[Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
[Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Kembali lagi dengan review video SM...
Kali ini kami melakukan review pada mobil Mazda yang juga baru mengalami minor change, yaitu Mazda2 GT. Mungkin ada beberapa rekan yang tidak sadar kalau Mazda2 sudah mengalami facelift di tahun ini karena hype CX-3 dan CX-5 baru.
Tapi cukup wajar, karena ubahannya tidak noticeable. Dari exterior ubahannya berupa spion, foglamp, dan antena sirip.
Ubahan terbesar di Mazda2 GT menurut saya, mobil ini sudah dilengkapi oleh G-Vectoring Control (GVC) yang membuatnya cukup berbeda signifikan secara pengendalian dibanding Mazda2 GT non-facelift.
Seperti apa impresinya ? Simak video kami.
Kesimpulan ringkas (bagi yang fakir bandwith) :
Plus
- Pengendalian masih yang paling baik di kelasnya, terasa lincah dan ringan mobil ini dibanding Jazz maupun Yaris.
- Transmisi cekatan dalam berpindah gigi, sangat baik di kelasnya.
- Tenaga cukupan meskipun mesinnya tidak terasa bersemangat seperti Honda Jazz.
- Build Quality masih yang terbaik
- Styling
- G-Vectoring Control alih - alih mendistraksi pengemudi justru malah menambah unsur fun karena tidak kita rasakan, tapi kita tau sistem ini sedang bekerja.
- Fitur paling komplit.
Minus
- Frickin cheap eco tyre... Apa sulitnya ngasih ban sekelas BS Turanza ke mobil ini...
- Tidak cocok untuk family car... Mending ambil yang lain
- Harga tinggi (316 juta!)
- Gimmick i-ACTIVSENSE seringkali mengganggu daripada membantu, terutama SCBS.
- Kualitas suara biasa saja
- Transmisi terasa gugup ketika di mode normal dan terasa berlebihan di mode sport. Sedihnya, hanya ada dua pilihan mode ini. Mode normalnya terasa seperti mode eco. Masalah di Mazda2 ini torsinya tidak terlalu besar, beda kasus dengan di CX-5 kita bisa pilih mode normal karena torsinya cukup. Di Mazda2 mode normal malah terasa lemot...
*footage di akhir video hanyalah sekedar bentuk terima kasih kami kepada pihak dealer, kami tidak dibayar ataupun terafiliasi dengan merek ini.
Terima kasih sudah menonton...
Kali ini kami melakukan review pada mobil Mazda yang juga baru mengalami minor change, yaitu Mazda2 GT. Mungkin ada beberapa rekan yang tidak sadar kalau Mazda2 sudah mengalami facelift di tahun ini karena hype CX-3 dan CX-5 baru.
Tapi cukup wajar, karena ubahannya tidak noticeable. Dari exterior ubahannya berupa spion, foglamp, dan antena sirip.
Ubahan terbesar di Mazda2 GT menurut saya, mobil ini sudah dilengkapi oleh G-Vectoring Control (GVC) yang membuatnya cukup berbeda signifikan secara pengendalian dibanding Mazda2 GT non-facelift.
Seperti apa impresinya ? Simak video kami.
Kesimpulan ringkas (bagi yang fakir bandwith) :
Plus
- Pengendalian masih yang paling baik di kelasnya, terasa lincah dan ringan mobil ini dibanding Jazz maupun Yaris.
- Transmisi cekatan dalam berpindah gigi, sangat baik di kelasnya.
- Tenaga cukupan meskipun mesinnya tidak terasa bersemangat seperti Honda Jazz.
- Build Quality masih yang terbaik
- Styling
- G-Vectoring Control alih - alih mendistraksi pengemudi justru malah menambah unsur fun karena tidak kita rasakan, tapi kita tau sistem ini sedang bekerja.
- Fitur paling komplit.
Minus
- Frickin cheap eco tyre... Apa sulitnya ngasih ban sekelas BS Turanza ke mobil ini...
- Tidak cocok untuk family car... Mending ambil yang lain
- Harga tinggi (316 juta!)
- Gimmick i-ACTIVSENSE seringkali mengganggu daripada membantu, terutama SCBS.
- Kualitas suara biasa saja
- Transmisi terasa gugup ketika di mode normal dan terasa berlebihan di mode sport. Sedihnya, hanya ada dua pilihan mode ini. Mode normalnya terasa seperti mode eco. Masalah di Mazda2 ini torsinya tidak terlalu besar, beda kasus dengan di CX-5 kita bisa pilih mode normal karena torsinya cukup. Di Mazda2 mode normal malah terasa lemot...
*footage di akhir video hanyalah sekedar bentuk terima kasih kami kepada pihak dealer, kami tidak dibayar ataupun terafiliasi dengan merek ini.
Terima kasih sudah menonton...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Dec 20, 2016 4:18
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Mantap review nya om.. 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Nice review bro chz. Saya juga baru ambil mazda 2 tapi tipe r. Dan benar saya terganggu dengan noise dari ban. Kira2 apa yg bisa dilakukan untuk mengurangi noise dari ban?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
good! closing-nya kocak



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Harga 316 juta otr surabaya tapi mazda adityawarman berano diskom 35 juta bahkan mkin mentok di 40 an
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Yang saya bold sebetulnya sama dengan CX5. Awal saya pake CX5 juga seperti itu. Untung ada filter udara KNN, setelah ganti filter mode normal berubah jauh, transmisi lebih responsive dan sigap torsi sangat terasa dan jarum rpm injak sedikit langsung melenting. Sudah mirip mode sport. Bedanya : mode sport selalu ready di rpm 2000 an, mode normal bisa turun hingga 1000 namun saat ditoel rpm langsung bisa melenting. Boleh dicoba ganti filter udara knn buat yang punya Mazda 2 yang lemot di mode normal. Lebih nendang lagi cuci filter yang masih baru dengan sabun cuci sunlight untuk membuang oli dari pabrik yang nempel di filter. Setelah kering olesi dengan oli mesin rajut, dijamin joss...Oli bawaan knn kalau kebanyakan malah bikin sesak nafas karena terlalu kental.ChZ wrote: Thu Oct 19, 2017 16:29 Kembali lagi dengan review video SM...
Kali ini kami melakukan review pada mobil Mazda yang juga baru mengalami minor change, yaitu Mazda2 GT. Mungkin ada beberapa rekan yang tidak sadar kalau Mazda2 sudah mengalami facelift di tahun ini karena hype CX-3 dan CX-5 baru.
Tapi cukup wajar, karena ubahannya tidak noticeable. Dari exterior ubahannya berupa spion, foglamp, dan antena sirip.
Ubahan terbesar di Mazda2 GT menurut saya, mobil ini sudah dilengkapi oleh G-Vectoring Control (GVC) yang membuatnya cukup berbeda signifikan secara pengendalian dibanding Mazda2 GT non-facelift.
Seperti apa impresinya ? Simak video kami.
Kesimpulan ringkas (bagi yang fakir bandwith) :
Plus
- Pengendalian masih yang paling baik di kelasnya, terasa lincah dan ringan mobil ini dibanding Jazz maupun Yaris.
- Transmisi cekatan dalam berpindah gigi, sangat baik di kelasnya.
- Tenaga cukupan meskipun mesinnya tidak terasa bersemangat seperti Honda Jazz.
- Build Quality masih yang terbaik
- Styling
- G-Vectoring Control alih - alih mendistraksi pengemudi justru malah menambah unsur fun karena tidak kita rasakan, tapi kita tau sistem ini sedang bekerja.
- Fitur paling komplit.
Minus
- Frickin cheap eco tyre... Apa sulitnya ngasih ban sekelas BS Turanza ke mobil ini...
- Tidak cocok untuk family car... Mending ambil yang lain
- Harga tinggi (316 juta!)
- Gimmick i-ACTIVSENSE seringkali mengganggu daripada membantu, terutama SCBS.
- Kualitas suara biasa saja
- Transmisi terasa gugup ketika di mode normal dan terasa berlebihan di mode sport. Sedihnya, hanya ada dua pilihan mode ini. Mode normalnya terasa seperti mode eco. Masalah di Mazda2 ini torsinya tidak terlalu besar, beda kasus dengan di CX-5 kita bisa pilih mode normal karena torsinya cukup. Di Mazda2 mode normal malah terasa lemot...
*footage di akhir video hanyalah sekedar bentuk terima kasih kami kepada pihak dealer, kami tidak dibayar ataupun terafiliasi dengan merek ini.
Terima kasih sudah menonton...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Nice review bro chris, salah satu kelemahan utamanya memang ga cocok buat family car , sekaligus penyebab utama gw gagal buat meminang mobil ini buat gantiin GE8 tua gw, tapi secara overall, mobil ini memang still the best hatchback on it's class kok, kalau ga mikirin brand, RV, ASS & akomodasi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Terima kasih oom
Ganti ban silent om... Ban bawaan M2 memang ampas, mesti dibuang secepatnya.Jupiemx99 wrote: Sat Oct 21, 2017 3:32 Nice review bro chz. Saya juga baru ambil mazda 2 tapi tipe r. Dan benar saya terganggu dengan noise dari ban. Kira2 apa yg bisa dilakukan untuk mengurangi noise dari ban?
Heran juga mobil sebagus ini dikasih karet pelampung

