Ask : cara merawat mesin turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Ask : cara merawat mesin turbo
Hi all
Saat ini sudah mulai banyak mobil yg dari pabrikannya sudah berturbo...mulai dari mobil jepang civic,crv...eropa bmw,mercy hingga usa trax..
Untuk penggunaan sehari2 apakah ada cara2 atau ritual yg berbeda dari mesin n/a biasa, agar mesin turbo ini bisa awet ?
Thanks..
Saat ini sudah mulai banyak mobil yg dari pabrikannya sudah berturbo...mulai dari mobil jepang civic,crv...eropa bmw,mercy hingga usa trax..
Untuk penggunaan sehari2 apakah ada cara2 atau ritual yg berbeda dari mesin n/a biasa, agar mesin turbo ini bisa awet ?
Thanks..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Paling utama sepertinya pake oli bagus deh
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
+1liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah
jangan lupa pakai oli bagus
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Oli yang bagus itu wajib untuk turbo.. Semi mineral it's ok tapi rajin ganti ya..
Untuk turbo mau diesel ataupun petrol ada ritual untuk setidaknya tidak langsung cut off power setelah digunakan perjalanan jauh atau dalam load tinggi.. Setidaknya 1 menit agar turbo mendapat oli yang lebih dingin dari mesin agar pendinginan maksimal..
Untuk turbo mau diesel ataupun petrol ada ritual untuk setidaknya tidak langsung cut off power setelah digunakan perjalanan jauh atau dalam load tinggi.. Setidaknya 1 menit agar turbo mendapat oli yang lebih dingin dari mesin agar pendinginan maksimal..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Ok berarti setelah stasioner mesin didiamkan dulu 1-2 menit baru di off
Kalau waktu baru nyala, apakah harus tunggu temperatur optimal, baru boleh turbo nya aktif ?
Kalau untuk oli saya biasa pake rekomendasi beres
Kalau waktu baru nyala, apakah harus tunggu temperatur optimal, baru boleh turbo nya aktif ?
Kalau untuk oli saya biasa pake rekomendasi beres
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Yup. Sebenarnya seperti di pajero sport exceed lama, turbo baru bekerja max di 2000 rpm, sedangkan kalo saya sih, dari jalan raya ke rumah, sekitar 10-15 menit tapi tidak bisa jalan kenceng, tidak bisa mencapai 2000 rpm, jadi ya tidak terlalu perlu cool down sih.greyrevolver wrote:Ok berarti setelah stasioner mesin didiamkan dulu 1-2 menit baru di off
Kalau waktu baru nyala, apakah harus tunggu temperatur optimal, baru boleh turbo nya aktif ?
Kalau untuk oli saya biasa pake rekomendasi beres
Jadi misal kita baru jalan di tol, lalu berhenti di tempat istirahat di tol, itu turbo perlu cool down agak lama.
Kalo saya sih, paling gampang, pasang turbo timer. Perlu atau tidak, pokoknya lebih tenang pikiran.
Soal start, saya begitu start, tunggu rpm stabil, langsung bejek. Tidak perlu pemanasan.. Kembali lagi, yang penting oli bagus.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
silahkan baca manual book dengan seksama, sudah dijelaskan dari A sampai Z disitu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Kalo mager buat nunggu bisa pake turbo timer, nanti mesin nya mati sendiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Untuk pemakaian turbo timer ini apakah akan menghanguskan garansi ?rajapb wrote:Kalo mager buat nunggu bisa pake turbo timer, nanti mesin nya mati sendiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Hehee...sudah baca2 manual booknya Om, pake yg versi online nya juga ..tapi memang gak ketemu yg membahas mengenai turbo ini, atau saya yg gak telitimarmut wrote:silahkan baca manual book dengan seksama, sudah dijelaskan dari A sampai Z disitu.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Sprtinya yg paling susah dijaga pemakaian bbm ya.
Byk user yg blm paham mesib turbo (diisiin premium), kadang kalo lg di spbu suka nemu cibo yg dicekokin sikuning miris.
Byk user yg blm paham mesib turbo (diisiin premium), kadang kalo lg di spbu suka nemu cibo yg dicekokin sikuning miris.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
ini Turbo bensin atau Diesel ?
keduanya ya setir santai 5 menit sebelum parkir
oli full synth sgt direkomen
Utk Gasoline = minimum RON 92 (rekomen 95 - 98)
mau lebih sip pasang EGT meter
keduanya ya setir santai 5 menit sebelum parkir
oli full synth sgt direkomen
Utk Gasoline = minimum RON 92 (rekomen 95 - 98)
mau lebih sip pasang EGT meter
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
ini yang utama,

setelah itu mohon ini juga diperhatikakan,

dan juga pemilihan oli yang tepat sesuai dengan apa yang diminta oleh mesin kendaraan.
setiap manual book harusnya ada keterangan-keterangan atau panduan lengkap. kalau di manual book tidak ada atau tidak lengkap, artinya silahkan anda pakai saja mobil sesuka hati dan siap-siap beli yang baru di tahun berikutnya.

setelah itu mohon ini juga diperhatikakan,

dan juga pemilihan oli yang tepat sesuai dengan apa yang diminta oleh mesin kendaraan.
setiap manual book harusnya ada keterangan-keterangan atau panduan lengkap. kalau di manual book tidak ada atau tidak lengkap, artinya silahkan anda pakai saja mobil sesuka hati dan siap-siap beli yang baru di tahun berikutnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Yang penting bensin oktan 95-98, sesuai rekomendasi pabrikan
Sampai sekarang saya belum pernah berani pakai bensin oktan 92, takut nanti ada apa2
Toh mobil saya yang sekarang tetap jauh lebih irit dari mobil n/a saya dulu (mesin cuma beda 100cc)
Padahal mobil saya yang dulu pakai oktan 92
Sisanya ga ada perawatan yg spesial, ganti oli dll aja
Mudah2an awet terus
Sampai sekarang saya belum pernah berani pakai bensin oktan 92, takut nanti ada apa2
Toh mobil saya yang sekarang tetap jauh lebih irit dari mobil n/a saya dulu (mesin cuma beda 100cc)
Padahal mobil saya yang dulu pakai oktan 92
Sisanya ga ada perawatan yg spesial, ganti oli dll aja
Mudah2an awet terus
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 437
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Selama ini ritual standard aja sih matikan mesin 1 menit setelah berhenti.
Oli pakai nya yang 5-40 full sintètis tapi karena sering jalan pendek pendek, macet dan debu, saya ganti oli setiap 5000 km.
Sekarang udah 30 ribu km. Belum ada masalah sih turbo dan mesin nya.
Oli pakai nya yang 5-40 full sintètis tapi karena sering jalan pendek pendek, macet dan debu, saya ganti oli setiap 5000 km.
Sekarang udah 30 ribu km. Belum ada masalah sih turbo dan mesin nya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Saya menggunakan turbo diesel Om Turbo, kalau sudah jalan santai sebelum parkir apakah berarti tetap harus tunggu 1-2 menit sebelum mematikan mesin ?Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 4:54 ini Turbo bensin atau Diesel ?
keduanya ya setir santai 5 menit sebelum parkir
oli full synth sgt direkomen
Utk Gasoline = minimum RON 92 (rekomen 95 - 98)
mau lebih sip pasang EGT meter
Thanks Om infonya...di manual yg punya saya tadi tidak ada info seperti itu, hehehe...tapi gak akan saya gunakan mobil sesuka hati, tanya2 ke rekan2 disini...gak kuat beli mobil tiap tahunmarmut wrote: Tue Dec 05, 2017 4:58 ini yang utama,
setelah itu mohon ini juga diperhatikakan,
dan juga pemilihan oli yang tepat sesuai dengan apa yang diminta oleh mesin kendaraan.
setiap manual book harusnya ada keterangan-keterangan atau panduan lengkap. kalau di manual book tidak ada atau tidak lengkap, artinya silahkan anda pakai saja mobil sesuka hati dan siap-siap beli yang baru di tahun berikutnya.

Noted Om, selama ini memang menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan..Tats wrote: Tue Dec 05, 2017 6:37 Yang penting bensin oktan 95-98, sesuai rekomendasi pabrikan
Sampai sekarang saya belum pernah berani pakai bensin oktan 92, takut nanti ada apa2
Toh mobil saya yang sekarang tetap jauh lebih irit dari mobil n/a saya dulu (mesin cuma beda 100cc)
Padahal mobil saya yang dulu pakai oktan 92
Sisanya ga ada perawatan yg spesial, ganti oli dll aja
Mudah2an awet terus
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin
jalan santai 5 menit sebelum parkir
saat patkir matiin mesin aja lgs
yg penting oli minimal semi synthetic
saya mah heran orang2 masi byk yg mau sumbang duit ke seller Turbo timer
Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
jalan santai 5 menit sebelum parkir
saat patkir matiin mesin aja lgs
yg penting oli minimal semi synthetic
saya mah heran orang2 masi byk yg mau sumbang duit ke seller Turbo timer
Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
buang waktu ajah nunggu 1 - 2 menitiwing wrote: Tue Dec 05, 2017 2:15+1liemivan86 wrote: Tue Dec 05, 2017 2:07 Setau saya sih tidak perlu perawatan khusus ya.. Paling pakai oli lebih encer atau khusus mesin turbo, lalu Biasa kan tidak langsung matikan mesin begitu sampai, terutama setelah turbo kerja keras, agar turbo ada waktu untuk cool down..
meskipun banyak yang mengatakan klo mesin ber turbo gak masalah kalo langsung matikan mesin setelah 'kerja keras', tapi buat saya 'ritual' tidak langsung mematikan mesin itu perlu ketika berhenti. paling gak 1-2 menit lah
jangan lupa pakai oli bagus

matiin langsung ajah gpp, asal sebelum matiin jangan di blayer2 ajah mesin nya

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3055
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
selama pake pake C200 CGI dulu, 2 tahun km nambah 60rb, cuma ganti oli sesuai pabrikan, filter2 dan isi bensin pertamax biru,
geber2 santai2, ga ada ritual mau matiin mbl diemin dulu semenit dua menit, nyalain mbl, semenit kemudian lgs jalan, sehat2 aja. ga ada turbo leak or whatsoever.
ada juga sih yg makenya santai2 aja tp ttp aja turbo nya putuan
geber2 santai2, ga ada ritual mau matiin mbl diemin dulu semenit dua menit, nyalain mbl, semenit kemudian lgs jalan, sehat2 aja. ga ada turbo leak or whatsoever.
ada juga sih yg makenya santai2 aja tp ttp aja turbo nya putuan

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..
Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus..
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Truk en Bus kan kebanyakan masi pompa mekanikal PE inlineKielConstantine wrote:Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..
Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. [emoji42] [emoji99]
walau ada sebagian yg udah CRD
sebagian lagi sistem EUI, pake ECU juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Beda om. Volvo 520 hp saya displacement nya 12rb cc lebih. Berarti 1000 cc hanya dapat 43,33 hp. Sedangkan Santa Fe (yang harus dex), 2.200 cc bisa dapat 198 hp. Jadi per 1000 cc bisa dapat 87.3 hp. Otomatis dengan hasil tenaga yang semakin besar dibanding isi silinder nya, tekanan injeksi solar, rpm, dll, disesuaikan, dan akhirnya kebutuhan bahan bakar berkualitas juga harus menyesuaikan.KielConstantine wrote:Ini yang jadi pertanyaan ane jg om dari dulu..Turboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh
Truk2, bus bus. kan mesin dieselnya gede2 smua tuh CC besar lah pake turbo gede banget pula. Tapi smua pada cekokin biosolar gpp tuh..
Giliran mobil penumpang aja dikasih perjanjian minimal pertadex, klo berani ngasih biosol garansi hangus.. [emoji42] [emoji99]
Mengenai turbo di mesin truk yang tidak gampang rusak, sebenarnya banyak juga masalah turbo rusak di truk. Tapi karena truk bersifat menghasilkan uang, jadi kalo rusak ya harus diganti dan dimasukkan ke biaya operasional, sedangkan kalau mobil kecil kan kalo rusak kesan nya seperti menghabiskan uang saja.
Selain itu, Sopir2 truk juga tidak langsung matikan mesin begitu sampai tujuan. Mereka biasanya biarkan mesin idle beberapa menit, bukan dengan tujuan agar turbo awet, tapi untuk isi angin, setrum aki , dll..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Ask : cara merawat mesin turbo
Nah ini mencerahkan. Turbo diesel gak perlu nunggu 1-2 menit sebelum dimatiin dan juga gak perlu turbo timerTurboman wrote: Tue Dec 05, 2017 8:15 oalah Turbo Diesel mah gak perlu kayak Turbo bensin
jalan santai 5 menit sebelum parkir
saat patkir matiin mesin aja lgs
yg penting oli minimal semi synthetic
saya mah heran orang2 masi byk yg mau sumbang duit ke seller Turbo timer
Truk3 narik beban berat......oli single grade....ada gak tuh yg pake Turbo timer ?
padahal Turbonya truk gede2 gitu mahal loh