sprint07 wrote: Mon Mar 19, 2018 10:14
ayo om toni bantu penjelasannya nih, kan om uda piara rx8 2x walau sekarang uda agak lupa dikarenakan punya yg lebih baik di dalam sebuah mesin legend
Sungkem dulu sama kakak Suryo.
vinor22 wrote: Mon Mar 19, 2018 2:39
Permisi suhu
abis liat liat rx8 lumayan tertarik
tahun ini insyaallah kalau jadi mau ambil rx 8
ane mau tanya beberapa hal nih mungkin ada yg udah pengalaman mau sharing
1. Perawatannya kira kira gimana ya ( servis dll ) ?
denger denger ngabisin oli, maksudnya tiap 5k km harus ganti oli? biaya servis ganti oli,coil dll lain itu sama kyk mobil pada umumnya apa gmn ya ?
2. Kalo misal servis aja kan beberapa nyaranin langsung ke beres aja, nah kl buat rx8 sendiri di jakarta ini bengkel spesialis non resminya dimana aja ya yg reccomended ?
3. kekurangan mobil ini apa ya ?
4. terakhir mungkin ada tips tips kl emang jadi ambil mobil ini hehe
terimakasih suhu, jgn diketawain ya
Ane coba bantu sebisanya ya om, ada sedikit pengalaman sama mobil ini sih.
1. Kalo menurut pengalaman ane sih perawatan biasa aja, paling 5k ya harus ganti oli, kelipatan 10k ganti filternya. Kalo busi sih menurut ane sama aja, ganti 30rban sekali sih merujuk di forum RX8, cuma emang businya agak mahal, kalo mau beli businya beli lewat ebay aja, harga bisa hemat setengah harga dibanding beli di Beres. Selain itu sih sih menurut ane biasa aja kayak mobil piston.
Kalo soal mengonsumsi oli sih emang begitu, tapi ga terlalu banyak lah, biasa dulu ane cek 500km, paling cuma turun 100-200ml jg. Ini mobil emang didesain untuk ngonsumi oli, secara dia emang sengaja nyemprotin oli pas proses pemakaran terjadi dengan tujuan untuk melunasi apex seal, yang merupakan kelemahan mobil ini, jadi ini memang disengaja.
2. Kalo bengkel di Jakarta ane ga tau om, secara dulu ane pake di Surabaya.
3. Kekurangan mobil ini ya menurut ane:
- Torsi bawah agak kosong, bisa dibantu dengan ganti midpipe yang plong alias tanpa Catalytic.
- Bensin yang termasuk boros, biasa dapat 1:5L dengan Oktan 95, dulu belom ada Turbo.
- Panas mesin + transmisi (manual ga tau kalo metik) bisa kerasa di bagian centre console kalo abis ngebut atau macet2an.
4. Kalo tips ya menurut ane sama aja kayak cari mobil biasa, harus tes drive sama liat service record. Dicoba pas starter apa mesin tersengal2, kalo kayak gitu biasa busi atau kabel sudah masalah. Mesin harus terdegar halus secara Wankel enjin ini termasuk minim getaran. Terus terakhir kalo mau ambil harus Compresion Test, ini paling penting untuk liat kondisi Wankelnya sendiri.
Tambahan: Kalo menurut ane, ini mobil harusnya termasuk awet, alias ga serewel yang dipikir orang2 pikirin, cuma emang ada beberapa cara yang bisa bantu keawetan mobil ini.
1. RX8 ini kalo misal dihidupin, jangan sekali2 lgsg dimatiin kalo jarum temperatur mesin belom capai titik optimal alias di tengah indikator. Contoh misal kayak harus keluarin mobil dari garasi untuk dicuci di carport, atau mau masukin mobil ke garasi abis parkir di pinggir jalan. Usahakan matiin mesin pas jarum indikator sudah ke tengah.
2. Ini mobil jangan disayang, usahakan setiap x bawa, mobil minimal harus di redline minimal sekali (pas temperatur mesin sudah optimal ya). Kenapa? Ya mesin mobil ini lebih rawan terkenal kerak karbon, soalnya ya yang tadi itu penyemprotan oli mesin ke ruang pembakaran untuk melumasin apex seal.
Gitu aja sih om, kalo bisa sih cari yang manual biar bisa dapat full pengalaman punya RX8, secara kalo yang metik cuma 192hp, kalo manual 230hp. Trus kalo udah dapat, harus dirawat yang bener, ini mobil bs jadi future classic, secara the last wankel petrol car. Ga nyesel deh kalo dapat yang kondisinya mint, tenaga dapet, handling dapet, gengsi dapet.
Met hunting om.