rute yg di coba
puter2 komplek perumahan, jalanan rusak, lari di tol
keduanya merupakan unit yang baru sekali, Tiguan 1400cc turbo , dsg wet clutch 6 speed model terbaru
BMW x1 2018, ada sedikit perbedaan dr segi fitur dibanding unit 2017 yg gosipnya tahun lalu sempet disc besar sampe 3 digit. Tp perbedaan hanya pada fitur, mesin transmisi dll tetep sama
Desain exterior
lebih keren BMW, Tp Tiguan lebih mature, simpel but nice
Interior
BMW dapet atap panoramic, sayang penutupnya kain hitam yg masi agak remang... jd sinar matahari agak masuk sedikit.. jd yah kalo lg panas terik sekali panasnya lumayan masuknya.. agak heran dengan desain ini.. kok berasa kaya ga cocok utk daerah tropis yah
kursi belakang tidak bisa di recline (kl ga salah unit 2017 bisa recline yah?) tp sudah pada posisi yg cukup rebah, ga tegak kayak cx5. Cukup enak utk tiduran
Tiguan ga dapet atap panoramic, Kursi belakang bisa recline, dan ada bantalan bucket seat lebih besar, jd lebih nyaman. Sayang Kisi Ac belakang menonjol sekali ditambah ada tonjolan di tengah baris ke2 yg cukup tinggi , membuat duduk di tengah jd mepet sekali, idealnya utk 2 orang saja kanan kiri, apalagi ditambah dapet meja.
Fitur
Tiguan lebih user friendly pilihan menunya.
tp overall sama2 cukup lengkap. Saya ga sempet cek lebih mendalam utk ini
Rasa berkendara
keduanya memiliki pilihan setingan eco - comfort - sporty(dynamic)
bedanya di tiguan ada lg pilihan custom individual, contoh suspensi dan steernya comfort, tapi mesinnya sporty atau dibalik mesinnya eco tp suspensi dan steernya sporty ( tp ini aneh sekali ya kalo diset begini masa mesin dibikin lemot tp stir dan suspensi dibikin keras? hehehe)
Saat coba rute perumahan, jalan halus hingga rusak, redaman suspensinya cenderung mirip, antara tiguan dan x1, di setting comfort juga sama2 sedikit lebih nyaman dibanding sporty (tidak ada perbedaan signifikan antara kedua setingan kedua mobil tsb).
Mesi masuk mode sporty disini masih dalam taraf stiff tp nyaman ga yg keras bikin glodakan kebanting banting. Tp tetap terbaik masuk mode comfort sih..
tp.. menurut saya redaman sedikit... lebih menang x1 utk kondisi jalan rusak. Pantulannya lebih duk.. trus diam, teredam sedikit lebih baik dibanding tiguan
power delivery jg utk kecepatan rendah (speed 10-40) terasa mirip sekali kedua mobil tersebut, ga ada gejala lemot (saya ga coba model eco)
transmisi keduanya ga ada gejala ndut ndutan, jedak jeduk, geter2. Keduanya mulus..
Kemudian masuk ke tol
nah disini baru terasa sekali perbedaan kedua mobil tersebut
kecepatan kisaran 60-120, dengan rute yg sama persis
Tiguan
kesenyapan baik, noise dr samping mulai sayup2 masuk di kecepatan tinggi, noise dr ban jg masuk saat di aspal yg kasar. tp masi terasa minimum. (kesenyapan di compare golf mk6 meningkat jauh di tiguan terutama noise dr bawah)
power delivery sangat baik terutama di mode sport, toel gas sedikit tenaga tersedia instan tanpa jeda sedikitpun, kombinasi mesin turbo yg sudah spool di rpm rendah + transmisi dsg 6speed benar2 perpaduan yg cantik sekali, cuman.. akselerasi ganas khas golf mk6 tidak terlalu terasa disini.. akselerasi masi kuat.. tp tidak seganas golf mk6
Stir bobot meningkat seiring kecepatan meningkat, di kecepatan tinggi stir terasa sangat mantap, menjadikan kepercayaan diri driver sangat baik disini. Feel on the road juga terasa baik
Bmw x1
masuk mode sport, selepas pintu tol, bejek gas... eh kok transmisi ada jeda sepersekian detik dulu baru tenaganya keluar, itupun ga sekuat tiguan. Kayanya figur hp dan torsi yg lebih kecil benar2 terasa disini. Coba cruising di 100km/h lalu bejek gas lagi.. hasilnya sama, ada jeda baru tenaganya keluar.
Stir meski feel on the road terasa lebih baik dr tiguan, stir seperti bisa merasakan kondisi jalan lebih nyata
tp.. kemantapan di kecepatan tinggi lebih baik milik tiguan. Overal stir saya masi lebih suka tiguan, feel on the road kalah dikit tp sudah masuk kategori sangat bagus, ditambah kemantapan yg sangat luar biasa di kecepatan tinggi
Kelemahan terbesar ada pada noise.. noise dr samping masuk kategori medium.. masalah ada pada peredaman bagian bawah. Saat lewat aspal kasar, noisenya masuk keras sekali di dalam.. jauh di banding tiguan. Mengecewakan utk ukuran mobil dengan brand premium dan harga diatas 1/2M masih ada noise sebegini kerasnya.
kesimpulan
Tiguan jelas pemenangnya disini, apalagi di tambah harga yg 100jt lebih murah, membuatnya makin terasa value for money
maaf bila ada kata2 yg salah.. mohon dimaklumi short tes drive ala kadarnya ini
