Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pernahmiskin »

964 wrote: Sun Feb 25, 2018 19:29
pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 18:31 Saya masih nunggu pakar road trip n kawan2 SM share cara nyetirnya...
Sambil mempelajari teknik nyetir yg lebih baik lg....

Om ginting sdh, ayo yg lain monggo!!
Biar kita saling berbagi teknik nyetir yg aman tentu'nya...
Jg tips seputar perjalanan, biar kondisi ga ngedrop...

Kalau sy pas lg ngedrop kondisi badan n ngantuk, paling susah cenderung ga bisa tidur dlm mobil....

Jd sebisa mungkin cr spbu yg ada atm, mobil parkir di area yg terpantau cctv, ambil tikar, sarung n bantal d bagasi(selalu ada), gelar tikar di emperan n mbatang /tidur kisaran 1 jam...ini kalau kondisi malam..

Kalau siang yg agak tricky, sebab masih belum ada mental kalau gelar tikar d tempat umum...
Jd paling mampir ke rumah makan/ warung makan yg ada saungnya, pesen makan, kelar makan kenyang numpang tidur 1 jam, numpang mandi lanjut perjalanan lg...
Saya share pengalaman saya nyetir dari Kerinci ke Kota Jambi.

Saya nyetir dari Kerinci pukul 11 malam dari penginapan di Kayu Aro, setelah beberapa jam sebelumnya turun dari pendakian Gunung Kerinci. Kurang lebih timelinenya seperti ini. Di shelter 3 (tempat tertinggi untuk bisa mendirikan tenda) saya tidur dan bangun sekitar Subuh. Pukul 11 saya turun dari pendakian, saya jalan lebih dulu dari teman-teman yang lainnya, pukul 16.30 saya tiba di gerbang masuk pendaki. Karena saya lebih dulu dr yg lain, saya ke penginapan mengambil mobil, 17.30 saya jemput teman-teman ke penginapan. Selanjutnya saya packing barang, mandi, makan, dll. Pukul 23 saya berangkat ke kota Sungai Penuh untuk isi bbm. Pukul 00 dari Sungai penuh kami berangkat menuju Kota Jambi. Saya nyetir dan beberapa teman saya tidur secara bergiliran setelah capek dari pendakian. Hampir selalu ada teman yang menemani saya nyetir. Beberapa kali berhenti sebentar untuk istirahat namun masih saya yg nyetir. Sampai menjelang Subuh saya berhenti di Masjid untuk solat subuh. Selanjutnya saya dan teman-teman tidur di mobil di parkiran Masjid sampai pukul 7 pagi. Selanjutnya gantian teman saya yang nyetir, dan saya tidur tidak sampai 2 jam. Menjelang siang, saya kembali nyetir. Kurang lebih Zhuhur kami sampai ke tujuan di Kota Jambi dengan selamat tanpa kejadian yang tidak diinginkan.

Setiap orang punya caranya sendiri agar tetap konsentrasi dalam berkendara. Rokok, kopi, dan musik adalah teman saya nyetir, teman ngobrol itu bonus.
Mantap share'nya om....
Rokok, kopi, dan musik
Idem om, sama,
minus kopi kalau sy, asam lambung

jar-jit-no wrote: Sun Feb 25, 2018 23:25 Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe

Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri

Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...

Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..

Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....

Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by walid_007 »

Gokil juga nih trit

Tp gada yg bahas klo dah sampe gunung mo ngapain :ungg:

barangkali bisa kasi pencerahan yg cerah2 seger2 biar sik asikk

:ngacir:
engine roaring!
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

jar-jit-no wrote:Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe

Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri

Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
ternyata pengguna tiga silinder dr tiga berlian.
stuju om dengan pendapat sampean.
overtaking gak perlu nafsu.
ikutin aja irama nya. dpt selanya. ke asepin semua tu mobil sruntulannnn.

sy sering nanjak di sarangan tawang mangu om. sesekali madiun-cilacap

tetep hati2 berkendara...
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by PRBS »

jar-jit-no wrote: Sun Feb 25, 2018 23:25 Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe

Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri

Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
Yup betul.. saya juga sangat menikmati driving di trek gunung/perbukitan pakai cvt... kecuali kalau posisi lagi macet ya, start awalnya yg tidak responsif yg agak bikin bete..

