Data Penjualan Mobil - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by PRBS »

Wistuwis wrote: Sun Mar 10, 2019 8:21 Almaz jg pengen sy ada versi 1.8 nonturbo. Biar gak susah nyari spbu :)
Saya juga kurang suka dengan mobil bensin berturbo (entah almaz or cibo or crv-turbo), simpel sih karena bensinnya mahal hahaha.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Michaelktp »

Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53
mr_mytplx wrote: Sun Mar 10, 2019 1:58 Data penjualan mobil Januari 2019

1. Mitsubishi Xpander: 5.708 unit
2. Toyota Avanza: 5.568 unit
3. Toyota Rush: 5.332 unit
4. Toyota Innova: 5.326 unit
5. Honda Brio Satya: 4.798 unit
6. Suzuki Carry Pick-up: 4.349 unit
7. Toyota Calya: 4.086 unit
8. Daihatsu Sigra: 3.827 unit
9. Daihatsu Gran Max Pick-up: 3.212 unit
10. Daihatsu Xenia: 3.037 unit
11. Mitsubishi L-300 Pick-up: 2.577 unit
12. Suzuki APV Pick-up: 2.116 unit
13. Daihatsu Ayla: 1.825 unit
14. Toyota Agya: 1.802 unit
15. Mitsubishi Pajero Sport: 1.561 unit
16. Honda HR-V: 1.528 unit
17. Daihatsu Terios: 1.459 unit
18. Honda Jazz: 1.423 unit
19. Toyota Fortuner: 1.358 unit
20. Suzuki Ertiga: 894 unit (dry/ddn)

sumber :
https://oto.detik.com/mobil/d-4460456/m ... -daftarnya
HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?

Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar

Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
Image
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Wistuwis »

Indra97 wrote: Sun Mar 10, 2019 8:30
Angular wrote: Sun Mar 10, 2019 4:21 Yg merk Guling ama Defesek gak ada ya ? Kasian, padahal buzzer2 nya udah susah payah diberbagai lini medsos dan online news, sampai-sampai kadang gak nyambung.. kebayang keringnya.. ini blum livander masuk nih..
Guling anjlok om, unit confero yg keluar dari pabrik cuma 300an unit bulan januari kemarin, tapi setidaknya buat retail masih bisa 1000an unit total semua produknya. Dan tetep masuk 10 besar baik wholesale dan retail. Lah defesek nol sama sekali wkwkwk
Untuk mobil segmen rakyat biasa ini, produksi minimal per bulan berapa ya om, supaya bisa nutup operasional ?
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

Michaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47
Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53
mr_mytplx wrote: Sun Mar 10, 2019 1:58 Data penjualan mobil Januari 2019

1. Mitsubishi Xpander: 5.708 unit
2. Toyota Avanza: 5.568 unit
3. Toyota Rush: 5.332 unit
4. Toyota Innova: 5.326 unit
5. Honda Brio Satya: 4.798 unit
6. Suzuki Carry Pick-up: 4.349 unit
7. Toyota Calya: 4.086 unit
8. Daihatsu Sigra: 3.827 unit
9. Daihatsu Gran Max Pick-up: 3.212 unit
10. Daihatsu Xenia: 3.037 unit
11. Mitsubishi L-300 Pick-up: 2.577 unit
12. Suzuki APV Pick-up: 2.116 unit
13. Daihatsu Ayla: 1.825 unit
14. Toyota Agya: 1.802 unit
15. Mitsubishi Pajero Sport: 1.561 unit
16. Honda HR-V: 1.528 unit
17. Daihatsu Terios: 1.459 unit
18. Honda Jazz: 1.423 unit
19. Toyota Fortuner: 1.358 unit
20. Suzuki Ertiga: 894 unit (dry/ddn)

sumber :
https://oto.detik.com/mobil/d-4460456/m ... -daftarnya
HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?

Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar

Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
Image
ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkan

Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi

Image

HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini

Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Michaelktp »

Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 12:42
Michaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47
Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53

HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?

Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar

Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
Image
ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkan

Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi

Image

HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini

Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
Yup memang Mitsu OS FL lagi tahun ini dan membuat penantian Next Gen OS based eX Concept mundur lagi. Konon dijanjikan tahun 2020 muncul bersamaan dengan AN Nissan Juke. Padahal platform Mitsu eX Concept sudah debut dan dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015. Malah lebih dulu dari platform XM Concept yang baru nongol tahun 2016. Life cycle Mitsu OS yang sekarang sejatinya sudah habis karena muncul sejak tahun 2010. Ini membuat banyak dealer Mitsucars di luar negeri sana komplain keras karena OS adalah backbone mereka. Apalagi terbukti penjualan Mitsu Eclipse Cross 1.5L Turbo sangat tidak menggembirakan. Di Indo saja OS terlihat hidup segan mati tidak mau dan tidak bisa dipindah dari Pulogadung Plant oleh PT. MMKYSI. Ya mau bagaimana lagi karena MMC Japan sudah dikendalikan oleh Nissan Global hehehe.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Tampanman »

Mazda 2 yang diagung2kan netijen dan ripiuwer, ternyata penjualannya ga seberapa dibanding pesaingnya
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

Tampanman wrote: Sun Mar 10, 2019 14:09 Mazda 2 yang diagung2kan netijen dan ripiuwer, ternyata penjualannya ga seberapa dibanding pesaingnya
Mending ini Mending itu, yg punya duit beli’nya lain :ngacir:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

Michaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 13:10
Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 12:42
Michaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
Image
ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkan

Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi

Image

HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini

Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
Yup memang Mitsu OS FL lagi tahun ini dan membuat penantian Next Gen OS based eX Concept mundur lagi. Konon dijanjikan tahun 2020 muncul bersamaan dengan AN Nissan Juke. Padahal platform Mitsu eX Concept sudah debut dan dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015. Malah lebih dulu dari platform XM Concept yang baru nongol tahun 2016. Life cycle Mitsu OS yang sekarang sejatinya sudah habis karena muncul sejak tahun 2010. Ini membuat banyak dealer Mitsucars di luar negeri sana komplain keras karena OS adalah backbone mereka. Apalagi terbukti penjualan Mitsu Eclipse Cross 1.5L Turbo sangat tidak menggembirakan. Di Indo saja OS terlihat hidup segan mati tidak mau dan tidak bisa dipindah dari Pulogadung Plant oleh PT. MMKYSI. Ya mau bagaimana lagi karena MMC Japan sudah dikendalikan oleh Nissan Global hehehe.
Akhir Tahun atau Awal Tahun depan kaya'nya pada luncurin pasar LSUV

Sijuki dengan Ertiga Cross dan Triple Diamond dengan Xpander SUV juga

Image

Compact Crossover / LSUV 5-seater di Indo DM otomatis makin lembek dah
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Astargea »

Kasian CR-V, biasanya diatas 1000 unit...

Sumber: IG @ber.kendara
1552215616458.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by marama »

yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by akur79 »

marama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
hahahaa, semakin dicela semakin laku.. apalagi toyota tuh, banyak yg bilang fitur disunat dll, tp kok ya tetap laku..
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by aryoajiwibowo »

Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
:big_smoking:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by gadjahalphien »

marama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by vipere »

Indra97 wrote: Sun Mar 10, 2019 8:30
Angular wrote: Sun Mar 10, 2019 4:21 Yg merk Guling ama Defesek gak ada ya ? Kasian, padahal buzzer2 nya udah susah payah diberbagai lini medsos dan online news, sampai-sampai kadang gak nyambung.. kebayang keringnya.. ini blum livander masuk nih..
Guling anjlok om, unit confero yg keluar dari pabrik cuma 300an unit bulan januari kemarin, tapi setidaknya buat retail masih bisa 1000an unit total semua produknya. Dan tetep masuk 10 besar baik wholesale dan retail. Lah defesek nol sama sekali wkwkwk
berarti lebih laku confero dong daripada mobilio yang cuman 32 unit.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Tampanman »

Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 14:45
Tampanman wrote: Sun Mar 10, 2019 14:09 Mazda 2 yang diagung2kan netijen dan ripiuwer, ternyata penjualannya ga seberapa dibanding pesaingnya
Mending ini Mending itu, yg punya duit beli’nya lain :ngacir:
Ye makanya om, konsumen di indo itu kaga cocok, sama mobil model2 sempit gitu om, tetep aja orang indo cari yang lega, biar mobil kecil juga maunya lega...
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Tampanman »

gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08
marama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Wistuwis »

Wholesales

Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit

Retail sales

Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Jindanjun »

Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20
gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08
marama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..

Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar

Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
ap kt nt aj
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

Jindanjun wrote:
Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20
gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08 Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..

Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar

Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
Nah, ini terasa di kel beaar kami.

kalau abang saya dari Medan ke Jakarta, dia punya 4 anak, udah kerja dan kuliah, selama di Jakarta mereka aku pinjami MuX. mereka bisa wara wiri ke Bandung atau kemana.

Giliran saya ke Medan, maka susah skrg. dia udah jual Toyota Rush, dan sisa HRV.
kalau saya datang 4 org dari jakarta dan mau ke kampung di aceh, nark HRV ber 6, rasanya krg pas..
lbh cocok mmg tetap ada mobil 3 row di rmh..ha ha ha
maka dari itu akhir yg tetap prefer bawa mux ke Medan, supaya selama disana ada alat kendara buat muter muter


Kembali ke soal Reviewer Vs Mayarakat Awam.
Kalau yg sy lihat apa yg disampaikan reviewer itu sifatnya idealis, berdasarkan preferensi..

Tapi masy awam berpikir realistis saja.
apakah ada masy yg berpikir spt reviewer ? Ada..yaitu org kaya yg punya selera..tp itu gak banyak...

Lalu nanti timbul pertanyaan yaitu merk mobil 4L mulu yg bertahan...
ingat yeori darwin bahwa yg bertahan itu bukan yg terkuat tercepat tapi yg paling bisa beradaptasi..
dan merk 4L itu sdh beradaptasi dgn baik..

bisa gak sih merk sukses tanpa adaptasi ? Bisa..dgn cara melakukan revolusi mindset masy..tp itu berat


User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dizco »

Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08
Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20
gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08

Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L



Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..

Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar

Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
sebagian besar manusia memakai mobil hanya sebagai alat bantu transportasi, logis memilih kendaraan yang memenuhi kritieria tersebut. yang disebut sebagai enthusiasts itu sebagian kecil, dan dari enthusiasts tersebut pun berapa banyak juga yang memang betulan ngemong kendaraan dibanding mereka yang jadi pendekar keyboard jagoan angan angan?

jadi kembali lagi ke fungsi mobil di indonesia yang utamanya sebagai alat transportasi, wajar toh cari kendaraan yang harga akuisisi terjangkau, biaya perawatan dan spare parts terjangkau, bandel, siap menghadapi kondisi jalan di indonesia yang begitulah, irit, muat penumpang dan barang banyak, aman, dan nanti mudah waktu dijual kembali? kalau toh ada bonus lain dari mobil tersebut ya kembali lagi sebagai bonus, taraf kemampuan masyarakat kita masih level berapa toh? 500 jutaan saja sudah dianggap mewah, dan rasanya purata harga jual mobil baru di kita juga masih di level 200 jutaan, dengan daya beli segitu apa bisa berharap banyak?

di sisi lain, saya tahu persis kok ada beberapa bos besar yang koleksi mobilnya sudah di level belasan sampai ratusan M sehari hari ke kantor biasa naik.....Innova standar, weekend baru keluarin tuh mobil yang aneh aneh, jadi yang level enthusiasts pun juga untuk sehari hari dan operasional kebanyakan masih 4L juga toh, berapa banyak yang mau keluarin european apalagi supercar buat daily driver?
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by Winz »

dizco wrote: Tue Mar 12, 2019 1:12
Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08
Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20

Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..

Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar

Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
sebagian besar manusia memakai mobil hanya sebagai alat bantu transportasi, logis memilih kendaraan yang memenuhi kritieria tersebut. yang disebut sebagai enthusiasts itu sebagian kecil, dan dari enthusiasts tersebut pun berapa banyak juga yang memang betulan ngemong kendaraan dibanding mereka yang jadi pendekar keyboard jagoan angan angan?

jadi kembali lagi ke fungsi mobil di indonesia yang utamanya sebagai alat transportasi, wajar toh cari kendaraan yang harga akuisisi terjangkau, biaya perawatan dan spare parts terjangkau, bandel, siap menghadapi kondisi jalan di indonesia yang begitulah, irit, muat penumpang dan barang banyak, aman, dan nanti mudah waktu dijual kembali? kalau toh ada bonus lain dari mobil tersebut ya kembali lagi sebagai bonus, taraf kemampuan masyarakat kita masih level berapa toh? 500 jutaan saja sudah dianggap mewah, dan rasanya purata harga jual mobil baru di kita juga masih di level 200 jutaan, dengan daya beli segitu apa bisa berharap banyak?

di sisi lain, saya tahu persis kok ada beberapa bos besar yang koleksi mobilnya sudah di level belasan sampai ratusan M sehari hari ke kantor biasa naik.....Innova standar, weekend baru keluarin tuh mobil yang aneh aneh, jadi yang level enthusiasts pun juga untuk sehari hari dan operasional kebanyakan masih 4L juga toh, berapa banyak yang mau keluarin european apalagi supercar buat daily driver?
Nah, bos2 besar inilah pembeli Chrometurer

Ga mau mobil terlalu menonjol buat harian’nya

Walaupun dihujat di Forum2, tetap aja ada pasar
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dsign1990 »

Wistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales

Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit

Retail sales

Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun ini
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dittotama »

Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08
Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20
gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08

Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L



Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..

Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar

Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard? :mky_01:

Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by ginting »

dsign1990 wrote: Tue Mar 12, 2019 2:42
Wistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales

Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit

Retail sales

Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun ini
Belum tentu oom...bisa jadi itu hanya masalah "capture" di bulan yg sama...bisa jadi di bulan sebelumnya sales actual < wholesales...makanya sales digenjot, tp orderan ke pabrik dikurangi oleh showroom...nanti keseimbangan bakal tercapai...
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Data Penjualan Mobil - Part 02

Post by dsign1990 »

ginting wrote: Tue Mar 12, 2019 2:48
dsign1990 wrote: Tue Mar 12, 2019 2:42
Wistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales

Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit

Retail sales

Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun ini
Belum tentu oom...bisa jadi itu hanya masalah "capture" di bulan yg sama...bisa jadi di bulan sebelumnya sales actual < wholesales...makanya sales digenjot, tp orderan ke pabrik dikurangi oleh showroom...nanti keseimbangan bakal tercapai...
paling realistis ttp musti nengok2 gudang kali ya hehehehe