Berita duka dari Medan - Mandala Boeing 737 crash
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
- Location: Jakarta
Berita duka dari Medan - Mandala Boeing 737 crash
Rekan2...
Berita sedih dari Medan.. Pesawat Mandala 727 milik Mandala jatuh di kota Medan...
Berikut diskusi mengenai kecelakaan tersebut di Internet: http://www.airliners.net/discussions/g ... /2310641/
Semoga arwah korban diterima di sisi Tuhan dan yang ditinggalkan memiliki kekuatan ... Amin.
Berita sedih dari Medan.. Pesawat Mandala 727 milik Mandala jatuh di kota Medan...
Berikut diskusi mengenai kecelakaan tersebut di Internet: http://www.airliners.net/discussions/g ... /2310641/
Semoga arwah korban diterima di sisi Tuhan dan yang ditinggalkan memiliki kekuatan ... Amin.
Last edited by aidan on Mon Sep 05, 2005 10:10, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
Boeing 727 atau 737 ? Kalau saya tebak pasti Boeing 737, soalnya 727 sudah jarang di pakai lagi.
Kalau kitiran at least saya pikir mungkin pesawatnya sudah tua banget. Tapi terus terang, jika kasusnya B-737, itu baru sangat menakutkan.
Kenapa ? Soalnya B-737 itu semacam Kijangnya pesawat komersial. Banyak sekali populasinya di mana mana. Garuda juga pakainya banyak. Dan saya sendiri jika terbang ke Singapura, pasti sering pakai tu pesawat.
So if a Mandala B-737 bisa crash, how abt Garuda's B-737 ? Really strike terror into flyers hearts. Belum beli asuransi untuk family lagi. What if I die in a plane crash seperti gitu ? Kasihan anak / istri.
Mudah mudahan bisa ketahuan kenapa bisa crash. Saya sering lihat di Indovision acara " Aircraft Investigation " Cerita full kasus plane crashes dari manca negara sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang.
Seram. Kadang human error, kadang gara gara stupid maintenance cost cutting, or silly minor error.
Kalau aborted take off gara gara engine failure itu memang paling susah recover. Pesawat sudah terlanjur jalan hampir ke ujung runway misalnya, ngak cukup space untuk rem mendadak. Engine failure ngak bisa climb, so, cuman satu konsequen, yaitu crash ke non-runway surface.
Memang tiap kali take-off itu paling menakutkan, pilot maupun penumpang yang sadar risikonya.
Soalnya selain suka mobil, saya juga hobby flight simulator / pesawat. Dulu sering " terbang " pakai microsoft flight simulator series.
Lihat documenter building Airbus A 380 kagum pesawat gitu besar bisa terbang. Cuman saya pikir, jika ada engine failure itu gimana nasip 800 penumpangnya ?
Ada kasus pesawat McDonnel MD-80 dulu milik Alaska Airlines. Demi fight crisis, mereka terlalu serakah, paksa pesawatnya minimal maintenance demi terbang terus, cari duit terus. Akibatnya satu crash yang fatal, semuanya mati !
Takutnya Mandala lagi kena crisis, juga berbuat kesalahan demikian. I hope Not. But sekarang jaman high fuel prices + competitive airline industry. Temptation untuk cut costs / maintenance sangat besar.
I really hope the airline pay serious attention to aircraft maintenance. Apalagi pesawat MD-80. Itu tailfinnya designnya ada kelemahan, jika bagian screw and nut tail finnya ngak di lumas cukup, seperti kasus Alaska airline, bakal wear out, dan akibat pesawat NOSE DIVE ! Out of control ! Ngak ada back up system till today.
Lihat saja acara Aircraft investigation. Sangat revealing !
Kalau kitiran at least saya pikir mungkin pesawatnya sudah tua banget. Tapi terus terang, jika kasusnya B-737, itu baru sangat menakutkan.
Kenapa ? Soalnya B-737 itu semacam Kijangnya pesawat komersial. Banyak sekali populasinya di mana mana. Garuda juga pakainya banyak. Dan saya sendiri jika terbang ke Singapura, pasti sering pakai tu pesawat.
So if a Mandala B-737 bisa crash, how abt Garuda's B-737 ? Really strike terror into flyers hearts. Belum beli asuransi untuk family lagi. What if I die in a plane crash seperti gitu ? Kasihan anak / istri.
Mudah mudahan bisa ketahuan kenapa bisa crash. Saya sering lihat di Indovision acara " Aircraft Investigation " Cerita full kasus plane crashes dari manca negara sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang.
Seram. Kadang human error, kadang gara gara stupid maintenance cost cutting, or silly minor error.
Kalau aborted take off gara gara engine failure itu memang paling susah recover. Pesawat sudah terlanjur jalan hampir ke ujung runway misalnya, ngak cukup space untuk rem mendadak. Engine failure ngak bisa climb, so, cuman satu konsequen, yaitu crash ke non-runway surface.
Memang tiap kali take-off itu paling menakutkan, pilot maupun penumpang yang sadar risikonya.
Soalnya selain suka mobil, saya juga hobby flight simulator / pesawat. Dulu sering " terbang " pakai microsoft flight simulator series.
Lihat documenter building Airbus A 380 kagum pesawat gitu besar bisa terbang. Cuman saya pikir, jika ada engine failure itu gimana nasip 800 penumpangnya ?
Ada kasus pesawat McDonnel MD-80 dulu milik Alaska Airlines. Demi fight crisis, mereka terlalu serakah, paksa pesawatnya minimal maintenance demi terbang terus, cari duit terus. Akibatnya satu crash yang fatal, semuanya mati !
Takutnya Mandala lagi kena crisis, juga berbuat kesalahan demikian. I hope Not. But sekarang jaman high fuel prices + competitive airline industry. Temptation untuk cut costs / maintenance sangat besar.
I really hope the airline pay serious attention to aircraft maintenance. Apalagi pesawat MD-80. Itu tailfinnya designnya ada kelemahan, jika bagian screw and nut tail finnya ngak di lumas cukup, seperti kasus Alaska airline, bakal wear out, dan akibat pesawat NOSE DIVE ! Out of control ! Ngak ada back up system till today.
Lihat saja acara Aircraft investigation. Sangat revealing !
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Thu Aug 05, 2004 7:48
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
Ngeri juga yaa klo naek pesawat,, Kenapa? Bagaikan naek motor,, sekali malfunction kita sebagai passengers cuma bisa pasrah terhadap kemampuan pilot mengendalikan pesawat, dan udah g ada backup safety apa apa lagi..
Saya turut berduka cita untuk para korban pesawat tersebut,, dan juga mungkin apabila ada korban kebakaran di Cihampelas sore ini,, semoga hidup mereka dipenuhin dengan hal-hal yang bermanfaat yang akhirnya bisa dipertanggungjawabkan di akherat nanti.. Amin
Saya turut berduka cita untuk para korban pesawat tersebut,, dan juga mungkin apabila ada korban kebakaran di Cihampelas sore ini,, semoga hidup mereka dipenuhin dengan hal-hal yang bermanfaat yang akhirnya bisa dipertanggungjawabkan di akherat nanti.. Amin
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
saya liat di rcti pas pertama belum di sensor,mayat mayat nya itu kepanggang semua,ada yang badan nya udah hangus,kepala nya sisa tengkorak nya aja ngak ada daging nya.
ck ck ck di bilang ini kecelakaan terparah dalam 5 tahun terakhir.baru tanah longsor,heli jatuh,sekarang pesawat jatuh.kok rasanya tiap bulan indonesia ini kena bencana
ck ck ck di bilang ini kecelakaan terparah dalam 5 tahun terakhir.baru tanah longsor,heli jatuh,sekarang pesawat jatuh.kok rasanya tiap bulan indonesia ini kena bencana
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Kayanya sih ini hydrolic failure yah, soalnya saya liat di tv di simulasikan oleh mereka begitu take of bagian buntut pesawat langsung oleng seperti rudder dan aileronsnya bermasalah dan parahnya pesawat sudah lewat point of no return, jadi mau gak mau yah terbang gak sempet lagi buat reverse engine and braking, or maybe.....hmmm....over load?? serem jadinya buat naik penerbangan lokal....dulu lion air di solo sekarang mandala
Last edited by jeremyray on Mon Sep 05, 2005 16:29, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
- Location: Jakarta
Avtur memang setipe dengan minyak tanah (kerosen).mpoezz wrote:tapi ada yang bilang sebelum nabrak ada suara ledakan.
jadi curiga jangan jangan avtur nya di oplos minyak tanah hehehehehhee
Pesawat terbang bermesin jet (tepatnya turbofan) yang menggunakan turbin engine memang menggunakan bahan bakar bertipe kerosen yang yang memiliki oktan rendah dengan suhu pembakaran yang rendah.
Berbeda dengan piston engine yang memerlukan "ledakan" untuk dapat menggerakan piston. Karnanya piston engine membutuhkan bahan akar beroktan tinggi (bensin).
Jadi memang Avtur itu nama kerennya minyak tanah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
bahan dasarnya sama, avtur lebih bersih dan bebas debu ( ash )
tapi bila di teteskan ke tangan misal sebelah kiri avtur sebelah kanan minyak tanah kita tidak akan bisa membedakanya karena rasa dan baunya emang sama
ikuti terus diskusi di indoflyer net karena berbeda dengan media lainya kebetulan pilot yang sering menerbangkan PK-RIM juga ikut diskusi disitu....
tapi bila di teteskan ke tangan misal sebelah kiri avtur sebelah kanan minyak tanah kita tidak akan bisa membedakanya karena rasa dan baunya emang sama
ikuti terus diskusi di indoflyer net karena berbeda dengan media lainya kebetulan pilot yang sering menerbangkan PK-RIM juga ikut diskusi disitu....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
wah ternyata avtur itu sama dengan minyak tanah yah hehehehe sori ngak tau.
baru aja terjadi bencana alam,helikopter jatuh,belum lewat berapa hari pesawat jatuh.1 tahun belakangan indonesia kena musibah terus.
Perjalanan ini
Terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Di samping ku kawan
Banyak Cerita
Yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan
Oh... Oh... Oh...
Tubuhku terguncang
Di hempas batu jalanan
Hati tergetar menatap
Kering rerumputan
Perjalanan ini pun
Seperti jadi saksi
gembala kecil
menangis sedih
Oh... Oh... Oh...
Reff:
Kawan coba dengar apa jawabnya
Ketika dia kutanya mengapa
Bapak Ibunya telah lama mati
Ditelan bencana tanah ini
Sesampainya di laut
Kukabarkan semuanya
Kepada karang kepada ombak
Kepada matahari
Tetapi semua diam
Tetapi semua bisu
Tinggal aku sendiri
Terpaku menatap langit
Barangkali di sana
ada jawabnya
Mengapa di tanah ku terjadi bencana
Mungkin Tuhan mulai bosan
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang
Oh... Oh... Oh...
baru aja terjadi bencana alam,helikopter jatuh,belum lewat berapa hari pesawat jatuh.1 tahun belakangan indonesia kena musibah terus.
Perjalanan ini
Terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Di samping ku kawan
Banyak Cerita
Yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan
Oh... Oh... Oh...
Tubuhku terguncang
Di hempas batu jalanan
Hati tergetar menatap
Kering rerumputan
Perjalanan ini pun
Seperti jadi saksi
gembala kecil
menangis sedih
Oh... Oh... Oh...
Reff:
Kawan coba dengar apa jawabnya
Ketika dia kutanya mengapa
Bapak Ibunya telah lama mati
Ditelan bencana tanah ini
Sesampainya di laut
Kukabarkan semuanya
Kepada karang kepada ombak
Kepada matahari
Tetapi semua diam
Tetapi semua bisu
Tinggal aku sendiri
Terpaku menatap langit
Barangkali di sana
ada jawabnya
Mengapa di tanah ku terjadi bencana
Mungkin Tuhan mulai bosan
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang
Oh... Oh... Oh...