Mohon bantuannya mastah!!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Mohon bantuannya mastah!!!
Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sat Aug 12, 2017 1:32
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
sekedar berbagi berdasarkan yang saya alami ya
kendaraan tempur saya avanza no fl 2011,sudah pernah ganti tutup radiator, tapi kondisi kendaraan ane tidak seperti kendaraan agan, jalan 30km bisa berkurang 300-600ml, kendaraan ane 2x ganti oli baru ane ganti tutup radiator nya. Selama kondisi tersebut, saya belum pernah menambahkan coolant ke reservoir. saya ganti waktu itu pas sekalian servis berkala 80.000km, sekalian saya suruh cek tutup radiator nya, dan ternyata rusak, trus langsung diganti sama bengkel.
yang pertama kali dilakukan coba bawa ke bengkel trus suruh cek pake alat untuk mengecek kondisi tutup radiator.
kendaraan tempur saya avanza no fl 2011,sudah pernah ganti tutup radiator, tapi kondisi kendaraan ane tidak seperti kendaraan agan, jalan 30km bisa berkurang 300-600ml, kendaraan ane 2x ganti oli baru ane ganti tutup radiator nya. Selama kondisi tersebut, saya belum pernah menambahkan coolant ke reservoir. saya ganti waktu itu pas sekalian servis berkala 80.000km, sekalian saya suruh cek tutup radiator nya, dan ternyata rusak, trus langsung diganti sama bengkel.
yang pertama kali dilakukan coba bawa ke bengkel trus suruh cek pake alat untuk mengecek kondisi tutup radiator.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Wah yang view banyak tapi ga ada yg reply. apa saya salah kamar ya? maaf baru gabung soalnya



-
- SM Moderator
- Posts: 307
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. jangan2 pernah overheat.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
2. Bearing nya perlu ganti.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- SM Moderator
- Posts: 307
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
cek ke spesialis nissan, kalo dirasa bengkel resmi terlalu mahal. Dimana? Tanyakan sama mbah google. Bengkel Spesialis Nissan. Pasti keluar banyak.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. periksa klem di sambungan selang radiator. kalau perlu dibongkar semua dan dibersihkan, saat pemasangan oleskan sedikit grease di bagian dalam selang yang nempel ke radiator. oles tipis dan merata. jangan pakai sealant/silikon.
lepas tutup radiator, bandingkan kondisi kekenyalan karetnya dengan yang baru. nggak perlu jadi profesor kok buat tau kondisi karet tutup radiator masih bagus atau sudah minta ganti....
2. urusan bunyi paling enak dibongkar dan wajip inspeksi visual.
hal kaya gini bisa langsung ketauan, bisa juga makan waktu yang tidak sebentar.
semoga membantu.
p.s :
setiap kebocoran air radiator PASTI meninggalkan jejak entah berwarna putih atau coklat. bisa diliat langsung. kalau jejak air sudah terlihat, disitulah permasalahannya.
lepas tutup radiator, bandingkan kondisi kekenyalan karetnya dengan yang baru. nggak perlu jadi profesor kok buat tau kondisi karet tutup radiator masih bagus atau sudah minta ganti....
2. urusan bunyi paling enak dibongkar dan wajip inspeksi visual.
hal kaya gini bisa langsung ketauan, bisa juga makan waktu yang tidak sebentar.
semoga membantu.
p.s :
setiap kebocoran air radiator PASTI meninggalkan jejak entah berwarna putih atau coklat. bisa diliat langsung. kalau jejak air sudah terlihat, disitulah permasalahannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
@akbarfit. thanks sudah respon bro. btw kalau bearing saya googling suaranya berdengung. ini gak berdengung bro. suaranya srekkk.... kayak besi diseret hahaha
@marmut thanks responnya bro. sabtu besok rencana diberesin bro mau spooring balancing terus ke nissan hahaha. semoga gk nguras kantong
@marmut thanks responnya bro. sabtu besok rencana diberesin bro mau spooring balancing terus ke nissan hahaha. semoga gk nguras kantong
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.
Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Dnisbo wrote: Fri Oct 20, 2017 5:24Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.
Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.
thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Coba bantu, walau gak pernah punya mobil Nissan.
1. Kalau radiator bocor biasanya meninggalkan jejak, dan pasti ketahuan letak masalahnya
2. Coba bongkar kaki-kaki, setau gue masalah umum t31 ada di kaki-kaki yang lemah, biar langsung di eksekusi masalah tersebut. Kalau kampas rem yang habis, bakal bunyi ketika sedang diinjak pedal rem tsb.
1. Kalau radiator bocor biasanya meninggalkan jejak, dan pasti ketahuan letak masalahnya
2. Coba bongkar kaki-kaki, setau gue masalah umum t31 ada di kaki-kaki yang lemah, biar langsung di eksekusi masalah tersebut. Kalau kampas rem yang habis, bakal bunyi ketika sedang diinjak pedal rem tsb.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. Coba cek oli..jangan jangan sudah kayak susu (gegara campur dengan air radiator yang rembes dari water jacket)Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
2. Bongkar rem belakang. Takutnya remnya nggigit waktu diinjak, dan waktu kaki dilepas dari pedal rem, dia tidak kembali sempurna.
