Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by streetrod60 »

Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36
streetrod60 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 23, 2018 10:04 lah zaman skg 0W20 aja udah umum banget

0W30 kan kalo di 100 deg C kekentalan di zona SAE 30 juga

kalo soal macet panas2 an mah suhu oli naik gak seberapa

suhu oli akan jadi sgt panas itu kalo mesin digeber RPM tinggi terus2 an.....spt kalo utk Track Day
Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?
di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?
Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

streetrod60 wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36
streetrod60 wrote: Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?
di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?
Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
loh manual book nya kemana ??

Btw ini mesin NA atau TSI ?

Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30

mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2

atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo

si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by diveblues »

streetrod60 wrote: Thu Oct 25, 2018 11:42
Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36
streetrod60 wrote:
Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?
di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?
Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?
kalo mesin vw tsi pake oli yg memenuhi spesifikasi VW 502 atau VW 504
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOH
* Bukan ajakan Beli *
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Sonzz »

permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?

kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50

kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...

Thanks atas balasannya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Sonzz wrote:permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?

kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50

kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...

Thanks atas balasannya
asal kondisi mesin prima dicoba aja

di US malah byk mobil pra 2005 dikasi 0W20

wkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by bembenk95 »

Turboman wrote:
Sonzz wrote:permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?

kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50

kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...

Thanks atas balasannya
asal kondisi mesin prima dicoba aja

di US malah byk mobil pra 2005 dikasi 0W20

wkwkwkwk
Yoi, mesin jadul ane G4EE ane isi Q8 0-20. Sering kena macet. Trus tol lg lenggang geber high rpm. Aman2 aja.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by veyvez »

sedikit OOT

kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).

sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.

FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

veyvez wrote:sedikit OOT

kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).

sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.

FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luar

0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
* Bukan ajakan Beli *
veyvez
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by veyvez »

Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 14:02
veyvez wrote:sedikit OOT

kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).

sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.

FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luar

0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
dari yang saya list kira2 yg paling bagus yg mana om? Q8 nanti coba saya cari, belum nemu. Bengkel honda jg nanti coba saya tanya. thanks alot om
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"

biar cepat asal selamat~
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

veyvez wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 14:02
veyvez wrote:sedikit OOT

kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).

sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.

FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luar

0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
dari yang saya list kira2 yg paling bagus yg mana om? Q8 nanti coba saya cari, belum nemu. Bengkel honda jg nanti coba saya tanya. thanks alot om
Q8 - 0W20 banyak yg jual di online

so far barang tsb aman
* Bukan ajakan Beli *
Renjiro
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
Daily Vehicle: E34 M50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Renjiro »

Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 0:18
Renjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOH
Kelebihannya spek oli LL-04 dibanding yg spek Ll-01 apa om turbo? pernah dgr kalo oli LL-04 di rekomendasikan hanya utk kawasan eropa dan itupun negara tertentu saja yg kualitas bbm-nya sangat rendah sulfur, tp kalo yg LL-01 bisa semua negara menggunakannya, tp kok disini banyak yg jual oli dg spek LL-04 (apa cuma "njagani" mereka yg menggunakan pertamax turbo ato bbm dr pom shell dan total yg hanya ada di beberapa kota besar aja?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Renjiro wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 0:18
Renjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOH
Kelebihannya spek oli LL-04 dibanding yg spek Ll-01 apa om turbo? pernah dgr kalo oli LL-04 di rekomendasikan hanya utk kawasan eropa dan itupun negara tertentu saja yg kualitas bbm-nya sangat rendah sulfur, tp kalo yg LL-01 bisa semua negara menggunakannya, tp kok disini banyak yg jual oli dg spek LL-04 (apa cuma "njagani" mereka yg menggunakan pertamax turbo ato bbm dr pom shell dan total yg hanya ada di beberapa kota besar aja?
LL-04 = Low SAPS

LL-01 = Full SAPS

kalo buat kondisi Indo saya pilih LL-01.....especially kalo buat dipake di Desel

kalo buat bensin pake LL-04 it's OK
* Bukan ajakan Beli *
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Leonhart »

Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20

Kan turbo dah gitu injeksi langsung
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by supriyanto98 »

info :
aisin lagi diskon besar di shopi
penjualnya shopi langsung
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20

Kan turbo dah gitu injeksi langsung
mintanya 0W20 yah ?

Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2

API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection

LSPI = Low Speed Pre Ignition

Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)

Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)

kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb

* Bukan ajakan Beli *
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by maastricht889 »

Turboman wrote: Sun Oct 28, 2018 16:57
Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20

Kan turbo dah gitu injeksi langsung
mintanya 0W20 yah ?

Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2

API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection

LSPI = Low Speed Pre Ignition

Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)

Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)

kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb
API SN+ bukannya buat euro 3/4 up ya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

erwinign wrote:
Turboman wrote: Sun Oct 28, 2018 16:57
Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20

Kan turbo dah gitu injeksi langsung
mintanya 0W20 yah ?

Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2

API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection

LSPI = Low Speed Pre Ignition

Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)

Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)

kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb
API SN+ bukannya buat euro 3/4 up ya om?
ya memang buat kondisi Indo dilematis om

Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran

sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi

solusi ?

Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal

heheheheh

* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om

Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran

sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi

solusi ?

Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal

heheheheh
Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?

Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om

Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran

sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi

solusi ?

Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal

heheheheh
Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?

Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
Banyak Gugel2 aja om ttg API SN+ dan Dexos 1 gen 2

LSPI - Calcium in Oil

nanti akan paham
* Bukan ajakan Beli *
Yudibaihaqi
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Oct 29, 2018 7:56
Location: Mojokerto
Daily Vehicle: Innova 2kd

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Yudibaihaqi »

om turbo ato para suhu skalian mau nanya nih..oli yg cocok buat daily use ipah disel 2010 odo 215000 an baeknya pake apa ya?kondisi mesin standart ga diapa2in, tarikan msih lmayan sih cuma agak kasar bbm ful biosolar + aditif aja, slama ini pakenya repsol shpd 15w 40 ganti oli tiap 5000 km, klau pake yg semi syn 10w 40 msih recommended ga ya?mengingat odo sdah kya bus akap
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 7:58
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om

Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran

sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi

solusi ?

Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal

heheheheh
Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?

Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
Banyak Gugel2 aja om ttg API SN+ dan Dexos 1 gen 2

LSPI - Calcium in Oil

nanti akan paham
Sudah googling, Om.
Tapi belum ada 1 pun yg menerangkan secara ilmiah kaitan calcium dgn lspi.
Yg ada hanya percobaan secara ilmiah kaitan persentasi kandungan calcium terhadap frekuensi kejadian lspi.
Jadi baru sebatas pengujian kuantitatif.
Malah ada yg menganggap hanya mitos.

Bagaimana reaksi physical maupun chemicalnya belum ada yg mengulas secara gamblang
Yudibaihaqi
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Oct 29, 2018 7:56
Location: Mojokerto
Daily Vehicle: Innova 2kd

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Yudibaihaqi »

Tmbahan om..tiap kali ganti oli di 5000 km oli slalu brkurang kira2 stengah literan dri prtama isi,msih normal ga itu om?mkasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08

Post by Turboman »

Yudibaihaqi wrote:om turbo ato para suhu skalian mau nanya nih..oli yg cocok buat daily use ipah disel 2010 odo 215000 an baeknya pake apa ya?kondisi mesin standart ga diapa2in, tarikan msih lmayan sih cuma agak kasar bbm ful biosolar + aditif aja, slama ini pakenya repsol shpd 15w 40 ganti oli tiap 5000 km, klau pake yg semi syn 10w 40 msih recommended ga ya?mengingat odo sdah kya bus akap
ga masalah

browse aja

Q8 T800
Aisin 10W40 API CI-4

di onlen.....aman kok

Q8 malah ada promo di Bli2 kalo stok gak abia

atau Rimula R5 yg promo di Shop n D

Kalo oli suka kurang, tambah aja Nano Energizer

Last edited by Turboman on Mon Oct 29, 2018 10:54, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *