Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?streetrod60 wrote:Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?Turboman wrote: Tue Oct 23, 2018 10:04 lah zaman skg 0W20 aja udah umum banget
0W30 kan kalo di 100 deg C kekentalan di zona SAE 30 juga
kalo soal macet panas2 an mah suhu oli naik gak seberapa
suhu oli akan jadi sgt panas itu kalo mesin digeber RPM tinggi terus2 an.....spt kalo utk Track Day
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Fri Jul 27, 2018 7:55
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Avanza Veloz
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
loh manual book nya kemana ??streetrod60 wrote:Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?streetrod60 wrote: Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?
Btw ini mesin NA atau TSI ?
Kalo TSI 1.4 ya better oli buntut 40 aja atau se rendah2 nya oli buntut 30
mau lebih sip ya pake yg API SN+ atau Dexos 1 gen 2
atau oli yg kadar Calcium nya 1500 - 1600 an ppm (low Calcium) utk mencegah knocking pada mesin bensin Turbo
si PTT 5W30 sih udah tergolong low Calcium tu (1600 an ppm)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
kalo mesin vw tsi pake oli yg memenuhi spesifikasi VW 502 atau VW 504streetrod60 wrote: Thu Oct 25, 2018 11:42Belom Pernah Liat manual book nya om. Nanya nanya yang lain, dan nanya beres, mereka biasanya pakek 5W40 (Sekarang juga saya pakek ini). Pernah Bukak https://applications.castrol.com/oilselector/, Pilih Merk mobil, tipe, tahun dan jenis mobil, pilih negara (Sayang gak ada indonesia). akhirnya ane coba coba beberapa negara dengan jenis mobil yang sama : Ane masukin Jenis "Volkswagen Touran 2014 1.4 TSI 103KW" >>> Italy (5W-30), German (0W-40), middle East (5W-40), Australia (5W-30). kayake tergantung iklim negara yak? kalo ane pengen lebih irit, kira kira loncat ke viskositas berapa yak?Turboman wrote: Thu Oct 25, 2018 10:36di manual book nya SAE terendah yg diijinkan SAE brp um ?streetrod60 wrote:
Om turbo, Om pernah bilang di tread lain kalo pakek Oil 0W20 bisa bikin bensin tambah irit. Saya bales disini aja yak biar nyambung ama topic nya. ; Setelah saya search, untuk spec bilang gini : "Castrol EDGE Professional LongLife IV FE 0W-20 is the latest generation of oil from Castrol that meets the new Volkswagen 508 00 and 509 00 standards with the viscosity of 0W-20, which can only be used for specified engines. When used with the new power unit in models launched in 2016 and 2017, this new oil delivers improved fuel consumption and engine performance and the lower viscosity lets the oil enter the engine and connected components more quickly, and significantly improves cold-start behaviour. LongLife IV is not backwards compatible and should only be used in the engines for which it is recommended – Please check your vehicle handbook or contact or local Retailer for assistance" <<<<< Berarti kalo mobil ane VW tahun 2012, gak bisa pakek ginian donk ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOHRenjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
- Location: BTH-CGK
- Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?
kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50
kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...
Thanks atas balasannya
kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50
kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...
Thanks atas balasannya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
asal kondisi mesin prima dicoba ajaSonzz wrote:permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?
kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50
kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...
Thanks atas balasannya
di US malah byk mobil pra 2005 dikasi 0W20
wkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Yoi, mesin jadul ane G4EE ane isi Q8 0-20. Sering kena macet. Trus tol lg lenggang geber high rpm. Aman2 aja.Turboman wrote:asal kondisi mesin prima dicoba ajaSonzz wrote:permisi suhu2,,mau tanya,,kalau mesin avanza veloz 3SZ-VE pakai oli PFG 0w-20 boleh gak ya?
kalau merujuk di manual book sih,,SAE terencer 5w-30 dan terkental 20w-50
kondisi standard...busi pake NGK Iridium..BBM kadang Premium kadang Pertalite...kondisi mobil jarang high RPM dan jarang bawa beban banyak...
Thanks atas balasannya
di US malah byk mobil pra 2005 dikasi 0W20
wkwkwkwk
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
sedikit OOT
kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).
sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.
FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).
sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.
FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"
biar cepat asal selamat~
biar cepat asal selamat~
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luarveyvez wrote:sedikit OOT
kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).
sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.
FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Jan 13, 2016 14:50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
dari yang saya list kira2 yg paling bagus yg mana om? Q8 nanti coba saya cari, belum nemu. Bengkel honda jg nanti coba saya tanya. thanks alot omTurboman wrote: Sat Oct 27, 2018 14:02Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luarveyvez wrote:sedikit OOT
kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).
sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.
FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
CR-V 2.4 (RM3) "Brownmobile" / Myvi 1.3X (M800) "Elsa"
biar cepat asal selamat~
biar cepat asal selamat~
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Q8 - 0W20 banyak yg jual di onlineveyvez wrote:dari yang saya list kira2 yg paling bagus yg mana om? Q8 nanti coba saya cari, belum nemu. Bengkel honda jg nanti coba saya tanya. thanks alot omTurboman wrote: Sat Oct 27, 2018 14:02Bawa aja oli nya ke BeRes Honda, dulu sih BeRes Honda boleh bawa oli dr luarveyvez wrote:sedikit OOT
kalau saya ganti oli dulu tanpa ganti filter oli, atau sebaliknya, kira2 ada pengaruh apa ya? soalnya saya mau ganti oli merek lain di rumah, tp filter oli ga bs buka dan harus ke beres Honda (sekalian service record).
sekalian ada saran kah dari om2 sekalian untuk olinya? selama ini pake Honda E-pro gold 0w-20 karena servis di beres. mau coba ganti antara Kendall GT-1 Max, Liqui Moly Special Tec AA, atau AMS oil Signature Series (all 0w20). Pernah coba juga Mobil 1 Extended Performance di GE8 kakak saya, hasilnya cukup ok.
FYI, mobilnya CR-V RM 2.4, 80k km on going n tdk ada modifikasi apapun
0W20 cobain aja Q8 Formula Ultra 0W20
so far barang tsb aman
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kelebihannya spek oli LL-04 dibanding yg spek Ll-01 apa om turbo? pernah dgr kalo oli LL-04 di rekomendasikan hanya utk kawasan eropa dan itupun negara tertentu saja yg kualitas bbm-nya sangat rendah sulfur, tp kalo yg LL-01 bisa semua negara menggunakannya, tp kok disini banyak yg jual oli dg spek LL-04 (apa cuma "njagani" mereka yg menggunakan pertamax turbo ato bbm dr pom shell dan total yg hanya ada di beberapa kota besar aja?Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 0:18LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOHRenjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
LL-04 = Low SAPSRenjiro wrote:Kelebihannya spek oli LL-04 dibanding yg spek Ll-01 apa om turbo? pernah dgr kalo oli LL-04 di rekomendasikan hanya utk kawasan eropa dan itupun negara tertentu saja yg kualitas bbm-nya sangat rendah sulfur, tp kalo yg LL-01 bisa semua negara menggunakannya, tp kok disini banyak yg jual oli dg spek LL-04 (apa cuma "njagani" mereka yg menggunakan pertamax turbo ato bbm dr pom shell dan total yg hanya ada di beberapa kota besar aja?Turboman wrote: Sat Oct 27, 2018 0:18LL-04 kalo utk mesin bensin masih oke lah, kan TBN di kisaran 7,7 mg KOHRenjiro wrote:Malem om turbo, apa efeknya bg mesin dan lainnya kalo olil dg spek BMW LL-04 dipake disini dg bbm pertamax yg kabarnya kadar sulfurnya masih tinggi, denger2 spek tsb direkomendasikan hanya utk bbm yg low sulfur, terimakasih
LL-01 = Full SAPS
kalo buat kondisi Indo saya pilih LL-01.....especially kalo buat dipake di Desel
kalo buat bensin pake LL-04 it's OK
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20
Kan turbo dah gitu injeksi langsung
Bagusnya sae 30 atau 20
Kan turbo dah gitu injeksi langsung
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
- Location: jakarta barat
- Daily Vehicle: Innova 2gd
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
info :
aisin lagi diskon besar di shopi
penjualnya shopi langsung
aisin lagi diskon besar di shopi
penjualnya shopi langsung
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
mintanya 0W20 yah ?Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20
Kan turbo dah gitu injeksi langsung
Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2
API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection
LSPI = Low Speed Pre Ignition
Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)
Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)
kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
API SN+ bukannya buat euro 3/4 up ya om?Turboman wrote: Sun Oct 28, 2018 16:57mintanya 0W20 yah ?Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20
Kan turbo dah gitu injeksi langsung
Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2
API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection
LSPI = Low Speed Pre Ignition
Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)
Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)
kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ya memang buat kondisi Indo dilematis omerwinign wrote:API SN+ bukannya buat euro 3/4 up ya om?Turboman wrote: Sun Oct 28, 2018 16:57mintanya 0W20 yah ?Leonhart wrote:Om turbo klo buat mesin crv / civic turbo gitu
Bagusnya sae 30 atau 20
Kan turbo dah gitu injeksi langsung
Utk GDI Turbo idealnya oli dgn low Calcium atau yg meet API SN+ atau Dexos 1 gen 2
API SN+ / Dexos 1 gen 2 :
- LSPI prevention
- Turbo protection
- Timing Chain protection
LSPI = Low Speed Pre Ignition
Maka itu di mesin2 GDI Turbo tidak disarankan oli dgn kadar Calcium tinggi (spt oli Diesel)
Bbrp oli yg API SN ada yg low Calcium spt Q8 - 0W20 (1500 an ppm) dan PTT 5W30 API SN (1600 an ppm)
kebetulan pernah liat hasil lab ke 2 oli tsb
Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran
sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi
solusi ?
Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal
heheheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om
Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran
sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi
solusi ?
Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal
heheheheh
Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Banyak Gugel2 aja om ttg API SN+ dan Dexos 1 gen 2dimasapri wrote:Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om
Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran
sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi
solusi ?
Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal
heheheheh
Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
LSPI - Calcium in Oil
nanti akan paham
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Oct 29, 2018 7:56
- Location: Mojokerto
- Daily Vehicle: Innova 2kd
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
om turbo ato para suhu skalian mau nanya nih..oli yg cocok buat daily use ipah disel 2010 odo 215000 an baeknya pake apa ya?kondisi mesin standart ga diapa2in, tarikan msih lmayan sih cuma agak kasar bbm ful biosolar + aditif aja, slama ini pakenya repsol shpd 15w 40 ganti oli tiap 5000 km, klau pake yg semi syn 10w 40 msih recommended ga ya?mengingat odo sdah kya bus akap
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Sudah googling, Om.Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 7:58Banyak Gugel2 aja om ttg API SN+ dan Dexos 1 gen 2dimasapri wrote:Kebetulan lagi nyinggung2 LSPI, Om Turbo tau gak gimana kaitannya Calcium dgn terjadinya LSPI?Turboman wrote: Mon Oct 29, 2018 0:21 ya memang buat kondisi Indo dilematis om
Calcium adalah unsur TBN juga, diperlukan utk menetralisir senyawa sulphur sisa pembakaran
sementara si mesin Petrol Turbo (terutama GDI - T), Calcium yg tinggi menyebabkan knocking lebih mungkin terjadi
solusi ?
Utk di Indo ya oli low Calcium ganti oli lebih cepat dahh....7500 km (instead of 10 rb km) misal
heheheheh
Untuk gasoline turbo engine indirect ignition, apakah terjadi juga hantu LSPI?
LSPI - Calcium in Oil
nanti akan paham
Tapi belum ada 1 pun yg menerangkan secara ilmiah kaitan calcium dgn lspi.
Yg ada hanya percobaan secara ilmiah kaitan persentasi kandungan calcium terhadap frekuensi kejadian lspi.
Jadi baru sebatas pengujian kuantitatif.
Malah ada yg menganggap hanya mitos.
Bagaimana reaksi physical maupun chemicalnya belum ada yg mengulas secara gamblang
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Oct 29, 2018 7:56
- Location: Mojokerto
- Daily Vehicle: Innova 2kd
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
Tmbahan om..tiap kali ganti oli di 5000 km oli slalu brkurang kira2 stengah literan dri prtama isi,msih normal ga itu om?mkasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 08
ga masalahYudibaihaqi wrote:om turbo ato para suhu skalian mau nanya nih..oli yg cocok buat daily use ipah disel 2010 odo 215000 an baeknya pake apa ya?kondisi mesin standart ga diapa2in, tarikan msih lmayan sih cuma agak kasar bbm ful biosolar + aditif aja, slama ini pakenya repsol shpd 15w 40 ganti oli tiap 5000 km, klau pake yg semi syn 10w 40 msih recommended ga ya?mengingat odo sdah kya bus akap
browse aja
Q8 T800
Aisin 10W40 API CI-4
di onlen.....aman kok
Q8 malah ada promo di Bli2 kalo stok gak abia
atau Rimula R5 yg promo di Shop n D
Kalo oli suka kurang, tambah aja Nano Energizer
Last edited by Turboman on Mon Oct 29, 2018 10:54, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *