Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Kuroboy »

ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Iya om, khusus ANTB aja gratis oli dan filter nya, tpi utk part lain saya blm tau sementara ANTrax cuma gratis servis aja. Bisa jd sih om tapi kalo saya liat2 lagi, part2 fast moving nya rata2 normal sih, kisaran 200-500 ribu per parts. Nahh kaya barang slow moving macem shock breaker ini yg harganya ngelus dompet :mky_05: betul, satu platform, satu pabrikan tapi yg satu fiturnya lebih wah dan murah. Apa skemanya ini yg ditiru si Guling dari CungKwo?
:frm_snipper: :snipersmile:
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by andrijet »

Kuroboy wrote: Fri May 11, 2018 1:07
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Iya om, khusus ANTB aja gratis oli dan filter nya, tpi utk part lain saya blm tau sementara ANTrax cuma gratis servis aja. Bisa jd sih om tapi kalo saya liat2 lagi, part2 fast moving nya rata2 normal sih, kisaran 200-500 ribu per parts. Nahh kaya barang slow moving macem shock breaker ini yg harganya ngelus dompet :mky_05: betul, satu platform, satu pabrikan tapi yg satu fiturnya lebih wah dan murah. Apa skemanya ini yg ditiru si Guling dari CungKwo?
Trax olinya mahal, sekali ganti 1,1jt.
Tp per 10.000 km ya, bukan per 2.000-3.000km.
:mky_03:
Malah di indikator jalan 4.000km masih 70% oil lifenya.
Kl ngikutin ini bisa jalan 12.000km masih sisa 10% di indikator.

Emang aneh seh Chevrolet.
Harga mobilnya kompetitif abis tp fitur tetep berlimpah dan BQ memuaskan.
Sesama barang dr Korea, KIA dan Hyundai harganya mahal bgt.
Sunatan fiturnya bahkan lebih kejam dr Jonfis!
Liat itu Picanto sama Rio.
Rio 260jt fiturnya (jauh) lebih miskin dr Jazz apalagi Yaris.
:big_dunno:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by evanbngdor »

Menurut ane sih si wuling ini pricing strategy nya oke. Langkahnya udah tepat.

Langkah 1: Penetrasi harga
Langkah 2: Pull Marketing
Langkah 3: Consumer Behavior Strategy

Cuma memang skg baru tahap 1 sih si wuling ini
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 747
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Asfur »

ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by ChZ »

Asfur wrote:
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
Hoo full coverage yah...

Tp stau sya memang di luar produk GM ga mahal sih... Apa di subsidi ama GM AsPac... Ya ga ngerti juga. Kadang mereka kan main gitu.

GM globally stau saya bukan merek yang stabil... tp saya bukan orang ekonomi jd di luar expertise saya untuk komentar.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by andrijet »

Asfur wrote: Fri May 11, 2018 2:15
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
Beda mobil, beda taun penjualan, beda kebijakan sepertinya.
Trax LTZ 2017 saya, 3taun/60.000km gratis jasa servis sahaja, sparepart bayar dhewe.
Servis interval per 6bln/10.000km.
Kena free jasa servis 7x termasuk di 1.000km yang cuma cek kendaraan doank tanpa penggantian oli dan sparepart apapun.
adnanrio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 01, 2017 18:21

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by adnanrio »

Asfur wrote:
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
Tahun lalu saya ambil captiva juga bingung. Kenapa ini mobil ini paling murah di kelasnya. Saya juga ada t32. Dua-duanya masih garansi. Setelah saya pelajari ternyata cepi lebih mahal service dan suku cadangnya daripada batu makam. Menyesal sih tidak tapi dinikmatin saja. Pelayanan beres sih lebih bagus batu makam.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by liemivan86 »


andrijet wrote: Beda mobil, beda taun penjualan, beda kebijakan sepertinya.
Trax LTZ 2017 saya, 3taun/60.000km gratis jasa servis sahaja, sparepart bayar dhewe.
Servis interval per 6bln/10.000km.
Kena free jasa servis 7x termasuk di 1.000km yang cuma cek kendaraan doank tanpa penggantian oli dan sparepart apapun.
Trax memang gratis jasa koq, tidak termasuk sparepart. Kemarin sempat tanya di pameran di mall, malah info dari sales nya, hanya 50 rb saja yang gratis, bukan 60 rb.

