Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dengan desas desus wuling yg mau mengeluarkan mobil bao jun 730 yg akan diberi nama Cortez januari 2018 nanti, saya tergelitik untuk mencari informasi mengenai transmisi maticnya yg bernama iAMT (intelligent automated manual). Yg saya tau transmisi ini adalah modifikasi dari transmisi manual yg ditambahkan solenoid valve dan pengaturan elektrik kopling sehingga kita tidak perlu menginjak kopling lagi dan perpindahan kopling akan dilakukan otomatis oleh transmission control unit.
Sepengetahuan saya, keunggulan dari transmisi ini adalah murahnya ongkos produksi dan ongkos maintenance. Kekurangannya adalah perpindahan gigi tidak bisa sesmooth transmisi matic lainnya dan akan ada shift shock yg mengurangi kenyamanan berkendara.
Apakah ada yg pernah pengalaman membawa mobil bertransmisi AMT? Boleh dishare suka dukanya dan cara mengatasi kekurangannya. Jujur saya tertarik dgn wuling cortez tapi tidak yakin dengan transmisi AMTnya. Mohon petunjuknya utk senior2 SM hehe
AMT ini emg rasanya kek bawa manual, tapi ga injek kopling. Gampangnya, kayak bawa motor bebek tapi oper giginya otomatis. Ada feel "ngangguk" nya tiap ganti gigi, jd ga sealus matic konvensional apalagi CVT. Makanya saya pribadi sih sangat disayangkan kenapa ignis maticnya pake AMT instead of CVT... gak tau AMT racikan wuling gimana, apakah lebih alus atau masih jerky kek AMT sijuki...
Iya saya jg banyak denger kl transmisi AMT yg skrg di pasaran kelemahannya di feel ngangguk setiap ganti gigi dan pindah giginya jg ada delay. Katanya ini bisa diakalin dengan mengubah gaya nyetir (lepas gas sblm pergantian gigi otomatis) untuk menghilangkan gejala ngangguk dan memakai mode manual untuk mempercepat perpindahan gigi. Tapi dipikir2 mau nyetir matic supaya ga repot tapi kl pake amt malah repot ganti gaya nyetir haha....
Ada user wagon r atau ignis ags yang punya pengalaman utk ngakalin transmisi amt spy lbh smooth?
sebenernya daripada AMT gitu mending manual sekalian (ada pedal kopling) tapi bisa berhenti tanpa injak kopling dan mobil tidak stall, kayak motor bebek gitu lah., buat macet2an masih enak
memang sih AMT bisa dibikin seperti itu di mode manual, tapi sayangnya nggak ada pedal kopling dan ini kurang enak buat nanjak2 atau mau mengemudi agresif
AMT, untuk orang yg tidak sabar seperti saya, itu seperti nightmare.. karena delay gear changenya terlalu lama.. betul seperti om diatas, mending manual sekalian.
Sebenarnya AMT bisa halus kalau kita memperlakukannya seperti transmisi manual, dalam arti ketika akan pindah gigi kita harus melepas pedal gas. jika tidak dilepas maka ECU akan memerintahkan untuk menutup throttle meskipun pedal gas diinjak. Hal itulah kenapa ada gejala mengangguk. Delay mestinya kurang lebih sama dengan manual, karena perlu waktu untuk memindahkan gigi dan yang memindahkan transmisi adalah motor. Kalo dibandingkan dengan matic konvensional dan DSG pasti kalah cepat.
Dan AMT memang tidak bisa dibuat utk agresif sih. Please CMIIW
PRBS wrote: Fri Oct 13, 2017 5:02
AMT, untuk orang yg tidak sabar seperti saya, itu seperti nightmare.. karena delay gear changenya terlalu lama.. betul seperti om diatas, mending manual sekalian.
Haha saya jg penasaran knp di india AMT bisa digemari dan Wuling di China pun all line up pakenya matic AMT. Apakah karena di kedua negara ini transmisi manual lbh dominan penjualannya sehingga org lbh suka bawa matic feeling manual?
Anyway, saat wuling cortez launching mgkn akan sy coba test drive untuk tau rasa AMTnya wuling. Nanti sy akan share ke sini lagi
adrevolution wrote: Fri Oct 13, 2017 4:03
AMT ini emg rasanya kek bawa manual, tapi ga injek kopling. Gampangnya, kayak bawa motor bebek tapi oper giginya otomatis. Ada feel "ngangguk" nya tiap ganti gigi, jd ga sealus matic konvensional apalagi CVT. Makanya saya pribadi sih sangat disayangkan kenapa ignis maticnya pake AMT instead of CVT... gak tau AMT racikan wuling gimana, apakah lebih alus atau masih jerky kek AMT sijuki...
mgkn pertimbangan cost, (cmiiw) matic konvensional lbh mahal dr AMT, apalg CVT ? jd dgn AMT kesan & sensasi matic tetap ada dgn low cost
pertimbangan lain mgkn ikutin induknya di India sana, tinggal plek aja
pertimbangan lain konsumen Ignis "dianggap" cukup puas dgn AMT, yg penting matik
AMT kayak bis kota tingkat jaman dulu ya ? ngangguk pas ganti gigi
adrevolution wrote: Fri Oct 13, 2017 4:03
AMT ini emg rasanya kek bawa manual, tapi ga injek kopling. Gampangnya, kayak bawa motor bebek tapi oper giginya otomatis. Ada feel "ngangguk" nya tiap ganti gigi, jd ga sealus matic konvensional apalagi CVT. Makanya saya pribadi sih sangat disayangkan kenapa ignis maticnya pake AMT instead of CVT... gak tau AMT racikan wuling gimana, apakah lebih alus atau masih jerky kek AMT sijuki...
mgkn pertimbangan cost, (cmiiw) matic konvensional lbh mahal dr AMT, apalg CVT ? jd dgn AMT kesan & sensasi matic tetap ada dgn low cost
pertimbangan lain mgkn ikutin induknya di India sana, tinggal plek aja
pertimbangan lain konsumen Ignis "dianggap" cukup puas dgn AMT, yg penting matik
AMT kayak bis kota tingkat jaman dulu ya ? ngangguk pas ganti gigi
Kayaknya sih bener soal cost, soalnya AMT paling ekonomis sih dibanding matic2 lain.
Makanya edukasi ala sijuki kan "bisa matic bisa manual", biar keliatan hebat ini AMT
Kalo saya bilang shiftingnya sih kayak supir mobil operasional kantor yg bawa avanza manual lagi dikejer2 waktu wkwk, malah jatohnya alusan manual kalo sama2 bawa santai
Saya pernah cubak di truk mercy yg torsinya di kisaran 900 atau 1000an NM something.. lupa pastinya..
ad 12 speed apa kalo ga salah.. rasanya asik sih.. manual feel + jambakan torsi every gearshift up
Untuk manual yg diotomatiskan, transmisi ini sbenernya menarik lho.. delay nya juga ga lama lama amet kok.. tp entah ya kalo dpake di mubil mini 1000an cc krn keterbatasan torsi..
Hadoh ga banget pake AMT, pernah beberapa hari lalu pake karimun wagon ags, risih banget gara2 amt nya, pengen cepet2 sampai tempat tujuan dan keluar dari mobil, ogah nyetir amt, ngayunnya kerasa banget buat mabok
AMT ini sebenarnya juga di gunakan di mobil super / hyper car kan ya?
Hanya saja kalau disana kerja actuator hidrolik nya lebih cepat & ada rev-match nya. Betul ga ya?
Pun demikian dengan Dual Clutch yg sebenarnya adalah AMT yg di dobel, dimana 1 clutch kerja untuk gear ganjil & satunya lagi kerja untuk gear genap.
Bukankah begitu?
Btw, pernah naik Grab Karimun AGS, memang kurang nyaman sih waktu shifting.
Tapi tetap lebih enak dari pada supir Grab yg nyetir mobil manual, yg shiftingnya ga enak, trus gas nya di kocok, tidak gradual injaknya, dengan harapan bahwa bensin akan lebih irit dengan cara main gas seperti itu.
Itu beneran bikin mual banget.
lonesnake wrote: Fri Oct 13, 2017 6:12
Sebenarnya AMT bisa halus kalau kita memperlakukannya seperti transmisi manual, dalam arti ketika akan pindah gigi kita harus melepas pedal gas. jika tidak dilepas maka ECU akan memerintahkan untuk menutup throttle meskipun pedal gas diinjak. Hal itulah kenapa ada gejala mengangguk. Delay mestinya kurang lebih sama dengan manual, karena perlu waktu untuk memindahkan gigi dan yang memindahkan transmisi adalah motor. Kalo dibandingkan dengan matic konvensional dan DSG pasti kalah cepat.
Dan AMT memang tidak bisa dibuat utk agresif sih. Please CMIIW
Setuju.. Semua masalah ekspektasi aja. Untuk yang biasa bawa manual dan ga agresif sih ini solusi banget. Saya pernah TD Ignis, kalo kita perlakukan sebagaimana manual, easy on the pedal saat dia shifting sih enak2 aja. Mirip motor bebek juga, kalo mau halus dan pas kan begitu mulai injak tuas gigi, puteran gas harus dikendorin dikit. Kalo di panteng terus, pas selesai ganti gigi langsung nyentak.
Kalo ekspektasinya mendekati DCT, 4AT,atau bahkan CVT sih ini jadi ga nyaman..
Pernah bawa ignis amt, ya amit2 deh...bcanda. klo blm biasa emang agak2 gmn gitu n aku karena nyoba nya bbrp kali n sebentar2 blm bisa untuk terbiasa. Tapi klo pake mode manualnya kayaknya akan terbiasa dlm sekejap, enak kok, ganti gigi tanpa ngopling. Ini mirip sequential manual transmission kayak di mobil balap gak ya?