[ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by gilaasepeda »

adrevolution wrote: Sat Oct 21, 2017 22:14
gilaasepeda wrote: Sat Oct 21, 2017 14:27
adrevolution wrote: Sat Oct 21, 2017 13:15

Buset, baru kali ini denger mesin+transmisi skyactiv jadul :big_chicken:
Mesin nya cangih apa.nya om? Transmisi at convesional kan bkn dct ?
Mesin skyactiv direct injection kompresi tinggi + bs dicekokin pertalite rasanya barang belom lama deh om haha, baru 5 taun di indonesia & 7 taun di jepang... utk mesin 1.5 skyactiv malah baru dr 2014 worldwide... ya memang ini bukan mesin turbo, tapi ecoboost juga bukan barang baru2 amat sih, di luar udah dr 2010an kl gak salah.

Yes transmisi AT konvensional tp settingannya jauh lah ama at jadul haha, jauh bedanya ama 4AT toyota, even sama AT mazda 2 yg lama (ketiganya udah pernah nyoba). Filosofi mazda milih improve AT konvensional instead of DCT/CVT kena banget disini. Harus dicobain dulu deh. Malah kyknya kalo orang awam ga ngeh kalo matic skyactiv masih matic konvensional... DCT isn't necessarily bad though, transmisi canggih, tapi somehow DCT racikan ford gak terlalu enak (buat saya ya), enakan VAG punya :big_childish:

*bukan penboi masda*
Buat mata nobie ane ini hamya sebuah jazz i vtec yg di taro di mazda di tempel skyactive mesin na yg hanya di refine aja nothing special .... fiesta ecoboost ato polo tsi lebih value for money kalo menurut ane ....

Transmisi at nya yg di sebut konvensional cmn di rifine seting nya buat ane tetep jadul apabila di bandingkan dgn dct ..... ford dct nda cocok coba polo tsi om ...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by ChZ »

gilaasepeda wrote:
adrevolution wrote: Sat Oct 21, 2017 22:14
gilaasepeda wrote: Sat Oct 21, 2017 14:27

Mesin nya cangih apa.nya om? Transmisi at convesional kan bkn dct ?
Mesin skyactiv direct injection kompresi tinggi + bs dicekokin pertalite rasanya barang belom lama deh om haha, baru 5 taun di indonesia & 7 taun di jepang... utk mesin 1.5 skyactiv malah baru dr 2014 worldwide... ya memang ini bukan mesin turbo, tapi ecoboost juga bukan barang baru2 amat sih, di luar udah dr 2010an kl gak salah.

Yes transmisi AT konvensional tp settingannya jauh lah ama at jadul haha, jauh bedanya ama 4AT toyota, even sama AT mazda 2 yg lama (ketiganya udah pernah nyoba). Filosofi mazda milih improve AT konvensional instead of DCT/CVT kena banget disini. Harus dicobain dulu deh. Malah kyknya kalo orang awam ga ngeh kalo matic skyactiv masih matic konvensional... DCT isn't necessarily bad though, transmisi canggih, tapi somehow DCT racikan ford gak terlalu enak (buat saya ya), enakan VAG punya :big_childish:

*bukan penboi masda*
Buat mata nobie ane ini hamya sebuah jazz i vtec yg di taro di mazda di tempel skyactive mesin na yg hanya di refine aja nothing special .... fiesta ecoboost ato polo tsi lebih value for money kalo menurut ane ....

Transmisi at nya yg di sebut konvensional cmn di rifine seting nya buat ane tetep jadul apabila di bandingkan dgn dct ..... ford dct nda cocok coba polo tsi om ...
Skyactiv bukan cuma mesin dan transmisi... Tapi the whole car... Chassis dan bodi juga.

Disitu knp Mazda disebut canggih, pake pendekatan konvensional tapi di-refine sedemikian rupa. Ketika hari ini pabrikan pada nyerah terhadap mesin n.a beralih ke turbo dan at konven beralih ke dct/cvt... Mazda pendekatannya lbh sederhana tapi revolusioner...

Mazda mengedepankan jinba-ittai, dan mazda sadar kalau mobil skrg dirancang untuk semakin distant dan membosankan krn makin "canggih". Skyactiv tech adalah pengkristalan nilai2 tersebut... Gmn menciptakan mobil yang "engaging" dikemudikan dan tetap efisien. Karna dua hal tsb sebenernya adalah sama...

Kl dah coba mobil mazda baru... Bakal sadar walaupun secara resep tradisional, tapi level refinementnya sudah sangat jauh... bahkan skyactiv technology sudah ada pngembangan lebih lanjut dengan skyactiv driving dynamics / g-vectoring.

Mazda adalah pabrikan dengan ambisi yang sangat besar dan visi yang jelas... Semua mobilnya diciptakan bukan buat jd yang terbaik / terkencang, tapi paling menyenangkan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by liemivan86 »


gilaasepeda wrote:]
Buat mata nobie ane ini hamya sebuah jazz i vtec yg di taro di mazda di tempel skyactive mesin na yg hanya di refine aja nothing special .... fiesta ecoboost ato polo tsi lebih value for money kalo menurut ane ....

Transmisi at nya yg di sebut konvensional cmn di rifine seting nya buat ane tetep jadul apabila di bandingkan dgn dct ..... ford dct nda cocok coba polo tsi om ...
Kelihatannya om gilasepeda ini aliran "saya suka turbo" ya? [emoji16]

Mesin skyaktiv di Mazda, secara teknis jauh lebih advance daripada mesin ber turbo yang biasa, seperti mesin trax, civic, dll. Karena benar-benar menyempurnakan mesin na. Setel kompresi tinggi sambil tetap mempertahankan durability dan kebutuhan bahan bakar itu sangat susah, dan Mazda benar-benar melakukan hal itu dengan sangat baik dengan semua pengembangan teknis, material dan teknologi yang mereka lakukan.

Mengenai kesenangan berkendara, mesin na memiliki banyak keuntungan. Salah satu nya adalah penyaluran tenaga yang lebih instan, linier dan tidak ada turbo lag. Ditambah transmisi skyaktiv, mesin 2.5 di CX-5 respon nya enak banget. Baik di kemacetan, high speed dan cornering, benar-benar enak dan balance. Injak sedikit, transmisi langsung menyediakan tenaga dan rpm yang tepat.

Saya sendiri pengguna x-trail T32. Menurut saya, CVT nya salah satu CVT terbaik dibanding yang lain. Tapi tetap saja transmisi "jadul" CX-5 lebih enak dibanding CVT X-trail ini.

Btw, Mercedes-Benz juga salah satu yang masih setia di jalur transmisi "jadul" ini lho..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by ChZ »

Kalo ngomong mesin Turbo sebenernya juga bukan teknologi baru - baru banget... di jaman dulu ada Starlet GT Turbo, Charade Turbo, Fiat UNO Turbo... Honda City pun Turbo dulu di generasi awal sebelum Type-Z (yang masuk Indonesia mulai dari generasi Type-Z).

Tapi kalo bandingin mesin Turbo jaman dulu ama mesin turbo kekinian ya dah beda 10 abad... Jauh banget perkembangannya...

Transmisi CVT pun bukan teknologi baru... dah ada dari lama banget... DCT... banyak yang nyerah ... Ford pun nyerah balik ke 6-speed AT biasa di Focus Ecoboost... DCT tu teknologi gak baru banget juga, dah ada dari 2005 (VW Golf GTI).

Transmisi manual yang katanya jadul dan so yesterday... Honda masih pake di CTR seharga 995juta... itu hanya satu dari sekian banyak contoh ... banyak banget pabrikan yang masih pertahankan manual yang katanya so yesterday ini... tp apakah manual skrg dengan jaman dulu yang blom ada synchromesh nya disamain trus kita bilang ini teknologi jadul ?

Sama dengan mesin N/A nya SKYACTIV ya kagak bisa dibandingin sama teknologi mesin N/A 20 taun yang lalu... level penyempurnaannya udah beda banget.

Jadi kalo mesin N/A dan Automatic konvensional dijadiin justifikasi buat teknologi "jadul"... sebenernya internal combustion engine in itself adalah teknologi "jadul" karna sudah ada dari 19xx awal... teknologi berusia cukup tua lebih dari 100 tahun. Electronic Fuel Injection dah dari 1980an... Mari belajar sejarah biar ngerti istilah jadul dan tidak...

EV dan hybrid pun dah jadi teknologi lawas juga... Jadi yang dibilang teknologi baru tuh apa?

Dalam dunia teknik, yang namanya 100% baru hampir mustahil... pasti teknologi baru - baru nyontek ama yang lawas... kalo dosen saya bilang... lu orang teknik mesti jago "nyontek"... Dalam arti... meniru desain orang lain dengan "kreatif"...

*saya bukan fanboy Mazda, saya bahkan penggemar merek saingan Mazda... tapi saya betul-betul appreciate Mazda yang sanggup melestarikan mesin N/A dan teknologi yang katanya jadul ini... karna esensi fun to drive yang sebenarnya adalah yang katanya "jadul" ini... yang serba manual dan sederhana... itu pointnya Mazda bikin bold statement SKYACTIV Technology...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
initialD
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Oct 20, 2017 5:17

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by initialD »

Jadi nambah ilmu nih :mky_02:

Setau nubie, baru kali ini ada mesin kompresi tinggi dipake harian, tapi irit, dan dijual massal :big_childish:

kalo mazda 2 sky dibilang jadul, berarti yaris :big_think: dari awal muncul sampe detik ini mesinnya sama (1NZ-FE)

Back to topic,
Antara fiesta yg ecoboost dengan 1.5L
Dipakai "perang" macet2an dalam kota - jalan2 keluar kota , better yg mana?
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by adrevolution »

initialD wrote: Sun Oct 22, 2017 16:31 Jadi nambah ilmu nih :mky_02:

Setau nubie, baru kali ini ada mesin kompresi tinggi dipake harian, tapi irit, dan dijual massal :big_childish:

kalo mazda 2 sky dibilang jadul, berarti yaris :big_think: dari awal muncul sampe detik ini mesinnya sama (1NZ-FE)

Back to topic,
Antara fiesta yg ecoboost dengan 1.5L
Dipakai "perang" macet2an dalam kota - jalan2 keluar kota , better yg mana?
Yaris dari akhir 2016 udah ganti mesin + transmisi koq, pake 2NR-FE & maticnya CVT.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
initialD
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Oct 20, 2017 5:17

Re: [ASK] Fiesta S 1.5 / Fiesta Ecoboost / Mazda 2 Sky R

Post by initialD »

adrevolution wrote: Mon Oct 23, 2017 0:46
initialD wrote: Sun Oct 22, 2017 16:31 Jadi nambah ilmu nih :mky_02:

Setau nubie, baru kali ini ada mesin kompresi tinggi dipake harian, tapi irit, dan dijual massal :big_childish:

kalo mazda 2 sky dibilang jadul, berarti yaris :big_think: dari awal muncul sampe detik ini mesinnya sama (1NZ-FE)

Back to topic,
Antara fiesta yg ecoboost dengan 1.5L
Dipakai "perang" macet2an dalam kota - jalan2 keluar kota , better yg mana?
Yaris dari akhir 2016 udah ganti mesin + transmisi koq, pake 2NR-FE & maticnya CVT.
Oh iya sama kaya sienta ya :mky_01: