Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Aku rada aneh pada yang namanya kopling tangan..
Sebenernya posisi yang bener tuu gimana seeh?
-Apa 2 jari(jari tengah, ama telunjuk) megang kopling tangan dan 2 lagi di setang (ini rada aneh soalnya tiap narik kopling, jari manisnya kena kopling jadi rada keteken jarinya, kan g enak)
-Ato semua megang kopling tangan (ini yang biasa saya lakukan, tapi kyknya tidak begitu baik ngelakuin kyk gini,, entah kenapa)
-Ato ada yang lainnya 1 jari di setang (jari kelingking) dan lainnya stand by di kopling tangan??
Mohon pencerahannya..
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Klo aku sih biasa pas waktu ngopling 4 jari di kopling, telapak tangan bagian belakang bertumpu di stang biar kuat nariknya, klo nggak ya standby di setang tapi semua tergantung kebiasaan juga sih .osted via WAP:.
Last edited by jhonkip on Mon Sep 05, 2005 13:29, edited 1 time in total.
kalo koplingnya tuas enteng bin lembut, pake model f**k juga boleh, tapi kalo tuasnya keras, bisa patah jari ente..hehe..kalo gue sih, yg enak2 aja, kebiasaan pake 4 jari..
Tapi kalo aku amati di motogp dan wsbk, kebanyakan mereka kalo kopling pegangnya pake 2 jari, telunjuk ama tengah, gak tau maksudnya apa, tapi kalo Rossi seringnya kan 1/2 kopling, tapi kalo buat harian suka 1/2 kopling ya silahkan aja sering2 ganti kanvas kopling dan oli
artinya kopling hanya ditarik 1/2 valve, fungsinya biar tdk smua tenaga tersalur ke ban yg bisa bikin standing ato sliding, jd motor bisa mulus melesat cepat tanpa ada hentakan tenaga, mkn msh krg jelas tlg teman2
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
jihad koplo wrote:artinya kopling hanya ditarik 1/2 valve, fungsinya biar tdk smua tenaga tersalur ke ban yg bisa bikin standing ato sliding, jd motor bisa mulus melesat cepat tanpa ada hentakan tenaga, mkn msh krg jelas tlg teman2
o iya bro, coba bro2 perhatikan, para pembalap motogp kalo diperhatikan tangannya, saat naikin gigi koplingnya ga pernah dipencet!!! Gue pikir2 apa gak jebol tuh kopling ya? ato emang kopling jenis kering perlakuannya beda?? Mgkn temen2 ada yang ngerti? bro Crash mungkin??
dan perhatikan juga dech misal perpindahan 4 ke 1 koplingnya ditekan 3 kali atau sebanyak dia memindahkan gigi.... klo kita biasanya khan 4 ke 1, koplingnya bejek terus.... ato ini diamaksudkan untuk engine brake yah...
Freedayz wrote:o iya bro, coba bro2 perhatikan, para pembalap motogp kalo diperhatikan tangannya, saat naikin gigi koplingnya ga pernah dipencet!!! Gue pikir2 apa gak jebol tuh kopling ya? ato emang kopling jenis kering perlakuannya beda?? Mgkn temen2 ada yang ngerti? bro Crash mungkin??
Bro, kalo motor MotoGP itu buat naikin gigi kagak perlu tekan kopling, cos itu akan menurunkan putaran mesin dan kehilangan waktu dan tenaga.
Beda kalo mo turunin gigi, mereka pake kopling sekaligus mengatur engine brake.
Motor kita2 juga bisa koq naikin gigi tanpa tekan kopling, asal feelingnya pas aja dan kecepatan lumayan tinggi.
CMIIW.
Freedayz wrote:o iya bro, coba bro2 perhatikan, para pembalap motogp kalo diperhatikan tangannya, saat naikin gigi koplingnya ga pernah dipencet!!! Gue pikir2 apa gak jebol tuh kopling ya? ato emang kopling jenis kering perlakuannya beda?? Mgkn temen2 ada yang ngerti? bro Crash mungkin??
2 hal aja.
Pertama, kita bisa shift up tanpa pakai kopling. Caranya, tutup aja gasnya sejenak, dan oper giginya (cuma bisa oper ke atas). Timing memang harus pas, tapi lama2 juga biasa. Namun, kalau motor tidak terlalu digenjot, biasanya jadi kasar sekali. Lalu, kenapa kok orang2 motoGP juga nggak mengurangi gas juga? Itu karena mereka pakai alat yang namanya "Quickshifter". Alat ini akan memotong gas selama sepersekian detik kalau biker mau mengoper gigi ke atas. INi sebabnya orang2 itu nggak pakai kopling dan nggak mengurangi gas.
Quickshifter ini alat yang sederhana tapi mahal, kalau dari quickshifter.com harganya bisa sampai 300 Euro (kalau gak salah hitung sih, sekitar Rp 4 juta)