how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Jaman era2 mobil injeksi thn 90an saya msh inget betul, sewaktu akan start engine kita di himbau utk kalibrasi dulu. Jd kunci kita putar on, lalu menunggu indikator cek engine dari menyala sampai mati, baru kunci kita putar ke start.
Selain dari lampu cek engine, biasanya disuruh menunggu sekitar 5 detikan baru start engine.
Nah kalo untuk mobil2 jaman skr gimana ya?
Apakah bagus lgs start engine tnp menunggu kalibrasi dulu?
Skr saya pake outlander sport keyless.
Kalo pake keyless tombol start stop engine: tekan tombol start (tnp injek rem) 2x (dng jeda tekan tombol skitar 1-2 detikan) sampai muncul lampu2 indikator, lalu tunggu 5 detikan, lalu injek rem dan tekan tombol start lg dan mesin menyala.
Selain dari lampu cek engine, biasanya disuruh menunggu sekitar 5 detikan baru start engine.
Nah kalo untuk mobil2 jaman skr gimana ya?
Apakah bagus lgs start engine tnp menunggu kalibrasi dulu?
Skr saya pake outlander sport keyless.
Kalo pake keyless tombol start stop engine: tekan tombol start (tnp injek rem) 2x (dng jeda tekan tombol skitar 1-2 detikan) sampai muncul lampu2 indikator, lalu tunggu 5 detikan, lalu injek rem dan tekan tombol start lg dan mesin menyala.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Sampe sekarang saya juga selalu nunggu lampu check engine mati
*Kecuali nyetir avanza...puter kontak...cengengengek...grengg...jalan deh
*Kecuali nyetir avanza...puter kontak...cengengengek...grengg...jalan deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Seinget saya ini terlihat bedanya di manual book Kisul, terdapat perbedaan prosedur utk yg karbu & EFI
Utk yg karbu, jika mesin dingin disuruh kocok pedal gas dl bbrp kali baru start
Utk yg EFI langsung start aja
Utk yg karbu, jika mesin dingin disuruh kocok pedal gas dl bbrp kali baru start
Utk yg EFI langsung start aja
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Masuk mobil, injak pedal rem, pencet tombol start/stop untuk nyalakan mesin. Nggak pernah perhatikan check engine.
Apakah ini cara yang benar? Entahlah, mobil juga baru umur setahun, blm keliatan efeknya (kalo ada).
Apakah ini cara yang benar? Entahlah, mobil juga baru umur setahun, blm keliatan efeknya (kalo ada).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
oo itu kalibrasi ya namanya,, kirain nunggu fuelpump mompa bensin dulu sampe siap disembur..,
biasanya start mobil langsung puter kontak dibanding sama nunggu dulu sebentar lebih cepetan dikit kalo nunggu dulu sih.,
biasanya start mobil langsung puter kontak dibanding sama nunggu dulu sebentar lebih cepetan dikit kalo nunggu dulu sih.,

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Masih sama kalo saya.
Nunggu yang memang kudunya lampu mati sampe ilang baru start engine.
Nunggu yang memang kudunya lampu mati sampe ilang baru start engine.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Kalau saya mobil lama tunggu sampe lampu check engine mati baru start.
Kalau mobil baru, kontak on, tunggu 3-4 detik terus start.
Yang ajib carry, harus kocok gas, start, kalau fail kocok lagi start, kalau masih fail kocok lagi, biasanya di ulang 2-3 kali baru mau nyala
Kalau mobil baru, kontak on, tunggu 3-4 detik terus start.
Yang ajib carry, harus kocok gas, start, kalau fail kocok lagi start, kalau masih fail kocok lagi, biasanya di ulang 2-3 kali baru mau nyala

'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Ini yang menarik, blom ada ya yang ngetes efek jangka panjang kebiasaan start gini ? Atau simpelnya liat kalibrasi OBD nya lewat apps HP... barangkali klo main di start aja ada failure yang ke-detect...
Since mobil sekarang hampir pake tombol semua, pada gak mikir mau di kontak on dulu biasanya (termasuk saya), masuk mobil injek rem pencet tombol start stop...
Saya sih inget berenti di kontak on dulu klo pake mobil yang pake kunci... klo pake mobil keyless main pencet langsung ignition start...
lha piye.. ribet... tombol start stop menurut saya itu inovasi yang kurang berguna... buat keren-kerenan aja. Mercedes baru juga masih muter kontak
Since mobil sekarang hampir pake tombol semua, pada gak mikir mau di kontak on dulu biasanya (termasuk saya), masuk mobil injek rem pencet tombol start stop...
Saya sih inget berenti di kontak on dulu klo pake mobil yang pake kunci... klo pake mobil keyless main pencet langsung ignition start...
lha piye.. ribet... tombol start stop menurut saya itu inovasi yang kurang berguna... buat keren-kerenan aja. Mercedes baru juga masih muter kontak

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Kalo dulu pas pake diesel konvensional selalu wajib nunggu glow plug agak lama sebelum start (sambil nahan kunci di posisi G), apalagi pagi hari. Sekarang pas pake mesin bensin, ya selalu kontak ON, tunggu lampu lampu pada mati baru start. Mungkin karena kebiasaan. Hehe.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
saya kalo langsung start kadang suka fail yah.. 3-4 kali dinamo muter baru nyala itu mesin, tapi kalo nunggu bunyi fuel pump langsung greng..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
sama nih, ane bantu rawat Trooper diesel '86 4x4 punya mertua. Katanya kalo mau dinyalain, kunci kontak ke on tahan dulu sampe lampu koil yg warna kuning mati, baru distartclassicrock wrote: Thu Feb 01, 2018 22:47 Kalo dulu pas pake diesel konvensional selalu wajib nunggu glow plug agak lama sebelum start (sambil nahan kunci di posisi G), apalagi pagi hari. Sekarang pas pake mesin bensin, ya selalu kontak ON, tunggu lampu lampu pada mati baru start. Mungkin karena kebiasaan. Hehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
selama ini selalu kontak greng....gak pernah nunggu EC mati 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Di mobil ane yg skrg udah pake tombol sih lgsg injek rem lgsg pencet tombol.
Kalo dulu pas masih pake kunci sih emang nunggu CE light mati.
Kalo dulu pas masih pake kunci sih emang nunggu CE light mati.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
omong2 nunggu CE mati, dulu kalo ga salah baleno gen 1 saya tungguin lampu CE nya mati sebelum start...
eehh...gak mati2...emang matinya cuma kalo di start...
bajigur tenan...
eehh...gak mati2...emang matinya cuma kalo di start...
bajigur tenan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
ransyah1234 wrote: Fri Feb 02, 2018 1:37 omong2 nunggu CE mati, dulu kalo ga salah baleno gen 1 saya tungguin lampu CE nya mati sebelum start...
eehh...gak mati2...emang matinya cuma kalo di start...
bajigur tenan...

Makanya oom, baca dulu manual booknya...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
lha perasaan itu CE matinya emang kalo mesin udh start deh. paling nunggu indikator airbag mati aja, baru start. yaris, captiva, polo sih gitu..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Mon Nov 20, 2017 3:47
- Location: semarang
- Daily Vehicle: bhb2017
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Sinia xi gen 1 (2004), puter kontak, tunggu desing fuelpump (?) berhenti bunyi, lalu crank
Lampu CE ga akan mati sebelum start dan mesin nyala
(termasuk 90an ga ya, secara teknologi sih 90an
)
=
BHB 2017
Masuk mobil, injak rem, pencet start/stop
Lampu CE ga akan mati sebelum start dan mesin nyala
(termasuk 90an ga ya, secara teknologi sih 90an

=
BHB 2017
Masuk mobil, injak rem, pencet start/stop
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Kalo saya mau mobil yg start stop button ato masih pake kunci lgsg aja nyalain ga pake nunggu,crv saya 5 taun aman2 aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Kalo saya sih langsung start aja, lampu lampunya baru mati kalo di start enjin 

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Mar 05, 2014 9:15
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Tunggu 2 sampe 3 detik baru start. Kalau mau nunggu CE mati ya gabakal jalan dong CE mobil saya mati kalau mesin distart 

Happy snowman in summer..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
- Location: Jakarta utara
- Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
mau nyalain mesin aja ribet amat hahahhaha
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Feb 23, 2016 8:13
- Location: Banjarmasin
- Daily Vehicle: Evalia HWS 2014
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
kalo saya Di Brio nunggu bunyi tiit tiit tiit indikator seatbelt mati dulu baru start 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
Ya maklum udik...mobil sebelumnya ga ada lampu2 gituannya1704MX wrote: Fri Feb 02, 2018 1:45 lha perasaan itu CE matinya emang kalo mesin udh start deh. paling nunggu indikator airbag mati aja, baru start. yaris, captiva, polo sih gitu..
Hahaha...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
waktu ujian praktek SIM kata pak pol nya kalau mau start harus nunggu lampu2 indikator mati dulu kalau nggak ECU gampang kena
sampe sekarang jadi tabiat padahal sebelum itu langsung clek gur saja
sampe sekarang jadi tabiat padahal sebelum itu langsung clek gur saja
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Fri Jul 07, 2017 6:01
Re: how to start engine, mobil injeksi jaman now vs jaman 90an?
tergantung situasi om,
kalo lagi santai nungguin lampu airbag mati, kalo lagi keburu buru ya langsung tancap
kalo lagi santai nungguin lampu airbag mati, kalo lagi keburu buru ya langsung tancap
