Salam Kenal,
Saya mau konsultasi nih kepada para Sehu yang tau atau pernah perbaikin toyota vios 2013 manual, problem sya tentang RPM/Gas mesin yg telat naik?
Detailnya seperti ini, setiap kali berhenti atau macet dan diem skitar 2 menit, untuk jalan kembali pas sya injak pedal gas RPM/Gas mesin agak telat naik, kadang sampai mengaung gas itu karena efek control gas telat.,jadi sya hrus selalu pancing Gas dlu sebelum mau jalan (simpelnya hrus pertahanin rpm/gas tinggi)., repotnya jika ada di kondisi tanjakan, sya hrs selalu mengocok pedal Gas biyar tinggi dlu, karna jika langsung itu mesin seperti berat dan kadang mati., dan jika sya perhatikan RPM mbil sya seperti tidak stabil, kadang jarum stay di angka 800/900 Rpm tapi kadang jika berhenti terus melepas gas kdang turun ke 600 Rpm, apalagi jika pakai AC dropnya bisa ke 400/500 Rpm.
Mohon masukannya bagi para Sehu yg tau dan ngerti dan yg pernah ngalamin, terimaksih sebelumnya,,,
Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Oct 10, 2017 19:56
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Toyota_Vios_2013_MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Hmm, kalo ane pernah kasus nya kalo mesin dingin di gas pelan mati, harus gas kenceng dlu pertama kali baru setelah itu normal bisa gas pelan, rpm juga goyang dikit, penyebabnya ternyata selang vakum yang ke jantung mesin sobek. Ane sendiri ngga ngerti jantung mesin itu maksud nya apa, ane tanya montir doi cuma jawab "Ya bentuk nya kaya jantung".. haha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Udah cb bersihin Filter udara, TB, maf sensor?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
ISC (Idle Speed Control) jangan lupa. Ini bisa jadi tersangka utamanya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Mesin 1nz tdk ada isc... Tp pake etcs-i. Idle D atur dr katup d TB (perintah dr ecu). Karakter 1nz kl TB kotor idle kecil/mati tdk bs langsam.. Cb dl aj bersihin
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Dulu juga yaris pernah idle cuma 200rpm, ternyata sensor maf/map apalah yg sblm filter udara kotor, cuma di bersihin skalian injector cleaner lalu cabut aki semaleman, besoknya normal lagi. Bole d coba dl aja om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
dulu pernah ada pengalaman seperti ini om tapi di mobil ortu saya innova bensin 2005.
dulu awal" kata orang bengkel di sekitaran rumah, pompa bensinnya udah lemah terus kita ganti, bersihin throttle body, bersihin intake, ganti filter bensin, bersihin filter udara dan ternyata masih begitu juga.
akhirnya sama bengkel temen lama papa saya di coba ganti filter udara dan bersihin sensor MAF, langsung aman sentosa
yang lawak yang bersihin filter udara, kenapa ga di ganti aja yah? padahal saya inget itu filter udara item banget.
dulu awal" kata orang bengkel di sekitaran rumah, pompa bensinnya udah lemah terus kita ganti, bersihin throttle body, bersihin intake, ganti filter bensin, bersihin filter udara dan ternyata masih begitu juga.
akhirnya sama bengkel temen lama papa saya di coba ganti filter udara dan bersihin sensor MAF, langsung aman sentosa


yang lawak yang bersihin filter udara, kenapa ga di ganti aja yah? padahal saya inget itu filter udara item banget.

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Mobil sama kaya oe punya. 
1. Ini mobil pake DBW. Kalau sebelumnya pakai mobil yg masih pake kabel gas, jangan kaget, DBW memang sperti itu karakternya. Kalau mau lebih sensitive, pasang throttle controller.
2. Vios tdk pakai ISC. Idle di atur sama throttle body.
3. Karena point ke 2, bersihkan throttle body pakai carb cleaner. Tdk perlu ke bengkel, DIY aja, gampang kok.
4. Bersihin juga MAF sensor pakai Contact Cleaner, DIY aja, gampang.
5. Kalau masih pakai air filter ori, ganti baru. Kalau pakai air filter racing, bersihkan.
6. Karena tanggung lagi bersih2, sekalian bersihin O2 sensor, pake contact cleaner. DIY bisa, tapi menguras tenaga karena harus ngolong. Kalo ga mau repot, bawa aja ke bengkel.
Terakhir, kalau sudah melakukan ritual di atas, cabut negatif aki, pasang lagi setelah 10 menit.
Start normal tanpa perlu di gas. Nanti dia akan mati mesin.
Start lagi seperti biasa, tdk perlu di gas. Nanti mesin ada kemungkinan mati / idle tdk smooth.
Start lagi seperti biasa, ini baru normal smua.
Jadi memang setelah cabut aki agak lama, butuh 3 kali start, baru normal nyala. Masing2 setiap start cukup 30 detik aja.
Semoga bermanfaat![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

1. Ini mobil pake DBW. Kalau sebelumnya pakai mobil yg masih pake kabel gas, jangan kaget, DBW memang sperti itu karakternya. Kalau mau lebih sensitive, pasang throttle controller.
2. Vios tdk pakai ISC. Idle di atur sama throttle body.
3. Karena point ke 2, bersihkan throttle body pakai carb cleaner. Tdk perlu ke bengkel, DIY aja, gampang kok.
4. Bersihin juga MAF sensor pakai Contact Cleaner, DIY aja, gampang.
5. Kalau masih pakai air filter ori, ganti baru. Kalau pakai air filter racing, bersihkan.
6. Karena tanggung lagi bersih2, sekalian bersihin O2 sensor, pake contact cleaner. DIY bisa, tapi menguras tenaga karena harus ngolong. Kalo ga mau repot, bawa aja ke bengkel.
Terakhir, kalau sudah melakukan ritual di atas, cabut negatif aki, pasang lagi setelah 10 menit.
Start normal tanpa perlu di gas. Nanti dia akan mati mesin.
Start lagi seperti biasa, tdk perlu di gas. Nanti mesin ada kemungkinan mati / idle tdk smooth.
Start lagi seperti biasa, ini baru normal smua.
Jadi memang setelah cabut aki agak lama, butuh 3 kali start, baru normal nyala. Masing2 setiap start cukup 30 detik aja.
Semoga bermanfaat
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Tanya Penyebab RPM Toyota Vios 2013 Manual telat naik
Ooo... sdh DBW toh?
Ternyata DBW malah ribet ya kalo urusan mesin gak bisa langsam.
Padahal kalo dilihat kasusnya mirip gejala2x ISC kotor.
Ternyata DBW malah ribet ya kalo urusan mesin gak bisa langsam.
Padahal kalo dilihat kasusnya mirip gejala2x ISC kotor.