Tapi memang nda jadi beli sih, diskon nya di Surabaya menyedihkan...
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Kuroboy »

andrijet wrote: Fri May 11, 2018 1:25
Kuroboy wrote: Fri May 11, 2018 1:07
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37

Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Iya om, khusus ANTB aja gratis oli dan filter nya, tpi utk part lain saya blm tau sementara ANTrax cuma gratis servis aja. Bisa jd sih om tapi kalo saya liat2 lagi, part2 fast moving nya rata2 normal sih, kisaran 200-500 ribu per parts. Nahh kaya barang slow moving macem shock breaker ini yg harganya ngelus dompet :mky_05: betul, satu platform, satu pabrikan tapi yg satu fiturnya lebih wah dan murah. Apa skemanya ini yg ditiru si Guling dari CungKwo?
Trax olinya mahal, sekali ganti 1,1jt.
Tp per 10.000 km ya, bukan per 2.000-3.000km.
:mky_03:
Malah di indikator jalan 4.000km masih 70% oil lifenya.
Kl ngikutin ini bisa jalan 12.000km masih sisa 10% di indikator.

Emang aneh seh Chevrolet.
Harga mobilnya kompetitif abis tp fitur tetep berlimpah dan BQ memuaskan.
Sesama barang dr Korea, KIA dan Hyundai harganya mahal bgt.
Sunatan fiturnya bahkan lebih kejam dr Jonfis!
Liat itu Picanto sama Rio.
Rio 260jt fiturnya (jauh) lebih miskin dr Jazz apalagi Yaris.
:big_dunno:
Saya malah nanti mau ganti pas Km 4500an meskipun masih bisa dipake lebih lama lagi. Tapi kasian sama mesin ayam ekotekkotek nya :big_biglaugh: paling kentara itu HyunDey Santi Peh sih. Harga segitu sunatan fiturnya ga main2. Padahal.menurut saya, biarin harganya 800 juta tapi fitur kenyamanan dan keamanannya tetep lengkap. Sekarang beli.harga 575 juta tapi kayak gitu masi rada nyesek biarpun BQ dan performa gausah ditanya, PASTI BAGUS
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Kuroboy »

Asfur wrote: Fri May 11, 2018 2:15
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37
Kuroboy wrote: Thu May 10, 2018 16:53
Kalo Chevy kenapa ya om kira2? Liat kasus ANTB dan ANTrax dengan fitur bejibun harga murah plus gratis servis 3 taun. Margin profitnya darimana ya kira2? Secara kualitasnya pun ga asal2an mobil harga "murah" :big_grin:
Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
Sok blakangnya Captiva itu emang canggih kayak Mercy BiEm punya tapi harganya juga kelewat canggih. Sok nya Chevy rata2 2-5 jutaan. Captiva aja yg beda sendiri karena ada fitur adaptive levelling nya. So far pelayanan masa garansi nya baik. Kalo klaim apa aja diterima, ga tele2 dikasi edukasi ga penting
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Kuroboy »

ChZ wrote: Fri May 11, 2018 2:46
Asfur wrote:
ChZ wrote: Thu May 10, 2018 18:37

Jujur GM Indo ini dari dulu selalu keliatan paling membingungkan. Gratis servis 3 taun apakah include parts ? Ongkos servis setelah 3 tahun gimana ? Karena kalo harga mobil murah, servis gratis, besar kemungkinan ambil untungnya dari part atau servis setelah 3 tahun... As we know service division itu money machine nya dealer, bukan jualan mobilnya.