Makasih oom...


Kalau sampe 30juta-an itu sudah worth it banget sih om hehe... saya kemaren lupa nanya diskon... maklum kalo gak beli ya gini nihmerkapa wrote: Sat Oct 21, 2017 8:28 Harga 316 juta otr surabaya tapi mazda adityawarman berano diskom 35 juta bahkan mkin mentok di 40 an

Setelah bawa mobil ini saya lalu bawa CX-5 baru... dan betul karakter gearbox nya sama... tapi CX-5 ketolong di torsi yang udah ada di 3250 RPM, M2 masih di 4000 RPM. Ganti filter udara bisa jadi solusi juga sih... Hehe...ongisnade wrote: Sat Oct 21, 2017 9:39
Yang saya bold sebetulnya sama dengan CX5. Awal saya pake CX5 juga seperti itu. Untung ada filter udara KNN, setelah ganti filter mode normal berubah jauh, transmisi lebih responsive dan sigap torsi sangat terasa dan jarum rpm injak sedikit langsung melenting. Sudah mirip mode sport. Bedanya : mode sport selalu ready di rpm 2000 an, mode normal bisa turun hingga 1000 namun saat ditoel rpm langsung bisa melenting. Boleh dicoba ganti filter udara knn buat yang punya Mazda 2 yang lemot di mode normal. Lebih nendang lagi cuci filter yang masih baru dengan sabun cuci sunlight untuk membuang oli dari pabrik yang nempel di filter. Setelah kering olesi dengan oli mesin rajut, dijamin joss...Oli bawaan knn kalau kebanyakan malah bikin sesak nafas karena terlalu kental.
Klo mau asik lagi ganti exhaust headernya...
Ya... kelasnya segmented... Bukan selera kebanyakan.Pboyz97 wrote: Sat Oct 21, 2017 12:41 Nice review bro chris, salah satu kelemahan utamanya memang ga cocok buat family car , sekaligus penyebab utama gw gagal buat meminang mobil ini buat gantiin GE8 tua gw, tapi secara overall, mobil ini memang still the best hatchback on it's class kok, kalau ga mikirin brand, RV, ASS & akomodasi
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
1 hal yg oe sangat tidak suka dengan Mazda2 di generasi ini : karakter rem nya.
Karakternya sangat berbeda dengan saudara²nya.
Terlalu sensitif. Dan ini agak keluar dari karakter rem mazda yg gradual, smooth, tapi tetep gigit & bisa di percaya saat dibutukan.
Agak penasaran dengan Mazda2 generasi selanjutnya.
Apakah bakal pakai mesin Skyactiv-X ?
Dual clutch ?
Yg pasti bakal memakai bahasa Kodo Design generasi 6.5, cirinya tarikan garis body hanya 1, dari depan ke belakang, kaya di new cx5.
Karakternya sangat berbeda dengan saudara²nya.
Terlalu sensitif. Dan ini agak keluar dari karakter rem mazda yg gradual, smooth, tapi tetep gigit & bisa di percaya saat dibutukan.
Agak penasaran dengan Mazda2 generasi selanjutnya.
Apakah bakal pakai mesin Skyactiv-X ?
Dual clutch ?
Yg pasti bakal memakai bahasa Kodo Design generasi 6.5, cirinya tarikan garis body hanya 1, dari depan ke belakang, kaya di new cx5.

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
sudah ada yg bikin exhaust header mazda semenjak skyactiv kah?
ane kmarenan cari buat cx5 cuman nemu hks exhaust itupun cuma utk biar suaranya keren aja.
kalo ada yg jual full exhaust buat cx5 tolong infoin yg jual... lumayan buat bikin cx5 makin nampol akselerasinya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.
cem ini:

jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
cem ini:

jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Nah iya remnya M2 ini agak bikin kagok juga di awal kalo gak terbiasa... Sedikit mirip SX4 yang agak ngagetin...geofreyap wrote: Sun Oct 22, 2017 17:06 1 hal yg oe sangat tidak suka dengan Mazda2 di generasi ini : karakter rem nya.
Karakternya sangat berbeda dengan saudara²nya.
Terlalu sensitif. Dan ini agak keluar dari karakter rem mazda yg gradual, smooth, tapi tetep gigit & bisa di percaya saat dibutukan.
Agak penasaran dengan Mazda2 generasi selanjutnya.
Apakah bakal pakai mesin Skyactiv-X ?
Dual clutch ?
Yg pasti bakal memakai bahasa Kodo Design generasi 6.5, cirinya tarikan garis body hanya 1, dari depan ke belakang, kaya di new cx5.![]()
Kalau life-cycle 5 taun (berarti 2019) akan keluar dengan Mazda3 terbaru yang udah pake SKYACTIV-X. Dual clutch kayaknya blom ada kabar ya oom geo... hehehe... kayaknya skrg mereka masih fokus ke SKYACTIV-X nya...
Kalo liat pola nya Mazda males pake teknologi kekinian ... mungkin pertimbangan reliability dan biar nggak keluar pakem... secara DCT itu mahal di development dan bikin mobil berat. Pikiran saya mungkin itu 6-speed jadi 8-speed atau 10-speed sekalian saingan sama Honda Accord terbaru... tapi itupun ane juga gak yakin karena gak sesuai framework Mazda banyak - banyakan speed sama saingannya. Sangat nggak Mazda banget.
Exhaust Mazda2 sudah ada om... itu bro Billy udah pakai...evolution21 wrote: Mon Oct 23, 2017 8:55
sudah ada yg bikin exhaust header mazda semenjak skyactiv kah?
ane kmarenan cari buat cx5 cuman nemu hks exhaust itupun cuma utk biar suaranya keren aja.
kalo ada yg jual full exhaust buat cx5 tolong infoin yg jual... lumayan buat bikin cx5 makin nampol akselerasinya
Tapi kalau mau custom sebenernya tergantung usaha dan niat tukang lasnya aja...

iya desainnya berlekuk-lekuk kayak ulerracho wrote: Mon Oct 23, 2017 9:15 AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.
cem ini:
jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
ini emang kelewatan puyengnya si mazda, kalau baca2 di luar soal gimana "canggihnya" engineering si mazda, mestinya si skyactiv ini masuk engine of the year 5 tahun berturut2 bukannya mesin kecil pake turbo2, karena asli kayanya emang paling niat si mazda yang ngoprek mesin N/A sampe segininya.racho wrote: Mon Oct 23, 2017 9:15 AFAIK, header skyactiv itu basically 4-2-1 dengan posisi katalis di ujung, dan somehow dibuat melingkar supaya deket dengan mesin (biar katalisnya bisa cepet aktif) at the expense of reduced gasflow gegara lekukannya yang... begitulah.
cem ini:
jadi ya... tinggal datangi tukang knalpot terdekat yg jago ngelas,
bikin aja headernya... dibuat dengan lebih sedikit lekukan tapi dengan panjang yang sama.
resikonya ginian giliran uda coba bikin header, ga taunya ngaco karena ya itu skyactiv, kelewat rumit sistemnya. ibarat kata emang kaya udah AMG dari sononya, retune paling segi electrical.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
kalau mau ngejer efisiensi si mestinya ya CVT, tapi ya emang ngerusak kesenangan berkendara, sedangkan geared AT nampaknya sementara ini sudah mentog, kalau maen gear banyak2 yang ada malah kagok gear hunting.. paling pas emang 5-7 speed. tapi ya itu berarti sudah mentok di segi transmisi, balik ke engine lagi.ChZ wrote: Mon Oct 23, 2017 9:48
Kalau life-cycle 5 taun (berarti 2019) akan keluar dengan Mazda3 terbaru yang udah pake SKYACTIV-X. Dual clutch kayaknya blom ada kabar ya oom geo... hehehe... kayaknya skrg mereka masih fokus ke SKYACTIV-X nya...
Kalo liat pola nya Mazda males pake teknologi kekinian ... mungkin pertimbangan reliability dan biar nggak keluar pakem... secara DCT itu mahal di development dan bikin mobil berat. Pikiran saya mungkin itu 6-speed jadi 8-speed atau 10-speed sekalian saingan sama Honda Accord terbaru... tapi itupun ane juga gak yakin karena gak sesuai framework Mazda banyak - banyakan speed sama saingannya. Sangat nggak Mazda banget.
DCT itu bukannya lebih ringan ya? CMIIW karena menilik design CVT nissan yang sampe bisa celup separoh gitu yang konon sedikit niru DCT. tapi sampe sekarang masih issue reliability kayanya masih kurang ya? ujung2nya geared AT still rules.
eh uda ada ya, kirain ga ada blas saking njelimet itu header.
Exhaust Mazda2 sudah ada om... itu bro Billy udah pakai...
Tapi kalau mau custom sebenernya tergantung usaha dan niat tukang lasnya aja...![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
DCT lebih berat, komponennya aja jauh lebih kompleks... hehehe... makanya itu jawaban kenapa kayak Lambo dan Ferrari ngotot pakai single-clutch AMT...kunaskun wrote: Mon Oct 23, 2017 10:36
kalau mau ngejer efisiensi si mestinya ya CVT, tapi ya emang ngerusak kesenangan berkendara, sedangkan geared AT nampaknya sementara ini sudah mentog, kalau maen gear banyak2 yang ada malah kagok gear hunting.. paling pas emang 5-7 speed. tapi ya itu berarti sudah mentok di segi transmisi, balik ke engine lagi.
DCT itu bukannya lebih ringan ya? CMIIW karena menilik design CVT nissan yang sampe bisa celup separoh gitu yang konon sedikit niru DCT. tapi sampe sekarang masih issue reliability kayanya masih kurang ya? ujung2nya geared AT still rules.
Secara data susah juga bilang CVT less-reliable... ya kalau CVT jaman Honda jazz GD dan Odyssey RB1 memang less reliable dan terbukti... kalau CVT Nissan konon di luar negeri pun umurnya lewat 100.000 KM udah rewel... entah CVT merek lain gimana... karna sulit juga justifikasinya gak punya maintenance schedule dan data pemakaian orang - orang...
DCT asal yang wetclutch gak banyak masalah, itupun tergantung cara pake lagi, karna memang ada trik khusus supaya DCT nggak cepet rontok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
mantap info nya om chz, btw klo ad ksempatan ngantri ripiu mazda5+mazda 6estate+crv 2.0matic+voxy, trims
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan)ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 6:59 DCT lebih berat, komponennya aja jauh lebih kompleks... hehehe... makanya itu jawaban kenapa kayak Lambo dan Ferrari ngotot pakai single-clutch AMT...

yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gearSecara data susah juga bilang CVT less-reliable... ya kalau CVT jaman Honda jazz GD dan Odyssey RB1 memang less reliable dan terbukti... kalau CVT Nissan konon di luar negeri pun umurnya lewat 100.000 KM udah rewel... entah CVT merek lain gimana... karna sulit juga justifikasinya gak punya maintenance schedule dan data pemakaian orang - orang...
DCT asal yang wetclutch gak banyak masalah, itupun tergantung cara pake lagi, karna memang ada trik khusus supaya DCT nggak cepet rontok.

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya...kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan)![]()
yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear![]()

Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
ya karena aisin dan jatco kali ya. numero uni di geared at dan cvt.ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38
Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya...Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.
skyactiv campur dct akan makin serem ga reliability-nya? karena skyactiv udah rumit ketambahan lagi DCT yang hobi jerky.Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Setau saya Honda gak pakai supplier, mereka bikin sendiri. Mazda juga rasanya, kalo Mazda yang lama model CX-7, CX-9 gitu masih Aisin.kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:46
ya karena aisin dan jatco kali ya. numero uni di geared at dan cvt.
skyactiv campur dct akan makin serem ga reliability-nya? karena skyactiv udah rumit ketambahan lagi DCT yang hobi jerky.
Klo ane jauh lebih percaya Mazda daripada VW om... hehehe... Mazda terkesan bikin mobil dengan passion ketimbang VW yang cenderung berbisnis... Jadi kalopun SKYACTIV-DCT terealisasi ane rasa akan lebih reliabel daripada VW...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactivChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya...kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan)![]()
yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear![]()
Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.
Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
ho'oh,adrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactivChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 9:38Untuk pabrikan Jepang rasanya pada lebih prefer CVT atau traditional Automatic ya...kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:20
kalau gituan si mestinya pinjem Porsche DuppelKuplung (kayanya salah nih ejaan)![]()
yap, makanya ujung2nya mendingan balik the trusted old geared AT. tinggal pilih mau 5 atau sekalian 10 gear![]()
Agak gak biasa denger pabrikan jepang kembangin DCT... Honda DCTnya integrated buat bantu sistem hybrid bukan buat performance juga.
Mazda yang pasti agak mustahil pake CVT... kalo DCT masih ada kemungkinan... paling SKYACTIV jadi 7-speed... karna emang 6-speednya Mazda rationya sengaja dibuat rapet jadi meskipun 6-speed RPMnya di 100 km/h agak tinggi.
saya baru ngeh nya kalo mazda 2 DE pake cvt itu wktu dulu nyobain GT6 nya playstation wkwkwkwk
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
Oh ya... wow... hahahaha...adrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
tp yang masuk indo versi 4-speed

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Video Review] 2017 Mazda2 GT : The Budget Hot-Hatchback
ah iya si ahond.. jadi keingat i-dsi cvt 7 speed...ChZ wrote: Tue Oct 24, 2017 17:20
Setau saya Honda gak pakai supplier, mereka bikin sendiri. Mazda juga rasanya, kalo Mazda yang lama model CX-7, CX-9 gitu masih Aisin.
Klo ane jauh lebih percaya Mazda daripada VW om... hehehe... Mazda terkesan bikin mobil dengan passion ketimbang VW yang cenderung berbisnis... Jadi kalopun SKYACTIV-DCT terealisasi ane rasa akan lebih reliabel daripada VW...


http://www2.mazda.com/en/publicity/rele ... 0113a.html
baru tau mazda punya pabrik transmisi sendiri, keren banget



http://www.motorauthority.com/news/1064 ... ns-instead
well, DSG not quick enough kata engineer mazda


kerenadrevolution wrote: Tue Oct 24, 2017 21:11
Sebenernya di jepang mazda 2 DE (generasi sblm skyactiv) alias demio sport maticnya CVT loh. Hahaha. Jadi udah pernah pake CVT, trs beralih lg ke matic kovensional di generasi skyactiv