Pengalaman mengasyikan di rute pegunungan itu ketika dari gilimanuk - negara - denpasar, dimana rute kelok2 bukit dijalanan sempit (2 jalur saja), pake cvt pas di rentang rpm 2200 - 4400 (peak torsi sudah mulai keluar kalo di C26) sangat fun menurut saya

tidak ada gear change itu salah satu yg membuat unsur nyamannya keluar..
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by jar-jit-no »

pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 23:46

Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...

Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..

Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....

Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...
kayaknya jalur kita sama itu om. Ane gak tau daerah itu namanya apa, tapi ane biasanya mulai masuk dari samping terminal wonogiri, kemudian lewat kampung sepi di tengah hutan jati dan lewat pedan sampe keluar lg jalan utama arah jogja. Ane biasanya lewat situ setahun 2 kali pp aja sih waktu mudik.

Kemaren lewat situ udah mulus total, jadi ane pede aja waktu balik tulungagung lewat situ lagi malem2 diatas jam 9

erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 0:04 ternyata pengguna tiga silinder dr tiga berlian.
stuju om dengan pendapat sampean.
overtaking gak perlu nafsu.
ikutin aja irama nya. dpt selanya. ke asepin semua tu mobil sruntulannnn.

sy sering nanjak di sarangan tawang mangu om. sesekali madiun-cilacap

tetep hati2 berkendara...
kok sama kita om jurusan cilacap..hehe..

overtaking kalo napsu malah membahayakan, apalagi kalo belum hafal medan jalan dan tikungannya
4A91 4at - Slow Driver
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by alexdonovan »

adityabp wrote: Sun Feb 25, 2018 10:04
pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalo saya inget udah 2 kali ganti kompresor AC.
:mky_07:
Kalo saya, inget kaki-kaki Blazer/Livina/Ecosport mahal... Terbukti saya sruntulan kalo pake Avanza / Xenia saja :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by ginting »

Mosi...mosi..
judul trit sudah diedit oleh momod, supaya judul menggambarkan isi trit.
Monggo oom TS dishare jurus jurusnya satu persatu dengan lebih detail.

Saya sudah summon para pengukur jalan lintas sumatera yang baru pulang roadtrip Sabang akhir tahun lalu, dan juga mastah mastah lainnya.
Sabar ya, sebentar lagi mereka tiba... lagi ngisi solar di SPBU sambil ke Indomaret beli cemilan.. :big_deal: :big_deal:

btw, oom TS lokasi dimana ? kalau di Jakarta bisa ikutan roadtrip sama rekan2 disini...
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

jar-jit-no wrote:
pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 23:46

Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...

Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..

Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....

Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...
kayaknya jalur kita sama itu om. Ane gak tau daerah itu namanya apa, tapi ane biasanya mulai masuk dari samping terminal wonogiri, kemudian lewat kampung sepi di tengah hutan jati dan lewat pedan sampe keluar lg jalan utama arah jogja. Ane biasanya lewat situ setahun 2 kali pp aja sih waktu mudik.

Kemaren lewat situ udah mulus total, jadi ane pede aja waktu balik tulungagung lewat situ lagi malem2 diatas jam 9

erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 0:04 ternyata pengguna tiga silinder dr tiga berlian.
stuju om dengan pendapat sampean.
overtaking gak perlu nafsu.
ikutin aja irama nya. dpt selanya. ke asepin semua tu mobil sruntulannnn.

sy sering nanjak di sarangan tawang mangu om. sesekali madiun-cilacap

tetep hati2 berkendara...
kok sama kita om jurusan cilacap..hehe..

overtaking kalo napsu malah membahayakan, apalagi kalo belum hafal medan jalan dan tikungannya
hahaha.
samaan ya kita. 3 berlian dan cilacap
tapi rute sy madiun-tawangmangu-solo-magelang-cilacap
krn harus transit dlu ke rumah bulek.
cilacap nya sidanegara om.


User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »


adityabp wrote: Sun Feb 25, 2018 10:04
pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalo saya inget udah 2 kali ganti kompresor AC.
:mky_07:
kok bisa ac om ?
sy sih berpikiran kalau high rpm itu bikin kompresor terlalu besar nerima puratan mesin. itu hanya sebatas pikiran sy saja. apakah benar ya ???
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by gaspol »

Baca judulnya..jadi mau sharing sedikit pengalaman saya selama 2,5 tahun tinggal di sentani - jayapura..menggunakan mobil ipah gnki 2.0 mt. Mungkin yang pernah main ke jayapura tau jalurnya seperti apa..sampai bosan naik turun gunung [emo-me-too]
Mayoritas jalanan disini pegunungan & perbukitan..memang kalo berkendara dgn tehnik yang dijabarkan om TS lebih nikmat melibas jalur2 berkelok kelok..minimalisir bodyroll, jaga rpm di range torsi terbaik..rev matching..cornering jadi lebih enak & momentum tetap dapat saat keluar tikungan & langsung jalan menanjak :big_exellent: belajar coba coba dari youtube..
Ga ada keluhan dari kawan2..mereka tidur pulas

Jadi kebayang kalo pakai sedan & hothatch manual pasti lebih asik..
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 2:39
adityabp wrote: Sun Feb 25, 2018 10:04
pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalo saya inget udah 2 kali ganti kompresor AC.
:mky_07:
kok bisa ac om ?
sy sih berpikiran kalau high rpm itu bikin kompresor terlalu besar nerima puratan mesin. itu hanya sebatas pikiran sy saja. apakah benar ya ???
Krn kompresor AC yg terakhir udah ngorok, jadi putaran mesin saya batesin di bawah 3500rpm.
Kalo butuh rpm di atas itu terpaksa matiin AC.
Nyesek loh ganti kompresor AC 2 kali dlm rentang waktu 5thn.
:mky_01:
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by jalananDOHC »

numpang tanya .. cara mencari torsi maksimum untuk mobil yang tidak dilengkapi tachometer / rpm meter gmn?
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

adityabp wrote:
erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 2:39
adityabp wrote: Sun Feb 25, 2018 10:04 Kalo saya inget udah 2 kali ganti kompresor AC.
:mky_07:
kok bisa ac om ?
sy sih berpikiran kalau high rpm itu bikin kompresor terlalu besar nerima puratan mesin. itu hanya sebatas pikiran sy saja. apakah benar ya ???
Krn kompresor AC yg terakhir udah ngorok, jadi putaran mesin saya batesin di bawah 3500rpm.
Kalo butuh rpm di atas itu terpaksa matiin AC.
Nyesek loh ganti kompresor AC 2 kali dlm rentang waktu 5thn.
:mky_01:
waduhh..
mobil apa om ? mesin apa ?
alhamdulillah om semoga sy gak sampeee. krn kalau nanjak meskipun bisa pake ac. kalao hign rpm sy matiin.
yg belum terbiasa klo track datar om.. terkadang bejek aja rpm high ac masih nyala...
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by adhika »

Kalo saya sih gimana caranya bikin menyetir itu menyenangkan. Saya si ga ada kiat khusus gimana tekniknya. Semua murni dari feeling/insting/naluri. Pokoknya hati mesti seneng. Kalo hati senang, semua tantangan pasti bisa dilewati, ga perlu inget2 gimana caranya, itu udah jadi naluri udah di bawah alam bawah sadar, yang penting sering banyak jalan2 aja biar dapet feelingnya.

Saya sebisa mungkin menikmati pemandangan selama nyetir, sesekali liat sawah atau ijo2 lainnya, karena saya kantoran dan menikmati pemandangan tsersebut merupakan hal yang sangat istimewa bagi saya. Kalo di pegunungan, nikmati suasananya, liat ijo2, anggap aja nyetir santai kayak di film2. Apalagi kalo pas nyetir dapet 'bonus' beautiful sunset atau warna langit pas sunsetnya indah. Wah... what a wonderful life...

Atau kalo lagi perjalanan antarkota dan provinsi, saya suka amati streetscape, baik jalan penghubung maupun pas masuk kota2 (ibukota kecamatan/kotamadya), liat lampu jalan yang ternyata masih baru terus banyak ornamentnya, traffc lightnya masih baru, trotoarnya baru dicat. Jujurnya saya sangat menikmati streetscape di kota2 Jateng, DI Yogya sama Jatim, dan menurut saya streetscapenya jauh lebih bagus daripada Jabar atau Banten.
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by erdinkurniawan »

jalananDOHC wrote:numpang tanya .. cara mencari torsi maksimum untuk mobil yang tidak dilengkapi tachometer / rpm meter gmn?
kalau saya om biasanya kerasa om. klo torsi ngisi biasanya gas sama laju mobil linear. kita gas mobil jalan. tau sendiri klo sudah over rev mobil hanya meraung dan jalan di tempat...

maaf penjelasan newbie...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by ChZ »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 0:31
jar-jit-no wrote: Sun Feb 25, 2018 23:25 Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe

Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri

Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
Yup betul.. saya juga sangat menikmati driving di trek gunung/perbukitan pakai cvt... kecuali kalau posisi lagi macet ya, start awalnya yg tidak responsif yg agak bikin bete..

Pengalaman mengasyikan di rute pegunungan itu ketika dari gilimanuk - negara - denpasar, dimana rute kelok2 bukit dijalanan sempit (2 jalur saja), pake cvt pas di rentang rpm 2200 - 4400 (peak torsi sudah mulai keluar kalo di C26) sangat fun menurut saya

tidak ada gear change itu salah satu yg membuat unsur nyamannya keluar..
di CVT mesin berturbo macem Civic Hatchback klo naek tanjakan ane tinggal keep di range turbo nyala sejak 1700 RPM udah dapet torsi maks jadi nyaman banget gak perlu gerung-gerung kayak Civic FB yang mesti main paddleshift dan keep di RPM tinggi ...

menyiksa banget apalagi liat layar MID nya range berkurang sangat drastis gara-gara mesti pertahanin momentum :big_chicken:

CVT buat nanjak sih enak momentumnya bisa terus dijaga :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 3:02
adityabp wrote:
erdinkurniawan wrote: Mon Feb 26, 2018 2:39
kok bisa ac om ?
sy sih berpikiran kalau high rpm itu bikin kompresor terlalu besar nerima puratan mesin. itu hanya sebatas pikiran sy saja. apakah benar ya ???
Krn kompresor AC yg terakhir udah ngorok, jadi putaran mesin saya batesin di bawah 3500rpm.
Kalo butuh rpm di atas itu terpaksa matiin AC.
Nyesek loh ganti kompresor AC 2 kali dlm rentang waktu 5thn.
:mky_01:
waduhh..
mobil apa om ? mesin apa ?
alhamdulillah om semoga sy gak sampeee. krn kalau nanjak meskipun bisa pake ac. kalao hign rpm sy matiin.
yg belum terbiasa klo track datar om.. terkadang bejek aja rpm high ac masih nyala...
Hehehe, itu pengalaman paling buruk selama saya miara mobil.
Pertama ganti kompresor krn emg udah ngorok + evap bocor.
Eh, bengkelnya dudul. Gak sampe 1thn jebol-lah itu kompresor krn expansion valve-nya mampet.
Ganti lagi. Lumayan agak lama, cuma lama2x kok cut-off-nya gak main. Jadi kompresor muter terus, tapi AC gak pernah dingin. Ngorok pula.
Akhirnya jebol juga pas lewat cipularang arah jakarta, setelah semalaman saya geber via jalur selatan.
Bener2x kapok dah geber2x mobil demi torsi maksimum tapi AC gak dimatiin.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4229
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by b0ku »

erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 12:40
b0ku wrote:
silentIm2 wrote: Sun Feb 25, 2018 9:18 honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
manee ada ceritanya kek gitu :wkkk:

gw aja sering bawa yg 2400cc pake metic jadul 5at aja masih enak2x aja kalo nanjak biarpun berat buat cc segitu karena vtecnya rpm.atas asal berani bejek tetep aja kenceng

palingan antara 2 si supir sante bawa keluarga atau si supir gak berani bejek karena torsinya kegedean jd mendingan bawa pelan daripada kekencengan akhirnya melintir penyakit mobil force induction yach gitu makannya gw lebih suka n/a buat tikungan :ngacir:
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

b0ku wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 12:40
b0ku wrote: gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
manee ada ceritanya kek gitu :wkkk:

gw aja sering bawa yg 2400cc pake metic jadul 5at aja masih enak2x aja kalo nanjak biarpun berat buat cc segitu karena vtecnya rpm.atas asal berani bejek tetep aja kenceng

palingan antara 2 si supir sante bawa keluarga atau si supir gak berani bejek karena torsinya kegedean jd mendingan bawa pelan daripada kekencengan akhirnya melintir penyakit mobil force induction yach gitu makannya gw lebih suka n/a buat tikungan :ngacir:
iya om.
makanya itu. kembali kepada supirnya. mau nyate menikmati / emang ke kagok dr awal.
bukan force industion om. sy kan dah blg klo non turbooo
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by classicrock »

Ikutan posting ya, pas temanya agak nyerempet road trip.

Saya termasuk suka jalan jalan, apalagi bawa kendaraan sendiri. Selama ini baru seputaran Jawa sama KalTim dan Kalsel aja. Topik yang dishare menarik, lumayan menambah pengetahuan dan jadi tertarik menggali lebih jauh soal mengemudi yang aman dan nyaman.

Kalo saya selama ini ngga pernah pasang target kalo lagi pergi ke kota tertentu, yang penting sampai dengan selamat. Mungkin karena memang gaya mengemudi saya "santai", sayanya rileks, penumpang juga bisa enjoy plus tidur dan tidak mabok. Nyalip hanya bila benar benar aman dan perlu, jadi penumpang juga ngga waswas. Kecepatan maksimum di tol yang kosong pun saya batasi, walaupun kadang mobilnya mampu lebih dari itu.

Kalo lagi di perjalanan saya selalu utamakan makan tepat waktu, hahaha ini sebabnya kadang kadang saya bisa sampai lebih lama ketimbang yang lain, ujungnya makan melulu.

Balik ke soal mobilnya, saya selalu berusaha mengenali dulu mobil yang saya kendarai, mulai dari jenis dan cara operasi transmisinya, karakter pengendalian sampai batas tenaga mesinnya, supaya ngga kagok dan kaget kalo harus nyalip atau ketemu rute yang ada tanjakan, turunan dan tikungan ekstrimnya. Persiapan sebelum jalan pun penting, supaya ngga ada masalah di jalan, kadang hal kecil seperti tabung air wiper yang kosong bisa bikin susah.

Btw soal Innova, saya kurang suka handling mobil ini, tahun 2016 saya ada sewa Innova 2.0 MT tahun 2015 awal (belum model yang baru) untuk perjalanan Balikpapan - Samarinda - Balikpapan, wah penumpang pada komplain, katanya mobilnya oleng dan pada pusing, padahal saya sendiri sudah berusaha sebaik mungkin setiap kali ketemu tikungan supaya mobil ngga "tumpah tumpah" banget (diisi 6 dewasa termasuk saya). Belum lagi tenaga mesinnya yang super pas, bentar bentar nafasnya habis pas ketemu tanjakan panjang.

Beberapa kali saya juga harus antar rombongan dari Balikpapan - Sangata - Balikpapan dan semua aman aman aja, giliran seminggu yang lalu rombongan yang sama berangkat dengan driver lain (padahal mobilnya sama - pakai Xenia 2017 MT), wah pada mabok plus berhenti di beberapa tempat karena penumpang teler. Usut punya usut, driver satu ini abai dan main jalan aja plus ndut ndutan bawa mobilnya. Kalo saya sebelum jalan, apalagi kalo mau bawa orang banyak, semua jok penumpang mulai dari depan sampai belakang saya stel dulu seoptimal mungkin dan saya coba duduk, apakah udah manusiawi apa belum posisinya (seandainya saya jadi penumpang).

Maaf kalau agak OOT.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by PRBS »

Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by classicrock »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
Hehehe btw saya kalo nyetir sekarang sudah ngga kuat lagi jalan malam, lebih milih normalnya jam badan aja, jadi maksimal jam 9 malam saya udah harus stop di penginapan seandainya tujuan masih jauh. Pun kondisi aspal yang ga selalu mulus agak susah dipantau kalo malam, takut kena jebakan batman...(lagi banyak banget di pantura mulai Brebes sampai Kendal).
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by ChZ »

classicrock wrote: Mon Feb 26, 2018 7:15
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
Hehehe btw saya kalo nyetir sekarang sudah ngga kuat lagi jalan malam, lebih milih normalnya jam badan aja, jadi maksimal jam 9 malam saya udah harus stop di penginapan seandainya tujuan masih jauh. Pun kondisi aspal yang ga selalu mulus agak susah dipantau kalo malam, takut kena jebakan batman...(lagi banyak banget di pantura mulai Brebes sampai Kendal).
Yes... nyetir malam lebih menghabiskan energi.

Mata capek kena pantulan sinar lampu mobil lain dari arah berlawanan. Konsentrasi juga harus extra di tempat - tempat yang gelap dan minim penerangan jalan.

Makanya, agak miris juga liat beberapa jalan di luar kota penerangan jalannya sangat-sangat minim. Klo penerangan jalan bagus setidaknya efek capek dari sinar lampu dari mobil berlawanan bisa ter-reduksi karena kontras cahayanya berkurang. CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by evanbngdor »

Sebagai pengguna D4D manual sih memang kalo bicara top speed sih sedih, tp dengan top speed 160 sih udah cukup banget buat saya, itu udah mentok limiter.

Tp kalo penggunaan luar kota, ogut ngerasa rasio gear nya sih oke, buat nanjak2 oke, buat selap selip kecepatan sedang jg rasio gear nya pas, memang jambakan tenaga nya ngga bs berharap banyak deh, linear aja kenaikan speed nya, toh kalo terlalu ngejambak tarikannya, penumpang bakal ngga bs tertidur pulas, jd eksistensinya sebagai mobil keluarga msh dapet menurut ogut.

Ogut setahun minimal 2x mudik ke solo&surabaya, so far ngga pernah ngerasa kekurangan tenaga/kedodoran, asal shiftingnya pas. Kalo rute luar kota biasa saya shifting di 2800-3000an kalo lg tarik2an, tp kalo lg jalan santai speed 60-100 sih shifting di 2000-2500an aja cukup.

Selama mesin sehat, ngga ada masalah berarti.

FYI, ogut jauh lebih sering jalan malem dibanding jalan siang, karena biasanya siang msh ada urusan, jd malem nya berangkat, kalo nunggu besok paginya sayang waktu. apalagi kalo cuma liburan pendek misal jumat-minggu.

:mky_03: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Post by liep »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:46 Iya, saya sependapat dengan atas saya.. kalau roadtrip (solo roadtrip dengan keluarga), lebih baik santai saja tidak harus dikejar waktu.. kalau capai ya istirahat, kalau sudah malam (misal nyetir siang hari) lebih baik cari hotel lalu istirahat.. makanan atau cemilan harus selalu sedia dimobil..

Penumpang senang dan nyaman, badan lebih sehat, mobil juga ga terforsir sekali.. unless, memang pada pingin cepet sampe tujuan.. ya hajar blehh
sbetulnya yg susah itu bkn nyetir cepat sendirian dan halus/penumpang tidur, tp balapan puluhan km dg mbl lain yg sama2 nekat dan masih halus bawanya dan penumpang msh lelap+kita ga bisa disalip di kondisi apapun sd akhir rute---ini yg lebih sulit hehe

tp yg lebih sulit lg buat ane adl rela disalip org lain meskipun sbetulnya kita yakin kita bisa lbih cepat/nekat dr dia, sbaiknya emang spt om pbrs--kalem+sabar, skrg di lio ane pasang audio satori buat hibur diri+lbih ga fokus balapan hehe