Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Dear SM-ers semua,
Melihat bokap nyokap seneng pelihara mobil >5 tahun sampe sekarang, paling sering ktemu masalah biasanya adalah sistem AC kalau udah lebih dari 120ribu KM. Yang menjadi pertanyaan saya, perlu kah servis rutin AC setiap tahun?
Yang membuat saya bingung adalah:
Versi beberapa temen: "ga perlu kok, yang penting setahun sekali bersihin aja evap pake cleaner"
Versi beberapa blog otomotif "wajib setahun sekali buat servis, penggantian filter, oli kompressor, blahh blahh blahh"
Nah kalau melihat kondisi real lgsg 10-15 tahun lalu, mobil bokap n nyokap pernah bermasalah keduanya dan tiap kali bawa ke spesialis AC di bilangan deket2 balap sepeda, Rawamangun Jaktim = pasti dinakalin (dalam artian nanti jadi malah bolak balik) ujung2nya ke BeRes buat penggantian total. Dan mendengar dari orang2 juga seringnya "bengkel AC nakal". Akhirnya tercipta lah mindset di otak saya "hati2 kalau ke spesialis AC" (mohon maaf jika salah).
Oleh karena itu, sebenarnya bagaimana sih perawatan AC Mobil itu? Apakah jasa yang ditawarkan oleh bengkel AC memang benar apa adanya atau selama masih dingin cukup bersihin evap saja rutin? Saya sejauh ini seringkali hanya membersihkan evaporator menggunakan evap cleaner saja soalnya (setaun 2-3x).
Melihat bokap nyokap seneng pelihara mobil >5 tahun sampe sekarang, paling sering ktemu masalah biasanya adalah sistem AC kalau udah lebih dari 120ribu KM. Yang menjadi pertanyaan saya, perlu kah servis rutin AC setiap tahun?
Yang membuat saya bingung adalah:
Versi beberapa temen: "ga perlu kok, yang penting setahun sekali bersihin aja evap pake cleaner"
Versi beberapa blog otomotif "wajib setahun sekali buat servis, penggantian filter, oli kompressor, blahh blahh blahh"
Nah kalau melihat kondisi real lgsg 10-15 tahun lalu, mobil bokap n nyokap pernah bermasalah keduanya dan tiap kali bawa ke spesialis AC di bilangan deket2 balap sepeda, Rawamangun Jaktim = pasti dinakalin (dalam artian nanti jadi malah bolak balik) ujung2nya ke BeRes buat penggantian total. Dan mendengar dari orang2 juga seringnya "bengkel AC nakal". Akhirnya tercipta lah mindset di otak saya "hati2 kalau ke spesialis AC" (mohon maaf jika salah).
Oleh karena itu, sebenarnya bagaimana sih perawatan AC Mobil itu? Apakah jasa yang ditawarkan oleh bengkel AC memang benar apa adanya atau selama masih dingin cukup bersihin evap saja rutin? Saya sejauh ini seringkali hanya membersihkan evaporator menggunakan evap cleaner saja soalnya (setaun 2-3x).

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Kalo kata temen saya yang buka bengkel ac, yang wajib diganti itu oli compresor secara periodik.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
I see, kalau om sendiri apakah yang termasuk rutin bawa ke bengkel AC tiap tahun?fariezal wrote: Sun Feb 25, 2018 13:38 Kalo kata temen saya yang buka bengkel ac, yang wajib diganti itu oli compresor secara periodik.....

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Kalo rutin servis tidak.... Sering maen ke bengkel iya.....josomba wrote:I see, kalau om sendiri apakah yang termasuk rutin bawa ke bengkel AC tiap tahun?fariezal wrote: Sun Feb 25, 2018 13:38 Kalo kata temen saya yang buka bengkel ac, yang wajib diganti itu oli compresor secara periodik.....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Salam kenal smuanya,
Izin menyimak dan kl ada rekomendasi bengkel AC seputaran Jakarta yg recommend
Izin menyimak dan kl ada rekomendasi bengkel AC seputaran Jakarta yg recommend
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Pengalaman saya sih begini:
1. Jangan setel temperatur AC mentok di paling dingin atau kalo digital climate control jangan diset LO/COLD. Banyak yg salah kaprah disini Secukupnya aja, set 24-25°C paling make sense, atau kalo masih manual set di sekitar 2/3 - 3/4nya mentok. Berlaku juga untuk AC rumah. Kalo kecepatan blower masih gapapa paling kenceng kalo lg panas banget, tapi once udah dingin mah turunin aja jgn paling kenceng juga, masuk angin hahaha.
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
3. Pake filter AC, mobil2 skrg bbrp gak dikasih filter AC. Filter jg rutin dibersihin & tiap dah kotor susah dibersihin ya ganti, jangan pelit2 murmer ini filter AC. Biasa sih tiap servis 10rb km minta dibersihin itu filter sama kadang2 evaporator juga minta dibersihin tiap 20rb km
Saya pake rules2 tsb alhamdulillah 16 tahun terakhir ndak pernah ada problem di ac, rata2 kepemilikan mobil 5-6 tahun.
1. Jangan setel temperatur AC mentok di paling dingin atau kalo digital climate control jangan diset LO/COLD. Banyak yg salah kaprah disini Secukupnya aja, set 24-25°C paling make sense, atau kalo masih manual set di sekitar 2/3 - 3/4nya mentok. Berlaku juga untuk AC rumah. Kalo kecepatan blower masih gapapa paling kenceng kalo lg panas banget, tapi once udah dingin mah turunin aja jgn paling kenceng juga, masuk angin hahaha.
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
3. Pake filter AC, mobil2 skrg bbrp gak dikasih filter AC. Filter jg rutin dibersihin & tiap dah kotor susah dibersihin ya ganti, jangan pelit2 murmer ini filter AC. Biasa sih tiap servis 10rb km minta dibersihin itu filter sama kadang2 evaporator juga minta dibersihin tiap 20rb km
Saya pake rules2 tsb alhamdulillah 16 tahun terakhir ndak pernah ada problem di ac, rata2 kepemilikan mobil 5-6 tahun.
Last edited by adrevolution on Sun Feb 25, 2018 14:28, edited 1 time in total.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
gw rutinnya ganti filter AC setahun bisa 2x, pake sakura biar murmer. per 2-3 tahun baru ganti oli kompresor dkk.
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2081
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Penting.
masalahnya emang di bengkel AC nakal. Makanya saya gapernah main2, pasti cuma dateng ke bengkel AC yg udah direkomen klub klub atau di forum begini minimal.
kalo cuma servis AC rutin (cek freon, oli kompresor, filter AC), di beres juga lumayan kok, dan memang pengaruh banget AC jauh lebih awet.
masalahnya emang di bengkel AC nakal. Makanya saya gapernah main2, pasti cuma dateng ke bengkel AC yg udah direkomen klub klub atau di forum begini minimal.
kalo cuma servis AC rutin (cek freon, oli kompresor, filter AC), di beres juga lumayan kok, dan memang pengaruh banget AC jauh lebih awet.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Yang penting sering bersihkan aja filternya (terutama filter kabin) cukup.. Untuk silicone based oil untuk kompresor lumayan perlu ganti 2-3th sekali untuk menjaga keawetan kompresor juga, gimana2 kompresor ac itu slow moving parts (bukan lifetime) jadi wajib hukumnya untuk di rawat.. IMHO
Jadi ingat AC kijang kapsul SGX di Jakarta, sampai sekarang (dari 2004) gak pernah masalah cuma dulu panas aja rasanya karena filter apa gitu di kondensor berlumut macam lendir2 itu.. Habis cuci bersih dingin lagi acnya dan kompresor nya masih sehat..
Jadi ingat AC kijang kapsul SGX di Jakarta, sampai sekarang (dari 2004) gak pernah masalah cuma dulu panas aja rasanya karena filter apa gitu di kondensor berlumut macam lendir2 itu.. Habis cuci bersih dingin lagi acnya dan kompresor nya masih sehat..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Sy blm ketemu bengkel AC yg "bener" nih. Mohon kabari klo ada rekomendasi bengkel AC yg "bener" di sekitar Bandung/Cirebon...
Pengalaman terakhir ke bengkel AC rekomendasi saudara sy, Agustus 2017 krn AC LGX saya dinginnya berkurang. Biasanya knop garis2 biru sy geser setengah udh dingiiin banget, skrg untuk dpt dingin yg sama hrs geser kenop smp mentok. Sy datang ke bengkel itu, dia kuras freon dan ngisi cairan silikon kipas radiator sampe 2 tube. Bener sih AC jadi dingin, tapi...
suara kipas jadi berisik. Ngegas dikit aja langsung "nguuuuung..." mirip Kijang Super sebelum improvement yg kipasnya langsung terhubung ke mesin tanpa sistem fluida silikon... Klo mesin dingin pun sy puter2 kipas radiator berat banget, pdhl klo sy baca2 di berbagai sumber harusnya ringan, klo mesin panas baru berat...
4 hari kemudian, sy balik lg ke bengkel. Minta diberesin suara kipasnya. Awalnya dia ngotot bahwa kipas yg bener hrs berat, malah dia jg buka kap mesin LGX dia (kebetulan dia punya LGX jg) da emg bener berat. Tp sy ttp minta kipas punya saya dikembalikan ke kondisi semula. Setelah silikon dikurangi lagi, suara kipas kembali normal dan tingkat kedinginan AC saya kembali kurang dingin spt kondisi awal
Pengalaman terakhir ke bengkel AC rekomendasi saudara sy, Agustus 2017 krn AC LGX saya dinginnya berkurang. Biasanya knop garis2 biru sy geser setengah udh dingiiin banget, skrg untuk dpt dingin yg sama hrs geser kenop smp mentok. Sy datang ke bengkel itu, dia kuras freon dan ngisi cairan silikon kipas radiator sampe 2 tube. Bener sih AC jadi dingin, tapi...
suara kipas jadi berisik. Ngegas dikit aja langsung "nguuuuung..." mirip Kijang Super sebelum improvement yg kipasnya langsung terhubung ke mesin tanpa sistem fluida silikon... Klo mesin dingin pun sy puter2 kipas radiator berat banget, pdhl klo sy baca2 di berbagai sumber harusnya ringan, klo mesin panas baru berat...
4 hari kemudian, sy balik lg ke bengkel. Minta diberesin suara kipasnya. Awalnya dia ngotot bahwa kipas yg bener hrs berat, malah dia jg buka kap mesin LGX dia (kebetulan dia punya LGX jg) da emg bener berat. Tp sy ttp minta kipas punya saya dikembalikan ke kondisi semula. Setelah silikon dikurangi lagi, suara kipas kembali normal dan tingkat kedinginan AC saya kembali kurang dingin spt kondisi awal

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Ac tergantung mobil juga sih ketahanannya.
Biasa merk batu makam tuh kalo acnya kurang kuat denger2.
So far innova pas umur 6 tahun km 100rb evaporator belakang bocor, ganti evap 1jt lebih dikit sekalian cuci evap depan, ganti packing ac, ganti oli sampe skrg masih awet, ganti filter ac kurleb sekitar 25rb km.
Avanza umur 7 thn km 90rb magnetic clutch jebol pas di bogor abis narik sampe 6k kaga matiin ac wkwkwkwk.
Trus carilah spesialis ac disana, beruntung dapet yang baik. memang barang bukan ori tapi dia jamin, kena 1.3 ud berikut ganti oli gatau murah mahal dia sih ksh liat orang lain kena segituan juga. sampe sekarang sih awet udah 2 thn..
Yg penting rajin ganti filter aja. pas ud 5 tahun boleh lah cuci evap, kalo berlendir ga sehat juga udara di dalem mobil.
Biasa merk batu makam tuh kalo acnya kurang kuat denger2.
So far innova pas umur 6 tahun km 100rb evaporator belakang bocor, ganti evap 1jt lebih dikit sekalian cuci evap depan, ganti packing ac, ganti oli sampe skrg masih awet, ganti filter ac kurleb sekitar 25rb km.
Avanza umur 7 thn km 90rb magnetic clutch jebol pas di bogor abis narik sampe 6k kaga matiin ac wkwkwkwk.
Trus carilah spesialis ac disana, beruntung dapet yang baik. memang barang bukan ori tapi dia jamin, kena 1.3 ud berikut ganti oli gatau murah mahal dia sih ksh liat orang lain kena segituan juga. sampe sekarang sih awet udah 2 thn..
Yg penting rajin ganti filter aja. pas ud 5 tahun boleh lah cuci evap, kalo berlendir ga sehat juga udara di dalem mobil.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Kalau digital iya sih saya biasa set 23-24, tapi kalau mobil tempur sehari2 yang puter knob ala kompor masih paling mentok paling dingin kalau panas terik, berarti baikan tinggiin semburan AC-nya aja dong ya berarti? Iya juga sih, dulu AC rumah suka set 16 tp blower paling kecil, ujung2nya malah mampet pada mengkristal freon-nya atau apanya gitu. Akhirnya set 22 tapi blower agak ditinggikan.adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58 Pengalaman saya sih begini:
1. Jangan setel temperatur AC mentok di paling dingin atau kalo digital climate control jangan diset LO/COLD. Banyak yg salah kaprah disini Secukupnya aja, set 24-25°C paling make sense, atau kalo masih manual set di sekitar 2/3 - 3/4nya mentok. Berlaku juga untuk AC rumah. Kalo kecepatan blower masih gapapa paling kenceng kalo lg panas banget, tapi once udah dingin mah turunin aja jgn paling kenceng juga, masuk angin hahaha.
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
3. Pake filter AC, mobil2 skrg bbrp gak dikasih filter AC. Filter jg rutin dibersihin & tiap dah kotor susah dibersihin ya ganti, jangan pelit2 murmer ini filter AC. Biasa sih tiap servis 10rb km minta dibersihin itu filter sama kadang2 evaporator juga minta dibersihin tiap 20rb km
Saya pake rules2 tsb alhamdulillah 16 tahun terakhir ndak pernah ada problem di ac, rata2 kepemilikan mobil 5-6 tahun.
Yap filter AC kabin saya pasang sih dan setaun sekali pasti ganti sendiri mumpung mudah cabut pasangnya.
I see, soalnya kalau di BeRes langganan saya pas masi garansi, namanya servis AC cuman bersihin Evap di dashboard pake Evap Cleaner, saya juga rutin kerjain soalnya kalau "hanya" kek gitu hahaahaalvin23 wrote: Sun Feb 25, 2018 14:26 Penting.
masalahnya emang di bengkel AC nakal. Makanya saya gapernah main2, pasti cuma dateng ke bengkel AC yg udah direkomen klub klub atau di forum begini minimal.
kalo cuma servis AC rutin (cek freon, oli kompresor, filter AC), di beres juga lumayan kok, dan memang pengaruh banget AC jauh lebih awet.

Nah selama bertahun2 gitu cuman rutin ganti filter AC dalam kabin saja kah? Saya juga sejauh ini hanya seperti itu saja sih. Soalnya biaya servis perawatan di salah satu bengkel AC terpercaya di jalan veteran situ lumayan juga.osbertc0ol wrote: Sun Feb 25, 2018 15:23 Ac tergantung mobil juga sih ketahanannya.
Biasa merk batu makam tuh kalo acnya kurang kuat denger2.
So far innova pas umur 6 tahun km 100rb evaporator belakang bocor, ganti evap 1jt lebih dikit sekalian cuci evap depan, ganti packing ac, ganti oli sampe skrg masih awet, ganti filter ac kurleb sekitar 25rb km.
Avanza umur 7 thn km 90rb magnetic clutch jebol pas di bogor abis narik sampe 6k kaga matiin ac wkwkwkwk.
Trus carilah spesialis ac disana, beruntung dapet yang baik. memang barang bukan ori tapi dia jamin, kena 1.3 ud berikut ganti oli gatau murah mahal dia sih ksh liat orang lain kena segituan juga. sampe sekarang sih awet udah 2 thn..
Yg penting rajin ganti filter aja. pas ud 5 tahun boleh lah cuci evap, kalo berlendir ga sehat juga udara di dalem mobil.
