[Mohon Saran] E36 323

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

[Mohon Saran] E36 323

Post by atmadeva »

Salam kenal rekan-rekan ...

Saya pengen angkut E36 323 untuk hobi/mainan. Alasannya karena cc besar (2500), 6 silinder, RWD, dan saya mau cari yang manual. Mohon saran apa yang harus diperhatikan bila ingin meminang dia? Berapa harga normal untuk kondisi yang wajar mobil ini? Apa penyakit yang sering muncul dan perlu diwaspadai di mobil ini?

Saya belum pernah pegang mobil Eropa sebelumnya. Saat ini cuma pegang T dan H saja. Tapi sudah konfirm ke beberapa kawan, ada beberapa toko sparepart dan bengkel spesialis BMW di kota saya tinggal.

Terima kasih dan selamat menikmati liburan!
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by octafiantos »

Sebetulnya semua mobil standar pengecekannya sama. Yang rada spesifik, 323i untuk standar pada masa itu sensornya lebih banyak dari mobil lain. Jadi penyekitnya lebih banyak dari mobil yang sensornya lebih sedikit.

323i yang berharga kalo dari kacamata saya yang sederhana: standar dar dar dar. Baik standar dari sananya tanpa embel embel, maupun yang dari lahir sudah limited edition dengan wooden panel dan bawa bodykit ///M Technic. Jok standar kalo kain ya masih utuh kain, kalo kulit ya biarin begitu tanpa diretrim, tape standar, cd changer, kunci lengkap 4 biji. Itu saja lebih dari cukup untuk memulai E36 yang layak dipiara.

Sebaiknya ambil yang grillnya sudah jendol, orang sebutnya facelift. Udah dilengkapi ASC.
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by newrubble »

kalo u hobby ya ambil sj merem anggap sj smua sdh totaled kan mau strip off in all to bare metal
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by efact »

nambahin aja cek karat utamanya di dek sama engine room sebelah kiri bawah.. paling rawan e36 kena karat di area itu..
sisanya sama deh sama pengecekan mobil umumnya..
penyakit ya paling elektronik parts nya aja yg udh mulai uzur, sukur2 di umur yg udah masuk 20 tahun ini kalo beruntung udh pernah direplace sama pemilik sebelumnya.
harga sangat bergantung kondisi sih, bisa dibilang rada gelap.. harusnya yang seger masi diatas 70an juta, tp ya balik lagi untung-untungan barang bginian sih..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
mekitokazi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
Daily Vehicle: BMW_E36_323i

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by mekitokazi »

nambahin dari pengalaman pribadi ambil 323i tahun 96/97
Fisik:
- Cek Kolong utamanya area bawah supir, plus bawah aki (aki di bagasi) ini rawan karat/kropos, kalau bagasi luberan air aki (kalau pakai aki cair model lama), area supir rembesan kondensasi AC karena umur kadang jalur drainase ac-nya mampet, trus luber ke bawah karpet, karena karpetnya tebel jadi gak ngeh.
- karet kaca depan dan belakang, biasanya kalau sudah getas, air rembes kedalem kabin, kalau sampai netes ketauan, apesnya kalau rembes rambut gak ketahuan tapi bikin karat disekitaran kleman kaca

- Cek area mesin, utamanya part plastik seperti air duct dll
Kelistrikan:
- cek kabel di area lighting, jika ada modifan sound, pastikan instalasinya rapih.
- cek fuse box di engine bay, kalau sudah ada bekas lelehan waspada.

apalagi ya, cek onboard komputernya, sama warning di dashboard jika ada.

Saran saya cek fisik dulu kondisi diam, trus nyalain mesin sambil dengerin note enginenya, baru tes jalan, diakhiri cek kolong mesin lagi.
Jangan kek saya, keburu nafsu langsung test jalan trus maen bejek gas, keenakan trus lupa cek yang lainnya :D

Ini mobil badak kok sebenarnya, abis angkat langsung ganti packing karet mesin biar oli gak rembes + ganti oli mesin, oli gardan +
flush air radiator, dll.
oya pritilan kayak foglamp, grill, kisi2 ac itu juga perlu dicek karena harga sekennya ajaib :D

happy hunting bro!
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by newrubble »

sy jadi ingat si fitzahats (2014.08) via cctv mau brusaha ktmu sy (sy lg di HK u hariraya puasa di siddick center, oi kwan road)

dia dtg pake e36 coupe merah n kata satpam satpam di frontgate ...... mau silaturahmi tapi krn sy tdk ada di rumah n sy tdk kenal ya cuma nyangkut sampe di sono

mau ke tetangga tetangga sy (di cluster sy cuma sy yg rayakan itu) juga kena tolak

sy tdk tau type n my unit yg fitzahats bw

sorry out of topic
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by calonjenazah »

octafiantos wrote: Thu Dec 28, 2017 15:03
323i yang berharga kalo dari kacamata saya yang sederhana: standar dar dar dar. Baik standar dari sananya tanpa embel embel, maupun yang dari lahir sudah limited edition dengan wooden panel dan bawa bodykit ///M Technic. Jok standar kalo kain ya masih utuh kain, kalo kulit ya biarin begitu tanpa diretrim, tape standar, cd changer, kunci lengkap 4 biji. Itu saja lebih dari cukup untuk memulai E36 yang layak dipiara.

Sebaiknya ambil yang grillnya sudah jendol, orang sebutnya facelift. Udah dilengkapi ASC.
Jangan lupa cat harus masih original dan dikaca belakang harus masih ada stiker dari pabrik "The new BMW 323i" kalau sudah dapet kondisi begini tidak perlu diapa apakan lagi disayang saja dalam garasi/ untuk jalan jalan weekend. Tinggal rasakan berapa apresiasi harga yg akan didapat 5-10 tahun lagi, mengingat kakaknya e30 sudah mulai survive dari masa depresiasi dan bukan lagi mainan jelata.

Disini ada yg jual kondisi seperti itu trans automatic harga 40jt odo under 30k, tidak ada yg mau angkut (saya pun tidak tertarik tapi karena bukan selera saya saja subjektif).
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by octafiantos »

Wah sayang sekali kalo tidak ada yang angkut. Berarti memang menunggu orang yang punya passion. Karena kalo jatuh ke tangan seperti saya ya rusak ha ha ha.
Kavling kosong, bisa dikridit.
atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by atmadeva »

Terima kasih banyak sekali atas tanggapannya. Semoga Tuhan membalas kebaikan rekan-rekan semua.

Seperti saya sampaikan bahwa saya belum pernah pegang BMW/Eropa lainnya dan selalu diwanti-wanti bahwa BMW ini cukup rewel dibandingkan T dan H. Saya rasa wajar sih, karena teknologi juga berbeda. Semakin canggih semakin kompleks, pasti kemungkinan rusak dan butuh diganti juga semakin tinggi. Pertanyaan saya, seandainya semua masalah/trouble/cacat mobil saya perbaiki dan rawat rutin dengan baik, apa iya mobil ini akan tetap manja?

Seandainya (amit-amit) ternyata saya dapet unit sungguh-sungguh busuk, berapa kira-kira budget yang perlu disiapken untuk perbaikannya? Taruh kata saya harus:
  • pajak mati, tebus sekalian balik nama/mutasi ke kota saya
  • mesin rembes, ganti sil, paking, busi, oli mesin, dsb perbaiki sekalian tune up
  • kaki-kaki bunyi semua, bushing, tie rod, karet semua diganti
  • dek/lantai dan plafon karatan, harus tambal dan cat ulang
  • lis karet kaca dan pintu sudah getas, harus ganti
  • door trim dan jok perlu di trim ulang, plafon atap melorot
  • panel dasbor pecah dan setir mengelupas, beli copotan
  • karet ban ganti baru, sekalian spooring dan balancing
Dengan masalah sebanyak itu, kira-kira berapa biaya estimasinya? Dan semisal setelah selesai apa iya dia masih juga manja?
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3059
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by farizfsa »

Haha kalo misalkan contohnya kaya diatas, saya sih pass deh cr unit lain.

Bukan masalah estimasi, e36 diluar sana masih banuak yg bagus dan belum masuk periode mbl yang "dibangun" kaya diatas. Unless itu bmw below tahun 80an boleh deh dibangun.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by octafiantos »

Sebetulnya begini, terminologi rewel itu perlu diluruskan.
BMW itu didesain oleh control-freak, semua dipasangin sensor untuk monitor. Dan semakin tinggi trim, sensor semakin banyak. Kalo mobile error, bisa jadi ada 2: partnya memang rusak, atau sensornya fault karena umur. Dan sensor ini jumlahnya sangat banyak di 323i karena ini masuk ke trim atas.

Saya ambil beberapa aja buat contoh.
BMW itu manualnya bilang, jangan dipanasin di garasi. Start, bawa rolling pelan sampe operating temperature. Dia melakukan manipulasi udara dan bahan bakar lewat beberapa sensor: airmass untuk deteksi suhu dan volume udara yang mau dimasukkin, water temperature, dan manipulasi ecu ke injektor. Sample lagi, dia pake 2 sensor posisi crankshaft dan cam yang ga begitu lazim di mobil lain. Gunanya untuk start engine dan atur bukaan cam di putaran atas. Kalo crank sensor fault, dia gagal deteksi posisi piston mana yang mau difiring jadi ga bisa start. Kalo cam sensor fault, putaran atasnya akan bogey, mobil ga mau jalan. Jadi rewel itu udah mutlak akan datang kalo ga dirawat/dicek berkala.

Paking cyl head dan busi murah, paling 300ribu.
Oli mesin 6.5 liter dengan filter, filternya kalo merek biasa 75ribu.
Businya 6 biji, kalo Bosch standar satunya 75ribu.
Kaki kaki depan all-in diluar sok kisaran 2.5 juta merek Lemforder, mungkin sekarang naik
Sok depan 2 juta
Sok belakang 1.2 juta
Bushing kaki belakang satunya 100x4
Jok retrim dan door trim retrim: please DON'T
Repair plafon dan ganti kain kisaran 2 juta, yang biasa lepas juga klip pilar A dan C
Dasbor E36 hampir ngga ada kasus retak, kalo sampe retak, itu Rhoma Irama: keterlaluan. Pengait laci lepas dan busa laci lepas karena tua iya. Begitu juga kisi AC, kalo samp ompong itu diapain coba.

Yang bakal mahal itu kalo turun baik 1/2 maupun penuh. Gampang kok itungnya dari yang satuannya murah aja: klepnya ada 24, otomatis adjuster hidroliknya juga 24.
Kavling kosong, bisa dikridit.
atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by atmadeva »

farizfsa wrote: Sat Dec 30, 2017 17:13 Haha kalo misalkan contohnya kaya diatas, saya sih pass deh cr unit lain.

Bukan masalah estimasi, e36 diluar sana masih banuak yg bagus dan belum masuk periode mbl yang "dibangun" kaya diatas. Unless itu bmw below tahun 80an boleh deh dibangun.
Terima kasih pak. Tentu saja saya akan cari unit yang sebagus mungkin dengan harga yang reasonable. Sudah janjian dengan montir bengkel spesialis untuk bantu saya examine mobil dan check-up.

Estimasi ini hanya untuk pencadangan budget saja. Sh*t happens all the time kan? Bisa jadi saat dibeli mesin kering, 2-3 bulan kemudian rembesan muncul. Bisa saja saat test drive halus, tapi bulan berikutnya kaki-kaki teriak. Haha..
atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by atmadeva »

octafiantos wrote: Sat Dec 30, 2017 17:35 Sebetulnya begini, terminologi rewel itu perlu diluruskan.
BMW itu didesain oleh control-freak, semua dipasangin sensor untuk monitor. Dan semakin tinggi trim, sensor semakin banyak. Kalo mobile error, bisa jadi ada 2: partnya memang rusak, atau sensornya fault karena umur. Dan sensor ini jumlahnya sangat banyak di 323i karena ini masuk ke trim atas.

Saya ambil beberapa aja buat contoh.
BMW itu manualnya bilang, jangan dipanasin di garasi. Start, bawa rolling pelan sampe operating temperature. Dia melakukan manipulasi udara dan bahan bakar lewat beberapa sensor: airmass untuk deteksi suhu dan volume udara yang mau dimasukkin, water temperature, dan manipulasi ecu ke injektor. Sample lagi, dia pake 2 sensor posisi crankshaft dan cam yang ga begitu lazim di mobil lain. Gunanya untuk start engine dan atur bukaan cam di putaran atas. Kalo crank sensor fault, dia gagal deteksi posisi piston mana yang mau difiring jadi ga bisa start. Kalo cam sensor fault, putaran atasnya akan bogey, mobil ga mau jalan. Jadi rewel itu udah mutlak akan datang kalo ga dirawat/dicek berkala.

Paking cyl head dan busi murah, paling 300ribu.
Oli mesin 6.5 liter dengan filter, filternya kalo merek biasa 75ribu.
Businya 6 biji, kalo Bosch standar satunya 75ribu.
Kaki kaki depan all-in diluar sok kisaran 2.5 juta merek Lemforder, mungkin sekarang naik
Sok depan 2 juta
Sok belakang 1.2 juta
Bushing kaki belakang satunya 100x4
Jok retrim dan door trim retrim: please DON'T
Repair plafon dan ganti kain kisaran 2 juta, yang biasa lepas juga klip pilar A dan C
Dasbor E36 hampir ngga ada kasus retak, kalo sampe retak, itu Rhoma Irama: keterlaluan. Pengait laci lepas dan busa laci lepas karena tua iya. Begitu juga kisi AC, kalo samp ompong itu diapain coba.

Yang bakal mahal itu kalo turun baik 1/2 maupun penuh. Gampang kok itungnya dari yang satuannya murah aja: klepnya ada 24, otomatis adjuster hidroliknya juga 24.
Terima kasih pak. Penjelasannya sangat clear bagi saya.

Mobil T dan H kebanyakan tidak pakai sensor. Kadang malah sensor parkir mundur saja dihilangkan. Ups. Maaf.

Jadi kalau ada trouble di BMW, bisa karena komponen mesinnya bermasalah, bisa juga karena sensornya yang bermasalah. Demikian ya pak?

Jadi cerita horror tentang BMW rewel itu sebenarnya karena penggunanya tidak mengikuti aturan yang disarankan pabrik ya? Misalnya mobil yang disimpan terus di garasi malah jadi sering bermasalah karena desainnya memang berbeda, seperti yang anda jelaskan di atas. Seandainya pemilik tahu adat istiadat mobilnya, maka masalah-masalah itu harusnya tidak sampai terjadi ya.

Ooh iya, satu lagi. Apakah ada rekomendasi buku/majalah/situs/youtube atau sumber lain yang bisa menjadi referensi? Saya ingin belajar lebih dalam tentang trim/varian ini.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by efact »

:big_chicken:
Serem om list nya hahaha..

Tp waktu saya dulu pegang e36 sih.. Utk karat sebisa mgkin hindari lah cari yg lain yg belim berkarat atau udh dirapihin pemilik sebelum.. Kalo di dek mending.. Kalo di engine room kudu turun mesin buat ngerapihin karat nya.. Ga worth kalo engine nya masi sehat hahaha..

Mekanikal mesin kayaknya murah.. Kaki kaki apalagi.. Even lebi murah drpd parts nya honda atau toyota yg sekelas civic /corolla.. Ini ngomongin kw jerman nya ya.. Lain cerita kalo original emboss bmw.. Tp imho rasanya kok itu barang yg sama yah cuma beda emboss nya aja hahaha..

Oiya nambah penyakit yg umum juga di cylinder head biasanya oli ngegumpal.. Baiknya di cek dan bilas sekalian ganti seal klep..dulu punya saya ampir ngegumpal.. Blom parah sih.. Juga nambahin jgn beli yg mesinnya ngeletekan pas idle.. Kaya om octafiantos bilang 24 hla ya lumayan juga hahaha..

Plafon kalo dah turun mending skalian diretrim pake plafonnya m3 yg warna item :big_love:

Trus knalpot kropos.. Tp harusnya tahun sgini paling ga udh pernah kejadian dan udh dtangani pemilik sebelumnya.. Entah..
Kalo elektrikal ga trlalu ngeh 323, tp contoh aj dulu 320 yg lebi basic pernah kena di... Err.. Apa yah namanya.. Lupa.. Modul power window lah inti nya.. Dia konek juga sama door lock.. Kalo ngaco antara kaca ga bisa dibuka atau malah kebuka sendiri seenak nya hahaha.. Tp copotannya skr banyak.. Harganya kisaran 1sd2 jtaan trgantung yg jual..

Trus apalagi ya...dulu starter pernah kena.. Pwer steering pump pernah.. Water pump pernah.. Wktu itu skalian bypass heater ngerjainnya jd nya..modul abs juga pernah.. Tp serious.. Benerin itu semua ga mahal sih.. Cuman ya kalo kaya gtu siap waktu sama mental aja buat benerinnya..

