All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by NYoman »

liemivan86 wrote: Thu Feb 15, 2018 17:08
rajapb wrote: Dual vvti udah ada dari 1998 di toyota altezza. Tapi di indonesia mungkin emang camry (kalo emang mobil yang masuk importir umum gak masuk itungan)
Dual vvti ini sama dengan i-vtec kan ya kalo tidak salah? Sama-sama pengaturan valve masuk dan buang diatur oleh komputer?
i-VTEC kalau gak salah padanan nya VVT-iL, VVT-i cuma naik turunin timing sm buka tutup katup supaya rata terus dan gak perlu setel2 klep kalau service..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by ChZ »

i-VTEC kurang lebih sama kayak VVTL-i .... atau Dual VVT-i Valvematic. Lift dan Timing nya diatur semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by liemivan86 »


NYoman wrote:

i-VTEC kalau gak salah padanan nya VVT-iL, VVT-i cuma naik turunin timing sm buka tutup katup supaya rata terus dan gak perlu setel2 klep kalau service..

ChZ wrote:i-VTEC kurang lebih sama kayak VVTL-i .... atau Dual VVT-i Valvematic. Lift dan Timing nya diatur semua.
Valvematic bukannya uda direct injection ya?

Berarti i-vtec malah lebih canggih dari dual vvti ya? Dual vvti hanya atur timing buka tutup valve masuk dan buang, sedangkan i-vtec atur lift dan timing katup masuk. Bener gitu?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by NYoman »

Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..

i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..

Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by marmut »

tremonti wrote: Thu Feb 15, 2018 16:27 @om Haris dan senior2
Kalau ganti oli ngaruh banget ke fc kah pengalaman selama ini? Punya ane uda maw tmbus 1000 km.. sabtu maw ganti oli...
kalo dual pipiti ai ga ngaruh. no oil no problem.




:ngacir:
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by sendguruh »

haristk7 wrote: Thu Feb 15, 2018 13:09 gw bingung baca postingan mengenai FC..

gw punya pertanyaan yang gw minta si modbaikorgalak or whatever your name jawab..
1. mesinnya udah tembus 1000km belom ?
2. kalo udah, udah sempet ganti oli ?
3. pengambilan data dilakukan berapa kali dalam rentang 7 hari ? kalo 1-2 kali ya margin of error nya gede dong

dikutip dari makalah ilmiah yang saya baca
Margin of error adalah salah satu kompunen dalam statistika yang berkaitan dengan pengambilan sampel dari suatu populasi. Dengan margin of error dapat diketahui seberapa jauh data sampel dari data populasi sesungguhnya.

Hal yang memengaruhi margin of error adalah :
-Ukuran sampel
-Cara pengambilan sampel
-Ukuran populasi

sumber: https://tinyurl.com/y8mvjksn
sekarang gini aja..berapa hari itu mobil bahan bakarnya berkurang dari full tank ke setengah tank ? anggap kata dalam 5 hari per 1 minggu. Anggap saja sabtu dan minggu tidak dipakai. Berarti dalam sebulan setidaknya bisa terkumpul 4 sampel. Untuk konsumsi bahan bakar hitung manual saja, lakukan pada saat pengisian ulang bahan bakar, jarak yang ditempuh/jumlah bahan bakar yang dibutuhkan sampai nozzle bilang sudah sampai batas atas aman = konsumsi bahan bakar real time (full-to-full). Contohnya, saya setiap 5 hari dalam 1 minggu melaju 220km, ketika isi ulang bahan bakar membutuhkan 20 liter sampai nozzle bunyi "klik", berarti 220km/20l = 11km/l. Berarti setiap 11km mobil meminum 1 liter bahan bakar..

itu udah saya kasi contoh loh kalo anda gak paham metode lumayan akurat buat hitung konsumsi bahan bakar..anda ambil 4 kali seperti itu, gampangnya hasil 4 sampel itu anda rata2 saja deh dapetnya brp..

total jumlah sampel/4 = rata2 konsumsi bahan bakar

kalo udah keluar hasilnya kan lebih enak bahasnya, data yang ditampilkan bisa lebih valid..

saya dan rekan2 SM lainnya menunggu hasil samplingnya 30 hari dari sekarang..
Mas haristk, klo sya isi bensin stlh bunyi ‘klik’ masih lanjut isi sd bibir lubang tangki, baru itu sya itung sebagai full to full, atau sebenarnya cukup sampai ‘klik’ saja?
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Knalpot »

Hasil test drive Terios R deluxe agak jauhan :
1. Senyap. Kaki2 senyap. Rute jalan TD banyak polisi tidur dan speedtrap.
2. Rebound suspensi Bagus. Gak mentul2.di point ini lebih bagus Rushter dengan XP.bawanya manteb gak limbung.XP limbung kalau kosong imho.
3. Putaran bawah lebih galak sedikit dari Xpander. Tapi sepertinya halusan XP transmisinya.
4. Suara mesin masuk banget. Jauh denga XP yang senyap.Suara dr luar 11-12 senyapnya.
5. MID bensin aneh. Mirip spedometer jalannya. Pas stop 2 L/Km. Begitu jalan ikut naik real time seperti speedo meter Wkwkwkw.. beda dengan mobil ane yang baru update konsumsi bensinnya minimal setelah jalan 1 KM. Kesimpulan : jangan sekali2 percaya MID 100%. Harus Full to full untuk cek. Ingat kasus manipulasi BBm mitsubishi dulu.
6. Untuk nyaman hajar lubang di kecepatan tinggi vote XP (pernah soalnya pas test drive.. hajarr aja dengan XP lubang2)
Tapi untuk lewat pelan2 di lubang lebih dalam dan banjir pilih Rushter posisi engine lebih tinggi soalnya.
7. Nyaman duduk pilih XP.Tampang dan kenyamanan hati lewat jalan jelek Rushter.
8. Pedal rem dan footrest terlalu dekat wkwkw..
9.sekian, maaf bandingin dengan XP karena aku memang lagi galau sudah SPK XP wkwkwkw..

NB : Untuk MomodGalak jangan terlalu over komen2nya tentang Rushter.. malu2in. Di SM juragan2 yang banyak tau otomotif. Nanti malu sendiri.. just advice.. peace..
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by sendguruh »

NYoman wrote: Fri Feb 16, 2018 0:48 Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..

i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..

Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
Toyota ada lg yg nmnya VVT-iE dan VVT-iW, spy bs combine dgn motor elektriknya (hybrid) spy lbh hemat, tp secara teknis sya kurang mudeng
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Thu Feb 15, 2018 18:24
Valvematic bukannya uda direct injection ya?

Berarti i-vtec malah lebih canggih dari dual vvti ya? Dual vvti hanya atur timing buka tutup valve masuk dan buang, sedangkan i-vtec atur lift dan timing katup masuk. Bener gitu?
kalo DOHC i-VTEC yang di kebanyakan Honda versi "rakyat" itu masih single (cuma di intake saja) sedangkan Dual VVT-i ada di intake dan exhaust.

Direct injection udah different kind of animal mas... itu sistem injeksinya :mky_01: i-VTEC yang direct injection yang di Accord dan Odyssey.
NYoman wrote: Fri Feb 16, 2018 0:48 Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..

i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..

Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
Valvematic kerjanya lbh mirip Valvetronicnya BMW klo gak salah (gradual, bukan cam switching)... Honda khas dengan VTEC KICKIN karena dia sistemnya manual pake 2 profil cam berbeda. Ketika sudah nyala aggressive cam nya, nah itu "vtec kick in".... di valvetronic/valvematic ga pernah ketauan kapan krn gradual modelnya.

AVTEC never made it to production line... cm prototype saja entah kapan dilanjutin... krn sudah ada VTEC TURBO yang lebih efficient rasanya Honda bakal terus berkutat dengan VTEC TURBO...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
momodgalakk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Sat Jan 13, 2018 16:16
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Terios

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by momodgalakk »

Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by herp »

momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Auk ah :wkkk:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

Hiburan kembali dimulai

:mky_07: :mky_07:
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Joehard30 »

Ini om nya mau konsisten sama namanya, galakk, orang SM kok pada sensi sih :mky_03:
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by iwing »

yoyoyoyoyo mumpung tanggal merah ini. ayo ramaikan kwkwkwkkw
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

iwing wrote: Fri Feb 16, 2018 2:38 yoyoyoyoyo mumpung tanggal merah ini. ayo ramaikan kwkwkwkkw
Mumpung seharian bisa fokus liat sm ya

:mky_07: :mky_07:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by rajapb »

Kok tiba2 banyak id visitor gak jelas 😂
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by MitshuToyo »

momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Sabar Omm.. bahasanya kasskus banget heheh
gabung group roadtrip SM yuk,pak Momodgalak belum tahu kan gimana persaudaraan disini ?
Kalau gabung group roadtrip bisa diantar nyobain rushnya jalan2.Seperti dulu salah satu member SM punya Isuzu MUX baru, diantar ke pangandaran.Banyak temannya dgn berbagai merk mobil.Smp 26 mobil.termasuk saya waktu itu wkwkwkw
Lagi nginjek rem..
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Rundeer »

herp wrote: Fri Feb 16, 2018 2:28
momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Auk ah :wkkk:
Susah ya emang kalo udah diehard level mampus :big_biglaugh:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

MitshuToyo wrote: Fri Feb 16, 2018 2:50
momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Sabar Omm.. bahasanya kasskus banget heheh
gabung group roadtrip SM yuk,pak Momodgalak belum tahu kan gimana persaudaraan disini ?
Kalau gabung group roadtrip bisa diantar nyobain rushnya jalan2.Seperti dulu salah satu member SM punya Isuzu MUX baru, diantar ke pangandaran.Banyak temannya dgn berbagai merk mobil.Smp 26 mobil.termasuk saya waktu itu wkwkwkw
Setuju nih. Dijamin abis ikut roadtrip, selain nambah temen.. ntar udah ga akan mikirin FC deh..

:big_exellent:
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Rundeer »

rajapb wrote: Fri Feb 16, 2018 2:50 Kok tiba2 banyak id visitor gak jelas 😂
Kita masih dipantau om... Mungkin bentar lagi bakal disleding :mky_07:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by apoge »

Ngeriiiii emang penghuni kaskus mottonya senggol bacok :snipersmile: Tapiiiii saya juga sering main di kaskus :big_slap:
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by carl »

momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
sori2 aja nih om, ini om pny Terios sebagai mobil pertama yg dibeli ya? Atau baru naek kelas mobilnya?
ko norak bgt dah.. kalo dijalan kyknya tipikal orang baru pny mobil (yg nyolot dijalan)
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Wistuwis »

momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Woles om...
Sepertinya om momod masih belum nangkep substansinya juga ini.
Saya baca gak ada yang (serius) mempermasalahkan boros iritnya FC ANT.
Coba dibedakan antara satire, sarkas, atau serius di nilai rasa kalimatnya. :big_okay:

Fokusnya kan di metode pengetesannya yang udh ilmiah atau belum (dan tentu saja gaya bahasa alay-nya. Hehe...).
Tidak masalah hasilnya irit atau boros, itu akan menjadi bahan diskusi sendiri nanti.
Adatnya di sini lempar wacana hasil pengetesan dan kita bahas rame2 metode dan hasilnya.
Bukan proklamasi klaim hasil tes dan kita pertahankan sampai mati. :big_dunno:
dpria
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Aug 30, 2017 4:58

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by dpria »

momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
SR jdi gatel pengen komen, udah om momodbaik gak usah didengerin usul dari sepuh2 SM soal metode cek real FC.
Percaya aja sama MID mobil om, daripada nanti sakit hati sama hasil nya.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

Wistuwis wrote: Fri Feb 16, 2018 3:22
momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Woles om...
Sepertinya om momod masih belum nangkep substansinya juga ini.
Saya baca gak ada yang (serius) mempermasalahkan boros iritnya FC ANT.

Coba dibedakan antara satire, sarkas, atau serius di nilai rasa kalimatnya. :big_okay:

Fokusnya kan di metode pengetesannya yang udh ilmiah atau belum (dan tentu saja gaya bahasa alay-nya. Hehe...).
Tidak masalah hasilnya irit atau boros, itu akan menjadi bahan diskusi sendiri nanti.
Adatnya di sini lempar wacana hasil pengetesan dan kita bahas rame2 metode dan hasilnya.
Bukan proklamasi klaim hasil tes dan kita pertahankan sampai mati. :big_dunno:
Ya pada dasarnya personnya susah diajak diskusi..

sudah dikasih saran dan pendapat metode pengetesan FC dari lampiran karya ilmiah, app, metode konvensional, dkk masiiiih aja ngeyel kalo kita itu dianggap haters ANR/T yg ga suka kalo ni mobil irit..

Intinya si om momodangry ga ngerti substansi diskusinya

:big_bored: :mky_01:
Last edited by PRBS on Fri Feb 16, 2018 3:35, edited 1 time in total.