#bukan-mastah
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
thanks responnya @ginting. oli mesin baru ganti minggu lalu. normal warnanya hitam pekat hahaha
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Kalau bearing bunyinya dengung atau gemuruh. Pengalaman gw klo kampas rem sudah parah bunyinya konstan, ga cuma pas di rem aja.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 6:13Dnisbo wrote: Fri Oct 20, 2017 5:24Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.
Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.
thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
mendengar penjelasan agan, sepertinya sama dengan masalah saya dulu (semoga sama cara betulinnya)
kalo udah panas (jalan beberapa lama ato abis ngebut selip selip di tol) keluar juga bunyi ngiiiiiik ngiiiik gitu walo rem gk diinjek
ternyata pas dibawa ke beres, masalah terjadi karena 2 hal
1. kampas rem KW menyebabkan pengereman tidak bagus dan merusak piringan (maklum 2nd hand)
2. piringan sudah tidak rata jadi perlu dibubut biar rata lagi
abis ganti pake kampas rem ori + ratain piringan langsung deh gk keluar bunyi bunyi lagi sampe sekarang, well mulai keluar lagi sih rem belakangnya terutama pas lagi mau masukin mobil ke garasi yang perlu tahan rem biar maju pelan pelan
kalo udah panas (jalan beberapa lama ato abis ngebut selip selip di tol) keluar juga bunyi ngiiiiiik ngiiiik gitu walo rem gk diinjek
ternyata pas dibawa ke beres, masalah terjadi karena 2 hal
1. kampas rem KW menyebabkan pengereman tidak bagus dan merusak piringan (maklum 2nd hand)
2. piringan sudah tidak rata jadi perlu dibubut biar rata lagi
abis ganti pake kampas rem ori + ratain piringan langsung deh gk keluar bunyi bunyi lagi sampe sekarang, well mulai keluar lagi sih rem belakangnya terutama pas lagi mau masukin mobil ke garasi yang perlu tahan rem biar maju pelan pelan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
thanks responnya @vinchazz. iya ini mirip nih sama masalah saya bro. cuman beda di suaranya aja palingan. kalau punya saya suaranya udah gk ada jeda ngik.. ngik.. udah sreekkk..................... konstan gitu terus persis kayak besi gesekan sama besi hahaha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. ya dibelikan tutup radiator aja dulu kan nggak mahal, kalau masih bocor bawa ke spesialis
2. coba cek posisi kaliper rem, baut & bushingnya
2. coba cek posisi kaliper rem, baut & bushingnya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. coba cek bos piston kalipernya
2. ganti tutup radiator
semoga membantu Om
2. ganti tutup radiator
semoga membantu Om
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Bantu jawab no 2.
Cek as roda Kak. Mungkin udah tipis, segera ganti, JANGAN dibubut, harus ganti.
Pengalaman di panther tahun 2000. As roda udah kemakan, terus dibubut. Masalah bunyi ilang beberapa bulan, terus patah di tol, untung gak kebalik. Ternyata as roda gak boleh dibubut, ganti sekalian.
Cek as roda Kak. Mungkin udah tipis, segera ganti, JANGAN dibubut, harus ganti.
Pengalaman di panther tahun 2000. As roda udah kemakan, terus dibubut. Masalah bunyi ilang beberapa bulan, terus patah di tol, untung gak kebalik. Ternyata as roda gak boleh dibubut, ganti sekalian.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Kalo kampas rem sih cek nya nda susah. Dongkrak salah satu Ban depan, lalu putar dengan tangan, kalo memang suara nya dari sana, akan kedengaran. Ulangi di ban velakang.Xtremer wrote:
thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Om cek semua cooling systemnya
Apakah radiator dan reservoirnya pecah
Cek juga pipa cooling systemnya
Jangan lupa water pumpnya masih berfungsi normal apa ada kerusakan
Bunyi srek2 bisa juga terjadi karena disc brake bergelombang
Solusinya bisa dibubut atau diganti disc brakenya
Gejalanya kalau sedang ngerem di kecepatan tinggi, setir terasa bergetar
Apakah radiator dan reservoirnya pecah
Cek juga pipa cooling systemnya
Jangan lupa water pumpnya masih berfungsi normal apa ada kerusakan
Bunyi srek2 bisa juga terjadi karena disc brake bergelombang
Solusinya bisa dibubut atau diganti disc brakenya
Gejalanya kalau sedang ngerem di kecepatan tinggi, setir terasa bergetar
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
ini contoh pernyataan yang bikin saya garuk-garuk kepala walopun tidak gatal.marhadiyantodwi wrote: Fri Oct 20, 2017 10:18 Bantu jawab no 2.
Cek as roda Kak. Mungkin udah tipis, segera ganti, JANGAN dibubut, harus ganti.
Pengalaman di panther tahun 2000. As roda udah kemakan, terus dibubut. Masalah bunyi ilang beberapa bulan, terus patah di tol, untung gak kebalik. Ternyata as roda gak boleh dibubut, ganti sekalian.
as roda sudah tipis? WTF? ada yang bisa ngejelasin gimana caranya as roda menipis?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Di kampas rem ada plat yang akan bersinggungan dengan disk bila kampas habis atau dah tipis. Jadi ga di rempun akan bunyi bila kmpas dah tipis. CmiiwXtremer wrote:Dnisbo wrote: Fri Oct 20, 2017 5:24Radiator di cek ada yg bocor apa ga, coolant nissan warna hijau, klo ada kerak2 hijau di sluran pendinginan, disitu yg bocor. Klo ga ketemu kebocoran cek kompresi, takutnya udah melenting.Xtremer wrote: Fri Oct 20, 2017 1:55 Jadi ceritanya saya baru adopsi x trail t31 2008 second nih. Ada beberapa kendala yg mau saya tanyakan.
1. Air radiator lumayan cepat berkurang kira" untuk 30KM bisa berkurang 300 - 600ml tergantung macet atau lancar. Air di reservoir berkurang dan di radiatornya pun berkurang tapi sedikit. Apa benar teman saya bilang kalau tutup radiatornya perlu diganti ya mastah"?
2. Ada bunyi seperti besi bergesek di sekitar ban waktu berjalan (seperti bunyi disc brake bertemu kampas rem yg habis) tapi anehnya bunyinya gak langsung keluar waktu mobil jalan. Nunggu agak lama jalan baru bunyinya keluar. Dan kalau udah keluar bunyinya udah konsisten keluar terus. Mau di rem atau gak ga ada pengaruh mastah. Mobil mau pelan atau cepet suaranya hampir sama cuman berkurang atau nambah keras dikit ga beda jauh.
Mohon bantuannya ya para mastah" SM. Oh iya info tambahan velg nya dari waktu beli udah ga OEM. Udah diganti aftermarket. Besok rencana mau spooring karena setir ga lurus.
Bunyi besi bergesek biasanya kampar rem sudah waktunya ganti. Coba di cek dulu kampas remnya.
Untuk lebih pasti Ke bengkel resmi nissan buat general check up dan estimasi perbaikan.
thanks responnya bro dnisbo. iya sih lebih masuk akal ke kampas rem memang. kalau seperti kata salah satu mastah diatas bearing kayaknya suaranya ga gitu ya? tapi yg saya bingung kampas rem bukannya harusnya pas di rem baru bunyi ya bro? lah ini sepanjang perjalanan bunyi wkwkwkwk.
tapi itupun gk langsung waktu mobil gerak bunyi. nunggu agak lama dulu jalan baru keluar bunyinya. dan itu bunyinya di luar kedengeran lumayan keras tapi di kabin ga denger apa" makannya saya baru tau juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
1. Cr cek klo tutup b'masalah
saat mbl dah d temparatur kerja normal/panas - -cabut selang hawa radiator yg k reservoir
-injak gas/tarik pelatuk gas dr engine bay
-klo air muncrat" keluar dr lubang hawa....
Bisa di pastikan hrs ganti tutup radiator.
2. Bunyi shrek...shrek
sy bbrp kali alamin...cover protector disc (yg dr seng) ada bersinggungan dg disc/benda lain.
Solusinya: tekan/dorong k belakang (pk tangan)
Hopely membantu
saat mbl dah d temparatur kerja normal/panas - -cabut selang hawa radiator yg k reservoir
-injak gas/tarik pelatuk gas dr engine bay
-klo air muncrat" keluar dr lubang hawa....
Bisa di pastikan hrs ganti tutup radiator.
2. Bunyi shrek...shrek
sy bbrp kali alamin...cover protector disc (yg dr seng) ada bersinggungan dg disc/benda lain.
Solusinya: tekan/dorong k belakang (pk tangan)
Hopely membantu

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Thanks semua bro responya. Barusan saya coba lagi ternyata bunyi di sekitar ban udah ada dari awal mobil jalan. Di roda kiri depan aja. Lainnnya ga bunyi. Apa mungkin ada kerikil di antara disc brake sama besi yg di blkng disc brake itu ya?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Oct 20, 2017 15:24
Re: Mohon bantuannya mastah!!!
Soal rem bunyi kalau udah jalan / panas, kemungkinan piston" agak macet / grease udah pada keras, efeknya piston nggak balik ke posisi semula.. Jadinya kanvas rem nggesek terus.
Solusinya ganti karet / kit rem sama grease nya..
(Kali... peace)
Solusinya ganti karet / kit rem sama grease nya..
(Kali... peace)