Then.. Kalo penyakit2 tadi udh rapi semua.. Mobil ini badak kok.. Seingat saya 8 tahunan sampe wktu kejual stelah perbaikan ini itu mobilnya cuma gelinding aja ganti oli sama filter doang hahaha...sama aki ding..
Dan nikmat pastinya.. :big_smoking:

Happy hunting om.. Good luck.. Sukur2 dpt mobil bekas yg udh bener2 tinggal pake krn pemilik sebelomnya bosen bukan yg dijual krn bekas mobil :mrgreen:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by calonjenazah »

Kalau memang sudah cinta ambil lah tanpa fikir, semua list diatas pasti saya yakin akan dengan senang hati diterima/diperbaiki meski berkorban setengah mati, kan namanya juga sudah cinta, kalau sudah merasa terlalu banyak berkorban artinya sudah mulai tidak cinta haha. masih banyak kok e36 dengan mint condition disini teliti saja carinya.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by octafiantos »

Manual book banyak kalo mau aduk aduk internet. Dalam bentuk pdf. Ini lazim kok buat motuba eropa, lengkap. Orang bisa bongkar mesin atau elektrikal pake panduan manual book.

Kalo mau liat part lengkap per bagian, bisa ke situs bmwfans.info
Kavling kosong, bisa dikridit.
atmadeva
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:50

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by atmadeva »

Terima kasih dan selamat tahun baru bagi rekan-rekan semua. Semoga tahun ini akan menjadi lebih baik lagi daripada sebelum-sebelumnya.

Kalau kembali ke bahasan semula, tampaknya interior lebih penting ya daripada eksterior?

Masalahnya adalah sepanjang saya temui lebih banyak E36 yang interiornya berantakan. Minimal kisi-kisi AC dan laci sudah dol, let alone senter emergency. Kemudian juga masalah tombol/switch yang mati (biasanya sensor dan power window). Dan mostly interior yang saya lihat rata-rata sudah hasil modifan semua. Jarang yang benar-benar bersih. Minimal sudah robek atau sudah kena trim ulang.

Memangnya mengapa bila jok sudah retrim dan door trim sudah retrim juga? Apa kekurangannya? Apakah interior harus full orisinal karena tidak ada yang jual/mahal? Karena sekali lagi banyak yang saya temui sudah rusak/robek dan bahkan trim ulang. Tak sedikit yang pemilik sebelumnya cukup jorok.

Kalau dari sisi mesin, malah saya kepikiran untuk ngoprek sekalian (stroke up, dsb).
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by calonjenazah »

nah kalau sudah aliran stroke up mesin berarti originalitas sudah tidak perlu difikirkan, minimal ambil yg dashboard masih rapi dan panel utuh, masalah jok retrim atau rusak tinggal buang belikan saja recaro classic atau jok racing sejenis, doortrim tinggal lapis alcantara hitam, kan mau high speed.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by octafiantos »

Laci memang biasa pengaitnya rusak atau busa lepas. Ini bisa beli pengaitnya di ebay dan busanya dilem ulang. Senter di ebay banyak yang jual dalam kondisi hidup. Kisi AC di junkyard juga banyak. Bukan masalah ada atau enggaknya, pertanyaannya, itu makenya diapain sampe kisi AC ompong [emoji3]. Saya piara E30/36, ngga ada yang kisinya ompong. E30/E36 saya dulu jangan dibayangin bagus, kelas average joe. Kalo ukuran orang berada apalagi standar otomotifnya kaya Om NR sebutnya bekas BMW.

Sama dengan jok. Jok kain E36 itu elastis, bukan model wool seperti E30 yang bakal sobek kalo dipake daily dari dulu sampe sekarang. Buluk iya apalagi warnanya abu abu. Kulit juga kalo ngga dirawat pecah pecah, tapi mestinya kalo dipake biasa ga sobek. Buluk pudar pecah pecah untuk yang kelas ga dirawat.

Anyway mobil mau dipake sendiri. Beda selera duit yang dipake duit sendiri [emoji3]Kalo sreg, go for it Om.
Kavling kosong, bisa dikridit.
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: [Mohon Saran] E36 323

Post by antonyaulia »

Harus orang yang sangat teliti ya, kalo bisa cari tangan pertama ya, yang apikan, saya pegang 320i tahun 1994 beberapa tahun, beli bekas, capek juga panggil montir ke rumah. mana sering dipinjam buat mobil pengantin lagi dulu di kampung. Yah akhirnya 5 tahun lalu dijual laku 38 juta di tangan makelar.