i-VTEC kalau gak salah padanan nya VVT-iL, VVT-i cuma naik turunin timing sm buka tutup katup supaya rata terus dan gak perlu setel2 klep kalau service..liemivan86 wrote: Thu Feb 15, 2018 17:08Dual vvti ini sama dengan i-vtec kan ya kalo tidak salah? Sama-sama pengaturan valve masuk dan buang diatur oleh komputer?rajapb wrote: Dual vvti udah ada dari 1998 di toyota altezza. Tapi di indonesia mungkin emang camry (kalo emang mobil yang masuk importir umum gak masuk itungan)
All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
i-VTEC kurang lebih sama kayak VVTL-i .... atau Dual VVT-i Valvematic. Lift dan Timing nya diatur semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
NYoman wrote:
i-VTEC kalau gak salah padanan nya VVT-iL, VVT-i cuma naik turunin timing sm buka tutup katup supaya rata terus dan gak perlu setel2 klep kalau service..
Valvematic bukannya uda direct injection ya?ChZ wrote:i-VTEC kurang lebih sama kayak VVTL-i .... atau Dual VVT-i Valvematic. Lift dan Timing nya diatur semua.
Berarti i-vtec malah lebih canggih dari dual vvti ya? Dual vvti hanya atur timing buka tutup valve masuk dan buang, sedangkan i-vtec atur lift dan timing katup masuk. Bener gitu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..
i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..
Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..
Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
kalo dual pipiti ai ga ngaruh. no oil no problem.tremonti wrote: Thu Feb 15, 2018 16:27 @om Haris dan senior2
Kalau ganti oli ngaruh banget ke fc kah pengalaman selama ini? Punya ane uda maw tmbus 1000 km.. sabtu maw ganti oli...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Mas haristk, klo sya isi bensin stlh bunyi ‘klik’ masih lanjut isi sd bibir lubang tangki, baru itu sya itung sebagai full to full, atau sebenarnya cukup sampai ‘klik’ saja?haristk7 wrote: Thu Feb 15, 2018 13:09 gw bingung baca postingan mengenai FC..
gw punya pertanyaan yang gw minta si modbaikorgalak or whatever your name jawab..
1. mesinnya udah tembus 1000km belom ?
2. kalo udah, udah sempet ganti oli ?
3. pengambilan data dilakukan berapa kali dalam rentang 7 hari ? kalo 1-2 kali ya margin of error nya gede dong
dikutip dari makalah ilmiah yang saya bacasekarang gini aja..berapa hari itu mobil bahan bakarnya berkurang dari full tank ke setengah tank ? anggap kata dalam 5 hari per 1 minggu. Anggap saja sabtu dan minggu tidak dipakai. Berarti dalam sebulan setidaknya bisa terkumpul 4 sampel. Untuk konsumsi bahan bakar hitung manual saja, lakukan pada saat pengisian ulang bahan bakar, jarak yang ditempuh/jumlah bahan bakar yang dibutuhkan sampai nozzle bilang sudah sampai batas atas aman = konsumsi bahan bakar real time (full-to-full). Contohnya, saya setiap 5 hari dalam 1 minggu melaju 220km, ketika isi ulang bahan bakar membutuhkan 20 liter sampai nozzle bunyi "klik", berarti 220km/20l = 11km/l. Berarti setiap 11km mobil meminum 1 liter bahan bakar..Margin of error adalah salah satu kompunen dalam statistika yang berkaitan dengan pengambilan sampel dari suatu populasi. Dengan margin of error dapat diketahui seberapa jauh data sampel dari data populasi sesungguhnya.
Hal yang memengaruhi margin of error adalah :
-Ukuran sampel
-Cara pengambilan sampel
-Ukuran populasi
sumber: https://tinyurl.com/y8mvjksn
itu udah saya kasi contoh loh kalo anda gak paham metode lumayan akurat buat hitung konsumsi bahan bakar..anda ambil 4 kali seperti itu, gampangnya hasil 4 sampel itu anda rata2 saja deh dapetnya brp..
total jumlah sampel/4 = rata2 konsumsi bahan bakar
kalo udah keluar hasilnya kan lebih enak bahasnya, data yang ditampilkan bisa lebih valid..
saya dan rekan2 SM lainnya menunggu hasil samplingnya 30 hari dari sekarang..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Hasil test drive Terios R deluxe agak jauhan :
1. Senyap. Kaki2 senyap. Rute jalan TD banyak polisi tidur dan speedtrap.
2. Rebound suspensi Bagus. Gak mentul2.di point ini lebih bagus Rushter dengan XP.bawanya manteb gak limbung.XP limbung kalau kosong imho.
3. Putaran bawah lebih galak sedikit dari Xpander. Tapi sepertinya halusan XP transmisinya.
4. Suara mesin masuk banget. Jauh denga XP yang senyap.Suara dr luar 11-12 senyapnya.
5. MID bensin aneh. Mirip spedometer jalannya. Pas stop 2 L/Km. Begitu jalan ikut naik real time seperti speedo meter Wkwkwkw.. beda dengan mobil ane yang baru update konsumsi bensinnya minimal setelah jalan 1 KM. Kesimpulan : jangan sekali2 percaya MID 100%. Harus Full to full untuk cek. Ingat kasus manipulasi BBm mitsubishi dulu.
6. Untuk nyaman hajar lubang di kecepatan tinggi vote XP (pernah soalnya pas test drive.. hajarr aja dengan XP lubang2)
Tapi untuk lewat pelan2 di lubang lebih dalam dan banjir pilih Rushter posisi engine lebih tinggi soalnya.
7. Nyaman duduk pilih XP.Tampang dan kenyamanan hati lewat jalan jelek Rushter.
8. Pedal rem dan footrest terlalu dekat wkwkw..
9.sekian, maaf bandingin dengan XP karena aku memang lagi galau sudah SPK XP wkwkwkw..
NB : Untuk MomodGalak jangan terlalu over komen2nya tentang Rushter.. malu2in. Di SM juragan2 yang banyak tau otomotif. Nanti malu sendiri.. just advice.. peace..
1. Senyap. Kaki2 senyap. Rute jalan TD banyak polisi tidur dan speedtrap.
2. Rebound suspensi Bagus. Gak mentul2.di point ini lebih bagus Rushter dengan XP.bawanya manteb gak limbung.XP limbung kalau kosong imho.
3. Putaran bawah lebih galak sedikit dari Xpander. Tapi sepertinya halusan XP transmisinya.
4. Suara mesin masuk banget. Jauh denga XP yang senyap.Suara dr luar 11-12 senyapnya.
5. MID bensin aneh. Mirip spedometer jalannya. Pas stop 2 L/Km. Begitu jalan ikut naik real time seperti speedo meter Wkwkwkw.. beda dengan mobil ane yang baru update konsumsi bensinnya minimal setelah jalan 1 KM. Kesimpulan : jangan sekali2 percaya MID 100%. Harus Full to full untuk cek. Ingat kasus manipulasi BBm mitsubishi dulu.
6. Untuk nyaman hajar lubang di kecepatan tinggi vote XP (pernah soalnya pas test drive.. hajarr aja dengan XP lubang2)
Tapi untuk lewat pelan2 di lubang lebih dalam dan banjir pilih Rushter posisi engine lebih tinggi soalnya.
7. Nyaman duduk pilih XP.Tampang dan kenyamanan hati lewat jalan jelek Rushter.
8. Pedal rem dan footrest terlalu dekat wkwkw..
9.sekian, maaf bandingin dengan XP karena aku memang lagi galau sudah SPK XP wkwkwkw..
NB : Untuk MomodGalak jangan terlalu over komen2nya tentang Rushter.. malu2in. Di SM juragan2 yang banyak tau otomotif. Nanti malu sendiri.. just advice.. peace..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon May 12, 2008 2:07
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Toyota ada lg yg nmnya VVT-iE dan VVT-iW, spy bs combine dgn motor elektriknya (hybrid) spy lbh hemat, tp secara teknis sya kurang mudengNYoman wrote: Fri Feb 16, 2018 0:48 Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..
i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..
Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
kalo DOHC i-VTEC yang di kebanyakan Honda versi "rakyat" itu masih single (cuma di intake saja) sedangkan Dual VVT-i ada di intake dan exhaust.liemivan86 wrote: Thu Feb 15, 2018 18:24
Valvematic bukannya uda direct injection ya?
Berarti i-vtec malah lebih canggih dari dual vvti ya? Dual vvti hanya atur timing buka tutup valve masuk dan buang, sedangkan i-vtec atur lift dan timing katup masuk. Bener gitu?
Direct injection udah different kind of animal mas... itu sistem injeksinya

Valvematic kerjanya lbh mirip Valvetronicnya BMW klo gak salah (gradual, bukan cam switching)... Honda khas dengan VTEC KICKIN karena dia sistemnya manual pake 2 profil cam berbeda. Ketika sudah nyala aggressive cam nya, nah itu "vtec kick in".... di valvetronic/valvematic ga pernah ketauan kapan krn gradual modelnya.NYoman wrote: Fri Feb 16, 2018 0:48 Dual vvti itu kalau gak salah maju mundurin timing aja dan memang tujuan utamanya membuat setelan katup "stay in place" supaya mempermudah service.. Kalau Honda fans punya slogan i-VTEC kick in yo! Toyota fans punya VVTL-i kick in yo! Gak bgtu populer karena mobil2 nya ga begitu populer juga contoh Celica GT-s dan MR2 gen akhir..
i-VTEC dan VVT-i kalau gak salah msh mechanical alias lewat hydrolic dr oli..
Kalau Valvematic dia penyempurnaan VVTL-i.. Buka tutup diatur pakai elektronik bahkan seingat saya ga pakai throttle body lagi jadi unit buka tutup katupnya lgsg jadi tempat masuknya buka tutup gas jd mirip ITB.. Padanan nya di Honda itu A-VTEC, cuma saya blm nemu Honda yg pakai A-VTEC
AVTEC never made it to production line... cm prototype saja entah kapan dilanjutin... krn sudah ada VTEC TURBO yang lebih efficient rasanya Honda bakal terus berkutat dengan VTEC TURBO...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jan 13, 2018 16:16
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Terios
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Auk ahmomodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Hiburan kembali dimulai



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Ini om nya mau konsisten sama namanya, galakk, orang SM kok pada sensi sih 

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
yoyoyoyoyo mumpung tanggal merah ini. ayo ramaikan kwkwkwkkw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Mumpung seharian bisa fokus liat sm ya


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Kok tiba2 banyak id visitor gak jelas 
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Sabar Omm.. bahasanya kasskus banget hehehmomodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
gabung group roadtrip SM yuk,pak Momodgalak belum tahu kan gimana persaudaraan disini ?
Kalau gabung group roadtrip bisa diantar nyobain rushnya jalan2.Seperti dulu salah satu member SM punya Isuzu MUX baru, diantar ke pangandaran.Banyak temannya dgn berbagai merk mobil.Smp 26 mobil.termasuk saya waktu itu wkwkwkw
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Susah ya emang kalo udah diehard level mampusherp wrote: Fri Feb 16, 2018 2:28Auk ahmomodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya![]()

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Setuju nih. Dijamin abis ikut roadtrip, selain nambah temen.. ntar udah ga akan mikirin FC deh..MitshuToyo wrote: Fri Feb 16, 2018 2:50Sabar Omm.. bahasanya kasskus banget hehehmomodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
gabung group roadtrip SM yuk,pak Momodgalak belum tahu kan gimana persaudaraan disini ?
Kalau gabung group roadtrip bisa diantar nyobain rushnya jalan2.Seperti dulu salah satu member SM punya Isuzu MUX baru, diantar ke pangandaran.Banyak temannya dgn berbagai merk mobil.Smp 26 mobil.termasuk saya waktu itu wkwkwkw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Kita masih dipantau om... Mungkin bentar lagi bakal disleding

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Ngeriiiii emang penghuni kaskus mottonya senggol bacok
Tapiiiii saya juga sering main di kaskus 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
sori2 aja nih om, ini om pny Terios sebagai mobil pertama yg dibeli ya? Atau baru naek kelas mobilnya?momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
ko norak bgt dah.. kalo dijalan kyknya tipikal orang baru pny mobil (yg nyolot dijalan)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Woles om...momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Sepertinya om momod masih belum nangkep substansinya juga ini.
Saya baca gak ada yang (serius) mempermasalahkan boros iritnya FC ANT.
Coba dibedakan antara satire, sarkas, atau serius di nilai rasa kalimatnya.

Fokusnya kan di metode pengetesannya yang udh ilmiah atau belum (dan tentu saja gaya bahasa alay-nya. Hehe...).
Tidak masalah hasilnya irit atau boros, itu akan menjadi bahan diskusi sendiri nanti.
Adatnya di sini lempar wacana hasil pengetesan dan kita bahas rame2 metode dan hasilnya.
Bukan proklamasi klaim hasil tes dan kita pertahankan sampai mati.

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Aug 30, 2017 4:58
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
SR jdi gatel pengen komen, udah om momodbaik gak usah didengerin usul dari sepuh2 SM soal metode cek real FC.momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Percaya aja sama MID mobil om, daripada nanti sakit hati sama hasil nya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Ya pada dasarnya personnya susah diajak diskusi..Wistuwis wrote: Fri Feb 16, 2018 3:22Woles om...momodgalakk wrote: Fri Feb 16, 2018 2:24 Buat yg bikin FC full to full coba duluan kasih datanya, anr tungguin. Daripada koar koar boros tapi ga ada buktinya
Sepertinya om momod masih belum nangkep substansinya juga ini.
Saya baca gak ada yang (serius) mempermasalahkan boros iritnya FC ANT.
Coba dibedakan antara satire, sarkas, atau serius di nilai rasa kalimatnya.![]()
Fokusnya kan di metode pengetesannya yang udh ilmiah atau belum (dan tentu saja gaya bahasa alay-nya. Hehe...).
Tidak masalah hasilnya irit atau boros, itu akan menjadi bahan diskusi sendiri nanti.
Adatnya di sini lempar wacana hasil pengetesan dan kita bahas rame2 metode dan hasilnya.
Bukan proklamasi klaim hasil tes dan kita pertahankan sampai mati.![]()
sudah dikasih saran dan pendapat metode pengetesan FC dari lampiran karya ilmiah, app, metode konvensional, dkk masiiiih aja ngeyel kalo kita itu dianggap haters ANR/T yg ga suka kalo ni mobil irit..
Intinya si om momodangry ga ngerti substansi diskusinya


Last edited by PRBS on Fri Feb 16, 2018 3:35, edited 1 time in total.