ANTB malah lebih murah 40 juta-an dari saudaranya sendiri, Isuzu MU-X... pdhl sama-sama impor Thailand.

Kalau di BMW / Mercedes jelas iya, tapi semuanya masuk ke harga jual. Which berarti sebisa mungkin mereka justru berharap sedikit part yang diganti selama masa pemakaian tertentu.
Kalo ini ane dpt info full coverage om chz, temen ane beli captiva taon 2013 punya kalo ngk salah, selama garansi 3 taon itu udah pake garansi part berkisar 60 jt, diganti total, abis masa garansi abis, buru2 dijual mobilnya krn takut ngk kuat empanin partnya stlh garansi abis [emo-yesno] . Shock belakang captiva sepasang kalo ngk salah bisa 12 juta krn katanya adaptive leveling diisi beban berat ngk doyot, kalo shock depan malah cuman 2 jutaan (yah pokoknya jauh lah ama blkgnya)
Hoo full coverage yah...

Tp stau sya memang di luar produk GM ga mahal sih... Apa di subsidi ama GM AsPac... Ya ga ngerti juga. Kadang mereka kan main gitu.

GM globally stau saya bukan merek yang stabil... tp saya bukan orang ekonomi jd di luar expertise saya untuk komentar.
Mungkin karena GM itu udah besar unit bisnisnya jadi sekarang dia main subsidi utk produk2 Chevy nya, sementara utk Jeep, GMC, Chrysler, Cadillac sama Hummer ga ada jatah subsidi sama sekali berhubung (setau saya) mereka itu brand2 mewahnya GM. Ga gitu apal sama konglomerasi GM saking uda gede dan ngerasuk kemana2 kayak korporat CungKwo yg banyak akuisisi perusahaan otomotif gede kaya Audi, Lotus bahkan terakhir denger2 Mercy juga kena akuisisi antara sama Wuling ato Dongfeng
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by ChZ »

Kuroboy wrote: Fri May 11, 2018 14:06
Mungkin karena GM itu udah besar unit bisnisnya jadi sekarang dia main subsidi utk produk2 Chevy nya, sementara utk Jeep, GMC, Chrysler, Cadillac sama Hummer ga ada jatah subsidi sama sekali berhubung (setau saya) mereka itu brand2 mewahnya GM. Ga gitu apal sama konglomerasi GM saking uda gede dan ngerasuk kemana2 kayak korporat CungKwo yg banyak akuisisi perusahaan otomotif gede kaya Audi, Lotus bahkan terakhir denger2 Mercy juga kena akuisisi antara sama Wuling ato Dongfeng
Chrysler itu group sendiri oom... FCA (Fiat-Chrysler Automobile). Jualan Jeep dan Dodge juga. Klo di Indonesia ATPMnya under Garansindo.

Hummer udah dijual pasca krisis 2009. Sekarang brand under GM itu : Chevrolet, GM Daewoo (Korea), Holden (Australia), Cadillac, GMC.

Audi masih setia dipegang VW Group. Lotus lupa dipegang siapa.

Klo kayak DongFeng mereka memang punya semacem kontrak dengan pabrikan Jepang makanya ada Dongfeng-Honda, Dongfeng-Nissan, etc... Wuling itu masih subsidiary dari GM hasil joint venture SAIC-GM-Wuling.

Mercedes sih grup besar rasanya mustahil dibeli ama pabrikan Cina, mungkin sebagian kecil sahamnya punya Cina ya bisa jadi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
salz23
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Dec 14, 2016 14:40

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by salz23 »

Mercedez saham nya sebagian kecil udh dibeli bos nya geely om

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... am-daimler
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?

Post by Joehard30 »

Daimler ini unik, dulu saham mayoritasnya dipegang syah Iran, ini orang yg minta daimler bikin g-wagon untuk kendaraan perangnya. Sekarang hmpir 10% dikuasai bos geely.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang