Saya juga kurang suka dengan mobil bensin berturbo (entah almaz or cibo or crv-turbo), simpel sih karena bensinnya mahal hahaha.Wistuwis wrote: Sun Mar 10, 2019 8:21 Almaz jg pengen sy ada versi 1.8 nonturbo. Biar gak susah nyari spbu![]()
Data Penjualan Mobil - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?mr_mytplx wrote: Sun Mar 10, 2019 1:58 Data penjualan mobil Januari 2019
1. Mitsubishi Xpander: 5.708 unit
2. Toyota Avanza: 5.568 unit
3. Toyota Rush: 5.332 unit
4. Toyota Innova: 5.326 unit
5. Honda Brio Satya: 4.798 unit
6. Suzuki Carry Pick-up: 4.349 unit
7. Toyota Calya: 4.086 unit
8. Daihatsu Sigra: 3.827 unit
9. Daihatsu Gran Max Pick-up: 3.212 unit
10. Daihatsu Xenia: 3.037 unit
11. Mitsubishi L-300 Pick-up: 2.577 unit
12. Suzuki APV Pick-up: 2.116 unit
13. Daihatsu Ayla: 1.825 unit
14. Toyota Agya: 1.802 unit
15. Mitsubishi Pajero Sport: 1.561 unit
16. Honda HR-V: 1.528 unit
17. Daihatsu Terios: 1.459 unit
18. Honda Jazz: 1.423 unit
19. Toyota Fortuner: 1.358 unit
20. Suzuki Ertiga: 894 unit (dry/ddn)
sumber :
https://oto.detik.com/mobil/d-4460456/m ... -daftarnya
Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar
Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Untuk mobil segmen rakyat biasa ini, produksi minimal per bulan berapa ya om, supaya bisa nutup operasional ?Indra97 wrote: Sun Mar 10, 2019 8:30Guling anjlok om, unit confero yg keluar dari pabrik cuma 300an unit bulan januari kemarin, tapi setidaknya buat retail masih bisa 1000an unit total semua produknya. Dan tetep masuk 10 besar baik wholesale dan retail. Lah defesek nol sama sekali wkwkwkAngular wrote: Sun Mar 10, 2019 4:21 Yg merk Guling ama Defesek gak ada ya ? Kasian, padahal buzzer2 nya udah susah payah diberbagai lini medsos dan online news, sampai-sampai kadang gak nyambung.. kebayang keringnya.. ini blum livander masuk nih..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkanMichaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?mr_mytplx wrote: Sun Mar 10, 2019 1:58 Data penjualan mobil Januari 2019
1. Mitsubishi Xpander: 5.708 unit
2. Toyota Avanza: 5.568 unit
3. Toyota Rush: 5.332 unit
4. Toyota Innova: 5.326 unit
5. Honda Brio Satya: 4.798 unit
6. Suzuki Carry Pick-up: 4.349 unit
7. Toyota Calya: 4.086 unit
8. Daihatsu Sigra: 3.827 unit
9. Daihatsu Gran Max Pick-up: 3.212 unit
10. Daihatsu Xenia: 3.037 unit
11. Mitsubishi L-300 Pick-up: 2.577 unit
12. Suzuki APV Pick-up: 2.116 unit
13. Daihatsu Ayla: 1.825 unit
14. Toyota Agya: 1.802 unit
15. Mitsubishi Pajero Sport: 1.561 unit
16. Honda HR-V: 1.528 unit
17. Daihatsu Terios: 1.459 unit
18. Honda Jazz: 1.423 unit
19. Toyota Fortuner: 1.358 unit
20. Suzuki Ertiga: 894 unit (dry/ddn)
sumber :
https://oto.detik.com/mobil/d-4460456/m ... -daftarnya
Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar
Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
![]()
Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi

HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini
Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Yup memang Mitsu OS FL lagi tahun ini dan membuat penantian Next Gen OS based eX Concept mundur lagi. Konon dijanjikan tahun 2020 muncul bersamaan dengan AN Nissan Juke. Padahal platform Mitsu eX Concept sudah debut dan dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015. Malah lebih dulu dari platform XM Concept yang baru nongol tahun 2016. Life cycle Mitsu OS yang sekarang sejatinya sudah habis karena muncul sejak tahun 2010. Ini membuat banyak dealer Mitsucars di luar negeri sana komplain keras karena OS adalah backbone mereka. Apalagi terbukti penjualan Mitsu Eclipse Cross 1.5L Turbo sangat tidak menggembirakan. Di Indo saja OS terlihat hidup segan mati tidak mau dan tidak bisa dipindah dari Pulogadung Plant oleh PT. MMKYSI. Ya mau bagaimana lagi karena MMC Japan sudah dikendalikan oleh Nissan Global hehehe.Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 12:42ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkanMichaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 2:53
HR-V baru Facelift koq uda nyungsep aja?
Mobilio dan CR-V juga terlempar dari 20 besar
Biasa 20 besar di atas 1000 unit, tumben ad yg d bawah
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
![]()
Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi
HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini
Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Mazda 2 yang diagung2kan netijen dan ripiuwer, ternyata penjualannya ga seberapa dibanding pesaingnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Mending ini Mending itu, yg punya duit beli’nya lainTampanman wrote: Sun Mar 10, 2019 14:09 Mazda 2 yang diagung2kan netijen dan ripiuwer, ternyata penjualannya ga seberapa dibanding pesaingnya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Akhir Tahun atau Awal Tahun depan kaya'nya pada luncurin pasar LSUVMichaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 13:10Yup memang Mitsu OS FL lagi tahun ini dan membuat penantian Next Gen OS based eX Concept mundur lagi. Konon dijanjikan tahun 2020 muncul bersamaan dengan AN Nissan Juke. Padahal platform Mitsu eX Concept sudah debut dan dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2015. Malah lebih dulu dari platform XM Concept yang baru nongol tahun 2016. Life cycle Mitsu OS yang sekarang sejatinya sudah habis karena muncul sejak tahun 2010. Ini membuat banyak dealer Mitsucars di luar negeri sana komplain keras karena OS adalah backbone mereka. Apalagi terbukti penjualan Mitsu Eclipse Cross 1.5L Turbo sangat tidak menggembirakan. Di Indo saja OS terlihat hidup segan mati tidak mau dan tidak bisa dipindah dari Pulogadung Plant oleh PT. MMKYSI. Ya mau bagaimana lagi karena MMC Japan sudah dikendalikan oleh Nissan Global hehehe.Winz wrote: Sun Mar 10, 2019 12:42ASX / OS kan barusan facelift, itu pun blm dpasarkanMichaelktp wrote: Sun Mar 10, 2019 11:47
Alarm berbahaya bagi PT. HPM karena backbone di LMPV (Mobilio) dan Mid sized SUV monocoque (CR-V) melempem semua di awal tahun ini.
Praktis saat ini PT. HPM hanya bertumpu pada LSUV 5 seaternya :Honda HR-V FL yang juga mulai menurun penjualannya. Faktor bangkitnya Mitsucars di Indo DM lewat LMPV Xpander yang mengakibatkan posisi Hondacars agak terpojok. PT. HPM masih beruntung karena Next Gen Mitsu OS yang dibangun dari platform eX Concept untuk masuk di segmen LSUV 5 seater 1.5L Indo DM masih dihold Nissan Global Japan. Karena Mitsu eX Concept sedang dikembangkan menjadi CUV Electric pertama di dunia. Sehingga HR-V masih tidak ada lawan di segmen LSUV 1.5L 5 seater Indo DM. Tidak terbayangkan nasib Honda HR-V jika Next Gen OS 1 5L Mitsu 4A91 shared CKD Plant di Cikarang dengan LMPV Xpander meluncur di Indo DM jika HR-V masih unsolved problem kaki kaki dan model yang terlihat mulai obsolete. Bandingkan dengan prediksi tampilan Next Gen Mitsu OS basis eX Concept dibawah ini hahaha
![]()
Dinanti2kan malah facelift lagi, pakai lampu vario lagi
HR-V uda mulai babak belur sejak lmpv agak suv2an gini
Belum gempuran all new livina dan ertiga cross nanti
Sijuki dengan Ertiga Cross dan Triple Diamond dengan Xpander SUV juga

Compact Crossover / LSUV 5-seater di Indo DM otomatis makin lembek dah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Kasian CR-V, biasanya diatas 1000 unit...
Sumber: IG @ber.kendara
Sumber: IG @ber.kendara
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
hahahaa, semakin dicela semakin laku.. apalagi toyota tuh, banyak yg bilang fitur disunat dll, tp kok ya tetap laku..marama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4Lmarama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
berarti lebih laku confero dong daripada mobilio yang cuman 32 unit.Indra97 wrote: Sun Mar 10, 2019 8:30Guling anjlok om, unit confero yg keluar dari pabrik cuma 300an unit bulan januari kemarin, tapi setidaknya buat retail masih bisa 1000an unit total semua produknya. Dan tetep masuk 10 besar baik wholesale dan retail. Lah defesek nol sama sekali wkwkwkAngular wrote: Sun Mar 10, 2019 4:21 Yg merk Guling ama Defesek gak ada ya ? Kasian, padahal buzzer2 nya udah susah payah diberbagai lini medsos dan online news, sampai-sampai kadang gak nyambung.. kebayang keringnya.. ini blum livander masuk nih..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Ye makanya om, konsumen di indo itu kaga cocok, sama mobil model2 sempit gitu om, tetep aja orang indo cari yang lega, biar mobil kecil juga maunya lega...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4Lmarama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Wholesales
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4Lmarama wrote: Mon Mar 11, 2019 3:40 yang laku 4L ya (lu lagi lu lagi). Pdhl di dunia maya haters nya banyak di toyota dan honda, aneh memang pasar otomotif indonesia
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.aryoajiwibowo wrote: Mon Mar 11, 2019 7:50 Setelah si pander di sulap nissan jadi livina apakah ada kemungkinan seri datsun Go jg di sulap jadi brand mitsuo karena ada permintaan es blander jadi 1300 cc ..... menarik juga ya setelah 2 aliansi ini bergabung
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
ap kt nt aj
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Nah, ini terasa di kel beaar kami.Jindanjun wrote:Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08 Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
kalau abang saya dari Medan ke Jakarta, dia punya 4 anak, udah kerja dan kuliah, selama di Jakarta mereka aku pinjami MuX. mereka bisa wara wiri ke Bandung atau kemana.
Giliran saya ke Medan, maka susah skrg. dia udah jual Toyota Rush, dan sisa HRV.
kalau saya datang 4 org dari jakarta dan mau ke kampung di aceh, nark HRV ber 6, rasanya krg pas..
lbh cocok mmg tetap ada mobil 3 row di rmh..ha ha ha
maka dari itu akhir yg tetap prefer bawa mux ke Medan, supaya selama disana ada alat kendara buat muter muter
Kembali ke soal Reviewer Vs Mayarakat Awam.
Kalau yg sy lihat apa yg disampaikan reviewer itu sifatnya idealis, berdasarkan preferensi..
Tapi masy awam berpikir realistis saja.
apakah ada masy yg berpikir spt reviewer ? Ada..yaitu org kaya yg punya selera..tp itu gak banyak...
Lalu nanti timbul pertanyaan yaitu merk mobil 4L mulu yg bertahan...
ingat yeori darwin bahwa yg bertahan itu bukan yg terkuat tercepat tapi yg paling bisa beradaptasi..
dan merk 4L itu sdh beradaptasi dgn baik..
bisa gak sih merk sukses tanpa adaptasi ? Bisa..dgn cara melakukan revolusi mindset masy..tp itu berat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
sebagian besar manusia memakai mobil hanya sebagai alat bantu transportasi, logis memilih kendaraan yang memenuhi kritieria tersebut. yang disebut sebagai enthusiasts itu sebagian kecil, dan dari enthusiasts tersebut pun berapa banyak juga yang memang betulan ngemong kendaraan dibanding mereka yang jadi pendekar keyboard jagoan angan angan?Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
jadi kembali lagi ke fungsi mobil di indonesia yang utamanya sebagai alat transportasi, wajar toh cari kendaraan yang harga akuisisi terjangkau, biaya perawatan dan spare parts terjangkau, bandel, siap menghadapi kondisi jalan di indonesia yang begitulah, irit, muat penumpang dan barang banyak, aman, dan nanti mudah waktu dijual kembali? kalau toh ada bonus lain dari mobil tersebut ya kembali lagi sebagai bonus, taraf kemampuan masyarakat kita masih level berapa toh? 500 jutaan saja sudah dianggap mewah, dan rasanya purata harga jual mobil baru di kita juga masih di level 200 jutaan, dengan daya beli segitu apa bisa berharap banyak?
di sisi lain, saya tahu persis kok ada beberapa bos besar yang koleksi mobilnya sudah di level belasan sampai ratusan M sehari hari ke kantor biasa naik.....Innova standar, weekend baru keluarin tuh mobil yang aneh aneh, jadi yang level enthusiasts pun juga untuk sehari hari dan operasional kebanyakan masih 4L juga toh, berapa banyak yang mau keluarin european apalagi supercar buat daily driver?
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Nah, bos2 besar inilah pembeli Chrometurerdizco wrote: Tue Mar 12, 2019 1:12sebagian besar manusia memakai mobil hanya sebagai alat bantu transportasi, logis memilih kendaraan yang memenuhi kritieria tersebut. yang disebut sebagai enthusiasts itu sebagian kecil, dan dari enthusiasts tersebut pun berapa banyak juga yang memang betulan ngemong kendaraan dibanding mereka yang jadi pendekar keyboard jagoan angan angan?Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20
Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?
jadi kembali lagi ke fungsi mobil di indonesia yang utamanya sebagai alat transportasi, wajar toh cari kendaraan yang harga akuisisi terjangkau, biaya perawatan dan spare parts terjangkau, bandel, siap menghadapi kondisi jalan di indonesia yang begitulah, irit, muat penumpang dan barang banyak, aman, dan nanti mudah waktu dijual kembali? kalau toh ada bonus lain dari mobil tersebut ya kembali lagi sebagai bonus, taraf kemampuan masyarakat kita masih level berapa toh? 500 jutaan saja sudah dianggap mewah, dan rasanya purata harga jual mobil baru di kita juga masih di level 200 jutaan, dengan daya beli segitu apa bisa berharap banyak?
di sisi lain, saya tahu persis kok ada beberapa bos besar yang koleksi mobilnya sudah di level belasan sampai ratusan M sehari hari ke kantor biasa naik.....Innova standar, weekend baru keluarin tuh mobil yang aneh aneh, jadi yang level enthusiasts pun juga untuk sehari hari dan operasional kebanyakan masih 4L juga toh, berapa banyak yang mau keluarin european apalagi supercar buat daily driver?
Ga mau mobil terlalu menonjol buat harian’nya
Walaupun dihujat di Forum2, tetap aja ada pasar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun iniWistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Aug 04, 2017 7:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Livina_XGear
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
jadi inget pernah nonton channel salah satu reviewer yang bilang, who cares dashboard softouch dll, emang siapa juga yang mau duduk di dashboard?Jindanjun wrote: Tue Mar 12, 2019 0:08Biarpun banyak dibenci, merk 4L ini lah yang survey pasarnya paling tepat sasaran di indo. Nyetir mobil di negeri ini pasti sering nemu jalan jelek, nanjak, sempit...tapi orang sini pgn tetep angkut semua anggota keluarganya di satu mobil dan masih sayang duit maunya harga jual tinggi dan sparepart kw banyak..Tampanman wrote: Mon Mar 11, 2019 13:20Haters yang punya mobil selain 4L itu jadi haters karna nyesel om, pas udah waktu service biayanya mahal, pas lagi nunggu inden suku cadang indennya lama, pas lagi jual mobil bekasnya harganya anjlok, tau gitu gw beli yang 4L aja kmaren...gadjahalphien wrote: Mon Mar 11, 2019 9:08
Haters bukan berarti tidak beli mobil tersebut sih om. Buktinya dari penjualan dan banyaknya saran yg ujung2nya 4L
Duo yg cukup bisa membuat toyota group kerepotan.
Nissan berjaya di global
Mitsu di ASEAN Regional
Netizen dan auto reviewer itu gak merepresentasikan kondisi pasar
Bahkan scr global mayoritas manusia yg ga paham mobil ya pilihnya mobil yg ga rewel, ga pernah rusak, dan tiap dipake bisa sampe tujuan dengan selamat. That's it. Siapa yg peduli sama handling? Dasbor soft touch?

Setuju reviewer ngga mencerminkan kondisi pasar.. kesannya reviewer jg kadang ga penting-penting banget bahasnya..
terus bahasa kaya rattle, hening dan tingkat kenyamanan itu relatif banget.. buat ane biasa naik GL x-gear bgitu bawa hrv ya udah wah banget, ga kerasa tu yg di forum ini rame bgt soal kaki"..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
Belum tentu oom...bisa jadi itu hanya masalah "capture" di bulan yg sama...bisa jadi di bulan sebelumnya sales actual < wholesales...makanya sales digenjot, tp orderan ke pabrik dikurangi oleh showroom...nanti keseimbangan bakal tercapai...dsign1990 wrote: Tue Mar 12, 2019 2:42kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun iniWistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Data Penjualan Mobil - Part 02
paling realistis ttp musti nengok2 gudang kali ya heheheheginting wrote: Tue Mar 12, 2019 2:48Belum tentu oom...bisa jadi itu hanya masalah "capture" di bulan yg sama...bisa jadi di bulan sebelumnya sales actual < wholesales...makanya sales digenjot, tp orderan ke pabrik dikurangi oleh showroom...nanti keseimbangan bakal tercapai...dsign1990 wrote: Tue Mar 12, 2019 2:42kebanyakan retail sales > whole sales , alamat diskon pada turun iniWistuwis wrote: Mon Mar 11, 2019 15:15 Wholesales
Toyota : 25.092 unit
Daihatsu: 14.769 unit
Mitsubishi Motors: 11.712 unit
Honda: 10.064 unit
Suzuki: 8.271 unit
Mitsubishi Fuso: 4.671 unit
Hino: 2.756 unit
Isuzu: 2.343 unit
Mazda: 428 unit
Nissan: 387 unit
Wuling : 360 unit
Datsun : 258 unit
Retail sales
Toyota: 25.248 unit
Daihatsu: 16.274 unit
Honda: 12.190 unit
Mitsubishi Motors: 11.238 unit
Suzuki: 9.244 unit
Mitsubishi Fuso: 4.305 unit
Hino: 2.752 unit
Isuzu: 2.048 unit
Wuling: 1.172 unit
Datsun: 751 unit