• Service evap+blower+condensor DB : 575
• Dryer / Filter : 185
• Vaccum+oli : 55
• Freon R134@ Double blower : 290
Itu dibilang rutin tahunan seperti itu, buset dah "hanya" AC aja abis 1 juta.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Dari pengalaman pribadi sih, penggunaan kaca film yang berkualitas cukup membantu.
dulu waktu pake KF bawaan pabrik, plus kaca depan masih polos tanpa KF,
jalan jam 11 siang, setel ac di 20-21, masih pada ngeluh kepanasan,
abis ganti kaca film, trus pasang kaca film depan juga,
jam 11 siang setel AC di 24 udah adem...
dulu waktu pake KF bawaan pabrik, plus kaca depan masih polos tanpa KF,
jalan jam 11 siang, setel ac di 20-21, masih pada ngeluh kepanasan,
abis ganti kaca film, trus pasang kaca film depan juga,
jam 11 siang setel AC di 24 udah adem...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Gak ada extrafan-nya om?coklatMetalik wrote: Sun Feb 25, 2018 15:15 Sy blm ketemu bengkel AC yg "bener" nih. Mohon kabari klo ada rekomendasi bengkel AC yg "bener" di sekitar Bandung/Cirebon...
Pengalaman terakhir ke bengkel AC rekomendasi saudara sy, Agustus 2017 krn AC LGX saya dinginnya berkurang. Biasanya knop garis2 biru sy geser setengah udh dingiiin banget, skrg untuk dpt dingin yg sama hrs geser kenop smp mentok. Sy datang ke bengkel itu, dia kuras freon dan ngisi cairan silikon kipas radiator sampe 2 tube. Bener sih AC jadi dingin, tapi...
suara kipas jadi berisik. Ngegas dikit aja langsung "nguuuuung..." mirip Kijang Super sebelum improvement yg kipasnya langsung terhubung ke mesin tanpa sistem fluida silikon... Klo mesin dingin pun sy puter2 kipas radiator berat banget, pdhl klo sy baca2 di berbagai sumber harusnya ringan, klo mesin panas baru berat...
4 hari kemudian, sy balik lg ke bengkel. Minta diberesin suara kipasnya. Awalnya dia ngotot bahwa kipas yg bener hrs berat, malah dia jg buka kap mesin LGX dia (kebetulan dia punya LGX jg) da emg bener berat. Tp sy ttp minta kipas punya saya dikembalikan ke kondisi semula. Setelah silikon dikurangi lagi, suara kipas kembali normal dan tingkat kedinginan AC saya kembali kurang dingin spt kondisi awal![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Tue Sep 19, 2017 6:56
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Beberapa kali ke bengkel ac, yang pasti di bilang kalau ac kurang dikit, "freonnya kurang nih" kalau ga salah denger, freon ac ga bakalan berkurang kalau ga ada kebocoran" benarkah?
bengkel ac dan kaki-kaki salah satu bengkel yang saya benar" haruspercaya/rekomendasi klub atau forum. tidak mau sembarang tempat + masih belum nemu di wliyh tgr-jakbar utk mobil eropa amrik
bengkel ac dan kaki-kaki salah satu bengkel yang saya benar" haruspercaya/rekomendasi klub atau forum. tidak mau sembarang tempat + masih belum nemu di wliyh tgr-jakbar utk mobil eropa amrik
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Freon kurang atau tekanan dibawah normal . . ya wajib bongkar sistem AC nya . . .cek semua evap, jalur AC, kompresorr, dll.
Kalo cuman nambah freon itu bahaya banget . . . kalo bocor yg keluar itu tidak hanya freon tapi juga oli kompresor nya . . . . alhasil freon nya ditambah tapi olinya hampir habis krn oli ngak bisa ditambah (kecuali kuras total) shg kompresor jebol dan serpihannya kalo tembus dryer . . . otomatis beredar ke seluruh system ac mobil dan bikin mampet.
Buahaay buat dompet . . . . hahahah. Buat ane di jakarta ini AC harga mati . . . mesti optimal dan sehat . . . biar mobil buluk jalannya terseok2 an kalo ngak pake AC di jakarta . . .hadeuuuh . . .#pentingadem
Kalo cuman nambah freon itu bahaya banget . . . kalo bocor yg keluar itu tidak hanya freon tapi juga oli kompresor nya . . . . alhasil freon nya ditambah tapi olinya hampir habis krn oli ngak bisa ditambah (kecuali kuras total) shg kompresor jebol dan serpihannya kalo tembus dryer . . . otomatis beredar ke seluruh system ac mobil dan bikin mampet.
Buahaay buat dompet . . . . hahahah. Buat ane di jakarta ini AC harga mati . . . mesti optimal dan sehat . . . biar mobil buluk jalannya terseok2 an kalo ngak pake AC di jakarta . . .hadeuuuh . . .#pentingadem
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Cerita aja nih, mobil saya CRV gen 3 07, kompresor rusak baru 1x bulan ini, ya wajar sih 10 th baru rusak kali ini.
Tapi kepikiran udah 10th ada yg perlu ganti lg slain kompresor pa kgk, akhirnya cek total semua jalur deh
Eh ternyata ada pipa yg rembes, evap ada yg bocor rembes (kena kerikil ato batu katanya)
Kompresor rusak juga karena magnet nya yg kena, bisa sih ganti magnet doank tapi gk ada yg ori klo magnet doank jadilah ganti total
Total abis 6jt buat freon, sekring kompresor, kompresor, filter kabin, evap, pipa baru
Menurut saya sih wajar harga segitu
Bengkel nya langganan kantor punya di Grogol namanya Nada Dharma
Nama jalannya lupa tpi di waze ada kok, dia sebrang masjid gitu
Tapi kepikiran udah 10th ada yg perlu ganti lg slain kompresor pa kgk, akhirnya cek total semua jalur deh
Eh ternyata ada pipa yg rembes, evap ada yg bocor rembes (kena kerikil ato batu katanya)
Kompresor rusak juga karena magnet nya yg kena, bisa sih ganti magnet doank tapi gk ada yg ori klo magnet doank jadilah ganti total
Total abis 6jt buat freon, sekring kompresor, kompresor, filter kabin, evap, pipa baru
Menurut saya sih wajar harga segitu
Bengkel nya langganan kantor punya di Grogol namanya Nada Dharma
Nama jalannya lupa tpi di waze ada kok, dia sebrang masjid gitu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Gk ada, cuma 1 kipas radiator doang. Emg hrsnya ada ya?adityabp wrote: Mon Feb 26, 2018 3:13Gak ada extrafan-nya om?coklatMetalik wrote: Sun Feb 25, 2018 15:15 Sy blm ketemu bengkel AC yg "bener" nih. Mohon kabari klo ada rekomendasi bengkel AC yg "bener" di sekitar Bandung/Cirebon...
Pengalaman terakhir ke bengkel AC rekomendasi saudara sy, Agustus 2017 krn AC LGX saya dinginnya berkurang. Biasanya knop garis2 biru sy geser setengah udh dingiiin banget, skrg untuk dpt dingin yg sama hrs geser kenop smp mentok. Sy datang ke bengkel itu, dia kuras freon dan ngisi cairan silikon kipas radiator sampe 2 tube. Bener sih AC jadi dingin, tapi...
suara kipas jadi berisik. Ngegas dikit aja langsung "nguuuuung..." mirip Kijang Super sebelum improvement yg kipasnya langsung terhubung ke mesin tanpa sistem fluida silikon... Klo mesin dingin pun sy puter2 kipas radiator berat banget, pdhl klo sy baca2 di berbagai sumber harusnya ringan, klo mesin panas baru berat...
4 hari kemudian, sy balik lg ke bengkel. Minta diberesin suara kipasnya. Awalnya dia ngotot bahwa kipas yg bener hrs berat, malah dia jg buka kap mesin LGX dia (kebetulan dia punya LGX jg) da emg bener berat. Tp sy ttp minta kipas punya saya dikembalikan ke kondisi semula. Setelah silikon dikurangi lagi, suara kipas kembali normal dan tingkat kedinginan AC saya kembali kurang dingin spt kondisi awal![]()
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Kayaknya harus pasang om.coklatMetalik wrote: Mon Feb 26, 2018 4:09Gk ada, cuma 1 kipas radiator doang. Emg hrsnya ada ya?adityabp wrote: Mon Feb 26, 2018 3:13Gak ada extrafan-nya om?coklatMetalik wrote: Sun Feb 25, 2018 15:15 Sy blm ketemu bengkel AC yg "bener" nih. Mohon kabari klo ada rekomendasi bengkel AC yg "bener" di sekitar Bandung/Cirebon...
Pengalaman terakhir ke bengkel AC rekomendasi saudara sy, Agustus 2017 krn AC LGX saya dinginnya berkurang. Biasanya knop garis2 biru sy geser setengah udh dingiiin banget, skrg untuk dpt dingin yg sama hrs geser kenop smp mentok. Sy datang ke bengkel itu, dia kuras freon dan ngisi cairan silikon kipas radiator sampe 2 tube. Bener sih AC jadi dingin, tapi...
suara kipas jadi berisik. Ngegas dikit aja langsung "nguuuuung..." mirip Kijang Super sebelum improvement yg kipasnya langsung terhubung ke mesin tanpa sistem fluida silikon... Klo mesin dingin pun sy puter2 kipas radiator berat banget, pdhl klo sy baca2 di berbagai sumber harusnya ringan, klo mesin panas baru berat...
4 hari kemudian, sy balik lg ke bengkel. Minta diberesin suara kipasnya. Awalnya dia ngotot bahwa kipas yg bener hrs berat, malah dia jg buka kap mesin LGX dia (kebetulan dia punya LGX jg) da emg bener berat. Tp sy ttp minta kipas punya saya dikembalikan ke kondisi semula. Setelah silikon dikurangi lagi, suara kipas kembali normal dan tingkat kedinginan AC saya kembali kurang dingin spt kondisi awal![]()
Dah terbukti kan visco fan dibikin keras bikin AC jadi dingin?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58 2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Iya sihh...adityabp wrote: Mon Feb 26, 2018 9:21Kayaknya harus pasang om.
Dah terbukti kan visco fan dibikin keras bikin AC jadi dingin?
![]()
Tp dulu2 tanpa extra fan pun dingin kok. Berarti kan skrg ada sesuatu yg gk beres...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
mobil saya kabarnya pake kompresor sistem rotari. katanya itu bebas perawatan, bener gak sih..?? selama ini ya gak yang tak utak atik soal ac kecuali filter kabin, tinggal pakai aja. cuma selama ini saya memperlakukan seperti yang om adrevolution bilang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Dulu di Avanza G 2004 saya pernah ngga sengaja servis AC, waktu itu lg kengkel AC karena ganti dinamo fan aja, itu karena ditodong sama bengkel jg akhirnya yaudah sekalian servis, pas udah di bongkar, semua evap msh bersih ternyata. udah ganti dryer, dll, ngga ada beda tuh sama aja. sampe dijual di tahun 2013 jg ngga pernah masalah.
Sekarang innova dr baru tahun 2013 jg belom pernah servis AC, cuma ganti filter kabin aja 2x setahun. waktu itu pernah coba ngintip evap nya, masih bersih, jd ya ngapain servis.
Oh iya temperatur AC saya ngga pernah ubah2, selalu di posisi mentok paling dingin.

Sekarang innova dr baru tahun 2013 jg belom pernah servis AC, cuma ganti filter kabin aja 2x setahun. waktu itu pernah coba ngintip evap nya, masih bersih, jd ya ngapain servis.
Oh iya temperatur AC saya ngga pernah ubah2, selalu di posisi mentok paling dingin.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Berarti bener visco fan-nya emang dah lemah.coklatMetalik wrote: Mon Feb 26, 2018 9:39Iya sihh...adityabp wrote: Mon Feb 26, 2018 9:21Kayaknya harus pasang om.
Dah terbukti kan visco fan dibikin keras bikin AC jadi dingin?
![]()
Tp dulu2 tanpa extra fan pun dingin kok. Berarti kan skrg ada sesuatu yg gk beres...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Servis Rutin AC Mobil? Penting kah?
Afaik Kijang Super/Kapsul/Innova memang ngga pake aux fan.
By design dia memang kondensornya luas banget permukaannya. Jadi ngga pake aux fan seharusnya dingin. Kalo enggak dingin, ada satu atau lebih komponen yang ngga bener. AC komponennya cuma sedikit, yang rusak itu itu aja. Tapi harganya mahal heu heu heu.
Kavling kosong, bisa dikridit.