahal ketimbang beli langsung tipe V dengan catatan perhitungan harga perintilannya itu harga beli resmi di A2K ya hehe. Yg kerasa lagi perbedaan peredamannya, klo di tipe V saat kena hujan atapnya masih sunyi, kalo di tipe G waduuuh rame
Pengalaman waktu 2016 ane hunting Innova 2nd buat babeh ane. Ane bela2in sampe cari ke balai lelang mobil demi dapet tipe V karena memang budget cuman di range 185-200 aja. Tadinya malah babeh ane udh mau ambil GNKI G Luxury AT 2012. Dan alhamdulillah di balai lelang ane dapet GNKI V Luxury AT 2013 seharga 195 dimana saat itu di pasaran masih 210an. Ane sama babeh udh sepakat buat ga cari yg 2KD karena pertama faktor budget yg cuman segitu ditambah babeh ane maunya dapet yg taun muda (kalo dipaksain 2KD dapetnya taun tua), yg kedua karena ibu ane ga suka bunyi mesin diesel
.


Pengalaman waktu 2016 ane hunting Innova 2nd buat babeh ane. Ane bela2in sampe cari ke balai lelang mobil demi dapet tipe V karena memang budget cuman di range 185-200 aja. Tadinya malah babeh ane udh mau ambil GNKI G Luxury AT 2012. Dan alhamdulillah di balai lelang ane dapet GNKI V Luxury AT 2013 seharga 195 dimana saat itu di pasaran masih 210an. Ane sama babeh udh sepakat buat ga cari yg 2KD karena pertama faktor budget yg cuman segitu ditambah babeh ane maunya dapet yg taun muda (kalo dipaksain 2KD dapetnya taun tua), yg kedua karena ibu ane ga suka bunyi mesin diesel

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
secara umum E itu jarang buat pribadi karena kopongan, biasa buat fleet memang, macem avanza E atau ANKI G sekarang.
secara umum G itu paling banyak terjual ga cuma ke pribadi tapi juga fleet karena ga kopong2 amat seperti E jadi masih kelihatan okelah buat tampilan fleet. ya sekarang macam avanza G/anki V yang sejuta umat. memang ciri khas toyota kan kaya gini kalau jual satu model dengan 3 trim: type terendah itu cuma basa basi doang, yang paling laku type tengah, type tertinggi penambah meriah saja.
secara umum V itu paling banyak ke pribadi karena memang termahal, kalau buat fleet kecil kemungkinan walau pasti ada. kalau sekarang ya veloz/anki Q.
kalau nemu V yang sehat itu macem nemuin type G yang mileage rendah. apalagi V AT Putih mileage rendah ex pemakaian pribadi.
secara umum G itu paling banyak terjual ga cuma ke pribadi tapi juga fleet karena ga kopong2 amat seperti E jadi masih kelihatan okelah buat tampilan fleet. ya sekarang macam avanza G/anki V yang sejuta umat. memang ciri khas toyota kan kaya gini kalau jual satu model dengan 3 trim: type terendah itu cuma basa basi doang, yang paling laku type tengah, type tertinggi penambah meriah saja.
secara umum V itu paling banyak ke pribadi karena memang termahal, kalau buat fleet kecil kemungkinan walau pasti ada. kalau sekarang ya veloz/anki Q.
kalau nemu V yang sehat itu macem nemuin type G yang mileage rendah. apalagi V AT Putih mileage rendah ex pemakaian pribadi.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Kalau kondisi sama2 mint, ambil tipe V
ga worth biaya upgrade mobkas dari tipe G ke V
ga worth biaya upgrade mobkas dari tipe G ke V
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Memilih Tipe Kijang Innova Diesel
Pilih aja sesuai budget yang KM-nya rendah dan ada service record om, ipah diesel tipe V itu jarang bgt ada yg jual, andai kata ada pasti minta harganya mahal, ane sendiri wkt itu nyari udah muter2 tipe v nyerah sendiri, akhirnya nemu tipe G AT taun 2011 KM-nya baru 50rb service record langsung ane sikat dan ga ada kata nyesel sm sekali..mobil kuat ga pernah minta jajan macem2 cm isi biosol doang..